Cara Membuat Presentasi Di Google Slide, Mudah!

Jagad.idCara Membuat Presentasi Di Google Slide – Jika Anda sedang mencari opsi gratis untuk membuat presentasi yang tampak apik, Google Slides adalah pilihan yang sangat baik. Seperti semua opsi rangkaian Google Workplace, seperti Google Dokumen dan Spreadsheet, Anda dapat mengerjakan presentasi secara online dan menyimpannya secara otomatis. Google Slides dapat dibagikan dengan orang lain, yang dapat mengeditnya secara langsung, meninggalkan catatan dan komentar. Mereka juga dapat disediakan untuk kelompok orang tertentu atau masyarakat umum.

Merekam presentasi Anda berarti Anda dapat menyimpannya untuk nanti dan menggunakannya kembali untuk banyak kegunaan. Presentasi yang direkam dapat dibagikan dengan peserta yang melewatkan webinar langsung, guru dapat membagikan video dengan siswa untuk tujuan belajar, dapat digunakan sebagai tutorial atau demonstrasi di YouTube, atau Anda dapat menjual video sebagai bagian dari kursus online, webinar , bisnis.

Cara Membuat Presentasi Di Google Slide

Dalam panduan ini, kami membahas cara terbaik membuat presentasi di Google Slide dengan video dan/atau audio di tahun ini.

Bisakah Anda merekam presentasi di Google Slides?

Tidak, Anda tidak dapat merekam presentasi hanya dengan menggunakan Google Slide. Anda harus menggunakan webcam atau perangkat lunak perekam layar untuk merekam video dan audio saat melakukan presentasi dengan Google Slide. Menggunakan aplikasi atau program berbasis browser akan memungkinkan Anda merekam suara, wajah, atau keduanya dengan dek slide Anda.

Yang diperlukan untuk merekam presentasi?

Untuk merekam presentasi Google Slides, Anda harus menggunakan perangkat lunak perekam layar secara bersamaan. Akun Google dan platform perekaman sangat penting, tetapi Anda mungkin juga memerlukan kamera web atau mikrofon tergantung pada perangkat yang Anda gunakan dan kualitas yang Anda cari. Pelajari lebih lanjut cara membuat presentasi di Google Slide di bawah ini.

Akun Google: Daftar akun Google gratis untuk dapat membuat presentasi di Google Slides. Slide menampilkan banyak pilihan bagus untuk membuat deck, membuatnya sangat sebanding dengan Microsoft Powerpoint. Jika Anda mengklik Geser di bilah menu atas lalu Ubah Tema, Anda dapat mengakses berbagai format/template untuk presentasi Anda dengan warna, font, dan judul yang telah dipilih sebelumnya. Tema berkisar dari profesional hingga menyenangkan hingga unik.

Anda juga dapat mencari dan menyisipkan foto langsung dari Google dan video langsung dari YouTube ke dalam slide Anda. Video akan diputar secara otomatis dalam mode presentasi. Anda juga dapat memilih apakah Anda ingin video YouTube dimulai pada waktu tertentu.

Perangkat lunak webcam: Anda harus mendaftar atau mengunduh perangkat lunak webcam untuk merekam video atau audio selama perekaman presentasi Anda. Perhatikan bahwa setiap platform perekaman layar atau perangkat lunak penangkap memiliki pengaturan dan fitur yang berbeda, termasuk kemampuan mengedit file audio video, dan apakah webcam juga dapat ditangkap. Beberapa perlu diinstal, sementara yang lain akan berjalan di dalam browser Anda.

Pilihan bagus software:

  • Clipchamp (opsi gratis dan berbayar)
  • Yawcam (gratis, tetapi hanya tersedia di Windows)
  • ManyCam (gratis dan berbayar)
  • VLC Media Player (gratis)

Komputer Mac dilengkapi dengan QuickTime Player yang juga dapat merekam layar Anda untuk presentasi dan dengan narasi. PC dengan Windows 10 tersebut memiliki aplikasi Windows Camera yang dapat merekam layar desktop dan webcam Anda secara bersamaan. Di atas adalah dua opsi gratis dasar untuk mulai merekam presentasi dengan video dan audio. Tetapi mereka tidak cocok untuk presentasi yang ingin Anda lakukan secara online langsung dengan tamu dan peserta.

Mikrofon eksternal (opsional): Jika komputer atau perangkat Anda tidak memiliki mikrofon internal atau Anda ingin merekam suara dengan kualitas lebih tinggi, pertimbangkan untuk membeli mikrofon komputer eksternal untuk digunakan selama presentasi.

Webcam (opsional): Mirip dengan di atas, jika Anda membutuhkan kualitas video yang tidak tersedia melalui perangkat Anda, Anda mungkin perlu membeli webcam eksternal. Atau sambungkan kamera DSLR untuk rekaman.

Cara merekam presentasi di Google Slides dengan audio dan wajah Anda dalam 6 Langkah Mudah

Meskipun Anda tidak dapat merekam audio dan video dalam Google Slides, Anda dapat menggunakan webcam dan platform perekaman layar untuk menyimpan presentasi.

Kami menyarankan untuk memulai dengan Riverside untuk merekam Google Slides, di banyak perangkat, termasuk komputer Mac dan Windows. Ini gratis untuk memulai dan memungkinkan perekaman tanpa batas. Anda dapat merekam hingga resolusi video 4k dan audio WAV 48kHz yang tidak terkompresi. Riverside memungkinkan Anda merekam presentasi langsung dengan maksimal tujuh tamu plus pembawa acara. File video dan audio disimpan secara lokal di perangkat setiap orang sehingga tidak ada koneksi internet yang mengganggu resolusi.

Di bawah ini kami akan menguraikan cara membuat presentasi di Google Slide dalam enam langkah mudah menggunakan Riverside dengan dek Google Slides Anda.

Langkah 1: Mulai di Riverside

Buat akun gratis di Riverside.fm atau pilih dari paket berbayar dengan lebih banyak fitur. Klik Mulai dan buat akun secara instan dengan masuk ke akun Google atau ID Apple, atau cukup masukkan nama, email, dan kata sandi pilihan Anda. Tidak perlu menginstal apapun.

Langkah 2: Siapkan studio rekaman Anda

Di Riverside, klik New Studio – di sinilah Anda akan merekam presentasi Anda. Masukkan nama untuk studio Anda dan pilih apakah Anda ingin merekam audio saja atau audio dan video sekaligus.

Langkah 3: Jadwalkan presentasi Anda dan Undang orang

Anda dapat mengundang peserta ke presentasi Anda sebelum memasuki studio atau saat berada di dalam studio. Jika Anda ingin mengundang sebelum memasuki studio, pilih Lanjutkan penyiapan studio, dan Anda akan menemukan tab tempat Anda dapat menambahkan peserta. Alternatifnya, di studio Anda akan memiliki opsi untuk mengundang orang.

Ada berbagai jenis peran yang dapat Anda pilih untuk menetapkan undangan guna mengontrol akses mereka ke studio Anda:

  • Produser: Produser dapat mengubah sebagian besar pengaturan rekaman dan studio, tetapi umpan audio dan video mereka tidak direkam.
  • Tamu: Tamu akan direkam, jadi kirim tautan tamu hanya ke orang yang ingin Anda tampilkan di video.
  • Audiens: Mereka yang memiliki tautan Audiens hanya dapat menonton presentasi Anda. Audio dan video mereka tidak akan direkam kecuali diberikan izin selama Panggilan Langsung oleh Pembawa Acara atau Produser.

Anda juga dapat merekam presentasi Anda sendiri tanpa tamu atau penonton dan membagikan video dan audio sesudahnya!

Langkah 4: Lakukan uji coba

Setelah Anda menyiapkan studio Riverside, Anda hampir siap untuk merekam! Yang terbaik adalah melakukan uji coba terlebih dahulu, menguji audio dan video Anda, tanpa anggota audiens, jika Anda akan melakukan presentasi langsung.

Setelah menyiapkan studio, Anda harus mengeklik Enter Studio untuk masuk ke lobi. Di sini Anda akan ditanya apakah Anda memakai headphone atau tidak. Anda juga akan memiliki kesempatan untuk memilih dan menguji peralatan Anda.

Saat Anda siap, pilih Gabung Studio. Kami menyarankan jika Anda menggunakan video, Anda harus memusatkan wajah Anda, pastikan ada pencahayaan yang baik, dan latar belakang tidak mengganggu atau berantakan.

Uji dan rekam lima atau sepuluh menit pertama presentasi dek slide Anda. Anda dapat membagikan presentasi Anda dengan tombol Berbagi layar. Ini akan memberi Anda opsi untuk berbagi jendela, tab browser, atau layar penuh Anda.

Setelah Anda merasa sudah menguasainya, Anda siap untuk memulai rekaman resmi Anda.

Langkah 5: Rekam presentasi Anda

Setelah Anda melakukan pengujian terhadap setidaknya beberapa slide pertama presentasi Anda, Anda siap untuk merekam Google Slide dengan wajah Anda atau hanya narasi.

Buka studio Riverside khusus Anda dan klik Bagikan di bilah alat bawah. Pilih Seluruh Layar, Jendela, atau Tab Chrome – tergantung di mana Google Slide Anda berada dan seberapa banyak layar yang ingin Anda bagikan. Jika Anda hanya ingin merekam Google Slide – pilih Jendela atau Tab Chrome tempat slide Anda berada.

Klik tombol Rekam merah besar dan Anda akan diberi hitungan mundur dari lima sampai satu hingga perekaman dimulai. Dari sana rekaman akan dimulai, dan Anda akan dapat melihat input audio untuk Anda sendiri dan tamu mana pun di sidebar kanan. Pembatalan gema dapat diaktifkan, jika diperlukan.

Timer perekaman akan berjalan hingga Anda mengklik Stop. Anda akan melihat di studio Anda bahwa trek audio dan video setiap peserta akan diunggah ke Riverside dan persentasenya akan ditampilkan. Tunggu di studio untuk mengunggah semua file, lalu pilih Lihat Rekaman untuk melihat file Anda.

Langkah 6: Unduh rekaman Anda

Dari studio, Anda akan dibawa ke rekaman studio tempat file audio dan video setiap peserta dapat diunduh secara terpisah.

Jika Anda ingin langsung mengedit, Anda dapat menggunakan alat Editor dan Klip Riverside untuk menyesuaikan presentasi video Anda atau mengubahnya menjadi video pendek yang dapat dibagikan.

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan ulasan tentang cara membuat presentasi di Google Slide yang bisa anda ketahui. Semoga dari ulasan diatas dapat membantu anda membuat presentasi dari google slide yang benar. Semoga membantu!