Jagad.id – Fitur WhatsApp Business – Pemasaran percakapan (Conversational marketing) sedang meningkat, sebagian besar didorong oleh ekspektasi konsumen yang meningkat akan kenyamanan dan pengalaman digital yang disesuaikan. Faktanya, 90% konsumen global mengatakan bahwa mereka akan menghabiskan lebih banyak uang dengan perusahaan yang mempersonalisasi layanan yang mereka tawarkan.
Ditambah dengan pembatasan yang diberlakukan oleh pemerintah dan diri sendiri baru-baru ini pada belanja langsung, lebih banyak merek daripada sebelumnya yang beralih ke WhatsApp dan platform perpesanan serupa untuk berinteraksi dengan pelanggan dengan cara yang berarti.
Saat ini, jutaan merek menggunakan WhatsApp Business untuk membangun hubungan pribadi dengan konsumen dalam skala besar. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan beberapa fitur yang disediakan WA bisnis.
7 Fitur WhatsApp Business Untuk Digunakan
Setelah membuat profil WhatsApp Business, Anda akan menemukan rangkaian alat yang dapat digunakan untuk menskalakan strategi perpesanan 1:1 di platform. Berikut adalah tujuh yang dapat membantu Anda memaksimalkan penggunaan Anda di WhatsApp.
1. Balasan cepat (Quick replies)
Balasan cepat adalah cara yang bagus untuk mengatasi beberapa pertanyaan yang sering diajukan, seperti “kapan buka?” atau “apakah ini ada stok?”. Untuk menyiapkannya, yang harus Anda lakukan hanyalah mengeklik Balasan Cepat di bawah bagian alat atau fitur whatsapp business. Dari sana, Anda dapat membuat hingga 50 balasan unik yang dapat diakses melalui pintasan keyboard.
Sebuah kata bijak: Mulailah dengan 5-10 Balasan Cepat dan tambahkan lebih banyak sesuai kebutuhan. Itu akan membuat pintasan baru Anda lebih mudah diingat dan digunakan saat berbicara dengan pelanggan.
2. Pesan otomatis (Automatic away messages)
Menambahkan perpesanan 1:1 ke strategi Anda tidak berarti Anda harus tersedia 24/7. Anda dapat menggunakan pesan jauh untuk menetapkan harapan yang sesuai dengan pelanggan Anda dan memberi diri Anda istirahat sesuai kebutuhan.
Pesan ini dapat dipicu oleh beberapa skenario berbeda, termasuk:
- Saat pelanggan mengirimi Anda pesan di luar jam kerja.
- Selama periode tertentu, seperti hari libur atau penutupan yang diperpanjang.
- Saat menerima pesan masuk dalam jumlah besar.
Saat Anda menyiapkan pesan ini, pastikan untuk menyatakan dengan jelas kapan pelanggan dapat mengharapkan kabar dari Anda. Hapus sebanyak mungkin ambiguitas dari situasi untuk pengalaman pelanggan yang lebih baik.
3. Label Kontak dan Pesan (Contact and message Labels)
Anda dapat menggunakan label untuk mengatur pesan masuk dan kontak di WhatsApp, serupa dengan cara menggunakan label untuk mengatur kotak masuk email Anda.
Dalam hal membuat strategi label, fitur whatsapp business ini adalah petualangan pilihan Anda sendiri. Namun, jika Anda ingin agar waktu respons media sosial tetap rendah, sebaiknya buat label khusus untuk masalah yang belum terselesaikan. Ini akan membantu mereka tetap diingat saat Anda bekerja untuk menemukan jawaban atas pertanyaan pelanggan.
4. Katalog dan koleksi (Catalogs and collections)
Gunakan akun WhatsApp Business Anda untuk mendorong penjualan social commerce dengan membuat katalog inventaris di dalam aplikasi. Selain judul produk, semua bidang tambahan—harga, deskripsi, tautan situs web, kode produk—bersifat opsional, sehingga Anda dapat membuat cantuman unik untuk proses penjualan Anda.
Anda juga dapat menggunakan koleksi untuk menyortir katalog agar lebih mudah menjelajah. Misalnya, Anda dapat membuat koleksi khusus liburan atau koleksi yang menampilkan produk yang sedang diobral.
5. Tautan katalog (Catalog links)
Setelah Anda membuat katalog, Anda dapat membagikan item di katalog Anda dalam percakapan dengan pelanggan. Yang harus Anda lakukan adalah menemukan item yang ingin Anda bagikan dan klik Kirim tautan melalui WhatsApp Business.
Gunakan fitur ini jika pelanggan bertanya tentang barang tertentu atau untuk memberikan alternatif barang yang sudah habis terjual. Anda juga dapat menggunakannya untuk mengirimkan kabar terbaru kepada pelanggan setia tentang barang-barang yang sedang diobral.
6. Keranjang
Meskipun Anda dapat mengarahkan pelanggan langsung ke situs Anda menggunakan fitur katalog WhatsApp Business, Anda juga dapat menciptakan pengalaman checkout yang lebih lancar dengan mendorong mereka menyelesaikan pembelian dalam aplikasi menggunakan alat keranjang.
Yang harus Anda lakukan adalah mengaktifkan fitur Tambahkan ke Keranjang dalam katalog Anda dan pelanggan Anda dapat menangani sisanya dari sana.
7. Daftar siaran (Broadcast lists)
Jika pelanggan menambahkan bisnis Anda ke buku alamat mereka di WhatsApp, Anda dapat menambahkannya ke daftar siaran. Daftar ini membantu Anda mengirim pesan yang sama ke beberapa pelanggan sekaligus, menghemat banyak waktu dan tenaga.
Gunakan fitur ini dengan hemat dan dengan mempertimbangkan praktik terbaik pemasaran SMS. Jika Anda menggunakannya terlalu sering, Anda berisiko mengasingkan pelanggan yang cukup menghargai bisnis Anda untuk menganggapnya sebagai kontak pribadi.
Akhir Kata
Nah, demikian merupakan ulasan tentang fitur whatsapp business yang bisa anda ketahui. Dengan menggunakannya, bisnis anda akan sangat terbantu. Terlebih, whatsapp ini akan meningkatkan performa bisnis anda berjalan. Teria kasih!