Cara Bayar Pajak Mobil Online Melalui e-Samsat

Jagad.id – Cara bayar pajak mobil online ini tentunya akan membantu banget untuk Anda yang super duper sibuk.

Salah satunya adalah, cek pajak online wilayah Jakarta khusus untuk Anda yang berdomisili di Ibu Kota.

Seperti diketahui, jika tidak bayar pajak mobil atau pajak motor, maka kendaraan itu akan bakal bisa dibawa ke mana-mana.

Hal ini karena ada pemeriksaan oleh polisi bersama dinas perpajakan daerah, pemilik kendaraan yang belum bayar pajak kendaraan akan ditindak. Jika ketahuan polisi membawa kendaraan yang pajaknya belum dibayarkan, maka akan kena tilang.

Cara bayar pajak mobil online lewat e-Samsat 

Anjungan Mesin Tunai atau ATM saat ini sudah tersebar luas di Indonesia. Kehadirannya selain untuk menarik uang juga bisa melakukan pembayaran untuk perpanjang pajak mobil online atau cara pembayaran STNK online.

Berikut ini sudah beberapa cara bayar pajak mobil online melalui ATM.

● Pertama, bisa langsung buka menu e-Samsat di ATM (Nama rekening dan pemilik kendaraan harus sama). Kemudian, masukkan nomor polisi kendaraan (nomor).

● Selanjutnya, masukkan huruf yang sudah tertera di pelat. (dapat langsung dikonversikan ke dalam angka, misal A=01, B=02, dst). Berikutnya, akan muncul nama dan jumlah besaran yang harus dibayarkan.

● Kemudian, lanjut struk bukti pembayaran. Setelah itu, kunjungi kantor Samsat, Samsat keliling, atau kantor kecamatan untuk meminta cap pengesahan.

Cara bayar pajak mobil online melalui aplikasi Samsat Nasional

Berikut ini sudah ada beberapa panduan membayar pajak dengan aplikasi Samsat Online Nasional.

● Pertama, downloader aplikasi Samsat Online Nasional di smartphone dengan download melalui App Store atau Play Store. Kemudian, bisa buka aplikasi dan pilih Mulai dan pilih menu Pendaftaran.

● Selanjutnya, bisa pilih Setuju kalau sepakat dengan Terms and Conditions. Kemudian, isi data-data, dari NRKB/No. Polisi, NIK/No. KTP, No. Rangka, No. Ponsel, serta e-mail.

● Setelah itu, pilih Lanjutkan dan jika ditemukan, hasilnya nanti dilampirkan di layar info data kendaraan. Kemudian, kode bayar cuma berlaku selama 2 jam dari proses pendaftaran.

● Selanjutnya, bisa pilih Setuju buat melanjutkan proses pembayaran. Kemudian, pilih Salin Kode untuk memudahkan proses bayar pajak mobil online.

Tempat bayar pajak mobil online

Membayar pajak adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap warga. Hal ini karena dari pajak itulah, pemerintah bisa mendapatkan pendapatan, yang tujuannya untuk pembangunan negara.

Pemerintah saat ini telah menyediakan banyak kemudahan untuk persoalan satu ini. Terdapat banyak cara yang bisa Anda lakukan buat melunasi pajak-pajak.

Berikut ini sudah ada beberapa tempat bayar pajak yang bisa kamu datangi, termasuk bayar pajak mobil online melalui minimarket.

1. Samsat

Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) dari dahulu sudah menjadi satu-satunya tempat untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan. Di sini Anda dapat langsung membayar pajak tahunan, juga penggantian STNK lima tahunan.

2. Samsat Drive Thru

Bayar pajak mobil online saat ini sudah dapat dilakukan layaknya memesan makanan melalui restoran cepat saji. Fasilitas yang sudah tersedia merupakan Drive Thru Samsat.

Bayar di tempat ini sudah dijamin lebih cepat dibandingkan Samsat pada umumnya, bahkan Anda tidak perlu turun dari kendaraan. Waktu yang diperlukan kurang dari 2 menit.

Namun, sayangnya layanan ini baru ada di Jakarta. Jadi untuk warga di daerah lain, wajib lebih bersabar, siapa tahu saja di tempat Anda akan ada yang kaya gini.

3. Kantor kecamatan

Kantor kecamatan yang satu ini juga hanya berlaku di Kota Jakarta. Bahkan, sejak tahun 2015 lalu, pihak Pemprov sudah meluncurkan layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui Kantor Kecamatan.

Keuntungan untuk membayar di Kecamatan, para wajib pajak jadi tidak perlu repot-repot lagi untuk berjalan jauh ke kantor Samsat dan mengantre. Namun sayangnya, Kecamatan hanya bisa melayani pembayaran pajak tahunan saja. Jika pajak lima tahunan atau penggantian STNK, Anda tetap harus melapor ke Samsat.

4. Samsat Keliling

Terdapat juga pilihan alternatif lainnya yakni membayar di Samsat Keliling. Samsat ini sudah menggunakan mobil yang telah dimodif layaknya loket pembayaran.

Namun, Anda harus rajin-rajin mengecek jadwal mereka. Jadi bisa dicek di akun media sosial kantor Samsat masing-masing.

Itu saja beberapa informasi terkait cek pajak online wilayah jakarta. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat bagi semuanya yang sudah membaca.

error: This content is protected by DMCA