Kambing kacang Dan Pengertian Tentang Ruminansia

jagad.id-Kambing kacang yan ama yang cukup unik untuk didengar tetapi itulah karateristik kambing yang ukurannya cukup relative kecil ini . akan tetapi walaupun ukuranya kecil tetapi bila di sembelih akan menghasilkan daging yanf cukup padat dan baik kualitasnya.

Kambing ini memiliki arateristik yang cukup unik dengan ciri tubuh yang kecil, kuping yang relative kecil dan menghadap keatas, biasanya pemeliharaan kambing jenis ini dipalihara dengan waktu singngkat , yaitu tiga sampai empat bulan saja.

Kambing adalah mamalia ruminansia jinak yang merupakan vertebrata berdarah panas yang dapat dibedakan dengan adanya rambut atau bulu yang betina mengeluarkan susu untuk memberi makan anak-anak mereka. Kambing seperti banyak ruminansia lainnya juga dipelihara seperti sapi.

Hewan ternak adalah hewan ternak yang biasanya diternakkan untuk memenuhi kebutuhan manusia akan susu, daging, bulu dan kulit. Jangat tidak lain adalah kulit kambing yang nantinya akan dibuat menjadi produk kulit untuk pakaian, ikat pinggang dan sepatu. Dan susu kambing juga diubah menjadi keju yang disebut keju kambing yang dinikmati sebagai kelezatan oleh banyak orang di berbagai belahan dunia.

Kambing Kacang Dan Pengertian Tentang Ruminansia

Kambing kacang sangat lekat dengan hewan yang termasuk dalam famili Bovidae dengan nama ilmiah Capra aegagrus hircus yang merupakan subspesies jinak dari Capra aegagrus liar. 45% populasi kambing terutama ditemukan di Asia jumlah tertinggi berada di Cina, diikuti oleh India, Pakistan dan Bangladesh. Mereka adalah jenis ruminansia yang termasuk dalam kategori mamalia dan subordo Ruminantia yang juga mencakup sapi, domba, kijang, rusa, jerapah lainnya.

Siklus Hidup Kambing cukup menarik, anak kambing remaja mulai berjalan dalam beberapa menit setelah kelahiran mereka, setelah jangka waktu 3-4 bulan mereka tidak lagi bergantung pada induknya untuk makanan dan memberi makan diri mereka sendiri dengan massa. rumput dan setelah 30 bulan mereka secara biologis siap melahirkan anak, masa kehamilan hingga 150 hari. Umur kambing liar mirip dengan anjing yaitu 9-12 tahun sedangkan harapan hidup kambing peliharaan adalah 15-18 tahun.

Masa kehamilan kambing betina adalah 15/hari. Kambing muda disebut “anak-anak”. Anak-anak dapat berjalan dan berlari hanya beberapa menit setelah lahir. Mereka bergantung pada ibu mereka hanya untuk beberapa bulan, setelah itu mereka dapat merumput dan memakan rumput dan dedaunan.

Kambing memiliki harapan hidup 9-12 tahun seperti anjing. Kambing peliharaan hidup lebih lama hingga 15-18 tahun. Kambing dapat memiliki kisaran berat. Kambing yang lebih ringan dapat memiliki berat sekitar 20-27 kg dan kambing yang lebih berat dapat memiliki berat lebih dari 140 kg. Kambing memiliki dua tanduk yang melengkung ke belakang. Ada kasus di mana kambing dengan hingga delapan tanduk lahir karena beberapa kelainan genetik. Kambing seperti itu disebut kambing polycerate.

Kambing memiliki empat ruang di perutnya. Ketika mereka memakan rumput, mereka tidak langsung mencernanya, mereka menyimpannya di dalam sebuah ruangan yang disebut “rumen”. Nanti malam, mereka bisa membawa kembali rumput yang disimpan ke mulut mereka untuk dikunyah dengan benar.

Ini disebut memamah biak, sebuah fenomena yang diamati pada sapi juga. Hal ini terutama disebabkan karena rumput memiliki kandungan selulosa yang tinggi yang tidak mudah dicerna. Oleh karena itu, awalnya tidak dicerna tetapi disimpan dan kemudian dikunyah. Bahan yang dikunyah masuk ke ruang perut lain yang disebut retikulum, omasum, dan abomasum dengan bantuan mikroba esensial yang ada di perut mereka.

Kambing juga memiliki nama yang bervariasi tergantung anatominya, yaitu yang jantan disebut bucks atau billies dan kambing jantan yang dikebiri disebut wether Nama Berdasarkan Anatomi Kambing juga memiliki nama yang bervariasi tergantung anatominya, yaitu yang jantan disebut bucks atau billies dan kambing jantan yang dikebiri disebut wethers dan yang betina disebut does atau nanny, sedangkan yang masih muda tanpa memandang jenis kelamin disebut kids.

Kambing kacang Betina memiliki ambing yaitu organ yang terbentuk dari penjumlahan 2 puting atau kelenjar susu pada ruminansia ini sedangkan yang lain memiliki kombinasi 4-8 puting.Tidak seperti ruminansia lainnya, kambing memiliki tubuh yang lebih ringan dengan bobot yang berbeda-beda sehubungan dengan ras, galur, dan garis keturunan tertentu. Kambing di sisi timbangan yang lebih tinggi bisa mencapai lebih dari 140 kg, dan di ujung timbangan yang lebih rendah, beratnya bisa mencapai 20-27 kg.

 

error: This content is protected by DMCA