Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris, Auto Jago!

Jagad.id – Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris – Belajar bahasa Inggris adalah tujuan bagi jutaan orang di seluruh dunia. Saat ini, satu miliar orang di seluruh dunia berbicara bahasa Inggris atau sedang mempelajarinya. Ada banyak alasan untuk belajar bahasa Inggris. Semua pelajar bahasa Inggris termotivasi untuk belajar bahasa Inggris karena berbagai alasan.

Beberapa perlu belajar bahasa Inggris untuk sekolah atau bekerja. Orang lain mungkin berencana untuk pindah ke negara berbahasa Inggris. Beberapa berencana melakukan perjalanan ke AS, Inggris, atau Australia untuk pertama kalinya. Mereka ingin berkeliling dengan mudah. Atau mereka bepergian ke suatu tempat Bahasa Inggris bukan bahasa pertama, meskipun mungkin masih menjadi bahasa kedua atau ketiga yang dipahami oleh penduduk setempat.

Dan beberapa ingin belajar untuk kesenangan sederhana menjadi fasih dalam bahasa baru.

Menguasai bahasa Inggris adalah tantangan menarik yang membuka pintu ke banyak budaya. Setiap penutur asing dapat belajar berbicara bahasa Inggris dengan lancar. Siapa pun yang bertekad dan mau mencoba sesuatu yang baru dapat mewujudkan impian ini.

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris

Anda tidak harus tinggal di negara berbahasa Inggris untuk mulai belajar bahasa. Jika Anda ingin belajar bahasa Inggris, atau jika Anda ingin meningkatkan keterampilan yang sudah Anda miliki, berikut adalah 20 tips hebat untuk cepat dalam belajar bahasa Inggris:

1. Buatlah daftar tujuan pembelajaran bahasa Inggris Anda

Saat mempelajari bahasa baru, pertimbangkan mengapa Anda perlu atau ingin mempelajari bahasa tersebut dan bagaimana Anda berencana menggunakannya. Apakah Anda belajar bahasa Inggris untuk bekerja? Apakah perusahaan Anda mengharuskan Anda untuk menunjukkan kefasihan?

Apakah Anda perlu belajar bahasa Inggris untuk lulus ujian TOEFL untuk mendaftar di universitas AS atau Inggris? Apakah Anda berencana untuk bepergian? Beberapa sasaran mungkin membutuhkan waktu beberapa bulan untuk dicapai; lain beberapa tahun. Ada banyak sumber daya yang tersedia untuk membantu pelajar bahasa Inggris mencapai tujuan mereka.

2. Ikuti kursus yang sesuai dengan level Anda

Belajar sendiri hanya bisa membuat Anda sejauh ini. Jika Anda serius belajar bahasa Inggris, sebaiknya mendaftar di kursus bahasa Inggris yang sesuai dengan tujuan Anda merupakan cara cepat belajar bahasa inggris. Anda dapat mengambil rute tradisional dan bergabung dengan sekolah atau pusat komunitas, yang kemungkinan akan mengikuti jalur “pemula hingga mahir” dengan kurikulum, kecepatan, dan jadwal tetap.

3. Belajar tata bahasa Inggris

Meskipun tujuan Anda adalah mempelajari bahasa Inggris yang cukup untuk bepergian, memahami tata bahasa dasar selalu merupakan ide yang bagus. Tidak ada jalan lain – tata bahasa Inggris bisa sangat rumit, penuh dengan kata kerja tidak beraturan, ejaan yang aneh, dan konjugasi yang tidak biasa. Dan bahasa Inggris tidak sepenuhnya fonetis, jadi tampilan sebuah kata belum tentu seperti bunyinya.

Mempelajari tata bahasa adalah bagian penting dari mempelajari bahasa apa pun. Ada banyak sumber daya daring untuk membantu Anda menguasai tata bahasa. Anda bisa mulai dengan membaca English Grammar 101 untuk mendapatkan pemahaman umum tentang aturan bahasa Inggris. Perlu diingat, ada banyak kesalahan tata bahasa umum yang harus Anda sadari saat berlatih. Perhatikan baik-baik tenses dalam bahasa Inggris dan biasakan diri Anda dengan preposisi. Terakhir, luangkan waktu untuk mempelajari aturan ejaan.

4. Pelajari kata bahasa Inggris baru setiap hari

Semakin banyak kata bahasa Inggris yang Anda ketahui, semakin baik Anda dapat mengekspresikan diri. Satu-satunya cara cepat belajar bahasa inggris untuk meningkatkan dan memperluas kosa kata Anda adalah mempelajari lebih banyak kata. Pelajari kata bahasa Inggris baru setiap hari dan gunakan kata tersebut.

Jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana, cobalah membuat kartu kilas dari kata-kata yang paling sering digunakan. Setelah Anda mempelajari dasar-dasarnya, gunakan tesaurus untuk mengembangkan kosa kata Anda lebih jauh dan mulailah menggunakan kata-kata yang lebih canggih untuk mengekspresikan diri Anda.

Cara lain untuk membangun kosa kata bahasa Inggris Anda adalah dengan membaca artikel surat kabar. Berlangganan publikasi cetak, baca beberapa artikel setiap pagi, dan lingkari kata-kata baru. Anda juga dapat menonton program televisi dalam bahasa Inggris dengan teks terjemahan untuk mendengar kata-kata baru diucapkan.

5. Dan jangan lupa mencatat kata-kata baru itu di jurnal kosakata

Setiap kali Anda menemukan kata baru, tuliskan. Banyak pelajar bahasa Inggris membawa buku catatan atau jurnal untuk tujuan ini. Simpan buku dan pulpen ini. Sebelum Anda menyadarinya, Anda akan memiliki buku kata-kata baru untuk diulas saat bepergian atau beristirahat.

6. Temukan teman bicara berbahasa Inggris

Ketika datang untuk belajar bahasa Inggris, latihan sangat penting. Idealnya, Anda ingin berbicara bahasa secara teratur untuk menguasai pelafalan, pemahaman lisan, dan keterampilan berbicara secara keseluruhan. Salah satu cara cepat belajar bahasa inggris terbaik adalah dengan berlatih dengan rekan percakapan yang sabar.

Jika Anda tidak mengenal penutur bahasa Inggris, lihat apakah ada program pertukaran bahasa di daerah Anda. Program-program ini memungkinkan Anda belajar dari penutur bahasa Inggris dengan imbalan mengajari mereka bahasa ibu Anda. Carilah kesempatan untuk belajar di komunitas Anda. Cari teman bicara. Beberapa sekolah dan organisasi masyarakat memiliki sukarelawan yang akan bekerja dengan pelajar bahasa Inggris sekali atau dua kali seminggu secara gratis.

7. Baca buku yang ditulis dalam bahasa Inggris

Apakah Anda baru mulai belajar bahasa Inggris atau berharap untuk mencapai kemahiran yang hampir seperti penutur asli, membaca adalah cara cepat belajar bahasa inggris yang bagus untuk mendapatkan poin-poin ekspresi yang lebih halus dan bernuansa. Jika Anda menyukai novel, kelas sastra online akan memaparkan Anda pada karya-karya yang secara luas dianggap klasik.

Jika Anda baru memulai dengan bahasa Inggris dan belum bisa menangani literatur tingkat lanjut, mulailah dengan buku anak-anak. Mereka dapat membantu Anda menguasai dasar-dasar tata bahasa dan struktur kalimat serta elemen penceritaan seperti sebab dan akibat.

8. Tonton film dalam bahasa Inggris dengan subtitle

Apakah Anda menikmati menonton film? Jika demikian, apakah Anda memiliki genre favorit? Apakah Anda suka aksi, horor, atau romansa? Untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda, pilih salah satu dan mulailah menonton. Jika Anda takut tidak akan memahami semuanya, Anda selalu dapat menggunakan subtitle dalam bahasa asli Anda. Bahkan dengan subtitle, film berbahasa Inggris dapat meningkatkan kosa kata dan pemahaman lisan Anda.

9. Setelah Anda merasa nyaman dengan keterampilan mendengarkan Anda, matikan subtitle

Setelah Anda yakin dengan keterampilan mendengarkan bahasa Inggris Anda, cobalah menonton film tanpa subtitle. Cara cepat belajar bahasa inggris ini akan membantu Anda meningkatkan keterampilan mendengarkan Anda. Jika keterampilan Anda kuat dan Anda siap untuk menguji telinga Anda, menonton film tanpa subtitle adalah cara yang baik untuk mengetahui apakah Anda perlu mengembangkan keterampilan mendengarkan Anda lebih lanjut.

10. Gunakan hobi dan minat Anda untuk memotivasi diri sendiri

Terkadang saat kita mulai mempelajari bahasa baru, kita perlu menemukan cara untuk tetap termotivasi. Jika Anda senang membaca tentang keuangan, perjalanan, hewan peliharaan, atau makanan, bacalah tentang topik ini dalam bahasa Inggris. Cari koran atau majalah berbahasa Inggris tentang subjek favorit Anda, atau kunjungi situs web atau blog tentang topik ini. Saat Anda siap, Anda bahkan mungkin ingin bergabung dalam percakapan tentang topik favorit Anda di papan diskusi.

11. Beli Software komputer

Meskipun agak mahal, perangkat lunak pembelajaran bahasa dapat menjadi cara yang layak untuk belajar bahasa Inggris – terutama jika Anda serius belajar tetapi tidak punya waktu untuk menghadiri kelas fisik. Jika Anda sudah mengikuti kursus online, Anda dapat menggunakan program ini sebagai pelengkap. Tidak ada salahnya menambahkan alat dan sumber daya lain untuk melatih, membangun, dan mempertahankan keterampilan baru Anda.

12. Tonton program berita dalam bahasa Inggris

Ini adalah cara cepat belajar bahasa inggris yang bagus untuk berlatih mendengarkan. Media berita sering kali berbicara dengan lambat dan jelas. Menonton program berita adalah cara yang baik untuk mempertajam pelafalan Anda. Bagi sebagian besar pembelajar bahasa Inggris, meningkatkan pelafalan bahasa Inggris adalah prioritas utama.

Terakhir, menonton program berita dari negara berbahasa Inggris tertentu adalah cara sempurna untuk mempelajari lebih lanjut tentang acara dan budaya setempat, terutama jika Anda berencana bepergian ke sana.

13. Temukan acara televisi populer dalam bahasa Inggris

Sebagian besar negara berbahasa Inggris dikenal dengan acara televisinya. Di AS, Inggris, atau Australia, penduduk setempat akan dengan senang hati memberi tahu Anda tentang komedi, drama, atau reality show favorit mereka. Luangkan waktu untuk mendengarkan. Program TV adalah cara yang bagus untuk mendengar aksen yang berbeda dan menguji kemampuan mendengarkan Anda.

14. Berusahalah untuk menyempurnakan aksen Anda

Dalam hal menguasai bahasa apa pun, pengucapan adalah kuncinya. Ingat, ada banyak dialek bahasa Inggris yang berbeda. Bahasa Inggris di Selandia Baru tidak sama dengan bahasa Inggris yang digunakan di Skotlandia. Bahasa Inggris yang digunakan di AS tidak sama dengan bahasa Inggris yang digunakan di Jamaika.

Pikirkan di mana Anda akan menggunakan bahasa Inggris dan dialek apa yang ingin Anda pelajari. Jika Anda selalu bermimpi belajar di luar negeri di Australia, sempurnakan aksen Australia dengan mempelajari cara orang Australia mengucapkan sesuatu.

Jika Anda ingin pindah ke AS, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara cepat belajar bahasa inggris Amerika dan menguasai aksen Amerika. Ada banyak sumber online seperti video YouTube, kursus online, dan bahkan tutorial blog gratis.

15. Pada saat yang sama, jangan terlalu khawatir dengan aksen Anda

Bergantung pada tujuan pribadi dan profesional Anda, Anda mungkin tidak perlu melepaskan aksen Anda. Banyak penutur bahasa Inggris non-asli memiliki karier yang sukses dan menggiurkan dengan berbicara bahasa Inggris dengan aksen. Yang paling penting adalah pendengar Anda memahami Anda.

Jika Anda yakin dengan kemampuan berbicara Anda dan tidak perlu lagi menyempurnakan aksen Anda, pertimbangkan cara lain untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda. Temukan kelas mendengarkan untuk lebih memahami penutur asli yang cepat atau menyempurnakan pelafalan Anda dengan kecepatan Anda sendiri.

16. Berlatih menulis dalam bahasa Inggris

Apakah Anda memahami perbedaan antara simile dan metafora? Saat Anda meningkatkan keterampilan berbicara, mendengarkan, dan membaca, pastikan Anda juga meningkatkan keterampilan menulis Anda. Pertimbangkan kursus menulis bahasa Inggris.

Beberapa kursus memungkinkan Anda untuk mencoba menulis jenis esai yang umum. Saat Anda meningkatkan tulisan Anda, Anda akan mendapatkan lebih banyak kepercayaan diri. Jika Anda ingin meningkatkan keterampilan menulis bahasa Inggris Anda, lihatlah beberapa contoh kalimat kompleks.

17. Luangkan waktu untuk berlatih di dunia nyata

Jika Anda sudah tinggal di negara berbahasa Inggris, berlatihlah menelepon toko lokal untuk mengajukan pertanyaan seperti, “Jam berapa Anda buka pada hari Sabtu?” Pesan makanan di restoran baru. Melakukan panggilan telepon dalam bahasa Inggris. Jika Anda tidak tinggal di negara berbahasa Inggris, latih keterampilan menulis Anda dengan menggunakan fungsi obrolan langsung perusahaan jika Anda memiliki pertanyaan tentang suatu produk atau pesanan.

18. Bepergian ke negara berbahasa Inggris dan gunakan bahasa Inggris saat Anda berada di sana

Membenamkan diri Anda dalam lingkungan berbahasa Inggris adalah cara yang menantang dan mengasyikkan untuk memulai. Ketika Anda mengunjungi negara berbahasa Inggris, Anda tidak hanya dapat melatih kemampuan berbicara Anda, Anda juga dapat berlatih mendengarkan, membaca, dan menulis. Coba dengarkan pengumuman di kereta saat Anda bepergian.

19. Jangan takut melakukan kesalahan

Setiap orang yang belajar bahasa baru akan membuat kesalahan. Itu bagian dari proses pembelajaran. Anda mungkin salah menggunakan kosakata baru atau salah mengucapkan kata dan perlu mengulanginya. Tapi jangan berkecil hati. Beri tahu teman, teman sekelas, dan kolega Anda bahwa Anda sedang belajar.

Beberapa dari mereka mungkin belajar juga. Jika memungkinkan, cobalah untuk membangun komunitas yang mendukung dengan pembelajar bahasa Inggris lainnya.

20. Sering-seringlah membaca kembali daftar tujuan Anda

Ingatkan diri Anda tentang tujuan Anda — dan pintu baru yang dapat dibantu oleh bahasa baru untuk Anda buka.

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan ulasan tentang cara cepat belajar bahasa inggris yang benar dan memungkinkan anda dapat dengan fasih bahasa Inggris dengan singkat. emoga dari ulasan atau tips diatas dapat membantu anda menyempurnakan berbahasa inggris anda yah! Terima kasih!

error: This content is protected by DMCA