Cara Mendapatkan Pekerjaan Sebagai Insinyur Mekanik

Jagad.id – Apakah Anda berpikir untuk berkarir di bidang teknik mesin? Pelajari tentang apa yang dilakukan insinyur mesin dan temukan sepuluh cara mendapatkan pekerjaan sebagai insinyur mekanik. Namun, sebelum anda mengetahuinya kami akan memberikan informasi tentnga insinyur mesin dulu.

Apa Yang Dilakukan Insinyur Mekanik?

Insinyur mekanik merancang perangkat mekanis, sistem mekanis, mesin, dan peralatan. Ini adalah salah satu disiplin teknik paling populer yang menjangkau banyak industri berbeda, termasuk mobil, sistem pemanas dan pendingin, perangkat perawatan kesehatan, dan robotika. Insinyur ini terlibat dalam semua tahapan proses, mulai dari penelitian, desain, dan pengembangan hingga pembangunan dan pengujian.

Sebagai seorang insinyur mesin, tugas sehari-hari Anda mungkin termasuk:

  • Menganalisis masalah untuk mengidentifikasi solusi mekanis
  • Merancang dan mendesain ulang perangkat, sistem, dan subsistem dengan bantuan desain dan analisis berbantuan komputer
  • Mengembangkan dan menguji prototipe perangkat dan menggunakan hasilnya untuk meningkatkan desain mekanik
  • Memimpin proses pembuatan perangkat
  • Meningkatkan kemampuan pemeliharaan dan keandalan untuk mengurangi waktu henti sistem dan peralatan
  • Meneliti dan bertemu dengan pemangku kepentingan untuk memahami kebutuhan, persyaratan, dan harapan

10 Cara Mendapatkan Pekerjaan sebagai Insinyur Mekanik

Insinyur mekanik adalah profesional yang sangat terampil. Sepuluh tip ini dapat membantu Anda mempersiapkan diri untuk pekerjaan teknik.

1. Dapatkan gelar di bidang teknik mesin.

Insinyur mekanik biasanya harus memiliki setidaknya gelar sarjana di bidang teknik mesin. Kursus biasanya mencakup ilmu kehidupan, matematika, ilmu fisika, teknik, dan desain. Jalur gelar lain, teknologi teknik mesin, berfokus pada penerapan prinsip-prinsip teknik dengan cara yang lebih praktis daripada teori teknik mesin.

Jika Anda ingin mendalami bidang yang lebih terspesialisasi, seperti robot atau teknologi otomotif, Anda harus mendapatkan gelar master. Jika Anda memiliki minat dalam mengajar atau penelitian, Anda harus mengejar gelar doktor.

2. Pelajari dasar-dasar bisnis.

Di luar keterampilan khusus untuk teknik mesin, Anda mungkin menarik perhatian pemberi kerja jika Anda memiliki pemahaman yang baik tentang dasar-dasar bisnis. Perusahaan teknik mencari untuk mempekerjakan insinyur terampil yang memahami bagaimana total biaya produksi memengaruhi keputusan yang harus mereka buat. Mampu menavigasi laporan laba rugi dan neraca mungkin memberi Anda keunggulan kompetitif.

3. Berpikir di luar teknik mesin.

Insinyur mesin saat ini sering ditugaskan untuk berinovasi solusi dan membuat desain yang membutuhkan keterampilan melebihi apa yang Anda peroleh dalam program teknik mesin. Beberapa masalah desain yang mungkin Anda hadapi atau perangkat lunak yang harus Anda gunakan mungkin berada di luar keahlian Anda.

Organisasi teknik top merekomendasikan untuk mendapatkan beberapa pelatihan di luar teknik mesin juga. Maka dari itu, cara mendapatkan pekerjaan sebagai insinyur mekanik salah satunya adalah anda bisa membuka dan menguasai bisang lain untuk lebih berkembang.

4. Kembangkan keterampilan teknis Anda.

Anda akan menggunakan komputer secara teratur sebagai insinyur mesin, jadi masuk akal untuk memperoleh kemahiran dalam bidang TI dan ilmu komputer yang relevan. Memiliki keterampilan teknologi yang kuat akan sangat berguna jika Anda bekerja untuk mengintegrasikan sensor ke dalam mesin atau menggunakan teknologi untuk menganalisis desain atau menjalankan simulasi. Bangun fondasi yang kuat dalam teknologi dengan Sains Data Terapan dengan Python atau Computer-Aided Design and Manufacturing Specializations.

5. Dapatkan lisensi.

Jika Anda ingin lebih mandiri atau mencapai tingkat kepemimpinan yang lebih tinggi, Anda harus mempertimbangkan untuk mendapatkan lisensi di negara Anda. Untuk melakukannya, Anda harus memiliki pengalaman kerja yang relevan selama beberapa tahun dan lulus ujian lisensi. Mulailah mendapatkan pengalaman berharga dengan magang, kamp pelatihan, dan pekerjaan tingkat pemula.

6. Temukan mentor.

Saat Anda baru memulai mencari cara mendapatkan pekerjaan sebagai insinyur mekanik, akan sangat membantu untuk bekerja dengan seseorang yang memiliki lebih banyak pengalaman di industri ini. Orang ini dapat membantu membimbing Anda dan membentuk jalur karier Anda. Periksa dengan departemen SDM di tempat kerja atau magang Anda, bergabunglah dengan perkumpulan teknik, atau terhubung melalui media sosial untuk menemukan mentor untuk membimbing Anda.

7. Pertajam kemampuan komunikasi Anda.

Komunikasi adalah kuncinya, dan pemberi kerja mencari kandidat yang mampu menjelaskan desain dan konsep mereka kepada kolega dan klien yang mungkin tidak terbiasa dengan istilah atau sistem teknik mesin. Anda juga mungkin ditugaskan untuk menulis laporan, jadi Anda juga harus mahir dalam komunikasi tertulis.

Keahlian lain yang mungkin Anda perlukan meliputi pengaturan yang sangat baik, manajemen waktu, pemecahan masalah, dan perhatian terhadap detail. Pelajari prinsip-prinsip utama untuk berkomunikasi secara lebih efektif dengan mengambil kursus Komunikasi Lisan untuk Pemimpin Teknik.

8. Buat resume yang menarik perhatian.

Tulis resume yang menyoroti keterampilan yang paling relevan dengan setiap pekerjaan teknik yang Anda lamar. Tonjolkan juga pengalaman kerja dan pendidikan yang relevan. Pastikan untuk membuat resume yang kaya akan kata kunci dan frasa khusus industri, yang akan membantu resume Anda melewati sistem otomatis.

9. Latih pertanyaan wawancara umum.

Pergi ke wawancara pertama Anda tidak harus menegangkan. Pelajari beberapa pertanyaan wawancara umum sebelumnya untuk membangun kepercayaan diri sehingga Anda dapat mengikuti wawancara dengan perasaan siap. Meskipun setiap pewawancara memiliki gayanya sendiri, berikut adalah beberapa pertanyaan yang mungkin Anda temui:

Pertanyaan umum untuk mengetahui latar belakang dan keahlian Anda, termasuk pertanyaan tentang hal pertama yang Anda desain atau bagaimana Anda menjelaskan desain yang rumit kepada orang yang tidak memiliki latar belakang teknik.

Pertanyaan perilaku yang dirancang untuk memahami cara Anda bekerja, yang mungkin mencakup pertanyaan tentang kesalahan yang pernah Anda buat di masa lalu atau contoh situasi di mana Anda harus memberikan data untuk mendukung keputusan penting.

Pertanyaan teknis diarahkan pada disiplin Anda atau spesialisasi yang dibutuhkan oleh pekerjaan.

10. Terhubung dengan orang lain.

Almamater Anda, perkumpulan teknik mesin, dan acara jejaring semuanya dapat menjadi sumber potensial untuk mengarahkan Anda ke pekerjaan hebat berikutnya. Tetap terhubung dan aktif mencari koneksi baru untuk memperluas jaringan Anda. Selain itu, penting untuk terus belajar bahkan setelah Anda mendapatkan pekerjaan sehingga Anda dapat tetap mengetahui teknologi dan teknik terbaru.

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan ulasan tentang cara mendapatkan pekerjaan sebagai insinyur mekanik yang bisa anda ketahui dan praktekkan. Semoga dari penjelasan diatas dapat membantu yah! Terima kasih!

error: This content is protected by DMCA