Perilaku Hiu Air Tawar Epalzeorhynchos bicolor

Meski hiu air tawar tidak termasuk hiu sejati, namun ada beberapa diantaranya yang berasal dari keluarga Cyprinidae dan punya kemiripan dengan hiu di laut hanya dalam bentuk yang kecil saja. Tubuh dari hiu air tawar yang khas berbentuk torpedo dengan sirip punggung yang tinggi sehingga tampilannya terlihat seperti hiu. Selain itu, perilaku berenang hiu air tawar juga aktif dan terkadang memiliki kepribadian agresif sama seperti hiu air laut.

A. Habitat Alami Hiu Air Tawar

Umumnya hiu air tawar hidup di sistem sungai besar di alam liar. Contohnya seperti hiu Kolombia merupakan ikan lele yang hidup di sungai, muara air payau dan juga lautan di sepanjang Pantau Pasifik Amerika Tengah serta Barat Asia Tenggara akibat pembangunan bendungan dan kawasan penangkaran yang hilang akibat pembangunan.

B. Syarat Air Untuk Hiu Air Tawar

Hiu air tawar mentolerir banyak kualitas air pada akuarium. Namun untuk hasil terbaik, maka pH air haru berada di antara 6.8 dan 8.0 dengan kekerasan antara 2 ° dan 10 ° dKH. Hiu Kolombia atau hi fin lebih suka dengan pH serta alkalinitas yang sedikit lebih tinggi dan ditambahkan dengan 1 sendok makan garam laut per galon. Sebelum menambahkan garam ke akuarium, maka pastikan penghuni akuarium lain toleran terhadap garam tersebut.

Habitat Alami Hiu Air Tawar - Hiu Kolombia

C. Perilaku Hiu Air Tawar

Hiu pelangi dan ekor merah adalah hewan yang teritorial khususnya antara satu dengan yang lain dan paling banyak dipelihara individual ketika sudah bertambah tua. Untuk teman satu akuarium juga harus kuat seperti dolar perak, danios raksasa, duri kertas timah, loach yang lebih besar dan gurami besar.

D. Makanan Hiu Air Tawar

Pola mkan hiu air tawar bisa dilihat dari bagian mulutnya. Hiu air tawar dengan tipe pengisap umumnya akan mengikis alga dari bebatuan serta kayu yang terendam serta memakan tumbuh tumbuhan. Sedangkan untuk makanan lainnya adalah cacing, invertebrata air dan juga ikan kecil.

Syarat Air Untuk Hiu Air Tawar - Pangasiidae Shark

Untuk hiu warna warni dan kolombia dengan mulut gua yang besar memiliki sifat predator dan tidak akan ragu untuk memangsa ikan kecil serta udang. Sebagian besar hiu memiliki sifat omnivora di penangkaran dan berkembang biak dengan makanan yang beragam seperti spirulina flakes, color flakes, tropical granules, bottom feeder tablets dan juga shrimp pellet.

Makanan beku serta hidup juga bisa diberikan untuk camilan sehingga bisa meningkatkan warna dan pertumbuhan. Untuk hasil terbaik, maka pola makan ikan hiu air tawar bisa diputar setiap hari dan diberi makan hanya sebatas yang bisa dikonsumsi dalam 2 sampai 3 menit sekali atau 2 kali sehari.

Baca Juga :  Ekosistem Padang Rumput : Pengertian, Ciri Ciri, Komponen dan Macam Jenis

E. Ciri Ciri Umum Hiu Air Tawar

Ciri Ciri Umum Hiu Air Tawar Iridescent Shark
  • Memiliki bentuk tubuh seperti torpedo.
  • Memiliki ekor bercabang.
  • Berkembang biak di penangkaran yang diberi ruang cukup namun tidak disarankan untuk pengembangbiakan rumahan.

F. Jenis Jenis Hiu Air Tawar

1. Pangasiidae atau Hiu Pita Sirip Tinggi Tiongkok

Pangasiidae Shark

Ini adalah jenis hiu air tawar yang berasal dari China dengan tempramen yang tenang. Tidak seperti hiu air tawar tropis lain, hiu air tawar ini merupakan ikan air dingin dan bisa hidup hingga usia 10 sampai 15 tahun meski ketika di alam liar bisa hidup lebih lama. Hiu air tawar ini bisa hidup di akuarium bersama jenis ikan lain seperti koi dan ikan mas.

a). Penampilan Pangasiidae

Ketika masih muda, hiu air tawar ini memiliki tubuh yang indah dengan warna persik dan ditutupi pita serta pola coklat hitam yang indah ditambah sirip punggung yang ada di bagian punggung seperti layar. Akan tetapi dalam waktu 2 tahun, warna persik akan hilang di mana betina akan berubah menjadi ungu dan jantan menjadi merah. Sirip punggung juga tidak tumbuh terlalu banyak sehingga akan tetap terlihat kecil ketika dewasa.

Bagian perutnya rata dan mempunyai sirip perut serta dada yang besar untuk membantu hidup. Sedangkan bagian mulut terlihat seperti ikan lele dengan bibir yang tebal dan berdaging. Hiu air tawar ini bisa mencapau berat 80 pon dengan panjang 5 kaki.

b). Tingkah Laku Pangasiidae

Hiu pita sirip tinggi China ini merupakan salah satu ras hiu air tawar non agresif. Hiu ini hidup dengan damai dan tidak aktif karena senang beristirahat dan berenang di sekitar dasar tangki serta bisa bergaul dengan baik bersama teman satu tangki. Meski banyak beristirahat, namun nafsu makan hiu air tawar ini tetap tinggi.

c). Makanan Pangasiidae

Makanan hiu air tawar ini adalah ganggang, limbah dan juga kotoran yang berasal dari bebatuan sehingga bisa membersihkan tangki atau akuarium saat sedang makan. Meski banyak yang beranggapan jika ikan hiu air tawar ini adalah herbivora, namun sebenarnya ini adalah hewan omnivora yang bisa memangsa hampir seluruhnya.

Camilan berprotein tinggi, hidup atau beku bisa dijadikan tambahan nutrisi yang baik. Udang serta cacing air asin menjadi beberapa pilihan terbaiknya. Seiring dengan pertambahan usia, maka hiu air tawar ini juga bisa diberikan potongan udang, siput dan juga serangga.

Baca Juga :  Rumah Tangga Pemerintah : Peran dan Contoh

2. Hiu Kolombia

Hiu Kolombia

Berbeda dengan hiu pita sirip tinggi Tiongkok yang tenang, hiu kolombia atau biasa disebut dengan lele laut Tete dan Hiu ujung perak ini merupakan ikan predator yang butuh perawatan khusus. Hiu ini berasal dari alam liar di sungai serta muara Amerika Tengah serta Selatan yang bisa hidup hingga usia 10 sampai 15 tahun.

a). Penampilan Hiu Kolombia

Saat masih muda, hiu kolombia ini mempunyai warna warni untuk tubuhnya dengan penampilan biru seperti ikan gegat yang akan memudar seiring pertambahan usia. Hiu kolombia punya perut berwarna putih dan sirip hitam semi transparan serta garis putih di sirip dubur, dada dan panggul. Selain itu, hiu kolombia juga punya kumis lele yang khas.

Hiu kolombia berukuran 7.6 cm dan bisa tumbuh dengan sempurna sampai 51 cm ketika diberikan ruang tumbuh yang cukup. Hiu kolombia memiliki ukuran mulut yang sangat besar dengan sirip punggung yang runcing terhubung ke kelenjar yang menghasilkan bisa sehingga menghasilkan sengatan yang menyakitkan dan menyebabkan bengkak.

b). Tingkah Laku Hiu Kolombia

Meski ini adalah ikan predator, namun tidak agresif pada ikan lain. Akan tetapi, hiu kolombia akan memangsa ikan yang lebih kecil karena menjadi sifat asli hiu ini. Hiu kolombia ini bisa menelan maksimal 65% dari ukuran panjang tubuhnya. Untuk itu, berhati hati ketika ingin memelihara ikan hiu ini di satu akuarium dengan jenis ikan lain yang berukuran setengah dari ukuran tubuh hiu kolombia. Pastikan juga tutup akuarium terpasang sebab hiu ini bisa melompat.

c). Makanan Hiu Kolombia

Hiu kolombia adalah omnivora sehingga bisa diberikan banyak jenis makanan. Contohnya seperti serpihan atau pelet tenggelam, udang, ikan hidup dan cacing tanah.

3. Iridescent Shark

Iridescent Shark

Jenis hiu air tawar berikutnya adalah Iridescent Shark yang berasal dari Asia Tenggara. Hiu ini memiliki tempramen yang tenang dan bisa hidup hingga usia 20 tahun. Hiu air tawar ini bisa cocok dengan jenis ikan lain yang memiliki ukuran tubuh lebih besar dan tidak agresif. Contohnya seperti oscar, ikan mas berukuran besar, plecos dan pacus.

a). Penampilan Iridescent Shark

Seperti namanya, hiu air tawar ini punya corak warna warni hitan keunguan dengan corak putih yang pucat.

Baca Juga :  Daur Hidup Ayam : Gambar dan Penjelasannya
b). Tingkah Laku Iridescent Shark

Tidak seperti ikan lele pada umumnya, Iridescent Shark tidak hidup di dasar akuarium karena merupakan ikan perenang cepat dan senang mengambil makanan yang ada di permukaan air. Meski tenang, namun ini adalah ikan predator sehingga bisa memangsa ikan lain yang berukuran lebih kecil.

c). Makanan Iridescent Shark

Ikan hiu air tawar ini butuh diet seimbang namun bisa diberikan makanan hidup, beku atau pelet. Makanan bisa diberikan sebanyak 2 hingga 3 kali sehari namun jangan berikan makanan yang tidak bisa dihabiskan dalam waktu 5 menit. Beberapa variasi makanan yang bisa diberikan diantaranya adalah jangkrik, cacing darah, udang air asin dan cacing.

4. Hiu Hitam Ekor Merah atau Epalzeorhynchos bicolor

Hiu Hitam Ekor Merah

Hiu air tawar ini berasal dari Thailand dengan tempramen semi agresif. Ini adalah ikan yang hampir punah di alam liar dan sudah berhasul dikembangbiakkan di penangkaran. Ikan ini bisa hidup dengan jenis ikan lainnya seperti zebra danios, angelfish, gurami dan juga tetra.

a). Penampilan Hiu Hitam Ekor Merah

Seperti namanya, hiu air tawar ini memiliki warna ekor merah cerah dan tubuh berwarna hitam yang ramping. Selain itu, ada juga titik putih kecil di bagian ujung sirip punggungnya. Jika masih muda maka berukuran 5.08 cm dan akan tumbuh sampai 15 cm. Ketika masih muda, antara jantan dan betina tidak bisa dibedakan namun saat dewasa maka betina mempunyai perut yang lebih bulat.

b). Tingkah Laku Hiu Hitam Ekor Merah

Hiu air tawar ini punya sifat pemalu dan senang bersembunyi. Namun untuk hiu hitam ekor merah yang dewasa bersifat agresif dan teritorial bahkan tidak akur dengan hiu hitam ekor merah yang lain. Ikan ini akan menyerang ikan lain yang lebih lambat di dasar sampai pertengahan air. Meski tidak mempunyai gigi besar, namun ikan ini bisa mencengkeram sirip serta tubuh ikan lainnya. Saat ingin dipelihara, maka pastikan memasang penutup akuarium sebab ikan ini sering melompat.

c). Makanan Hiu Hitam Ekor Merah

Hiu hitam ekor merah adalah omnivora sehingga bisa makan apa pun yang diberikan asalkan makanan yang diberikan bervariasi. Umumnya, makanan hiu air tawar ini adalah alga dan bisa diberikan makanan lain seperti pelet, belatung, buah, bayam, udang air asin dan mentimun.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.



Previous articleHiu Martil : Fakta, Evolusi, Spesies, Makanan dan Foto Gambar