Kelebihan dan Kekurangan Windows XP

Sistem operasi Windows ada berbagai macam pilihan yang dapat terpasang di perangkat Laptop/ Komputer kalian. Dimana untuk perkembangannya ini ditawarkan secara berkala, dan pembaruan signifikan biasanya terjadi dalam perubahan versi. Walaupun sudah semakin canggih, modern, dengan tampilan lebih futuristik, namun tidak semua pengguna suka akan hal tersebut.

Salah satu yang paling populer dan berjaya di masanya yakni Windows XP, dimana sistem operasi berikut menawarkan tampilan dan juga fitur khas yang ada di dalamnya. Akan tetapi sekarang sudah mulai ditinggalkan, dikarenakan memang pihak Microsoft memaksa pengguna untuk menggunakan sistem operasi terbarunya Windows 10.

Walaupun begitu, ada beberapa kelebihan dan kekurangan Windows XP yang masih penting untuk dipertimbangkan, dengan mengesampingkan paksaan dari pihak Microsoft terlebih dahulu, sebab ada beberapa kelebihan yang ditawarkan Win XP. Lebih jelasnya bisa simak dalam pembahasan lengkapnya sebagai berikut:

A. Kelebihan Windows XP

1. Booting yang Cepat

Seperti yang diketahui bahwa semakin maju perkembangan teknologi, itu juga diimbangi dengan sistem operasi yang berkembang juga dengan kelengkapan fitur lebih banyak. Dengan demikian performa akan tetap seperti itu saja, atau bahkan malah lebih lemot dibanding menggunakan sistem operasi versi lawas, sebab performa Laptop/ Komputer yang dimiliki juga cukup terbatas.

Kelebihan Windows XP yakni menawarkan proses booting yang cepat dan juga kemampuan yang stabil dalam menjalankan berbagai macam aplikasi yang terpasang. Dengan kecepatan yang stabil seperti ini, pengguna bisa merasakan pengalaman penggunaan yang nyaman dan juga menarik. Jarang pengguna Win XP mengalami crash karena multi-tasking.

2. Multi-Tasking

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dimana untuk performa stabil tidak hanya pengaruh terhadap proses booting saja, melainkan juga ketika menjalankan beberapa aplikasi sekaligus. Sederet aplikasi yang berjalan ini bisa digunakan secara bersamaan dengan baik dan stabil, sehingga pengguna bisa menjalankan banyak aplikasi sekaligus.

Akan tetapi kembali lagi, dimana kalau memang Laptop/ Komputer memiliki performa yang minim mungkin akan timbul proses loading yang cukup lama. Namun jarang sekali mengalami error atau bahkan timbul not responding, beda dengan versi yang terbaru.

Disamping itu, untuk resource yang dibutuhkan oleh Win XP ini sendiri juga tidak terlalu besar, sehingga kalian dapat memaksimalkan resource yang ada di Laptop/ Komputer terhadap aplikasi atau program yang dijalankan dengan lancar.

3. Dukungan Aplikasi

Bagi kalian yang mungkin memiliki aplikasi andalan tertentu (kebanyakan berbayar), tidak akan mendapatkan dukungan untuk dijalankan di sistem operasi versi terbaru. Dan aplikasi hanya bisa berjalan pada Windows XP saja, sehingga memaksa tidak dapat melakukan update Windows.

Memang sih di versi terbaru sudah ada run compatibility programs, akan tetapi ini hanya dapat berjalan untuk aplikasi tertentu, dan kebanyakan sudah menjalin komunikasi dengan pihak Microsoft. Beberapa developer tidak menginginkan hal tersebut, sehingga ketika sudah dijalankan dengan perintah tersebut tetap tidak bisa dijalankan.

4. Fitur Plug ‘n Play

Selanjutnya ada fitur plug ‘n play yang dapat digunakan untuk menambah komponen perangkat keras baru dalam komputer. Nantinya Windows XP bisa dengan mudah mendeteksi dan melakukan pemasangan tanpa harus melalui instalasi command prompt ataupun semacamnya.

Melalui fitur berikut, tentu saja perangkat keras baru bisa langsung otomatis terdeteksi dan terpasang jika ada drivernya. Pengguna tidak perlu susah-susah lagi menjalankan aplikasi untuk melakukan instalasi secara manual, dikarenakan ketika ditancapkan sudah bisa langsung digunakan.

5. Dukungan Driver

Hal ini ada kaitannya dengan point ketiga tadi, dimana dukungan driver yang ditawarkan terhadap Windows XP sangatlah luas, dikarenakan memang telah berjaya dengan luar biasa pada masanya. Beberapa perusahaan, komponen perangkat keras ataupun developer aplikasi sekalipun masih menyertakan dukungan terhadap Win XP.

Bahkan beberapa diantara mereka ada yang tidak mau untuk melakukan upgrade kompatibiliti dengan versi Windows terbaru, sehingga memaksa penggunanya agar tetap berada di sistem operasi Windows XP aja kalau memang masih ingin menjalankannya.

6. File Kecil

Point berikutnya yakni memiliki sistem file yang kecil, performa yang tidak terlalu besar disebabkan oleh aktivitas latar belakang untuk menjalankan perangkat Laptop/ Komputer yang tidak terlalu banyak. Dan penyusunan sistem file yang simple ini juga bisa membuat pembacaan perangkat bisa dilakukan dengan cepat untuk mengerjakan perintah yang diinput oleh pengguna.

Memang sih versi terbaru menawarkan fitur yang lebih lengkap dan grafis lebih mulus, namun dibalik itu tentu ada beberapa hal yang pasti berdampak pada sektor lain. Diantaranya yakni beban yang diminta lebih berat dan kapasitas penyimpanannya lebih besar lantaran untuk menawarkan fitur lebih komplit tersebut.

7. Tampilan yang Khas dan Friendly

Jujur saja mungkin sekarang ini masih ada yang masih ingat betul seperti apakah tampilan yang ditawarkan oleh Windows XP, mulai dari suara ketika melakukan booting hingga menjalankan beberapa program tertentu. Tampilannya yang sederhana tidak cuman membuat sistem semakin ringan, akan tetapi juga membuat pengguna lebih mudah dalam melakukan pekerjaan tertentu.

Terlebih bagi yang sudah lama menggunakannya, tentu akan lebih mudah melakukan eksplorasi terhadap file sistem Windows XP untuk melakukan perubahan dan kustomisasi berdasarkan keinginan penggunanya sendiri.

B. Kekurangan Windows XP

1. Tidak Lagi Dapatkan Support

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dimana sekarang pihak Microsoft telah memaksa para penggunanya untuk menggunakan sistem operasi terbarunya. Dan dukungan terhadap sistem operasi Windows 7 kebawah sudah tidak lagi diberikan, atau bahkan jika ada yang masih ingin mendapatkan dukungan harus membayar biaya berlangganan per bulan.

Akan tetapi semakin hari jelas lebih mahal, sehingga pengguna benar-benar dipaksa untuk upgrade sistem operasi. Windows XP tidak akan lagi melakukan pembaruan, sehingga bebas dari adanya update yang terkadang memakan waktu sangat lama. Akan tetapi ini juga berdampak pada beberapa kekurangan di point berikutnya.

2. Keamanan Data

Dikarenakan sudah tidak ada dukungan dari pihak Microsoft untuk melakukan pembaruan OS, maka jelas saja sistem operasi ini lebih rawan untuk terserang oleh peretas yang memang sudah menargetkan pengguna Windows versi lama. Celah keamanan yang ada sudah tidak akan ditambal lagi, sehingga peretas yang sudah mengetahuinya bisa dengan bebas keluar masuk lewat jalur sama.

Namun ini tergantung dari penggunanya sendiri, dimana kalau memiliki sistem proteksi sendiri yang kuat dan berhati-hati dalam melakukan browsing, tentu saja masih bisa dikendalikan sendiri perangkatnya dengan aman tanpa dukungan dari pihak Microsoft sekalipun.

3. Keamanan Jaringan & Browser

Untuk masalah keamanan perangkat dari serangan pihak luar ini tentu saja berkaitan dengan jaringan, sehingga kalau kalian paham akan sistem keamanan firewall dan semacamnya, bisa lebih dipusatkan pada point berikut. Ketika kalian bisa menutup celah keamanan atau tidak akan menghubungkan Laptop/ Komputer sama sekali, ini lebih aman dari serangan luar.

Kemudian juga pada aplikasi browser, sekarang ini internet explorer juga sudah dimatikan dan diganti dengan Microsoft Edge sebagai browser di sistem operasi Windows. Jadi kalau ingin browsing dan semacamnya, pastikan menggunakan aplikasi browser yang memang masih dapatkan pembaruan berkala seperti Chrome dan semacamnya, dan jangan sembarangan melakukan klik dan unduhan karena sistem proteksi Windows yang sudah tidak lagi kuat dan up-to-date.

4. Keamanan Remote Administration

Berikutnya ada masalah keamanan remote administration yang harus diwaspadai ketika menggunakan Windows XP, dikarenakan pada bagian inilah yang rawan terkena hacking oleh pihak luar, itu dikarenakan vulneraility yang cukup banyak.

Oleh karenanya, sangat disarankan terhadap pengguna yang ingin menggunakan fitur berikut untuk memastikan bahwa dirinya benar-benar pada jaringan yang aman dari peretasan atau gangguan pihak lain yang memiliki niat jahat terhadap kita, dikarenakan dapat menginjeksi malware dengan mudah.

5. Tidak Bisa Menjalankan Software Versi Baru

Bukan berarti ini tidak bisa berjalan sepenuhnya, melainkan tidak dapat menjalankan dengan lancar dan akan sering kedapatan crash. Hal itu dikarenakan memang pembuat aplikasi tersebut sudah tidak memberikan dukungan terhadap Windows XP lagi.

Jadi memang ada beberapa aplikasi yang tidak bisa dijalankan di Windows versi terbaru, namun berlaku juga hal sebaliknya. Namun sebagai solusinya, kalian dapat mengunduh aplikasi versi lama saja dan jangan mengikuti pembaruan dari setiap update yang direkomendasikan.

6. Corrupt Satu File Auto Install Ulang

Mungkin untuk masalah performanya bisa lebih lancar dan tidak membutuhkan banyak resource untuk menjalankan sistem operasi saja, dan kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan tidaklah terlalu besar. Namun disamping itu ada kelemahan yang harus dihadapi oleh pengguna berkaitan dengan file sistem tersebut.

Namanya juga sistem operasi, dimana tidak menutup kemungkinan terjadi kesalahan dan menyebabkan corrupt. Mungkin di versi terbaru sudah ditawarkan system restore atau pembenahan di bagian tertentu, akan tetapi tidak untuk Windows XP. Bilamana kalau terjadi corrupt satu file saja, maka tidak lagi bisa dikembalikan seperti keadaan semula lantaran beragam masalah lain.

Jadi untuk mengatasi masalah seperti itu, pengguna harus melakukan install ulang sistem operasi Windows XP, dimana ini memakan waktu yang cukup lama, meski sebenarnya data aplikasi ataupun penyimpanan kalian tetap bisa dipertahankan saat melakukannya.

Kurang lebih itulah berbagai macam kelebihan dan kekurangan Windows XP yang penting untuk anda ketahui. Dimana bisa menjadi bahan pertimbangan kalian untuk tetap menggunakannya atau memutuskan pakai versi terbaru saja.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.