7 Tingkatan Neraka Dalam Islam, Pengingat Umat!

 

Jagad.id – Neraka adalah tempat yang dibuat oleh Allah untuk menghukum pelaku kejahatan di akhirat. Konsep tingkatan dalam neraka didasarkan pada beratnya dosa yang dilakukan oleh pelaku maksiat. Muslim percaya bahwa ada tujuh tingkatan neraka, seperti tujuh tingkat surga. Ini juga disebut sebagai gerbang ke neraka dan dikaitkan dengan berbagai jenis hukuman yang bersifat fisik dan spiritual.

Nabi Muhammad, damai dan berkah besertanya, adalah Nabi tercinta Allah dan dikatakan bahwa umatnya, yang Muslim, akan dikirim ke Jannah setelah menyelesaikan hukuman mereka. Dipercayai bahwa di akhirat tidak ada yang mati dan ketika manusia/jin dibakar menjadi abu di Jahannam, mereka akan dikembalikan ke bentuk sehat dan akan dihukum dengan cara yang sama lagi. Siklus ini akan berlangsung sampai Allah mengampuni mereka.

Di blog ini, kami melihat berbagai keyakinan dan detail mengenai konsep neraka dalam Islam dan apa yang dimaksud dengan tujuh tingkat neraka.

Tingkatan Neraka dalam Islam

Diyakini bahwa neraka adalah lubang api yang selalu menyala. Api di Jahannam/neraka adalah yang paling panas dan berwarna hitam. Jahannam adalah tempat di mana setiap manusia dan jin diperingatkan dan diperintahkan untuk menahan diri dari dosa. Hukuman di neraka tidak ada habisnya untuk orang kafir, sedangkan untuk Muslim hukuman tergantung pada dosa yang dilakukan oleh mereka.

Ketika neraka diciptakan oleh Allah, Dia membiarkan api yang menghanguskan menyala di Jahannam selama seribu tahun. Begitu Jahannam menjadi merah menyala, dia membiarkannya menyala selama seribu tahun lagi sampai menjadi putih terang, lalu akhirnya Allah memanaskannya lagi selama seribu tahun terakhir, nyala api menjadi hitam pekat dari putih terang. Dipercaya juga bahwa api Jahannam 70 kali lebih panas daripada api duniawi.

Jahannam terdiri dari berbagai binatang berbisa yang gigitannya tidak akan ditenangkan selama 40 tahun di Jahannam. Juga, ular dan kadal hadir di Jahannam. Orang-orang berdosa di Jahannam akan diberi minum nanah, darah, dan air mendidih yang keras dan pohon yang tumbuh di sana yang disebut Zaqqum yang cabangnya berduri berduri untuk dimakan. Oleh karena itu Allah memperingatkan manusia dan jin dari Jahannam. Neraka memiliki tujuh tingkatan, mari kita lihat tingkatan neraka ini secara detail.

Neraka dibagi menjadi tujuh tingkat yang terletak di bawah satu sama lain berdasarkan beratnya dosa. Jadi, tingkat yang paling tidak menyakitkan yaitu tingkat satu berada di atas dan tingkat yang paling menyakitkan terletak di kedalaman Jahannam. Suhu dan kerasnya azab Jahannam terus meningkat seiring menurunnya tingkatan. Setiap level dibuat untuk berbagai jenis pendosa dan hukuman. Mari kita lihat mereka.

1. Jahannam

Tingkat ini untuk umat Islam yang berdosa di dunia. Ini memiliki panas paling sedikit di antara semua tingkatan dan memiliki hukuman paling menyakitkan bagi para pendosa. Saat orang berdosa masuk melalui gerbangnya, wajah mereka akan terbakar dan api akan memakan daging mereka. Di sini Allah akan memperbaharui daging mereka setiap kali setelah dibakar.

2. Lazha

Tingkatan neraka ini terletak di bawah Jahannam, dan itu untuk orang-orang dan jin yang tidak percaya kepada Allah, menolak pesan Nabi dan tidak percaya pada mereka sebagai utusan Allah. Hukuman utama dalam level ini adalah api akan menggerogoti organ seseorang satu per satu baik secara eksternal maupun internal, dan akhirnya akan menghancurkan tubuhnya.

3. Al-Hutamah

Di tingkat ini, diyakini bahwa api di sini akan membakar para pendosa sampai ke tulang dan membakar hati dan organ dalam mereka. Api akan mulai dari kaki mereka dan kemudian naik ke hati mereka. Diyakini bahwa orang-orang berdosa akan menangis sampai kelenjar air mata mereka mengering, darah akan mengering, dan air mata mereka akan sangat banyak bahkan jika sebuah kapal akan berlayar di genangan air mata mereka. akan melakukannya dengan mudah.

4. Saqar

Hukuman bagi orang-orang di sini adalah bahwa api akan memakan daging mereka tetapi bukan tulangnya. Empat alasan mengapa orang mendarat di tingkat ini adalah:

  • Mereka tidak melakukan Sholat.
  • Mereka tidak menawarkan makanan kepada orang miskin.
  • Mereka biasa berbicara sia-sia kepada orang-orang yang sia-sia yaitu mereka biasa mengikuti jalan yang zalim dan dusta.
  • Mereka menolak adanya Hari Pembalasan dan Kebangkitan (Qiyamat).

5. Jaheem

Diyakini bahwa yang merupakan bongkahan batu bara besar dan lebih besar dari tingkatan neraka terendah. Orang-orang berdosa akan dibuang ke sini karena tiga alasan:

Mereka tidak memberikan kepercayaan yang benar kepada Allah.
Menolak untuk memberikan hak yang benar atas ciptaan.
Tidak menganjurkan memberi makan orang miskin.

6. Sa’ir

Level ini telah menyala sejak dibuat. Ini terdiri dari 300 kastil yang masing-masing memiliki 300 gubuk dengan masing-masing 300 kamar dan, di setiap kamar, ada 300 jenis hukuman yang berbeda. Rasa sakit di sini tak terbayangkan, tak tertahankan dan sangat menyakitkan. Disini ada kalajengking, ular, rantai, tali dan lainnya. Juga, ia memiliki jurang Penderitaan yang merupakan azab yang paling pedih di seluruh neraka.

7. Al-Hawwiyah

Ini adalah tingkat ketujuh jahannam, terletak di bawah Sa’ir. Dikatakan bahwa tidak ada pendosa yang akan dibebaskan dari level ini. Ada kegelapan pekat di level ini. Penggunjing dan orang yang tidak beriman dihukum di sini. Para pendosa di tingkat ini akan diremukkan di bawah gunung dengan mereka tertelungkup.

Tangan para pendosa akan diikat ke leher mereka dan leher mereka ke kaki mereka. Dan Zabanniyah (malaikat Janhannam) pasti akan berdiri di atas mereka. Tangan para malaikat seharusnya terbuat dari besi yang kuat dan sebagai hukuman bagi para pendosa mereka akan memukul para pendosa dengan tangan kosong. Al-Qur’an mengatakan bahwa Al-Hawwiyah adalah tingkat di mana api yang menyala akan merangkul pendosa seperti seorang ibu memeluk anaknya.

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan ulasan tentang tingkatan neraka dalam islam yang yang bisa anda ketahui. Semoga dari ulasan diatas dapat membantu anda memperoleh pengetahuan dan mengingatkan kita akan siksa neraka. Semoga bermanfaat yah!

error: This content is protected by DMCA