Kebenaran Al-Qur'an Sepanjang Masa - Tidak Ada Keraguan Padanya

Setiap umat Islam sangat dianjurkan untuk membaca alquran, sebab kitab suci merupakan pedoman hidup. Bahkan ada banyak ayat alquran yang berisi perintah untuk membaca kitab suci, seperti salah satunya adalah surat Al-Baqarah ayat 212 yang berbunyi : β€œOrang-orang yang telah kami berikan Al Kitab kepadanya, mereka membacanya dengan bacaan yang sebenarnya, mereka itu beriman kepadanya, dan barangsiapa yang ingkar kepadanya, maka mereka itulah orang-orang yang rugi.” 

Tentu kamu tidak ingin menjadi kaum yang merugi, bukan? Meski menyadari hal ini, terkadang masih ada saja hal yang membuat seseorang kurang membaca alquran. Kesibukan, lelah dan lainnya menjadi alasan. Agar terhindar dari alasan-alasan tersebut dan makin mencintai al-quran serta membacanya secara rutin, coba cara-cara berikut ini:

Memahami bahwa mencintai al-quran sama dengan mendapat cinta Allah dan Rasul

Abu Ubaid mengatakan, β€œ “Seorang hamba tidak ditanya kelak kecuali dengan Alquran. Dan jika dia mencintai Alquran maka dia mencintai Allah dan Rasul-Nya.” Ini menjelaskan bahwa sepenting dan seistimewa itu kitab suci bagi umat Islam. Melewatkan hingga tak berkeinginan untuk rutin membacanya tentu akan membuat kamu rugi sebab ini sama dengan kamu menyia-nyiakan kesempatan untuk mendapat cinta dari Allah dan Rasul. 

Menjauhkan diri dari rasa cemas dan khawatir

Dalam hidup ini tentu saja manusia akan dihadapkan dengan masalah yang menyebabkan rasa tidak tenang. Sering kali manusia susah payah dan jauh dalam mencari solusi untuk terhindar dari perasaan tersebut. Padahal, semua itu bisa diatasi dengan membaca alquran. Sebab dalam kitab suci tertulis jalan keselamatan dan solusi kesulitan yang manusia hadapi. 

Menjadikan hati bahagia dan terang

Manusia mana yang tidak ingin hidup bahagia, tenang dan diberi jalan yang terang? Beragam cara bisa ditempuh demi mendapatkannya padahal hanya dengan membaca alquran serta amalan lainnya seperti shalat serta zakat bisa menjadi solusi. Dalam surat Asy Syura ayat 52 disebutkan bahwa alquran itu adalah cahaya, di dalamnya terdapat petunjuk yang akan membimbing manusia ke jalan yang lurus. 

Memahami bahwa hidup baru bermanfaat jika dapat menggapai ketaatan pada Allah

Ibnu Qayyim menyebutkan bahwa kehidupan mereka yang bertakwa kepada Allah SWT dan Rasul lahir dan batin adalah hidup yang sesungguhnya nan hakiki. Pun juga bagi mereka yang menjalankan anjuran Rasulullah yakni membaca alquran juga merupakan orang yang hidupnya sempurna. 

Mengetahui jika alquran mengeluarkan umat dari kesengsaraan

Tahukah kamu bahwa orang-orang Arab berada dalam kondisi yang sengsara dan terdzalimi sebelum Nabi Muhammad SAW datang dan membawa kitab suci alquran? Saat itu, orang-orang Arab dipandang paling hina dan celaka. Islam datang bak membawa cahaya dan membawa mereka keluar dari kegelapan. 

Setelah mengetahui bahwa begitu istimewa dan utama membaca alquran, semoga kamu tergerak untuk mengamalkan serta mengimplementasikannya. Jangan lupa, untuk selalu membaca alquran dengan adab yang dianjurkan. Adapun adab-adab dalam membaca alquran sebagai berikut:

  • Bersungguh-sungguh dalam merenungkan serta memperhatikan bacaannya
  • Memperhatikan tajwid agar bacaan tidak keliru
  • Bersuci dengan melakukan wudhu terlebih dahulu
  • Menjaga kebersihan mulut sebab inilah tempat keluarnya huruf-huruf dalam alquran
  • Mengenakan pakaian yang bersih dan suci dari najis
  • Menghadap ke arah kiblat sama seperti ketika melakukan shalat
  • Niat semata-mata karena Allah SWT sehingga akan mendapatkan kebaikan dari alquran
  • Mengawali dengan ta’awudz dan basmallah
  • Mengakhiri dengan membaca doa penutup 
  • Membaca dengan perlahan agar mendapatkan pemahaman seutuhnya

Itu dia cara agar kamu makin mencintai alquran serta cara atau adab yang benar dalam membacanya. Semoga dengan adanya tulisan ini kamu semakin termotivasi untuk membaca alquran dengan rutin hingga khatam.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.



Previous articlePengertian Hardisk : Jenis dan Fungsinya
Next articleTopUpGameShop Free Fire – Situs Top Up Diamond FF Termurah! Begini Caranya