Cara Merawat Burung Kacer Agar Rajin Berkicau Saat dirumah dan Lomba Ala Duniakicau net

Memilihara burung kacer menjadi rajin untuk berkicau setiap harinya dan aktif bergerak merupakan hal di inginkan oleh pemiliknya, karena yang namanya burung kicauan, membuat burung itu sendiri rajin berkicau merupakan hal yang di tunggu-tunggu entah itu burung berkicau saat di rumah dan juga rajin berkicau ketika di arena lomba.

Ketika merawat burung kacer memang tidak bisa dilakukan secara asal-asalan , karena burung ini memiliki karakter dan sifatnya tersendiri. Ketika burung kacer tersebut dipelihara dengan cara yang tepat, sesuai dengan karakter dan sifat burung itu sendiri, maka burung kacer akan rajin berkicau dan kemampuan berkicaunnya akan meningkat.

A. Karakter Burung Kacer

Setiap perawatan burung, mesti di bedakan cara perawatannya, karena setiap burung memiliki karakter yang berbeda-beda, termasuk dengan burung kacer.

Jadi, sebelum melakukan perawatan burung kacer, perlu di sesuaikan dengan burung itu sendiri, dan untuk karakter burung kacer sendiri, antara lain :

  • Burung kacer mudah Mbaging/Mbesi, dimana burung akan banyak diam sambil mengembangkan bulunya yang di sebabkan oleh burung kekurangan atau kelebihan birahi dan juga ketika burung sedang Drop mentalnya
  • Burung kacer mudah beradaptasi dengan lingkungan baru
  • Burung kacer Mudah untuk dijinakan
  • Burung kacer mudah terpancing emosinya ketika di dekati oleh burung lain dan burung sejenisnya. Karena burung ini memiliki sifat teritorial
  • Burung kacer mudah naik birahinya, terutama ketika burung di berikan pakan dari Ekstrafooding seperti jangkrik, kroto dan pakan serangga kecil lainnya

B. Cara Merawat Burung Kacer Harian

Hal terpenting dalam merawat burung kacer adalah dengan menjaga kesehatan burung itu sendiri, seperti memperhatikan kebersihan sangkar, kebersihan bulunya dan mengatur pola pakan sehingga burung kacer memiliki birahi yang stabil.

Ketika birahi burung kacer menjadi stabil, maka akan membuat burung kacer mudah untuk berkicau, jadi untuk itu perhatikan pemberian pakan, terutama Ektafooding.

1. Mandi dan Jemur

Memandikan dan menjemur burung kacer dengan cukup, dapat menjaga kebugaran burung terjaga dan membuatnya aktif dan rajin berkicau.

Untuk memandikan burung kacer, bisa dilakukan dengan kebiasaan burung kacer itu sendiri, jika dengan setiap hari dengan memandikan burung kacer membuatnya menjadi rajin berkicau, maka cukup dimandikan setiap hari sekali, namun jika masih kurang, bisa dilakukan 2 kali dalam sehari.

Untuk penjemuran burung kacer juga perlu di sesuaikan juga, terutama burung kacer yang masih bakalan, bisa dilakukan 1 sampai 3 jam. Namun, jika burung kacer sudah dewasa dan rajin berkicau, penjemurannya cukup dilakukan 1 sampai 2 jam saja.

2. Pemberian Pakan

Untuk pakan harian burung kacer, selain dari pakan dari Voer, berikan juga pakan dari serangga, karena pakan dari serangga, memiliki kandungan protein yang tinggi, karena kandungan protein yang terdapat dari pakan serangga tersebut dapat membuat birahi burung menjadi naik dan burung kacer menjadi rajin berkicau.

Ada beberapa pakan serangga yang bisa di berikan untuk burung kacer, seperti kroto, jangkrik, ulat hongkong, cacing tanah dan lain sebagainya.

Namun, banyak dari kacermania Indonesia, menurut Duniakicau.net untuk pakan hariannya memberikan pakan dari jangkrik setiapharinya, dan pakan dari kroto, cacing tanah dan ulat hongkong cukup di berikan beberapa kali dalam seminggu.

Bagi anda yang belum mengetahui jumlah pakan yang biasa di berikan pada jangkrik kesayangan, maka bisa memberikan 5 ekor jangkrik setiap hari dan kroto  sebanyak 1 sendok the di berikan 2 kali dalam seminggu.

C. Cara Merawat Burung Kacer Lomba

Nah, jika penjelasan di atas menjelaskan tentang perawatan harian burung kacer, untuk penjelasan ini dilakukan ketika burung kacer akan di ikut lombakan, agar nantinya ketika di arena lomba, burung mampu berkicau dengan baik.

  • H-6 burung kacer di isolasi, dan jauhkan dari burung sejenis atau burung lainnya, sehingga burung lebih banyak beristirahat untuk menjaga stamina burung
  • H- 2 untuk penjemurannya cukup dilakukan selama 30 menit saja
  • H-1 pemberian jangkrik cukup diberikan sebanyak 2 ekor saja dan 1 sendok teh kroto
  • H- 1 pada sore dan malam hari burung kacer di berikan jangkrik sebanyak 10 ekor
  • Untuk mencegah burung menjadi over birahi karena diberikan pakan jangkrik lebih banyak sebelumnya, maka burung kacer bisa dimandikan pada malam hari, lalu biarkan beristirahat hingga pagi hari
  • Sebelum di gantang di arena lomba, burung kacer di berikan 1 ekor jangkrik dan buah pisang
  • Selain itu, drongkak kepercayaan diri burung yang akan di ikut lomba dengan mendekatkan betina di dekatnya sebelum di gantang

Setelah burung kacer lomba, tentunya akan menguras energynya, maka itu berikan multivitamin dan pakan serangga sesuai dengan jumlah yang biasa di berikan untuk mengembalikan energnya. Dan untuk penjemurannya cukup dilakukan selama 30 menit saja hingga H + 3 .





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.