Jagad.id – Apa Itu Soft Skill ? Sedangkan hard skill menggambarkan apa yang Anda lakukan, soft skill menggambarkan bagaimana Anda melakukannya. Dengan anda memiliki skil yang tidak banyak orang kuasai, tentu anda bisa menjadi pilihan utama kan!
Skill atau ketrampilan tentu akan menjadi nilai plus tersendiri ketika orang melihat anda. Apalagi jika anda menginginkan pekerjaan yang bagus, yang pasti anda akan mendapatkan kesempatan terbesar.
Apa Itu Soft Skill?
Soft skill adalah atribut dan perilaku yang menggambarkan bagaimana seseorang mendekati tugas mereka. Anda mungkin menggunakan soft skill di semua bidang kehidupan Anda — komunikasi, pemikiran kritis, pemecahan masalah, dan keterampilan interpersonal lainnya adalah beberapa contoh soft skill — tetapi soft skill sangat dihargai di tempat kerja.
Bahkan, soft skill biasanya disebut sebagai keterampilan kerja atau manusia. Nama-nama alternatif ini bisa sedikit lebih deskriptif saat Anda memikirkan dan mendiskusikan keahlian Anda.
Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih detail tentang keterampilan bernilai tinggi yang dicari pemberi kerja dan menawarkan beberapa kiat untuk meningkatkan kemampuan Anda.
Keterampilan di tempat kerja apa yang dicari pemberi kerja?
Keterampilan di tempat kerja dapat menawarkan wawasan tentang pendekatan seseorang untuk bekerja di luar aspek teknis dari peran mereka. Bagi banyak pemberi kerja, cara Anda melakukan sesuatu sama pentingnya dengan apa yang Anda lakukan—terutama dalam hal pembelajaran, pertumbuhan, dan kesuksesan jangka panjang.
Secara khusus, pengusaha secara luas mencari:
- Etos kerja
- Komunikasi yang efektif
- Kerja tim dan kolaborasi
- Pemikiran kritis dan pemecahan masalah
Pengusaha dapat mempertimbangkan keterampilan di tempat kerja untuk memperkirakan potensi masa depan seseorang. Jenis analisis karakter ini dapat berperan saat memilih prospek untuk proyek baru atau memutuskan apakah seorang karyawan siap untuk promosi. Mempekerjakan manajer juga menilai keterampilan di tempat kerja untuk menentukan apakah calon pekerjaan cocok untuk tim tertentu.
Contoh soft skill
Bos yang berbeda akan menilai keterampilan di tempat kerja secara berbeda. Berikut adalah beberapa contoh keterampilan di tempat kerja yang diinginkan:
- Mendengarkan secara aktif
- Kemampuan beradaptasi
- Komunikasi
- Kreativitas
- Berpikir kritis
- Empati
- Kepemimpinan
- Organisasi
- Penyelesaian masalah
- Akal
- Pemikiran strategis
- Kerja tim
- Manajemen waktu
Cara untuk meningkatkan keterampilan kerja Anda
Karena keterampilan di tempat kerja sebagian besar terkait dengan perilaku, meningkatkannya mungkin melibatkan perubahan pola, pendekatan, atau proses berpikir Anda yang biasa. Jenis pekerjaan ini cenderung membutuhkan latihan dan kesabaran, tetapi seiring waktu, Anda mungkin akan melihat lebih mudah saat memanfaatkan keterampilan di tempat kerja.
Meskipun mereka secara tradisional dipandang lebih sulit untuk dipelajari daripada keterampilan teknis, ada beberapa cara untuk mengembangkan keterampilan kerja Anda yang sudah ada. Jika Anda memiliki keterampilan khusus yang ingin Anda tingkatkan, pikirkan cara untuk menerapkan keterampilan itu ke dalam kehidupan sehari-hari. Anda juga dapat berkonsultasi dengan pelatih kehidupan untuk membantu mengembangkan rencana tindakan yang dipersonalisasi.
Berikut adalah beberapa ide untuk meningkatkan keterampilan kerja Anda:
1. Latih gaya komunikasi yang berbeda.
Orang cenderung menyukai gaya komunikasi yang berbeda, apakah itu metode penyampaian—seperti percakapan, email, atau teks—atau cara penyampaiannya, seperti komunikasi pasif, agresif, atau asertif. Selain keterampilan komunikasi Anda, mempertimbangkan bagaimana Anda dapat mendekati komunikasi dalam situasi yang berbeda dapat menjadi kesempatan untuk melatih kemampuan beradaptasi, pemikiran kritis, dan pemikiran strategis.
Untuk mempraktikkan gaya komunikasi yang berbeda, Anda dapat mencoba mengungkapkan ide yang sama dengan berbagai cara, dengan menuliskannya, menggambarkannya dengan lantang, dan memasukkannya ke dalam presentasi, atau ke berbagai audiens.
2. Bergabung dengan proyek grup.
Selain menunjukkan kemampuan Anda untuk mengambil inisiatif, bergabung dengan proyek grup dapat menawarkan kesempatan untuk melatih beberapa keterampilan di tempat kerja, seperti kerja sama tim, manajemen waktu, dan mendengarkan secara aktif. Sebagai bonus, proyek grup dapat memungkinkan Anda membawa keterampilan teknis Anda ke dalam lingkungan kolaboratif.
Untuk bergabung dengan proyek grup, perhatikan apa yang sedang dikerjakan rekan kerja dan tawarkan bantuan Anda jika mungkin bermanfaat, atau cari peluang dalam komunitas lokal Anda.
3. Pelajari sesuatu yang baru.
Mempelajari sesuatu yang baru dapat memperluas cara berpikir khas Anda dan mendorong pertumbuhan. Ada hubungan yang kuat antara belajar dan kreativitas, jadi apa pun yang Anda putuskan untuk dipelajari, Anda akan mendapatkan pengetahuan teknis dan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah Anda.
4. Bersosialisasi dengan rekan satu tim.
Anda menggunakan keterampilan di tempat kerja dalam setiap interaksi yang Anda lakukan. Cukup mengenal rekan satu tim Anda dapat menjadi cara yang efektif untuk melatih komunikasi dan mendengarkan secara aktif serta dapat menciptakan peluang untuk kolaborasi di masa mendatang.
Jika dirasa tepat, dekati sosialisasi dengan rekan satu tim Anda dengan minat pada kehidupan mereka, serta kesediaan untuk berbagi tentang kehidupan Anda sendiri.
5. Sarankan perbaikan pada proses.
Saat Anda membangun keterampilan teknis dan di tempat kerja, Anda mungkin memperhatikan beberapa peluang untuk meningkatkan cara menyelesaikan berbagai hal di tempat kerja Anda. Berpikir kritis tentang proses, mengenali masalah, dan menemukan solusi yang layak adalah keterampilan kerja yang berharga.
Untuk menyarankan peningkatan proses, Anda mungkin ingin bertanya kepada manajer Anda tentang proses pilihan mereka dan jenis informasi apa yang mereka perlukan untuk menilai saran Anda.
6. Minta umpan balik.
Banyak keterampilan di tempat kerja memiliki unsur interaktivitas, dan terkadang perspektif luar dapat membantu menerangi hal-hal yang Anda lakukan dengan baik dan area yang mungkin ingin Anda fokuskan untuk ditingkatkan. Demikian pula, menawarkan umpan balik kepada orang lain dapat menjadi kesempatan untuk berlatih mendengarkan secara aktif, kepemimpinan, dan kerja sama tim.
Untuk meminta umpan balik, hubungi manajer Anda, kolaborator proyek baru-baru ini, atau kolega lain yang telah menjalin hubungan dengan Anda.
Akhir Kata
Nah, demikian merupakan ulasan tentang apa itu soft skill yang bisa anda ketahui. Semoga dari ulasan diatas dapat membantu anda membantu meningkatkan skil anda. Semoga membantu!