Tulang Pengumpil Adalah Pengertian, Fungsi, Struktur, Otot dan Karakteristik

Tulang pengumpil adalah tulang batang yang dua ujungnya berukuran lebih pendek dibandingkan tulang ulna yang ada di sisi lateral pada bagian lengan bawah. Tulang pengumpil ini dinamakan juga dengan radius yakni tulang yang menyusun bagian lengan bawah bersama dengan tulang hasta.

A. Pengertian Tulang Pengumpil

Tulang pengumpil atau biasa disebut dengan tulang radius adalah tulang pipa atau tulang panjang yang menyusun bagian lengan bawah yang menjadi penghubung bagian siku dengan tangan di sisi ibu jari. Manusia sendiri memiliki tulang pengumpil sebanyak dua yakni pada masing masing lengan.

Tulang pengumpil terletak di sisi lateral ulna atau tulang hasta. Tulang ini memiliki bentuk bagian badan yang besar semakin ke bawah kemudian membentuk persendian pergelangan tangan. Ini adalah jenis tulang berbentuk tulang batang serta memiliki 2 ujung berukuran lebih pendek dibandingkan dengan tulang hasta.

Bagian ujung atas tulang pengumpil bersendi dengan tulang lengan atas atau humerus di persendian siku dan juga tulang pengumpil di persendian radioulnaris superior. Ujung bawah tulang pengumpil bersendi dengan tulang scaphoideum dan juga lunatum juga tulang hasta di persendian radioulnaris interior.

Di bagian ujung atas tulang pengumpil terdapat bagian yang sangat khas bernama caput radii atau kepala radius yakni bonggol tulang berbentuk bundar. Permukaan caput bersendi dengan capitulum di tulang lengan atas. Sekitar caput akan bersendi dengan tulang hasta dan di bagian dekat caput terdapat struktur kasar bernama tuberositas radii.

B. Fungsi Tulang Pengumpil

Tulang pengumpil yang ada di pergelangan tangan memiliki beberapa macam fungsi dan berikut beberapa diantaranya:

1. Tempat Otot Melekat

Fungsi pertama dari tulang pengumpil adalah sebagai tempat melekatnya otot. Semua otot tersebut nantinya akan berguna untuk memberi kekuatan pada otot pengumpil dan juga tulang pergelangan tangan sehingga bisa bergerak dan juga menggenggam sebuah benda.

2. Penyokong Lengan Bagian Bawah

Tulang pengumpil juga berfungsi untuk menyokong lengan bagian bawah agar nantinya beban tubuh bisa ditopang khususnya ketika sedang bergerak.

3. Mengatur Banyak Gerak Tangan Bawah

Fungsi tulang pengumpil berikutnya adalah untuk mengatur banyak gerak tangan bawah. Nantinya, lengan akan lebih mudah dan bebas untuk bergerak.

4. Untuk Mengatur Pergerakkan Siku

Manfaat tulang pengumpil selanjutnya adalah untuk mengatur banyak gerakan siku sehingga akan lebih leluasa bergerak.

Baca Lebih Lanjut : Macam Macam Fungsi Tulang Pengumpil

C. Struktur Bagian Tulang Pengumpil

Struktur dari bagian tulang pengumpil dibagi menjadi 3 bagian yang utama yakni bagian paling atas, bagian batang dan juga bagian bawah:

1. Tulang Pengumpil Bagian Paling Atas

Bagian teratas tulang pengumpil terdiri dari kepala, leher dan juga radial tuberosity. Bagian kepala tersusun dari tulang yang membentuk piringan yang diselubungi tulang rawan hialin. Bagian kepala tersebut adalah sambungan dari seluruh kapitulum sehingga menghasilkan sambungan humero radial yang merupakan penghubung tulang pengumpil dengan tulang lengan atas. Struktur bagian kepala tersebut sangat halus dan terhubung dengan tulang hasta yang juga dikelilingi dengan ligamen annular.

Sedangkan bagian leher merupakan bagian yang menyempit yang ada tepat di bawah kepala serta diapit dengan ligamen annular. Sementara radial tuberosity merupakan bagian posterior yang menutupi bagian anterior halus dan memisahkan otot tendon bisep.

2. Bagian Batang Tulang Pengumpil

Bagian batang tulang pengumpil yang berukuran panjang berbentuk cembung memanjang antara kedua ujung atas serta bawah. Bagian tersebut mengalami perluasan sampai bagian ujung distal serta membentuk cekung di bagian distal. Bagian batang terdiri dari 3 tepian dan juga 3 permukaan.

3. Bagian Tepi Batang Tulang Pengumpil

Bagian tepi batang tulang pengumpil termasuk pada bagian bawah anterolateral tuberositas radialis ke arah bawah lateral styloid. Sisi atas tepi anterior ini membentuk garis miring anterior di tepi lateral permukaan anterior.

Area tepi batang posterior ada di bagian sepertiga tengah panjang batang tulang pengumpil. Sedangkan sisi atas posterior mengarah ke atas atau ke arah radial tuberosity dan membentuk garis miring. Area tepi medial atau interoseus batang merupakan bagian tepi batang tulang pengumpil yang tertajam. Bagian tersebut tersusun dari panjang batang hingga tuberositas radial. Sementara bagian bawahnya berbatasan dengan area segitiga pada ujung bawah tulang. Di tepi medial tersebut, membran interoseus akan terhubung dengan ¾ bagian bawah.

D. Otot yang Melekat Pada Tulang Pengumpil

Ada beberapa otot yang melekat di tulang pengumpil dan berikut beberapa diantaranya:

  1. Otot pronator quadratus
  2. Otot pronator teres
  3. Otot abductor pollicis longus
  4. Otot brachioradialis
  5. Otot flexor digitorum superficialis
  6. Otot extensor pollicis brevis
  7. Otot supinator
  8. Otot biceps brachii
  9. Otot flexor pollicis longus

E. Karakteristik Tulang Pengumpil

Bentuk tulang pengumpil adalah panjang seperti pipa yang bagian ujungnya berbentuk rongga membesar. Di bagian tulang ini tersusun dari sumsum tulang yang pada bagian dalamnya mengandung darah, protein dan juga pembuluh darah.

Sedangkan sumsum tulangnya sendiri terdiri dari sumsum tulang merah dan juga sumsum tulang kuning. Sumsum merah adalah pembentuk sel darah merah, sementara sumsum tulang kuning adalah pembentuk sel darah putih.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.