Home Komputer Hardware Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Hang 100% Work

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Hang 100% Work

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Hang 100% Work

Semua orang yang memiliki laptop tentunya ingin performa laptop tersebut berkualitas dan lancar sehingga tetap nyaman digunakan untuk bekerja atau bermain. Namun ada kalanya, masalah pada laptop seperti hang bisa terjadi yang bisa disebabkan karena banyak hal seperti salah satunya terlalu banyak aplikasi yang diinstall tanpa memeriksa kembali spefisikasi laptop tersebut. Masalah hang pada laptop juga bisa terjadi di semua sistem operasi Windows dari mulai Windows 7, Windows 8 bahkan sampai Windows 10. Jika memang anda mengalami masalah yang sama, berikut akan kami jelaskan beberapa cara mengatasi laptop hang yang paling umum dilakukan dan terbukti berhasil.

1. Mengatasi Laptop Hang karena Temporary File Penuh

Untuk cara mengatasi laptop hang pertama yang disebabkan karena temporary file yang penuh, maka untuk Windows XP lokasi filenya bisa anda periksa di “C:\Documents and Settings\nama_user\Local Settings\Temp” dan juga “C:\WINDOWS\Temp”.

Jika memang ternyata ada begitu banyak file yang mungkin beberapa diantaranya tidak anda gunakan, maka anda bisa menghapus file di dua lokaso itu atau menjalankan program Disk Clean Up yakni dengan klik start-run lalu tulis cleanmgr dan pilih drive yang ingin anda clean up.

2. Mengatasi Laptop Hang karena Masalah Harddisk

Harddisk adalah komponen kedua sesudah RAM yang juga bisa menyebabkan laptop anda menjadi hang. Untuk masalah laptop hang yang disebabkan karena harddisk juga bisa bermacam macam, seperti:

  • Harddisk yang terfragmentasi.
  • Harkddisk yang low space.
  • Harddisk yang sudah lama yang membuat rpm menurun.
  • Harddisk error atau bad sector.

Untuk cara mengatasi laptop hang yang disebabkan karena ada masalah pada harddisk, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, yakni:

  • Lakukan upgrade kapasitas harddisk dengan cara menambah atau mengganti harddisk.
  • Melakukan defragmenter di harddisk dengan berkala.
  • Menghindari harddisk dari debu, terguncang atau panas yang terlalu berlebihan.
  • Memperbaiki kerusakan di harddisk dengan tool checkdisk atau dengan cara manual seperti berikut ini:

Buka Windows Explorer kemudian klik kanan di harddisk C > Properties > Pilih “tools” > Check Now.

Centang pada “scan for and attempt recovery of bad sector” lalu klik start.

3. Mengatasi Laptop Hang karena Masalah Konektivitas Jaringan

Masalah laptop hang yang terjadi karena terjadi masalah pada konektivitas jaringan bisa disebabkan karena traffic jaringan yang tinggi, hub atau karena switch yang hang atau ada virus yang mencoba masuk ke dalam sistem laptop anda.

Jika ini masalahnya, maka cara mengatasi laptop hang yang bisa anda lakukan adalah coba lepaskan dan pasang kembali konektor RJ45 di LAN Card atau Reset LAN lalu restart Switch atau Hub serta pakai program Port scanner yang berfungsi untuk melihat apker data apa saja yang sudah masuk serta keluar dari laptop anda.

4. Mengatasi Laptop Hang Saat Masuk BIOS

Masalah lain yang bisa menyebabkan laptop anda hang adalah pada saat anda ingin masuk atau booting BIOS dan berikut adalah cara mengatasi laptop hang ketika ingin masuk BIOS:

  • Silahkan anda restart laptop anda lalu masuk ke mode BIOS dan masing masing laptop mempunyai tombol berbeda ketika ingin masuk ke dalam mode BIOS sehingga bisa disesuaikan dengan merk laptop yang anda miliki.
  • Sesudah berhasil masuk ke tampilan BIOS, maka silahkan anda pilih Advanced BIOS Features lalu cari yang berhubungan dengan BIOS cache dan silahkan disable pilihan itu.
  • Kemudian, simpan dengan tekan F10 dan tekan Enter.

5. Mengatasi Laptop Hang Saat Starting

Ketika startup atau masuk ke Windows, masalah laptop hang juga bisa terjadi tiba tiba dan ini bisa disebabkan karena banyak hal seperti berikut lengkap dengan cara mengatasinya:

  • Program Windows bermasalah karena missing file system, corrupt atau karena virus sehingga anda bisa mencoba untuk scan registry memakai Ocleaner serta scan virus memakai antivirus.
  • RAM serta kipas yang kotor: Coba bersihkan RAM memakai penghapus karet, kuas atau juga bisa vacuum cleaner namun juga bisa dibawa ke teknisi jika memang ragu.
  • Motherboard bermalasah: Untuk memperbaikinya sebaiknya bisa langsung dibawa ke teknisi atau orang yang lebih ahli.

6. Mengatasi Laptop Hang Not Responding

Untuk cara mengatasi laptop hang yang disebabkan karena not responding, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, seperti:

  • Tekan Ctrl+Shift+Esc lalu pilih program yang mengalami not responding dan klik end task.
  • Cara lainnya, tekan Ctrl+Alt+Del kemudian pilih satu opsi dan jika ingin mematikan program tersebut silahkan pilih task manager atau Sign Out.

7. Mengatasi Laptop Hang Saat Main Game

Laptop biasanya juga akan mengalami hang ketika anda sedang main game yang bisa terjadi karena beberapa hal seperti kipas laptop yang mati, terjadi masalah pada harddisk, spesifikasi laptop tidak memadai, processor dan VGA card terlampau panas serta RAM atau VGA Card yang rusak. Jika ini yang terjadi, cara mengatasi laptop hang berikut bisa anda gunakan:

  • Sesuaikan spesifikasi laptop anda dengan game yang diinstall.
  • Pasang kipas tambahan untuk laptop anda.
  • Periksa kembali kondisi VGA Card serta RAM laptop anda.
  • Uninstall game tersebut.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi laptop hang yang disebabkan karena banyak hal. Semoga artikel kali ini bisa menambah informasi anda seputar laptop.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.