Indra Pengecap - Lidah Indera Perasa Bagian Depan Manis, Samping Asin, Samping Belakang Asam dan Tengah Belakang Pahit

Pengecap merupakan istilah teknis indra rasa atau indera perasa yang dimiliki manusia sehingga bisa merasakan rasa yang berbeda beda. Sehingga manusia dapat merasakan perbedaan rasa pada saat memasukkan sesuatu ke dalam mulut. Proses tersebut melibatkan saraf yang ada pada kelompok sel rasa dalam pori pori di permukaan lidah serta bagian mulut. Sedangkan proses pengecapan akan dimulai pada saat ada sesuatu yang masuk ke mulut serta ketika terjadi kontak dengan lidah atau pada area lain di mulut.

Meski indera pengecap yakni lidah umumnya memang berhubungan dengan selera, namun ini juga ada di sepanjang atap mulut serta beberapa area lain meski tingkat sensitivitas pada permukaan lainnya akan menurun dengan bertambahnya usia. Pada saat makanan atau sesuatu mengalami kontak dengan permukaan tersebut, maka selera yang larut pada air akan masuk ke pori pori yang mengandung selera dan sinyal akan dikirim menuju otak yang kemudian diartikan sebagai rasa. Sedanngkan rasa yang bisa dialami diantaranya adalah asin, asam, manis, gurih dan juga pahit.

Lidah adalah organ tubuh yang berperan sebagai indra pengecap dengan reseptor khusus yang bisa menerima rangsangan zat kimia yang larut. Reseptor penerima rasa serta baik merupakan sel komoreseptor dimana indra pengecap akan membantu manusia untuk membangkitkan selera makan. Indra pengecap merupakan indra yang berbentuk putting atau kuncup pengecep yang mengumpul pada area lidah, yakni:

  • Bagian depan untuk mengecap rasa asin.
  • Bagian tepi untuk mengecap rasa manis.
  • Bagian belakang untuk mengecap rasa asam.
  • Bagian tengah untuk mengecap rasa pahit.

Kuncup kuncup ini ada yang menyebar dan ada juga yang berkelompok dalam bentuk tonjolan tonjolan epitel bernama papila. Sedangkan papila dibedakan menjadi tiga macam, yakni:

  • Papila filiformis atau papila benang yang menyebar di semua permukaan lidah dan menjadi papila peraba.
  • Papila fungiformis atau papila jamur yang ada di bagian tepi lidah yang menjadi papila pengecap.
  • Papila circum valata atau papila melingkar yang ada di pangkal lidah dan menjadi papila pengecap.

A. Struktur Bagian Indra Pengecap

Ada lebih dari 100 ribu tunas pengecap yang ada di lidah manusia yang tumbuh seminggu sesudah digantikan dengan sel baru. Taste bud adalah sel epitel yang sudah dimodifikasi dan beberapa diantaranya disebut dengan suntentakular dan sebagian lainnya disebut dengan sel reseptor.

Pengertian Indra Pengecap Struktur Bagian, Fungsi dan Cara Kerja

Sel sel reseptor akan terus digantikan lewat pembelahan mitosis dari sel epitel di sekitarnya sekitar 10 hari. Sel reseptor atau tunas pengecap ada pada tonjolan tonjolan kecil di permukaan lidah yang disebut dengan papila. Semua sel tersebut nantinya bisa membedakan rasa manis, asam, pahit, umami, asin dan bahkan pedas.

Secara garis besar, struktur bagian indra pengecap dibagi menjadi 3 bagian, yakni:

  • Radiks lingua yakni pangkal lidah.
  • Dorsum linua yakni punggung lidah.
  • Apeks lingua yakni ujung lidah.

Otot lidah termasuk pada otot yang paling kuat di tubuh maunsia. Indra pengecap sebagian besar terdiri dari 2 kelompok otot, yakni:

  • Otot intrinsik lidah yang akan melakukan seluruh gerakan halus. Sedangkan otot ekstrinsik akan mengaitkan lidah pada beberapa bagian sekitar dan juga melakukan gerakan kasar yang penting dalam proses mengunyah atau menelan. Otot intrinsik juga membuat manusia bisa mengubah ubah bentuk lidah seperti memendek, memanjang atau membulat.
  • Otot ekstrinsik lidah akan membuat lidah bisa bergerak mengelilingi rongga mulut serta faring. Lidah nantinya akan mengaduk makanan, menekan ke langit langit serta gigi lalu mendorongnya ke faring.

Apabila lidah digulung ke belakang, maka akan terlihat permukaan bawah yang dinamakan dengan frenulum linguae yakni struktur ligamen halus yang akan mengaitkan bagian posterior lidah di dasar mulut. Bagian anterior lidah sendiri bebas dan tidak terkait. Sedangkan jika dijulurkan, maka bagian ujung lidah akan meruncing dan akan membulat ketika berada di dasar mulut.

Lidah sendiri mempunyai permukaan yang kasar akibat tonjolan bernama papila. Jumlah papila untuk masing masing orang juga bisa berbeda beda dan biasanya perempuan memiliki papila lebih banyak dibandingkan pria.

B. Fungsi Indra Pengecap

Fungsi lidah untuk manusia sendiri cukup beragam yang sebenarnya tidak hanya berhubungan dengan proses makan seperti mengunyah dan merasakan rasa dari makanan atau sesuatu yang masuk ke mulut. Beberapa fungsi dari indra pengecap diantaranya adalah:

  • Sebagai alat pengecap.
  • Untuk membantu mengaduk makanan yang ada di dalam rongga mulut.
  • Untuk membantu membersihkan area mulut.
  • Untuk membantu berbicara atau mengeluarkan suara.
  • Untuk membantu mendorong makanan ketika sedang menelan.
  • Mencampur ludah dan makanan sehingga lebih lunak dan setengah cair serta mudah ditelan.

C. Cara Kerja Indra Pengecap

Untuk cara kerja lidah sendiri berawal dari makanan atau minuman yang masuk ke dalam mulut. Makanan serta minuman yang sudah bercampur dan masuk di dalam mulut nantinya akan merangsang ujung ujung saraf pengecap. Selanjutnya oleh saraf pengecap, rangsangan rasa akan diteruskan menuju pusat saraf pengecap yang ada di otak. Otak kemudian akan menanggapi rangsang itu sehingga manusia bisa merasakan sesuatu rasa dari jenis makanan atau minuman yang sedang dikonsumsi tersebut.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.