5 Cara Belajar Public Speaking Yang Efektif

Jagad.id – Profesional dalam semua industri seringkali perlu menyajikan ide dan informasi. Peningkatan keterampilan berbicara di depan umum dapat membantu karyawan mengurangi kecemasan, meningkatkan produktivitas, dan menjadi anggota tim yang lebih dihargai. Dan cara belajar public speaking ini akan membantu anda memiliki skil berbicara didepan umum yang baik.

Terlepas dari industrinya, salah satu keterampilan profesional yang paling penting adalah berbicara di depan umum. Berbicara dengan nyaman dan efektif kepada orang banyak dapat memfasilitasi presentasi dewan formal dan penjelasan yang rumit kepada pendukung keuangan. Ini juga dapat membantu Anda mempresentasikan ide kepada kolega dan rekan satu tim.

Untungnya, setiap orang dapat mempelajari keterampilan yang dibutuhkan untuk merasa nyaman saat ditugaskan untuk berbagi konsep dengan rekan kerja atau dengan orang banyak. Hal ini berlaku meskipun berbicara di depan orang lain membuat Anda merasa terintimidasi atau jika Anda belum pernah melakukannya sebelumnya.

Dengan menerapkan tips berbicara di depan umum yang digunakan oleh para presenter terbaik, Anda dapat memposisikan diri untuk menyampaikan informasi penting dengan percaya diri. Tingkatkan produktivitas Anda dan jadilah anggota yang berpengaruh di tim mana pun dengan keterampilan berbicara di depan umum yang baik dengan upaya yang terfokus.

Cara Belajar Public Speaking Yang Efektif

Berikut merupakan cara untuk belajar publik speaking atau berbicara didepan umun yang benar dan efektif:

Kenali audiens Anda sebelum mempersiapkan pidato Anda.

Karyawan lebih cenderung merasa nyaman melakukan presentasi kepada audiens yang mereka kenal. Dengan mengetahui orang yang Anda ajak bicara, Anda akan lebih memahami cara menyusun pesan dengan cara yang selaras dengan mereka.

Mulailah dengan mengidentifikasi tingkat pemahaman mereka tentang topik yang akan Anda diskusikan. Ini akan membantu Anda mengetahui jumlah latar belakang yang harus Anda tutupi sebelum masuk lebih dalam. Ini juga dapat membantu Anda memilih jenis kata yang tepat. Jika Anda menggunakan jargon dan akronim industri untuk masyarakat umum, Anda berisiko membuat mereka bingung.

Kemudian, saat Anda melakukan presentasi, perhatikan reaksi dari pendengar Anda. Sesuaikan sehingga Anda dapat terhubung dengan mereka melalui pesan Anda.

Latihan, latihan, latihan.

Bahkan pembicara publik yang paling berpengalaman pun perlu berlatih untuk menjadi efektif. Cara belajar public speaking selanjutnya adalah melatih presentasi pidato Anda sebelumnya itu akan memudahkan dan menentukan apakah Anda telah mengatur informasi secara kohesif dan jelas.

Ini dapat membantu untuk berbicara dengan keras kepada audiens imajiner atau di depan cermin, tetapi akan lebih efektif untuk berlatih dengan bantuan rekan kerja, teman, atau anggota keluarga yang mendukung sebagai audiens.

Gunakan kritik membangun untuk keuntungan Anda.

Apakah Anda sedang berlatih atau memberikan presentasi, mintalah kritik yang membangun. Umpan balik ini mencakup contoh spesifik dan ditawarkan dengan cara yang baik. Jika Anda tahu seseorang memikirkan kepentingan terbaik Anda, kemungkinan besar Anda akan lebih terbuka terhadap saran mereka untuk meningkatkan cara Anda berkomunikasi.

Kritik yang membangun bisa jadi sulit untuk diterima. Luangkan waktu sebelum merespons untuk mengurangi bersikap defensif atau menanggapi umpan balik secara pribadi. Integrasikan ide-ide dengan cara belajar public speaking yang dapat membantu Anda meningkatkan presentasi Anda untuk waktu berikutnya. Selalu berterima kasih kepada orang tersebut karena telah memberikan pemikirannya.

Buat sendiri.

Terhubung dengan audiens dapat terjadi dengan lebih mudah saat Anda menjadi diri sendiri. Biarkan kepribadian Anda bersinar saat Anda menyampaikan pesan Anda. Bersikaplah autentik dan pantas—sertakan humor jika itu dapat memfasilitasi pekerjaan Anda alih-alih menguranginya.

Jika Anda menggunakan presentasi PowerPoint, pastikan teks dan gambar menonjolkan karakter dan keahlian Anda. Sertakan cerita pribadi yang singkat dan terfokus untuk mengilustrasikan poin Anda. Tambahkan informasi kontak Anda di akhir presentasi sehingga orang dapat menindaklanjutinya setelahnya.

Terhubung dengan audiens Anda dengan kisah pribadi.

Termasuk cerita pribadi atau anekdot dalam presentasi profesional Anda dapat secara efektif mengkomunikasikan pesan Anda kepada audiens Anda. Hal ini didemonstrasikan dengan sukses di panggung.

Saat Pembicara tampil di atas panggung, mereka sering kali memulai dengan kisah pribadi yang singkat. Struktur ini membantu mereka terhubung secara pribadi dengan audiens, membagikan minat mereka terhadap apa yang akan mereka diskusikan, atau menjelaskan keahlian mereka.

Untuk menambahkan sentuhan pribadi semacam ini ke presentasi Anda, pastikan apa yang Anda bagikan memiliki hubungan langsung dengan topik yang sedang dibahas. Jika menurut Anda seseorang tidak akan mudah memahami maksud dari cerita pribadi, abaikan saja.

Akhir Kata

Jika anda tahu cara belajar public speaking yang benar, anda akan dengan mudah mendapatkan pemahaman yang benar juga ketika berbicara didepan umum. Nah, dari ulasan diatas dapat membantu anda mempersiapkan apa yang anda butuhkan dan lakukan unytuk memulai belajar publik speaking. Jadi, mulailah belajar dengan konsisten. Semoga berhasil!

error: This content is protected by DMCA