Home Agama Cara Mendidik Anak Dalam Islam Dengan Mudah

Cara Mendidik Anak Dalam Islam Dengan Mudah

Cara Mendidik Anak Dalam Islam Dengan Mudah

Agar saat anak sudah beranjak usia, logikanya akan terus berjalan bersama ketenangan iman.

Berikut adalah panduan ala penulis yang dapat anda terapkan dalam kehidupan anak.

  1. Mengajarkan Keyakinan ( Tauhid ) Adanya Allah Subhanu Wataโ€™ala.

Dasar agama penting untuk ditanamkan dalam hati anak. Berikan pendidikan awal kepadanya mengenai adanya Allah Subhanu Wataโ€™ala sebagai zat yang melahirkannya. Hal ini bertujuan agar anak dapat mengetahui bahwa karena Allah lah dirinya dilahirkan.

Point pertama ini dapat anda terapkan kepada anak anda dengan cara sebagai berikut:

1.1. Mengajarkan Anak Mengenai Syahadat Dan Artinya!

Apabila anak anda masih balita dan anak-anak. Penting untuk memberikan keyakinan pada dirinya tentang adanya Allah. Dengan cara melatih anak untuk membaca syahadat dan mengetahui artinya.

Setelah itu, jelaskan kepada anak dengan bahasa yang mudah dimengerti mengenai maksud dari arti syahadat.

1.2. Membiasakan Anak Membaca Al-Qurโ€™an.

Hal ini dapat menuntun anak anda menjadi sosok yang selalu dekat dengan rabb-nya. Dan untuk membuat semangat anak tetap kokoh, anda dapat memberikan hadiah kepadanya setelah melakukan rutinitas ibadah.

Dan ceritakan bahwa hadiah ini adalah pemberian dari Allah melalui anda untuk buah hati anda. Agar dirinya mengetahui bahwa hadiah ini adalah pemberian Allah.

  1. Mengajarkan Ibadah-Ibadah Lain Kepada Anak! Agar Diri Anak Semakin Dekat Kepada Rabbnya.

Jangan menunggu untuk dewasa. Lebih baik jika apabila anda mengajarkan ibadah mulai sejak dini. Agar saat umurnya kian bertambah, dapat membuat dirinya kian dekat dengan tuhannya. Anda dapat mengajarkan seperti:

  • Sholat.
  • Puasa.
  • Mengaji.
  1. Mengajarkan Perilaku Sopan Dan Adab Terhadap Orang Tua.

Allah memerintahkan kepada manusia untuk berbuat baik kepada orang tuanya. Sesuai dengan firman Allah pada Al-Qurโ€™an surah Luqman 14.

ูˆูŽูˆูŽุตู‘ูŽูŠู’ู†ูŽุง ุงู„ู’ุฅูู†ู’ุณูŽุงู†ูŽ ุจููˆูŽุงู„ูุฏูŽูŠู’ู‡ู ุญูŽู…ูŽู„ูŽุชู’ู‡ู ุฃูู…ู‘ูู‡ู ูˆูŽู‡ู’ู†ู‹ุง ุนูŽู„ูŽู‰ูฐ ูˆูŽู‡ู’ู†ู ูˆูŽููุตูŽุงู„ูู‡ู ูููŠ ุนูŽุงู…ูŽูŠู’ู†ู ุฃูŽู†ู ุงุดู’ูƒูุฑู’ ู„ููŠ ูˆูŽู„ููˆูŽุงู„ูุฏูŽูŠู’ูƒูŽ ุฅูู„ูŽูŠู‘ูŽ ุงู„ู’ู…ูŽุตููŠุฑู

Arti dalam ayat ini, mengungkapkan bahwa Allah memerintahkan kepada manusia untuk berbuat baik kepada kedua orang tuanya ( Ibu dan bapaknya ) yang mana ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah, maka bersyukurlah kepada Allah dan kepada kedua orang ibu serta bapakmu. ย ( Q.S Luqman : 14 )

Akhir Kata.

3+ Hal diatas adalah panduan singkat dan mudah yang dapat anda terapkan dalam kehidupan keluarga anda, khusunya adalah untuk anak anda. Menurut penulis, hal diatas adalah cikal bakal yang dapat mempengaruhi anak untuk menjadi buah hati yang sesuai dengan tuntunan ajaran Islam.

Masih ada banyak lagi tutorial yang dapat anda terapkan, apa anda ingin menambahkan?

No ratings yet.

Please rate this