Cara Melacak Nomor Handphone Dengan Mudah

Salah satu langkah yang dapat Anda ambil ketika smartphone atau ponsel Anda dicuri, hilang atau terjatuh pada suatu tempat adalah dengan melacak nomor handphone. Tentu Anda mengingat nomor handphone sendiri bukan? Namun, Cara melacak nomor handphone ini akan tidak dapat digunakan apabila ponsel Anda dicuri atau ditemukan orang lain dan kartu SIM telah dicopot.

Nomor handphone merupakan angka unik yang disediakan oleh provider dan pasti berbeda satu sama lain. Biasanya, nomor handphone terdiri dari 11 hingga 13 digit angka (tergantung provider). Kartu SIM juga tidak akan dapat digunakan apabila tidak adanya nomor IMEI pada handphone, atau IMEI tidak terdaftar (barang ilegal).

Cara Mudah Melacak Handphone

Kelengkapan nomor IMEI dan kartu SIM merupakan hal penting yang harus terpenuhi supaya cara melacak nomor handphone ini dapat berhasil. Sebenarnya, apabila Anda kehilangan ponsel ada satu cara yang dapat Anda lakukan sebelum melacak nomor.

1. Gunakan fitur lokasi pada perangkat android

Semua ponsel android biasanya telah tersematkan fitur lokasi. Fitur ini secara default aktif apabila ponsel sudah login akun google. Cara menemukan ponsel yang hilang dengan fitur ini Anda harus meminta tolong teman melacak ponsel Anda, kapan terakhir kali online.

Gunakan aplikasi ‘temukan perangkat’ yang dapat Anda download secara gratis melalui playstore (gunakan handphone teman). Kemudian, masuk sebagai tamu dan masukkan akun gmail yang telah login pada ponsel Anda yang hilang. Tunggu beberapa menit dan Anda dapat menemukan lokasi terakhir handphone online. Apabila ponsel masih terhubung ke internet, Anda dapat menemukan lokasinya secara real-time.

Cara diatas dapat Anda lakukan tanpa menyetting apapun di ponsel yang hilang. Namun, cara diatas tidak dapat dilakukan apabila data akun telah dihapus dari perangkat. Hal yang mungkin saja menggagalkan cara diatas adalah perangkat telah di reset ulang ke setelan pabrik.

2. Menggunakan nomor handphone untuk melacak seseorang melalui Google Maps

Untuk cara kedua ini dapat Anda lakukan ketika ingin mengetahui lokasi seseorang yang Anda kenal seperti keluarga, anak, pasangan dan semua yang bisa Anda pinjam ponselnya. Hanya melalui Google Maps, Anda akan bisa melacak nomor HP orang yang Anda invite. Bagaimana caranya? Perlu diingat bahwa cara berikut mengharuskan Anda memiliki akses untuk mengoperasikan handphone target.

  • Buka aplikasi Google Maps pada ponsel yang ingin dilacak (lakukan tanpa disadari)
  • Kemudian klik garis tiga pada pojok kiri atas aplikasi Google Maps.
  • Setelah itu klik berbagi lokasi dan klik ‘mulai’
  • Anda dapat memilih berapa lama fitur berbagi lokasi ini dapat dijalankan. Apabila ingin dilakukan selamanya, dapat dipilih ‘hingga dinonaktifkan’
  • Pilih salah satu media yang ingin Anda gunakan untuk berbagi lokasi, bisa chat, SMS maupun aplikasi messenger lainnya.
  • Apabila Anda ingin melacak ponsel seseorang selamanya, maka ponsel Anda harus terhubung dengan akun google. Jika nomor ponsel Anda tidak terhubung dengan akun google ketika pertama kali daftar, link yang mengarahkan ponsel pada lokasi secara real-time hanya berlaku selama tiga hari.

Sebagai catatan, cara diatas dapat Anda terapkan apabila Anda memiliki dua ponsel. Sehingga akan sangat direkomendasikan untuk saling berbagai lokasi. Namun, perlu diingat bahwa cara diatas dapat dilakukan juga untuk melacak lokasi real-time orang lain, maka langkah diatas harus dilakukan tanpa diketahui oleh pemilik ponsel.

Cara diatas juga akan bisa dilakukan meskipun data seluler dari ponsel target dinonaktifkan. Namun, syaratnya ponsel target harus tetap aktif dan terdapat sinyal provider. Melihat keterangan Google, bahwa lokasi ponsel merupakan sebuah system yang menggunakan bantuan menara BTS (tower sinyal).

3. Melacak nomor handphone (WA) melalui whatsapp web

Cara ini dapat Anda lakukan bukan ketika ponsel hilang. Melainkan, Anda ingin mengetahui keberadaan atau lokasi seorang teman, keluarga, kerabat dan lainya tanpa menyentuh ponsel mereka. Berbeda dengan cara kedua, cara ketiga ini mengharuskan Anda untuk menggunakan fitur whatsapp web. Caranya sebagai berikut.

  • Buka browser (Google Chrome, Mozilla Friefox, Edge, dll) pada PC/laptop Anda
  • Kemudian ketikkan URL “web.whatsapp.com” pada URL bar pada browser
  • Selagi menunggu, buka aplikasi whatsapp pada ponsel dan klik titik tiga pojok kanan atas
  • Kemudian pilih “WhatsApp Web
  • Setelah itu scan barcode yang tertera pada halaman browser menggunakan ponsel Anda.
  • Setelah whatsapp web terhubung whatsapp ponsel Anda, silakan buka chat/pesan terakhir teman yang ingin Anda lacak. Apabila chat telah berakhir beberapa hari yang lalu, silakan chat kembali teman Anda dan biarkan hingga dia membalas. Langkah ini berguna untuk melihat IP terakhir orang tersebut.
  • Kemudian tekan Windows+R secara bersamaan dan ketikan “cmd”, lalu enter.
  • Setelah terbuka jendela cmd (command prompt), ketikkan “netstat” (tanpa tanda petik), lalu enter.
  • Akan muncul beberapa informasi, kemudian catatlah informasi alamat IP yang tercantum pada cmd.
  • Alamat IP ini adalah lokasi terakhir dimana teman Anda berada, silakan lacak menggunakan layanan online pelacak IP.
  • Buka website “ip-adress.com/ip_tracer/”, kemudian ketikkan alamat IP yang telah didapatkan dari cmd.

4. Menggunakan Layanan Ceebydith

Cara terakhir ini merupakan cara tanpa melakukan apapun pada ponsel target. Hal yang perlu Anda siapkan adalah nomor handphone yang ingin dilacak. Cara ini juga tidak mengharuskan ponsel target terkoneksi internet. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Masuk pada browser Anda dan ketik “ceebydith.com/cek-hlr-lokasi-hp.html”
  • Setelah terbuka, ketikkan nomor ponsel yang ingin dilacak (hanya bisa provider Indonesia)
  • Kemudian tekan tombol cari.
  • Scroll down dan Anda akan melihat lokasi nomor handphone.
  • Catatan penting mengenai cara ini adalah bahwa lokasi dari nomor handphone ini bukanlah real-time. Namun, lokasi nomor handphone ini merupakan lokasi dimana dilakukan registrasi.

Cara diatas merukan beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk melacak ponsel melalui fitur lokasi, bantuan google maps dan juga nomor handphone. Namun, cara diatas tidak menjamin ketepatan akurasi lokasi karena bisa saja berubah-ubah karena banyak faktor yang memengaruhi.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.