Cara Merawat Kucing Persia Yang Tepat dan Mudah

Bagi yang belum mengetahui tentang cara merawat kucing persia, tentunya akan kebingungan tersendiri dalam merawatnya, karena jika tidak di rawat dengan tepat, tentunya kucing persia tersebut tidak mendapatkan kondisi terbaiknya, dan bahkan jika asal-asalan dalam merawatnya dapat mengundang penyakit pada kucing itu sendiri yang menyerang kesehatannya.

Merawat kucing merupakan hal penting untuk dilakukan oleh pemilik kucing tersebut, namun dalam hal merawat kucing memang butuh pengetahuan tentang cara melakukannya, karena setiap kucing memiliki karakter yang berbeda-beda, dan tantunya dalam perawatannya perlu di bedakan dengan karakter kucing itu sendiri.

Cara Merawat Kucing Persia

Bagi anda baru mengadopsi kucing persia guna untuk di pelihara, maka alangkah baiknya, kucing tersebut merupakan kucing persia yang sudah jinak, karena jika kucing tersebut masih belum jinak dan giras, maka kucing tersebut perlu untuk di jinakan terlebih dahulu. Dan tentunya harga kucing persia yang sudah jinak dengan kesehatan lebih baik, akan memiliki harga yang lebih mahal dari kucing persia yang masih giras.

Dan jika kucing tersebut belum jinak, maka bisa membaca penjelasan terlebih dahulu di bawah ini berikut dengan cara perawatannya yang sebentar lagi akan kalian ketahuinya dengan membaca penjelasannya di bawah ini.

1. Menjinakan Kucing Persia

Kucing yang sudah jinak dan masih liar memiliki kebiasaan yang berbeda-beda, nah jika kucing persia yang rekan-rekan pelihara terdapat ciri-ciri seperti terlihat ingin menyerang, terlihat gelisah, stress, kuping menekuk, mata melotot dan mengerem ketika di dekati oleh manusia, maka kemungkinan besar, kucing tersebut masih liar.

Untuk mengatasi atau untuk membuat jinak kucing persia yang masih belum jinak tersebut, maka bisa melakukan tips, seperti :

  • Jaga jarak dengan kucing yang masih liar, dan tunggu hingga benar-benar terlihat tenang, baru bisa mendekatinya.
  • Sering-seringlah merayu kucing persia tersebut, lewat kata-kata manis dan jangan menatap matanya secara langsung, karena kucing persia yang masih liar tidak menyukainya
  • Perlakukan kucing secara lembut
  • Berikan tempat khusus untuk kucing persia bersembunyi
  • Jangan pernah membentak kucing yang masih liar, karena dapat membuatnya menjadi semakin liar, terutama ketika kucing sedang mengeluarkan suara mengeram
  • Berikan pakan kesukaannya, untuk membuat kucing tergantung pada pemiliknya, dan ketika kucing merasa lapar, akan meminta pada anda untuk di berikan makanan
  • Agar kucing semakin akrab dengan pemiliknya, maka sebaiknya mulailah untuk memeganggnya secara hati-hati, untuk membangun kedekatan antara kucing dan pemiliknya. Akan tetapi, dalam memeganggnya harus hati-hati, karena kucing belum terbiasa

2. Membersihkan Kucing

Ketika kucing sudah terbiasa hidup dengan pemiliknya dan sudah terlihat tanda-tanda sudah jinak, maka sebaiknya bersihkan bulu, kuku, mulut kucing agar bersih dan terhindar dari berbagai macam penyakit yang akan menyerang kesehatannya.

Selain itu, bersihkan juga lingkungan dimana tempat kucing tersebut berdiam diri, karena lingkungan yang kotor merupakan sarang penyakit.

3. Tempat Pakan Dan Makanan kaya Akan Gizi

Tempat pakan yang tepat untuk kucing persia, sebaiknya jangan menggunakan wadah yang terlalu cekung, karena kucing persia memiliki lidah yang pendek, sehingga kucing tidak bisa menjangkau makanan yang di sediakan pada tempat pakan tersebut.

Selain itu, berikan pakan yang memiliki kandungan nutrisi yang cukup, sehingga kebutuhan gizinya tercukupi dan membuat kesehatan dan kucing semakin aktif bergerak.

Untuk jenis pakan yang bisa di berikan pada kucing persia sebenarnya tinggal beli saja di toko.

4. Memandikan Kucing

Agar bulu dan bagian tubuh kucing selalu bersih dan terlihar dari bakteri dan penyakit, maka sebaiknya kucing tersebut di mandikan 1 sampai 2 kali dalam seminggu dengan menggunakan shampoo khusus kucing.

Atau bagi anda yang tidak ingin repot untuk membersihkan bulu kucing, maka bisa membawanya ke tempat yang menyediakan jasa perawatan kucing.

Memandikan kucing, selain untuk membuat bulunya menjadi rapih, akan tetapi bertujuan untuk menghilangkan kutu yang menempel pada bulu tubuhnya tersebut.

Setelah bulunya di mandikan dan di berikan shampo, maka selanjutnya adalah mengeringkan dan menyisir bulunya hingga rapih.

5. Ajak Main Kucing

Kucing persia, biasanya di pelihara sebagai kucing rumahan, agar kucing tersebut tidak bosan dan jenuh, maka ajak jalan-jalanlah kucing tersebut beberapa kali dalam seminggu ke luar rumah.

6. Jaga Kesahatan

Menjaga kesehatan merupakan hal yang bisa dilakukan pada pemberian pakan yang berkualitas dan perawatan yang dilakukan seperti memenadikan. Akan tetapi, agar kucing semakin sehat , maka lakukan vaksinasi secara rutin, sehingg segala kebutuhan kucing menjadi semakin sehat maka akan terpenuhi.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.