Cara Agar Khusyuk dalam Sholat
No ratings yet.

Cara Agar Khusyuk dalam Sholat – Sholat merupakan rukun islam yang ke 2, sehingga menjadi sebuah kewajiban untuk dilaksanakan bagi umat islam.Β  Dalam sejarah islam seorang sahabat Rasulullah, Ali bin Abi Thalib di uji oleh rasulullah dengan sholat 2 rekaat namun gagal. Sahabat nabi saja gagal sholat khusyuk apakah kita bisa ?

Sholat khusyuk adalah dengan mengingat Allah selalu tanpa terputus dan orang yang sholat tapi masih sempat memikirkan urusan dunia tidak akan diterima sholatnya oleh Allah. Di dunia ini tidak ada yang bisa sholat khusyuk dari awal takbiratul ikhram hingga salam kecuali Nabi Muhammad Salawahualaihi wasalam. Sahabat Ali Radhiyallahu Anhu pun gagal dalam uji coba ini.

Lalu kita sebagai umat islam yang jauh dari lingkaran waktu Nabi Muhammad Salawahualaihi wasalam dan sering lalai dalam sholat tidak ada yang diterima ? Nabi Muhammad Salawahualaihi wasalam bersabda bahwa tetap sholat lah meskipun sering mencampur adukkan sholat dengan urusan duniawi, selepas sholat minta ampunlah kepada Allah.

Usaha Agar Sholat menjadi Khusyuk

1. Hati

Ke khusyukan sholat semua nya berasal dari hati. Apabila hati sudah ikhlas untuk melaksanakan sholat khususnya sholat fardu insyaAllah, dalam sholat kita akan lebih khusyuk. Namun, jika hati kita masih merasa terpaksa sholat apakah kita tidak akan sholat dan menunggu ikhlas ? Tentu tidak, kerjakan sholat meskipun terpaksa dan jika sudah terbiasa hati akan menjadi ikhlas. Niatkan juga sholat hanya semata mata demi Allah ta’ala.

2. Fokus

Hal yang kedua adalah berhubungan dengan pikiran. Jika pikiran kita sehat dan bisa fokus maka berusahalah untuk fokus dalam sholat baik bacaan sholat maupun fokus pikiran pada Allah.

3. Memaknai Gerakan Sholat

Kenapa sih harus ada sujud ? Kenapa sih harus ada ruku’ ? Sebenarnya tidak ada ayat di Al-Qur’an yang menerangkan gerakan sholat bagaimana, di dalam Al-Qur’an hanya ada perintah untuk menjalankan sholat. Untuk tata cara sholat diajarkan langsung oleh Nabi Muhammad Salawahualaihi wasalam. Tidak ada ilmu pasti mengenai makna gerakan sholat, tapi dalam dunia kesehatan gerakan gerakan sholat ternyata memiliki manfaat seperti meningkatkan kecerdasan otak dan mencegah penyakit penyakit yang lain. Jadi, ketika sudah tahu manfaat gerakannya niscaya hati menjadi lebih ikhlas sehingga sholat bertambah khusyu’

Please rate this



Contact Us!

Terimakasih sudah mengunjungi situs kami, jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web. Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form dibawah ini.