Apa Itu Chip Snapdragon SQ3 Dan Perbedaannya Dengan Intel?

Jagad.id – Apa Itu Chip Snapdragon SQ3 – Dengan menggunakan prosesor terbaik, tentu kecepatan laptop anda akan memiliki performa yang baik. Dan kali ini, Microsoft akan mengeluarkan prosesor yang dibuat secara khusus yaitu Chip Snapdragon SQ3. Chip Snapdragon SQ3 telah dikonfirmasi untuk memberi daya pada model tertentu dari Surface Pro 9.

Karena prosesor merupakan perangkat yang sangat berpengaruh terhadap performa laptop, tentu dengan prosesor yang terbaik laptop anda akan sangat enak dipakai kan! Dan karena chip Snapdragon SQ3 ini merupakan prosesor terbaru yang dibuat Microsoft akan sangat layak untuk anda ketahui.

Tapi apa itu chip Snapdragon SQ3, dan seberapa jauh perbedaannya dengan prosesor Intel generasi ke-12 Alder Lake yang juga tersedia di Surface Pro 9? Baca terus untuk mengetahui semua yang perlu Anda ketahui.

Apa itu chip Snapdragon SQ3?

Chipset Snapdragon SQ3 adalah prosesor laptop yang dibuat khusus dari Microsoft, berdasarkan keluarga prosesor notebook Qualcomm Snapdragon 8cx Gen 3.

Microsoft belum banyak berbagi informasi mengenai chipset berbasis ARM, meski telah menyebutkan Neural Processing Unit (NPU). Ini menunjukkan bahwa NPU mempercepat berbagai beban kerja kecerdasan buatan, seperti pengurangan kebisingan waktu nyata dan efek pengaburan latar belakang dalam panggilan Teams.

Chip SQ3 yang ditampilkan di Surface Pro 9 hadir dengan kemampuan 5G, dan sepertinya akan lebih hemat daya daripada variasi Intel, dengan Microsoft mengklaim bahwa laptop ARM 5G dapat bertahan hingga 19 jam, sementara laptop Intel duduk di 15,5 jam.

Karena kami belum dapat meninjau salah satu konfigurasi Surface Pro 9, kami tidak dapat dengan pasti mengklaim bahwa chip Snapdragon memiliki daya tahan baterai yang lebih baik daripada variasi Intel, meskipun itu adalah sesuatu yang perlu dipertimbangkan saat checkout.

Bagaimana chip Snapdragon SQ3 dibandingkan dengan chip Intel?

Kami tidak dapat membuat klaim pasti tentang kinerja atau perbedaan daya antara chip ini sampai kami memasukkannya untuk ditinjau.

Namun, kita tahu bahwa chip SQ3 mengemas dukungan 5G untuk Surface Pro 9, tidak seperti variasi Intel. Itu juga bisa datang dengan masa pakai baterai yang lebih lama daripada Intel, jika kutipan dari Microsoft dapat dipercaya.

Namun, seperti yang kami catat dalam ulasan kami tentang Surface Pro X dan Xiaomi Book S, mungkin ada masalah kompatibilitas antara arsitektur ARM Snapdragon dan sistem operasi Windows. Ini dapat menyebabkan beberapa aplikasi berjalan lambat atau tidak berjalan sama sekali, dan mungkin tidak menyenangkan bagi mereka yang memiliki pengalaman negatif dengan chip ARM di masa lalu.

Chip Snapdragon sebelumnya dalam nada ini juga telah berjuang untuk menawarkan tingkat kinerja yang sama dibandingkan dengan rekan-rekan Intel mereka. Tetapi kita perlu menunggu tinjauan akhir untuk mengonfirmasi apakah ini akan terjadi dengan SQ3.

Secara keseluruhan, kami akan mengetahui lebih banyak tentang chip SQ3 setelah kami memilikinya untuk ditinjau. Sejak awal, kami tidak dapat mengatakan apakah itu akan berkinerja lebih baik daripada Intel, tetapi sepertinya itu akan menawarkan manfaat lain seperti masa pakai baterai yang lebih baik, konektivitas internet saat bepergian, dan fitur AI yang dipercepat.

Akhir Kata

Berdasarkan ulasan diatas, Chip Snapdragon SQ3 merupakan prosesor laptop yang memiliki performa luarbiasa yang bisa menjadi pilihan anda. Jika anda menggunakan laptop anda untukj aktivitas-aktivitas berat, ini akan sangat membantu anda.

Nah, demikian merupakan ulasan tentang apa itu chip Snapdragon SQ3 yang bisa anda ketahui. Dengan ini anda bisa mengetahui kualitas yang dimiliki prosesor snapdragon SQ3 jika terdapat di laptop anda kan. Semoga bermanfaat!

error: This content is protected by DMCA