Cara Beriklan Di Tiktok Secara Lengkap

Jagad.id – Karena TikTok mendapatkan lebih banyak momentum di luar lingkaran Gen Z, pengiklan mulai membangun strategi periklanan TikTok mereka. Mempertimbangkan bahwa aplikasi tersebut adalah aplikasi non-Meta pertama yang mencapai 3 miliar unduhan pada Juli 2021 dan memiliki sekitar 50 juta pengguna aktif harian di AS, mudah untuk memahami mengapa platform media sosial ini penting. Dan kali ini Jagad.id akan mengulas cara beriklan di Tiktok dengan lengkap dibawah.

Aplikasi ini telah meluncurkan sejumlah format iklan untuk membantu merek menjangkau audiens mereka. Untuk membantu Anda memaksimalkannya, mari tinjau proses langkah demi langkah tentang cara beriklan di TikTok.

Beriklan di TikTok

Beriklan di TikTok adalah peluang besar bagi merek. Jumlah pengguna aktifnya sudah melebihi Twitter dan Snapchat dan tidak terlalu jenuh dengan iklan dibandingkan jejaring sosial lainnya.

Pada awal 2019, TikTok merilis versi beta dari platform periklanannya. Sejak itu, merek besar seperti Nike dan Apple Music telah menggunakan iklan TikTok untuk mempromosikan produk mereka dengan iklan yang unik dan menghibur.

Dalam cara beriklan di TikTok menawarkan format unik dan opsi penargetan yang, bila digunakan secara efektif, membantu Anda mengakses salah satu grup pengguna yang paling menguntungkan dan sulit dijangkau: Gen Z. Namun, beriklan di TikTok tidak cocok untuk semua perusahaan.

Berapa Biaya Beriklan di TikTok?

TikTok adalah solusi periklanan yang bagus untuk merek besar seperti Nike, Disney, atau Grubhub, tetapi mungkin tidak menguntungkan untuk bisnis kecil.

Meskipun TikTok tidak mempublikasikan harga iklannya, dek pitch TikTok yang bocor mengungkapkan bahwa kampanye besar dapat berkisar antara $25.000 hingga $150.000 tergantung pada jenis kampanye yang Anda pilih.

Untuk iklan swalayan, TikTok memerlukan anggaran minimal $500 untuk keseluruhan kampanye, dengan minimum $20 untuk grup iklan. Minimum ini memungkinkan Anda untuk melihat hasil dan memastikan bahwa iklan Anda dapat mencapai tujuan Anda.

Sayangnya, jika Anda mencari cara beriklan di Tiktok dengan biaya rendah dan hasil yang dapat diprediksi, TikTok mungkin bukan pilihan terbaik Anda saat ini.

Target Pemirsa Iklan TikTok

Jika target audiens utama merek Anda adalah Gen Z, beriklan di TikTok bisa menjadi investasi yang bagus. 66% pengguna TikTok berusia di bawah 30 tahun, dan 41% berusia antara 16 dan 24 tahun.

Penting untuk diingat bahwa banyak jejaring sosial pertama kali menjadi populer di kalangan pengguna yang lebih muda dan kemudian meluas ke audiens lain. Meskipun beriklan di TikTok saat ini tidak tepat untuk Anda, ada baiknya Anda mempelajari prosesnya agar Anda dapat bersiap.

Statistik TikTok

Sebuah laporan oleh Business of Apps mengkonfirmasi dominasi pasar saat ini melalui jumlah unduhan. TikTok keluar di depan aplikasi yang lebih mapan seperti Instagram dan Facebook.

Menurut Statistik, tingkat keterlibatan pada aplikasi juga tinggi. Ini penting untuk dipertimbangkan saat memutuskan apakah akan menyertakan TikTok dalam strategi pemasaran media sosial Anda atau tidak. Pada akhirnya, cara beriklan di Tiktok itu semua tergantung pada tujuan Anda, tetapi perhatikan tingkat keterlibatan di samping unduhan dan popularitas keseluruhan.

Format Iklan TikTok

TikTok menawarkan 2 bentuk iklan utama di aplikasi. Mari kita lihat mana yang terbaik untuk merek Anda.

Iklan Lelang atau Bidding

Iklan lelang di TikTok memungkinkan Anda menawar slot iklan di jejaring sosial ini. Ini adalah satu-satunya iklan gaya swalayan yang tersedia saat ini. Saat ini, bidding dilakukan secara manual tidak seperti opsi programmatic advertising di Google Ads.

Iklan yang dapat ditawar memungkinkan Anda menawar untuk menempatkan iklan video di umpan utama aplikasi. Ada tiga model penetapan harga yang berbeda:

  • CPC (cost per click)
  • CPM (cost per mille)
  • CPV (cost per view)

Anda dapat menargetkan iklan menurut usia, jenis kelamin, dan lokasi. Anda juga dapat membuat audiens kustom dan daftar hitam.

Format yang Memerlukan Manajer Akun TikTok

TikTok juga menawarkan kampanye yang lebih dari sekadar iklan video biasa. Untuk menggunakan cara beriklan di Tiktok ini, Anda harus memiliki anggaran yang lebih besar dan bekerja dengan pengelola akun TikTok. Opsi kampanye adalah sebagai berikut:

  • Brand Takeover. Iklan format besar yang muncul saat pengguna membuka aplikasi. Ini dibatasi untuk satu pengiklan per hari.
  • Hashtag Challenge. Tujuan dari jenis kampanye ini adalah untuk membuat konten viral yang dibuat pengguna dengan mengunggah video dengan tarian atau tantangan yang unik dan mendorong pengguna untuk berpartisipasi. Ini adalah format yang menarik karena, tergantung pada tantangan itu sendiri, iklannya bisa sehalus atau sesederhana yang Anda desain.
  • Branded Lenses. Format iklan ini memungkinkan merek untuk membuat filter augmented reality khusus bagi pengguna untuk dimasukkan ke dalam konten mereka, mirip dengan Snapchat dan Instagram.
  • Influencer Package. Anda akan diatur dengan influencer TikTok yang relevan dengan merek Anda yang kemudian akan membuat konten bersponsor. TikTok memiliki platform sendiri untuk bermitra dengan pembuatnya.

Cara Beriklan di TikTok Langkah Demi Langkah

Berikut merupakan ulasan tentang cara untuk beriklan di aplikasi Tiktok yang bisa anda ketahui.

  • Buat Akun Iklan TikTok

Karena program periklanan TikTok masih terbilang baru, prosesnya tidak otonom seperti di Instagram atau Facebook. Kunjungi beranda Iklan TikTok dan klik tombol “Memulai/Get Started”.

Ketika Anda mengklik tombol, sebuah formulir akan muncul meminta Anda untuk informasi untuk mengatur akun Anda. Isi, kirimkan, dan perwakilan TikTok akan menghubungi Anda untuk memberi tahu apakah bisnis Anda memenuhi syarat.

  • Buat Kampanye Iklan

Setelah Anda berada di dalam dasbor Iklan TikTok, Anda harus mengeklik tab “Kampanye” dan kemudian pada tombol “Buat”.

TikTok mengatur iklannya di tiga tingkatan: Kampanye, Grup Iklan, dan Iklan. Kampanye adalah keseluruhan aktivitas, sedangkan grup iklan dan iklan adalah fungsi dalam kampanye.

Pilih sasaran untuk iklan Anda. Saat ini, iklan TikTok menawarkan tiga tujuan utama: lalu lintas, konversi, dan pemasangan aplikasi.

Sekarang Anda harus memilih anggaran untuk seluruh kampanye. Anda dapat memilih antara opsi “Anggaran Harian” atau “Anggaran Total”.

  • Siapkan Grup Iklan

Langkah selanjutnya adalah membuat grup iklan dalam kampanye. Langkah ini adalah saat penempatan dan penargetan diputuskan. Dalam kampanye, Anda dapat memiliki grup iklan berbeda yang ditujukan untuk audiens yang berbeda.

Beriklan di TikTok memberi Anda akses ke iklan di seluruh rangkaian aplikasi terkait, yang mencakup Vigo Video (khusus India), BuzzVideo (Jepang), TopBuzz (AS dan BR), Babe (Indonesia), dan News Republic (seluruh dunia). Anda dapat memilih untuk membatasi iklan Anda ke TikTok atau ke seluruh jaringan.

TikTok akan menghitung di mana ia bisa mendapatkan hasil terbaik dengan iklan Anda dan menempatkannya di sana.

Setelah Anda memilih penempatan yang diinginkan, ikuti petunjuk untuk memasukkan semua aset yang diperlukan untuk mulai menjalankan iklan Anda, termasuk URL, nama tampilan, gambar, kategori, dll.

Aspek yang sangat menarik dari langkah ini adalah bagian kata kunci, yang memungkinkan Anda memilih hingga 20 istilah untuk menggambarkan situs web atau aplikasi Anda. Kata kunci ini akan digunakan untuk menampilkan produk Anda kepada audiens yang tepat, jadi pikirkan baik-baik pilihan Anda.

Terakhir, bagian “Penargetan” memungkinkan Anda menentukan audiens target untuk iklan Anda. Anda dapat mengatur parameter seperti lokasi, usia, jenis kelamin, bahasa, perangkat, dan lainnya.

Jika Anda ingin meluncurkan iklan ke sekelompok orang tertentu, misalnya, untuk menjalankan kampanye pemasaran ulang/remarketing, Anda dapat membuat pemirsa khusus melalui ID pengguna TikTok yang ada. Cukup unggah daftar ID ke file CSV, TXT, atau ZIP. Anda juga memerlukan piksel TikTok untuk menjalankan kampanye pemasaran ulang dan melacak efektivitas kampanye.

  • Tetapkan Detail Kampanye

Di bagian “Anggaran & Jadwal”, pilih anggaran grup iklan. Sekali lagi, Anda dapat memilih berapa banyak yang ingin Anda belanjakan per hari atau jumlah total yang ingin Anda belanjakan selama durasi kampanye.

Kemudian pilih tanggal Anda ingin kampanye aktif. Opsi “Dayparting” memungkinkan Anda memilih waktu tertentu dalam satu hari atau hari dalam seminggu untuk menampilkan iklan Anda.

Anda juga dapat memilih kecepatan pengeluaran anggaran yang Anda inginkan. Opsinya mencakup “standar”, yang mendistribusikan anggaran secara merata di seluruh kampanye, dan “mempercepat/accelerate”, yang menggunakannya secepat mungkin selama jangka waktu tertentu.

Anda kemudian dapat memilih sasaran pengoptimalan grup iklan.

  1. Konversi: Iklan Anda akan ditampilkan kepada orang-orang yang kemungkinan besar akan melakukan tindakan konversi untuk produk atau layanan Anda. Untuk melacak tindakan yang melibatkan konversi (misalnya, mengunduh aplikasi atau mengisi formulir), Anda dapat membuat peristiwa konversi dan melacaknya menggunakan piksel. Model pembayaran untuk sasaran konversi adalah BPK (biaya per klik yang dioptimalkan), yang memastikan bahwa iklan ditampilkan kepada pengguna yang kemungkinan besar akan melakukan tindakan tertentu.
  2. Klik: Iklan Anda akan dioptimalkan untuk menarik klik sebanyak mungkin dan akan dikenakan biaya berdasarkan model pembayaran biaya per klik (BPK).
  3. Tayangan: Iklan Anda akan dioptimalkan untuk tampil sebanyak mungkin dan akan dikenakan biaya berdasarkan model pembayaran biaya per seribu tayangan (BPS).
  4. Terakhir, Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan opsi “Pengoptimalan Cerdas”. Jika diaktifkan, tawaran Anda akan terus dioptimalkan untuk meningkatkan konversi. Sebaiknya nonaktifkan opsi ini jika sasaran Anda adalah klik atau tayangan.
  • Rancang Iklan Anda

Iklan TikTok terdiri dari gambar dan video dalam format horizontal, vertikal, dan persegi. Untuk memudahkan pengiklan, jaringan ini menawarkan alat yang disebut Video Creation Kit, yang mencakup template video dan gambar yang dapat Anda sesuaikan dengan gambar Anda sendiri. Selain itu, ia juga memiliki lebih dari 300 opsi musik latar gratis.

Alat lain yang berguna adalah Pengoptimalan Materi Iklan Otomatis, yang memungkinkan Anda mengunggah hingga 10 gambar, 5 video, 5 teks iklan, dan satu ajakan bertindak. Sistem kemudian akan menggabungkannya satu sama lain untuk membuat beberapa iklan. Kemudian, alat tersebut akan menguji iklan tersebut dan menggunakan kombinasi yang paling efektif.

Terakhir, Anda juga dapat menggunakan Landing Page ke Video, yang menangkap gambar berkualitas tinggi dari URL Landing Page mana pun yang Anda berikan, lalu menggabungkan gambar ini dengan musik secara otomatis untuk membuat iklan video.

5 Tips Terbaik Beriklanan TikTok

Anda akhirnya siap untuk memulai iklan TikTok Anda! Berikut adalah beberapa kiat terakhir untuk mengoptimalkan iklan Anda dan membuatnya lebih efektif.

Lihatlah bagian inspirasi TikTok sendiri di situs web mereka untuk melihat bagaimana merek lain berhasil menemukan kesuksesan di platform.

Saat meluncurkan iklan dalam format Pengambilalihan Merek (Brand Takeover), sangat penting untuk menggunakan gambar beresolusi tinggi. Pastikan untuk mengikuti spesifikasi iklan TikTok.

Perhatikan bahwa ruang teks dibatasi hingga 80 karakter. Namun, karena Anda hanya memiliki sepersekian detik untuk menarik perhatian penonton, sebaiknya sertakan teks yang paling penting dalam video yang sebenarnya.

Fokus hanya pada satu ajakan bertindak pada satu waktu, seperti mengunduh aplikasi atau menggunakan kupon di situs web Anda, tetapi tidak keduanya secara bersamaan.

Dan seperti biasa, jangan lupa untuk menguji berbagai elemen kreatif dan penargetan untuk meningkatkan iklan Anda di TikTok lebih dan lebih. Pengujian A/B adalah cara terbaik untuk melihat apakah taktik dan aset Anda yang berbeda berfungsi atau tidak.

Kami harap panduan ini membantu Anda terjun ke dunia periklanan TikTok! Karena ini masih merupakan format baru, kita dapat melihat tren, proses, dan praktik terbaik berkembang seiring waktu.

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan ulasan tentang cara beriklan di Tiktok yang bisa anda ketahui. Semoga dari ulasan diatas dapat membantu anda mengembangkan merek menjadi lebih baik. Terima kasih!

error: This content is protected by DMCA