Jagad.id – Bagaimanakah contoh landing page yang menarik? Untuk blogger, penulis content digital, dan pebisnis digital professional, ini penting. Seperti tampilan sisi luar rumah, landing page Anda harus mengundang perhatian pengunjung Anda. Jika tidak, banyak yang tidak berminat mengunjungi website anda karena tampilan landing page yang kurang menarik.
Pada zaman digital yang serba cepat ini, kita harus mengatur tampilan luar sebuah website atau blog seindah mungkin. Tiga atau lima detik Anda tidak berhasil mengundang perhatian pengunjung Anda, mereka dapat berpindah ke website atau web lain. Website kitapun jadi sepi pengunjung, walau isi didalamnya sudah berkualitas tinggi.
Langkah membuat Landing Page yang Menarik
Landing page sangat berperan dalam meningkatkan tingkat kunjungan dan respon user. Karena bisa hal tersebut dipakai untuk memberikan rasa tertarik pengunjung website untuk berselancar diwebsite kita. Tingkat alterasi rerata ialah 2,35%, tapi untuk 10% perusahaan paling atas, dapat 3-5 kali semakin tinggi.
Ide marketing, pengeluaran iklan, dan jangkauan sosial media Anda akan hasilkan hasil yang jauh lebih bagus bila Anda arahkan pengunjung ke halaman instruksi yang efisien.
Berikut langkah-langkah yang perlu diambil saat sebelum Anda mulai membuat design halaman instruksi yang baik:
1. Tetapkan Target Konversi
Tergantung pada tipe usaha yang Anda lakukan, tetapkan perlakuan situs landing page efisien yang memikat calon pengguna. Apa Target akhir Anda? Apakah Anda ingin pengunjung melakukan pembelian, mendaftarkan berlangganan dengan teratur, atau mengambil program serta mendownload sebuah aplikasi?
Anda perlu membaginya jadi beberapa kategori tambahan untuk dicapai tujuan di atas. Contoh landing page yang bagus ialah saat Anda bisa mengundang orang untuk mendaftarkan eksperimen 30 hari gratis atau memperoleh ebook gratis, buletin/newsletter mingguan, atau coupon potongan harga/diskon.
Baca Juga : Aplikasi Kaligrafi Digital Terbaik 2023
2. Catat Proposisi Nilai Langsung yang Jelas
Makin tinggi nilai barang atau jasa Anda ialah asumsi nilai Anda (Proposisi Nilai). Sesudah Anda tentukan target utama anda, Anda harus menerangkan faedah yang hendak dirasa pengunjung Anda dengan ambil perlakuan yang diharapkan. Jauhi frasa seperti “dapatkan kebahagiaan Anda di sini” atau “jawaban sempurna untuk hidup Anda”.
Terangkan dengan singkat, secara persuasif (mengajak secara halus) dan terang-terangan mengenai kelebihan produk Anda dengan beragam penawaran yang menarik. Pengunjung harus bisa secara mudah memahami pesan itu. Tambah jargon yang memikat untuk konsumen setia prospektif dan jujur saat diperlukan, sepanjang itu memberikan dukungan asumsi nilai pokok Anda.
3. Buat CTA yang susah ditolak
Tiap landing page harus mempunyai CTA yang terlihat jelas, mudah dimengerti, dan mudah digunakan. CTA (Call-to-Action) sebagai komponen khusus yang hendak arahkan pengunjung untuk melakukan cara seterusnya berbentuk tombol atau form. Untuk tingkatkan keyakinan pengunjung, buatlah tombol CTA yang gampang diketemukan dan di-click.
Baca Juga : Tips Dasar Keamanan Komputer
Misalkan, di halaman landing page Spotify, mereka memakai tombol CTA warna hijau yang mencolok dengan background kuning dan oranye. Ukuran font cukup berlainan dari text yang lain hingga simbol merk (logo brand) mudah diingat. Yakinkan tiap poin yang Anda tambah memberikan dukungan tombol CTA khusus dan tidak mengusik pengunjung website yang tertarik lewat produk itu.
Berikut contoh-contoh tombol CTA yang biasa dipakai:
- Langganan newsletter kami
- Simak juga/Baca Juga
- Join sekarang/bergabung sekarang
- Beli sekarang
- Uji coba Gratis/Free trial
Beragam Contoh Halaman Landing Page yang Menarik
Apakah Anda ingin mempunyai halaman Landing page yang menarik? Berikut lima contoh yang dapat menjadi rekomendasi saat sebelum mengawali usaha digital:
1. Susunan Web Bagus dan Sesuaikan Ide Usaha (Konsep)
Susunan atau struktur web yang bagus minimal harus berisi 4 hal ini:
- Halaman pertama (front page)
Halaman pertama ini dikenal juga sebagai “Home”. Saat terhubung web dengan domain khusus, kita umumnya bisa menyaksikan panel navigasi yang bisa mengarahkan kita ke halaman lain dari situs itu. Kemudahan panel navigasi (misalkan: cuman satu click pada suatu link) bisa membuat pengunjung Anda berasa kerasan (betah).
Baca Juga : Apa Itu ChatGPT dan Bagaimana Penggunaannya dalam Pendidikan?
- Daftar content situs (pages)
Daftar isi website harus mengikutkan produk atau service yang ditawarkan oleh perusahaan. Lewat halaman-halaman itu, pengunjung bisa mendapat info yang jelas mengenai usaha yang mereka lakukan. Maka dari itu, banyak beberapa perusahaan yang membuat web sendiri hanya karena mereka yang paling tahu mengenai usahanya sendiri.
- Blogging
Walau tidak seluruhnya usaha (khususnya yang memercayakan tehnologi digital) , tidak ada kelirunya mempunyai website di web. Blog menjadi tambahan keuntungan karena mengandung artikel dan panduan (berkaitan usaha masing-masing) untuk memperbaharui liputan aktivitas perusahaan. Website semakin lebih gampang dicari bila SEO ditingkatkan (Optimasi).
- Info Contact Perusahaan (Kontak kami/Contact Use)
Susunan ini bukan hanya memperlihatkan jika perusahaan pemilik website itu betul–betul ada. Info contact perusahaan (seperti alamat fisik, alamat e–mail, nomor telephone, dan halaman sosial media bila ada) akan mempermudah pengunjung untuk mengontak perusahaan.
Janganlah lupa jika “guestbook” atau formulir buku tamu akan mempermudah pengunjung dan customer untuk mengontak perusahaan langsung lewat web.
2. Web dibuat dengan Menggunakan Teknologi Tinggi (Advanced Technology)
Apabila Anda baru mengawali usaha bisnis dengan dana seadanya, sebaiknya Anda tunda dahulu startegi ini. Tetapi, bila Anda telah mempunyai dana lebih dari cukup, tidak ada kelirunya memakai teknologi hebat (High Tech). Performa atau kinerja website semakin lebih cepat hingga pengunjung akan berasa semakin nyaman. Usaha makin maju karena komunikasi di antara usaha dan customer semakin membaik.
Baca Juga : Artificial Intelligence di setiap Smartphone
3. Mekanisme Pengendalian di websitepun Tidak Susah
Landing Page akan lebih bagus dengan mekanisme management website yang gampang. Pakai CMS (Content Management System) untuk mengubah dan settingan website jadi gampang dilakukan.
4. Website Anda Mudah dicari (SEO Friendly)
Sia–sia jika mempunyai web dengan content bagus bila susah diketemukan di mesin pencari (search engine). Maka dari itu, janganlah lupa untuk lakukan optimisasi SEO pada situs keseluruhannya. Makin gampang orang mendapati website kita lewat penelusuran Google, Bing atau semacamnya, makin cepat kita bisa menyaksikan website kita sering dikunjungi dan mendapat traffic yang tinggi.
5. Design Web Minimalis dan Lengkap Kontennya
Kagum dengan teknologi tinggi bisa saja, tetapi janganlah lupa jika pengunjung akan tiba dari background, tingkat pengajaran atau level pendidika n, dan ketertarikan minat yang lain. Yakinkan design web Anda simpel dan nyaman dipandang mata, namun tetap indah dan elegan. Untuk konten, kita harus peka pada keperluan/kebutuhan konsumen setia.2
Nah Itulah contoh–contoh halaman Landing Page yang menarik. Semoga bisa menambah pengetahuan, informasi dan wawasan kita dalam bidang digital. Sekian, terima kasih dan semoga bermanfaaat.