Tips Cara Menghemat Uang Belanja Bulanan yang Wajib Kamu Tahu

Berhemat adalah sebuah keharusan. Tidak hanya baik untuk masa depan karena kita tak pernah tahu apa yang akan kita butuhkan nanti. Disamping itu, nilai tukar dollar terhadap rupiah yang terus menguat, membuat banyak kebutuhan rumah tangga (khususnya kebutuhan primer) yang naik harga.

Di samping harga kebutuhan bahan pokok yang mahal, biaya listrik, BBM, air, dan berbagai tagihan lainnya juga perlu dipertimbangkan.

Buat saya, belanja di online shop merupakan salah satu alternatif cara untuk berhemat. Terlebih jika ada promo menarik seperti pesta diskon harbolnas 2018 yang akan jatuh pada tanggal 12 Desember nanti.

Buat kamu yang ingin mengirit pengeluaran, berikut adalah 7 cara menghemat uang belanja bulanan yang wajib kamu ketahui.

1. Berbelanja di online shop

Sudah hampir setahun lebih saya terbiasa memenuhi berbagai kebutuhan dengan berbelanja online. Alasan utama saya berbelanja online tentu saja karena produk yang ditawarkan oleh online shop rata-rata berharga murah.

Di samping murah. Online shop juga sering menawarkan cashback, diskon, dan berbagai promo menarik yang bisa kita manfaatkan untuk berhemat.

Salah satu online shop yang sering saya kunjungi adalah Bukalapak. Selain karena hampir setiap hari online shop yang satu ini memberikan kita berbagai macam diskon dan voucher, termasuk penawaran gratis ongkos kirim. Kita juga bisa berburu voucher gratis ongkos kirim.

Hal lain yang membuat saya menyukai Bukalapak adalah fitur nego yang saya rasa sangat bermanfaat untuk menekan harga beli. Karena fitur ini manfaat utamanya adalah untuk tawar-menawar.

2. Berbelanja saat ada pesta diskon

Selain mudah dan banyak produk murah, keuntungan lain berbelanja di online shop menurut saya terletak pada promo-promo yang mereka tawarkan.

Setiap hari ada saja promo menarik yang bisa kita manfaatkan untuk berhemat. Mulai dari voucher gratis ongkos kirim hingga promo menarik dengan diskon besar-besaran seperti pesta diskon harbolnas 2018 (12.12) di akhir tahun.

Setelah pesta diskon harbolnas 2018 selesai, segera setelah itu kita akan disuguhkan kembali promo menarik yaitu, promo Natal dan tahun baru.

3. Beli produk berkualitas dan awet

Produk yang berkualitas dan awet biasanya berharga mahal. Walau demikian, durabilitas item yang berkualitas akan membantu kita menghemat uang lebih banyak dalam jangka panjang. Dengan produk-produk yang tidak mudah rusak, kita akan lebih hemat karena tidak sering berbelanja untuk mengganti produk tersebut.

4. Beli produk elektronik yang hemat listrik

Ada banyak perangkat elektronik di rumah kita yang membutuhkan daya sangat besar seperti AC, kulkas, mesin cuci, rice cooker, hingga perangkat elektronik lainnya seperti komputer atau TV.

Tagihan listrik yang tinggi sering kali berasal dari elektronik yang boros listrik. Nah, agar tagihan listrik tidak terus-terusan membengkak setiap bulan. Ketika akan membeli perangkat elektronik. Sebaiknya pilihlah yang hemat listrik walaupun harganya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan produk sejenis yang menggunakan membutuhkan daya lebih banyak.

5. Manfaatkan kembali barang-barang lama

Ada beberapa alasan mengapa kita membeli baju baru atau busana baru. Diantaranya adalah karena kita merasa bosan dengan model yang lama, kita ingin mengikuti tren, tertarik dengan baju model-model terbaru, atau karena kebetulan ada promo seperti diskon harbolnas 2018 misalnya.

Jika ingin berhemat, manfaatkan kembali baju-baju lama yang mungkin selama ini kamu lupakan padahal masih cukup bagus dan layak digunakan. Cobalah menemukan beberapa potong yang masih cukup bagus dan modelnya bisa kamu manfaatkan untuk tampil berbeda.

6. Gunakan transportasi umum

Transportasi umum memang tidak terlalu praktis. Tapi cukup “ampuh” apabila dimanfaatkan untuk berhemat. Pasalnya, biaya bepergian dengan menggunakan transportasi umum jauh lebih murah dibandingkan apabila kita menggunakan kendaraan pribadi.

7. Berbelanja di Bukalapak

Cara menghemat uang belanja bulanan yang wajib kamu tahu selanjutnya adalah berbelanja di Bukalapak. Mengapa saya memasukkan Bukalapak sebagai salah satu cara untuk menghemat?

Bukalapak merupakan salah satu toko online yang konsisten menawarkan berbagai macam produk yang kita butuhkan setiap hari melalui flash sale, seperti:

Deterjen, sabun mandi, gigi, alat pembersih lantai, bumbu dapur, popok, minyak goreng, dan berbagai kebutuhan yang sifatnya sangat urgent. Seperti yang kita tahu, berbelanja di flash sale merupakan cara termudah untuk belanja murah di online shop.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.