Bulan Rajab adalah Pintu Gerbang Ramadhan

Jagad.idBulan Rajab adalah Pintu Gerbang Ramadhan. Sesungguhnya di antara bulan-bulan haram adalah Rajab di akhir Muharram, dzulqa’dah serta dzulhijjah. Bulan haram berarti bulan suci. Segala sesuatu yg dihormati dikelilingi oleh banyak larangan yang merusak martabatnya. Seperti ketika bertemu dengan seorang ketua suku atau presiden, seorang tidak bisa menemuinya dengan pakaian yang sembarangan (tidak sopan).

Bulan Rajab adalah Pintu Gerbang Ramadhan

Masyarakat bangsa Arab menghormati bulan Rajab sejak zaman pra-Islam (zaman Jahiliyah). Mereka yang menyukai perang berusaha berdamai selama bulan-bulan haram. Mereka juga mempersembahkan ternak kepada berhala yang diklaim ‘Atirah atau Rajabiyah.

Dan sesudah Islam datang, Allah menegaskan kemuliaan bulan-bulan tersebut. Rasulullah SAW  menyempurnakan kemuliaan bulan ini dengan meniadakan tradisi ‘Atirah pada sabdanya:

لاَ فَرَعَ وَلاَ عَتِيرَةَ

Artinya : “Tidak ada sembelihan untuk berhala maupun sembelihan bulan Rajab (HR. Bukhari no. 5473).”

Tentang bulan-bulan haram, Allah SWT berfirman :

فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ

Artinya : “Maka janganlah kamu menzalimi dirimu padanya (empat bulan itu) (QS. At-Taubah [9]: 36).”

Shohabat Ibnu Abbas RA, semoga Allah meridhoinya. Menjelaskan ayat diatas bahwa perbuatan baik dan maksiat akan dilipat gandakan menjadi dua kali lipat pada bulan-bulan haram. Oleh sebab itu, Allah melarang kita berbuat zalim di bulan ini.

Selanjutnya, Prof. Quraisy Shihab menjelaskan bahwa kedzaliman pada diri sendiri mempunyai dua hal yang berbdeda. Pertama, lakukan yang negatif. kedua, jangan melakukan tindakan positif.

Oleh karena itu, bulan Rajab artinya dorongan yang baik bagi kita buat memperbanyak amal kebaikan serta berusaha sebaik mungkin buat menjauhi maksiat.

Baca Juga : Sunnah Nabi bulan Rajab

Pesan yang tersirat bulan Rajab itu dekat dengan bulan Ramadhan

Para ulama setuju bahwa ibadah terbesar pada bulan Ramadhan, kemudian bulan-bulan haram, kemudian bulan-bulan lainnya. Bulan ini datang dua bulan sebelum dimulainya Ramadhan, dan ini artinya bulan untuk menerima pahala sebesar-banyaknya.

Allah tahu bahwa hamba-Nya perlu bersiap buat memuliakan bulan Ramadhan. Selain itu, dosa menghalangi hati buat berbuat kebaikan, maka kita perlu menyucikan hati terlebih dahulu dari noda dosa. Maka Allah mempersiapkan bulan Rajab untuk bersiap-siap.

Pada bulan ini, pahala serta dosa dilipatgandakan. Ini wajib menjadi momen yang tepat untuk memulai praktik berpaling berasal perbuatan yang korup serta tidak berguna, karena nilai dosa berlipat lebih berasal umumnya, dan tuhan dengan tegas melarang kita untuk menganiaya diri sendiri.

Dengan mengurangi dosa serta banyak bertaubat pada bulan Rajab, semoga cahaya iman kembali bersinar di hati kita, sehingga selalu berpihak pada kebaikan.

Baca Juga : 4 Kewajiban Anak berbakti kepada Orangtua yang sudah Wafat

Pada bulan ini juga kita mampu mulai membiasakan diri buat banyak berbuat kebaikan, sehingga saat kita buat berbuat keburukan semakin sedikit. Jika hati dan raga dilatih buat selalu berbuat kebaikan, kita tidak akan terperosok pada mengejar keberkahan Ramadhan yang hanya ada setahun sekali.

Puasa artinya salah satu amalan yg membantu membangun suasana kebaikan serta menjauhi maksiat. ketika berpuasa, kita cenderung menaikkan intensitas ibadah dan menjauhi dosa.

Contohnya, ketika orang yang berpuasa merasa kesal dan ingin murka , puasa seolah mengingatkannya: “Tunggu, tunggu, kamu puasa, nanti kamu berbuka puasa!”

Baca Juga : 5 Tanda-tanda Allah mencintai Hambanya

Dan Jika kita meminjam istilah-istilah ulama terdahulu, Rajab artinya ketika menebar benih ketakwaan, Sya’ban ialah saat irigasi dan pemupukan, serta Ramadhan artinya saat panen.

Wahai sahabat yang mudah terpengaruh, marilah kita mulai mengamalkan bulan Rajab ini, semoga Rajab membimbing kita, dan mempersiapkan diri kita untuk menerima pemberian terbesar asal Allah SWT kepada keluarga Nabi Muhammad SAW yaitu bulan Rajab. Ramadan.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai Bulan Rajab adalah Pintu Gerbang Ramadhan semoga menambah kita ketaqwaan kita dalam melakukan ibadah dan selalu diridhoi Allah SWT, serta mendapat berkah bulan ini. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan serta wawasan kita dalam beribadah kepada Allah SWT. Sekian dan terima kasih.

error: This content is protected by DMCA