Cara Menghilangkan Jamur Pada Ikan Yang Ampuh

jagad.id – cara menghilangkan jamur pada ikan Di dunia dengan antijamur dan obat-obatan akuarium lainnya, garam tampaknya merupakan obat akuarium abad pertengahan yang sesungguhnya. Namun, garam laut — atau garam batu, atau garam kosher — sering menyembuhkan berbagai jamur ikan tanpa harus menggunakan obat-obatan akuarium yang mahal.

Tanda-tandaJamur akuarium adalah parasit, biasanya dari genus Saprolegnia. Ini adalah jamur sejati, tidak seperti “jamur mulut”, penyakit bakteri ikan akuarium yang terkadang disalahartikan sebagai jamur karena koloninya yang kabur. Jamur sejati bermanifestasi sebagai bercak kabur di tubuh ikan. Koloni biasanya tampak putih atau abu-abu, tetapi terkadang dapat muncul dalam warna lain seperti merah dan merah muda. Berbeda dengan jamur mulut, jamur sejati selalu muncul di badan atau sirip ikan.

Cara Menghilangkan Jamur Pada Ikan Dan Penanganannya

jamur merupakan parasit yang sering menyerang ikan karena beberapa faktor bila tidak ditangani dengan tepat maka akan fatal akbatnya maka dari itu parasit jamur terlihat sepele penyakitnya tapi itu cukup menyiksa ikan peliharaananda dalam jangka waktu yang cukup lama.

Bagaimana Dosis

Dalam kebanyakan situasi, Anda akan ingin memberi dosis 1 sendok makan garam laut per galon air akuarium. Pada dosis ini garam biasanya akan membunuh jamur, dan dapat berfungsi sebagai tonik umum untuk ikan. Namun, beberapa spesies ikan, seperti cory catfish, tidak dapat mentolerir garam dalam jumlah berapa pun. Lainnya, seperti cichlids dan tetras dari perairan rumahan yang asam lembut, membutuhkan dosis yang dibelah dua. Teliti toleransi semua ikan di akuarium Anda. Setelah Anda melihat jamur mulai mati kembali, lakukan penggantian air sebagian.

Isolasi

Jamur yang menyerang ikan biasanya oportunis; mereka hanya dapat menginfeksi ikan jika sudah terluka. Oleh karena itu, akan lebih masuk akal untuk mengolah ikan di tangki karantina terpisah, karena Anda tidak perlu merawat seluruh tangki. Di sini, Anda dapat menaikkan suhu hingga 75 hingga 79 derajat Fahrenheit, yang akan membuat jamur lebih rentan terhadap efek garam. Selain itu, jika Anda harus menggunakan obat-obatan, Anda tidak perlu khawatir tentang efek sampingnya di tangki utama.

Kemungkinan Efek Samping

Menambahkan garam ke dalam air dapat menimbulkan konsekuensi serius bagi akuarium. Itu akan membunuh beberapa ikan akuarium. Selain itu, garam dapat memusnahkan siput akuarium. Dan garam tidak bekerja dengan baik di akuarium dengan tanaman hidup, karena garam juga akan membunuh mereka. Dalam situasi ini, akuarium karantina mungkin merupakan pilihan terbaik untuk ikan yang terinfeksi.

Satu Ons Pencegahan

Anda perlu mengatasi masalah mendasar yang membuat ikan mas rentan terhadap infeksi sejak awal, atau perawatan apa pun akan menjadi tindakan sementara yang terbaik. Kualitas air yang buruk sering disebabkan oleh terlalu banyak menimbun. Seekor ikan mas membutuhkan setidaknya 30 galon volume akuarium per ikan untuk bertahan hidup. Memelihara ikan mas dalam air yang kurang dari ini mungkin tidak langsung membunuh ikan, kepadatan yang berlebihan menyebabkan kualitas air yang buruk yang dapat membuat ikan mas stres. Ikan mas koki yang stres menjadi lemah dan lebih rentan terhadap infeksi oportunistik seperti jamur tubuh. Penggantian air yang sering dan sistem filtrasi yang kuat

Siklus Hidup Parasit

Di akuarium air tawar, parasit yang menyebabkan ich mulai sebagai organisme yang berenang bebas hingga menemukan tubuh inang untuk menginfeksi. Setelah menempel pada tubuh inang, parasit memakan cairan tubuh ikan yang terinfeksi, tumbuh menjadi kista putih yang terlihat. Seiring waktu, kista semacam itu terlepas dari tubuh inang dan menempel pada dinding tangki dan benda lain

Pilihan Pengobatan Alternatif

Selain obat-obatan, beberapa pilihan pengobatan alternatif mungkin efektif melawan ich. Salah satu pilihannya adalah dengan menaikkan suhu di akuarium Anda untuk mempercepat siklus hidup parasit, menyebabkannya mati lebih cepat. Perawatan ini hanya efektif terhadap bentuk parasit air tawar. Naikkan suhu secara perlahan selama beberapa hari hingga mencapai sekitar 80 hingga 82 derajat Fahrenheit.

cara menghilangkan jamur pada ikan Garam akuarium adalah pilihan pengobatan alternatif yang efektif melawan berbagai penyakit ikan akuarium. Dosis tangki Anda dengan 2 sampai 3 sendok makan garam akuarium per 5 galon air tangki. Pertahankan perawatan garam selama tiga hari hingga ikan Anda tidak lagi menunjukkan bintik-bintik putih.

error: This content is protected by DMCA