YouTube

Pertumbuhan pengguan smartphone dan Internet saat ini memang sudah tidak bisa terbendung, bahkan menjadi sebuah kebutuhan pokok yang sangat melekat dan sulit dipisahkan. YouTube adalah sebuah media hiburan yang saat ini dengan jumlah pengunjung harian sangat tinggi, dan rata-rata pengunjungnya dari pengguna smartphone.

Berbicara tentang YouTube, tentu ada banyak hal menarik yang perlu anda ketahui. Mulai dari  fitur, sejarah, hingga kelebihan dan kelemahannya. Baiklah, bagi anda yang sudah penasaran, langsung saja mari simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

A. Pengertian YouTube

Secara umum, YouTube ini adalah sebuah situs web yang memungkinkan para pengguna bisa menonton, membagikan atau bahkan menyimpan konten video yang ada didalamnya. YouTube ini menjadi tempat atau sarana terbaik untuk berbagi berbagai konten video menarik dari seluruh dunia.

Namun bukan sembarangan video yang bisa masuk kedalam YouTube ini, mulai dari video music, tutorial, vlog, cuplikan film / trailer, edukasi, hiburan, hingga animasi yang bermuatan hal positif untuk dinikmati semua kalangan. Terlebih saat ini pertumbuhan penggunaan smartphone dan internet semakin tinggi, maka membuat penikmat layanan YouTube pun juga semakin meningkat.

Pada umumnya, kebanyakan berbagai konten yang ada di YouTube ini di upload oleh individu atau biasa disebut sebagai Youtubers. Dan dalam perkembangan konten, setiap Youtubers bakal dibantu oleh tim untuk melakukan editing dan memberikan ide konten mereka selanjutnya.

Selain individu, bahkan channel TV ternama seperti Trans, Kompas, hingga CNN juga menggunakan YouTube ini sebagai salah satu media berbagi informasi mereka. Untuk menikmati konten di YouTube ini pun anda juga tidak perlu memiliki akun, namun jika ingin memberikan komentar, memposting video, dan melakukan subscribe maka anda perlu mendaftarkan diri dahulu.

YouTube juga menawarkan paket premium bagi para pengguna yang ingin menikmati konten tanpa ada gangguan iklan. Selain itu, YouTube juga memberikan ketentuan soal konten yang dianggap offensif, pengguna di bawah usia 18 tahun tidak akan diberikan izin untuk menikmati konten tersebut karena dinilai berbahaya dan belum cukup umur untuk menikmatinya.

Sementara sebagai solusinya, ada juga layanan YouTube Kids yang mana konten di dalamnya berisi video untuk anak-anak dengan rentang usia dibawah 13 tahun. Didalamnya pasti terdapat konten hiburan khusus anak-anak, dengan begini mereka tidak akan menikmati video yang dikhususkan untuk orang dewasa.

B. Sejarah YouTube

YouTube ini pertama kali didirikan oleh Steve Chen, Chad Hurley, dan Jawed Karim, ketiganya merupakan mantan karyawan dari perusahaan PayPal. Dimana mereka pertama kali mengembangkan YouTube ini pada tahun 2005 silam, dimana ide ini muncul pertama kali pada saat mereka kesulitan saat ingin berbagi video pesta makan malam.

Saat itu mereka pun mulai merintis perusahaan teknologi dengan sumber dana dari Sequoia Capital di bulan November 2005 dan April 2006. Pada bulan Februari 2005, domain www.youtube.com sudah aktif dan situs ini pun mulai dikembangkan pada bulan selanjutnya. Dan pada bulan Mei 2005 pihak perusahaan pun meminta melakukan uji coba beta pada situs tersebut.

Pertumbuhan YouTube pun sangat signifikan, dimana pada bulan Juli 2006 lebih dari 65.000 video diunggah, dan sudah mendapat kunjungan hingga 100 juta kali dalam sehari. Lalu pada Oktober 2006, perusahaan Google pun membeli YouTube dengan nilai transaksi USD 1,65 miliar berupa saham.

Lalu di tahun 2007, YouTube pun akhirnya sukses berada di posisi 3 di situs Alexa, dibawah situs Google dan Facebook. Karena akuisisi yang dilakukan oleh Google itu pun membuat nama YouTube semakin melesat, bahkan majalah Forbes memperkirakan pendapatan dari YouTube pada tahun 2008 silam sudah tembus angka USD 200 juta.

Di tahun 2013, YouTube pun meluncurkan layanan premium yang mana para pengguna bisa dibebaskan dari gangguan iklan saat menonton konten di laman tersebut. Lalu di tahun 2015 YouTube Kids pun resmi diluncurkan sebagai wadah konten yang dikhususkan untuk anak-anak dibawah 13 tahun.

Dan pada tahun 2017, YouTube mulai mengganti logo mereka makin sederhana dan modern dengan memperlihatkan button / tombol Play disamping tulisan YouTube tersebut.

C. Fitur Unggulan di YouTube

1. Anotasi

Ini merupakan sebuah fitur yang memungkinkan bagi para pengguna / pemilik akun YouTube merekomendasikan video lain, baik dalam bentuk link maupun kotak pada setiap video yang telah mereka unggah. Tentu layanan ini sangat menguntungkan ya, dan juga bermanfaat bagi para pengunjung channel YouTube siapa tahu mereka tertarik dengan rekomendasi video yang sudah kita rekomendasikan.

2. Autoplay

Selanjutnya ada fitur autoplay, dimana memungkinkan video yang direkomendasikan akan terputar secara otomatis tanpa perlu pengguna YouTube melakukan klik terlebih dahulu. Untuk hal ini, pengguna YouTube bisa melakukan pengaturan secara manual, ingin mengaktifkan fitur Autoplay ini apa tidak.

3. Download

Selain untuk upload, didalam YouTube ini juga disediakan fitur download bagi para pengguna smartphone maupun tablet, sehingga nanti mereka bisa menikmati konten didalam YouTube secara offline tanpa perlu koneksi internet.

Selain itu, anda juga bisa memiliki resolusi video yang di inginkan untuk di download tadi, mulai dari yang paling rendah beresolusi 144p, sedang 360p, hingga yang paling tinggi beresolusi 720p. Namun tidak semua konten bisa di download secara gratis, seperti contohnya konten premium.

4. Kecepatan Video

Bagi anda yang suka menonton video tentang tutorial di YouTube, namun tidak sabar karena si content creator terlalu lama dalam menjelaskannya, maka ada layanan untuk mengatur kecepatan video tersebut, sehingga anda bisa mempercepat atau memperlambat video yang anda tonton. Pengaturan kecepatannya pun bisa disesuaikan dengan keinginan anda.

5. Subtitle

Dengan adanya layanan subtitle ini tentunya bakal sangat membantu bagi para pengguna YouTube yang suka nonton video dari luar negeri, seperti trailer film, tutorial, maupun video music. Opsi subtitle ini bisa dengan mudah anda temukan pada menu setelan dibagian bawah pojok kanan layar tampilan video, anda bisa memilih bahasa apa yang digunakan.

6. Live Streaming

Fitur di dalam YouTube yang satu ini pertama kali dikembangkan pada tahun 2009 lalu, dan sebelumnya hanya bisa digunakan oleh partner YouTube saja. Namun pada tahun 2017 akhirnya layanan ini bisa digunakan secara public, sehingga banyak sekali Youtuber yang melakukan live streaming.

7. Video 360 Derajat

Di tahun 2015, YouTube membuat gebrakan dengan mereka mengenalkan fitur video 360 derajat di layanannya. Dengan fitur ini memungkinkan pengguna mengunggah atau menonton video 360 derajat melalui headset Virtual Reality. Meskipun begitu, para pengguna YouTube di Indonesia belum banyak yang menggunakannya, karena keterbatasan harga VR yang mahal.

8. YouTube Stories

Dan di tahun 2018 kemarin, fitur YouTube Stories dirilis yang sangat identic dengan layanan stories di Instagram maupun Snapchat.  Namun untuk bisa menggunakan layanan ini diharuskan YouTube memiliki minmali 10.000 Subscriber.

D. Kelebihan YouTube

1. Jadi Ladang Penghasilan

Tak bisa dipungkiri, banyak orang yang terjun menjadi seorang Youtubers ataupun Content Creator tidak terlepas dari penghasilkan yang diberikan oleh YouTube melalui Google Adsense. Namun untuk bisa mendapatkan Google Adsense ini bukan perkara mudah, karena ada syarat dan ketentuan yang harus anda ikuti.

Sebuah Channel YouTube diharuskan memiliki monetisasi minimal dengan 4000 jam tayangan dalam kurun waktu 12 bulan serta memiliki 1000 subscriber diwaktu yang bersamaan. Selain dari Google Adsense, seorang  Youtubers juga berpeluang untuk diajak kerjasama sebuah perusahaan, individu, maupun UKM yang pastinya ada fee tersendiri untuk hal tersebut.

2. Media Hiburan Tanpa Batas

Seperti tujuan awalnya, dimana YouTube ini bisa dijadikan sebagai media hiburan tanpa batas bagi para pengguna, karena bisa diakses dimana pun dan kapanpun selama ada koneksi internet. Banyak sekali konye menarik yang ada di YouTube ini, mulai dari hiburan, berita, tutorial, bahkan berbagai konten inspirasi juga ada disini.

Bahkan saat ini tayangan TV juga perlahan mulai masuk dalam dunia YouTube juga, seperti program TalkSHow,  Drama, Sinteron, FTV, dan masih banyak lagi.

3. Media Promosi

Saat ini digital marketing memang dinilai lebih powerfull jika dibandingkan konvensional. Dan YouTube ini sudah dilirik oleh banyak pelaku usaha sebagai media promosi mereka yang paling murah dan pastinya tertarget.

Integrasi dengan Google Adsense juga akan lebih memudahkan dalam mengenalkan produk mereka secara maksimal kepada calon pembeli. Maka tidak heran jika banyak perusahaan yang rela melakukan endorse kepada para YouTuber untuk mereview produk mereka.

4. Media Belajar yang Mudah dan Gratis

Selain untuk kebutuhan hiburan dari promosi, YouTube ini juga jadi media edukasi yang sangat bermanfaat bagi banyak kalangan. Dimana banyak sekali konten menarik yang membahas tentang edukasi, tips dan trik, hingga tips memasak pun ada disana. Dengan begini tentu YouTube menjadi salah satu media belajar yang menarik jika digunakan secara tepat.

5. Sumber Informasi

YouTube juga menjadi media informasi yang banyak digunakan saat ini. Pengguna bisa mengetahui informasi perilisan produk terbaru, music, infotainment, maupun berbagai hal menarik lainnya. Bahkan perusahaan teknologi besar seperti Samsung, Apple, Google, dan lain sebagainya menggunakan YouTube ini sebagai media melakukan Live Streaming dalam mengenalkan produk terbarunya.

E. Kelemahan YouTube

1. Banyak Berita Hoax

Sebagai tempat sumber informasi, maka ada saja oknum tidak bertanggung jawab untuk membuat konten berupa berita bohong atau Hoax di YouTube. Maka dari itu, para pengguna diharapkan bisa lebih pintar dalam mencerna informasi yang mereka peroleh, untuk melakukan konfirmasi terlebih dahulu tentang kebenarannya.

2. Banyak Konten Tak Layak untuk Anak-anak

Didalam YouTube ini banyak sekali konten vulgar yang tak jarang masih bisa diakses oleh anak-anak.  Terlebih jika tanpa ada pengawasan orang tua, tentu hal ini bisa jadi boomerang tersendiri bagi mereka. Meskipun sudah disediakan YouTube Kids, namun kita tidak bisa mengontrol dengan baik karena tidak selamanya ada disamping mereka.

3. Mengurangi Produktivitas Seseorang

Karena banyak sekali media hiburan yang disediakan di YouTube ini, maka bisa membuat beberapa orang jadi mager dan tidak fokus pada pekerjaanya karena asik nonton konten di YouTube.

Cukup sekian pembahasan mengenai platform YouTube yang tengah populer dan menjadi andalan banyak orang selama beberapa waktu terakhir ini, semoga bermanfaat dan bisa jadi referensi untuk anda.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.