Gambar Lapisan Atmosfer dan Penjelasan Manfaat Fungsinya

ATMOSFER, Lapisan udara yang ada di bumi ini setidaknya ada 7 lapisan. Dan lapisan udara yang ada di Bumi ini kita kenal dengan sebutan lapisan atmosfer Bumi. … Kelima lapisan udara atau lapisan atmosfer ini adalah troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer, ionosfer dan eksosfer

Atmosfer tersusun atas beberapa lapisan, yang dinamai menurut fenomena yang terjadi, Transisi antara lapisan yang satu dengan yang lain berlangsung bertahap.

lapisan gas yang melingkupi sebuah planet, dari permukaan planet tersebut sampai di luar angkasa disebut atmosfer.

Atmosfer tidak memiliki batas , tetapi menipis lambat laun dengan menambah ketinggian, tidak ada batas pasti antara atmosfer dan angkasa luar.

Dengan peralatan sensitif yang dipasang diΒ  luar angkasa, kita dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik mengenai atmosfer termasuk fenomena-fenomena yang terjadi di dalamnya dengan peralatan tersebut tentunya.

ManfaatΒ Lapisan Atmosfer Bumi

Pembelajaran tentang atmosfer mula-mula dilakukan untuk memecahkan masalah cuaca, fenomena pembiasan sinar matahari saat terbit dan tenggelam, serta kelap-kelipnya cahaya bintang.

Lapisan Ozon Planet Bumi1. Troposfer, lapisan terdekat bumi yang membentuk sekitar 90% dari keseluruhan berat atmosphere.

Lapisan ini berada pada level yang terendah, campuran gasnya paling ideal untuk menopang kehidupan di bumi. Dalam lapisan ini kehidupan terlindung dari adanya radiasi yang dipancarkan oleh benda-benda langit lain. Dibandingkan dengan lapisan atmosfer yang lain, lapisan ini adalah yang paling tipis (kurang lebih 15 kilometer dari permukaan tanah).

Dalam lapisan ini, hampir semua jenis cuaca, perubahan suhu yang mendadak, angin, tekanan dan kelembapan yang kita rasakan sehari-hari berlangsung.

Suhu udara pada permukaan air laut sekitar 30 derajat Celsius, dan semakin naik ke atas, suhu semakin turun. Setiap kenaikan 100m suhu berkurang 0,61 derajat Celsius (sesuai dengan Teori Braak). Pada lapisan ini terjadi peristiwa cuaca seperti hujan, angin, musim salju, kemarau, dan sebagainya.

Ketinggian yang paling rendah adalah bagian yang paling hangat dari troposfer, karena permukaan bumi menyerap radiasi panas dari matahari dan menyalurkan panasnya ke udara. Biasanya, jika ketinggian bertambah, suhu udara akan berkurang secara tunak (steady), dari sekitar 17℃ sampai -52℃.

Pada permukaan bumi yang tertentu, seperti daerah pegunungan dan dataran tinggi dapat menyebabkan anomali terhadap gradien suhu tersebut.

DI ANTARA STRATOSFER DAN TROPOSFER TERDAPAT LAPISAN YANG DISEBUT LAPISAN TROPOPAUSE, YANG MEMBATASI LAPISAN TROPOSFER DENGAN STRATOSFER.

2. Stratosfer, lapisan kedua dari atmosfer bumi, terletak di atas troposfer dan di bawah mesosfer. Ketebalannya sekitar 15-55 km. Di lapisan ini terdapat lapisan ozon yang terbentuk pada ketinggian 20 km.

3. Ozonosfer, lapisan yang mengembalikan sebagian besar sinar Ultraviolet dan radiasi bahaya lainnya.

4. Mesosfer, lapisan diatas Ozonospher, suhu atmosfer akan berkurang dengan pertambahan ketinggian hingga ke lapisan keempat, termosfer. Udara yang terdapat di sini akan mengakibatkan pergeseran berlaku dengan objek yang datang dari angkasa dan menghasilkan suhu yang tinggi

5. Termosfer (thermosphere) , Dalam lapisan ini, radiasi ultraviolet (UV) menyebabkan ionisasi.

6. Ionosfer, lapisan dimana gas-gas terionisasi membentuk lapisan ini ( bagian atmosfer yang terionisasi oleh radiasi matahari ). Lapisan ini berperan penting bagi keelektrikan atmosfer dan membentuk batas dalam lapisan magnetosfer.

FUNGSI UTAMANYA, DI ANTARA FUNGSI-FUNGSI YANG DIMILIKINYA, ADALAH MEMPENGARUHI RAMBATAN RADIO KE TEMPAT-TEMPAT YANG JAUH DI MUKA BUMI

7. Eksosfer, bagian terluar dari Atmosfer yang membentang dari sekitar 480 Km sampai 960 Km dan memiliki ketinggian 500-1000 km dari permukaan bumi. Lapisan ini paling panas. Molekul debu dapat meninggalkan atmosfer sampai ketinggian 3.150 km dari permukaan bumi. Lapisan ini disebut juga ruang antarplanet dan geostasioner.

Semoga Bermanfaat , Silahkan di share dan berdiskusi mengenai atmosfer tersebut.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.