Tempat Wisata Alam Terbaik Di Sumatra Utara

Saat para turis berkunjung ke Indonesia, mungkin yang mereka bayangkan adalah keindahan pantai Bali, kehidupan laut pulau Flores, atau hewan langka yang kita kenal dengan komodo. Pada kesempatan kali ini, kita ingin sedikit mengangkat beberapa destinasi wisata yang tidak kalah indah dan eksotik dibandingkan tempat tempat yang telah kita sebutkan diatas. Kali ini kita akan membahas seputar tempat wisata terbaik yang ada di pulau Sumatra, khususnya Sumatra Utara.

Setiap pulau yang berada di Indonesia tentu memiliki budaya, adat dan keanekaragaman hayati yang luas. Termasuk diantaranya adalah pulau Sumatra. Beragam flora dan fauna bisa kita temukan di pulau Sumatra ini, mulai dari harimau, tapir, badak, hingga orang utan. Selain satwa liar, Sumatera memiliki hutan yang rimbun, sungai yang jernih, gunung berapi yang mengesankan dan sumber mata air panas yang menenangkan. Oleh karenanya, sungguh sangat disayangkan bila anda dan orang orang tidak mengetahui destinasi wisata di tempat yang akan kita bahas kali ini. Langsung saja, inilah tempat tempat wisata di Sumatra Utara yang bisa anda jadikan pilihan dalam perjalanan wisata Anda.

Tempat Wisata Terbaik Di Sumatra Utara

1. Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser
Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser penuh dengan satwa liar yang mengesankan, mulai dari kadal, burung merak, orang utan, badak, harimau, gajah, beuang madu, hingga siamang bisa kita temukan di Taman Nasional Gunung Leuser. Berpetualang di tempat ini akan membuat Anda menyaksikan langsung  burung-burung merak liar, kadal besar, dan banyak spesies monyet, termasuk kedih atau dalam istilah lain disebut Thomas Leaf Monkeys. Di gunung Leuser ini kita juga bisa menemukan kawanan tapir. Akan tetapi, yang sebenarnya menjadi salah satu daya tarik utama dari lokasi wisata ini adalah populasi orang utan yang mengagumkan. Setidaknya ada sekitar 7000 orangutan yang hidup lepas di alam liar gunung Leuser. Dengan jumlah mereka terus berkurang dan semakin langka di seluruh dunia, tentu melihat sekumpulan orang utan ini secara langsung, merupakan suatu hal yang istimewa bagi anak anak kita. Taman Nasional Gunung Leuser ini terletak antara provinsi Sumatra utara dan Aceh.

2. Sungai Bahorok

Sungai Bahorok Sumatra Utara
Sungai Bahorok Sumatra Utara

Sungai ini memisahkan desa Bukit Lawang dari Taman Nasional Gunung Leuser. Sungai ini sangat jernih, biru dan menyegarkan. Lokasi sungai tepat berada di kecamatan bahorok di Kabupaten Langkat, Sumatra Utara, Indonesia. Jika Anda ingin berkunjung ke pemukiman penduduk, cukup ikuti jalan setapak ke hilir sekitar beberapa ratus meter .

3. Gunung Sibayak

Gunung Sibayak
Gunung Sibayak

Lokasi gunung Sibayak ini terletak di Kabupaten Karo, Sumatra Utara, sekitar setengah jam perjalan dari Berastagi dengan menggunakan transportasi darat. Jika cuaca memungkinkan, Anda dapat menyaksikan panorama alam yang sangat menakjubkan hati, terutama pemandangan saat matahari terbit.

4. Air Terjun Sipiso Piso

Air Terjun Sipiso Piso
Air Terjun Sipiso Piso

Air terjun ini merupakan salah satu destinasi wisata air terjun tertinggi di Indonesia. Tingginya sekitar 120 meter dan berlokasi di Dusun Hutabaringin, Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara. Terdapat jalan setapak menuju dasar air terjun sipiso piso ini, dan semakin rendah tempat berpijak anda disekitar air terjun, maka semakin lembab pula udara yang akan anda dapatkan.

5. Danau Toba

Danau Toba
Danau Toba

Mungkin bisa dibilang, destinasi yang satu ini telah menjadi ikon wisata tetap bagi Sumatra Utara. Danau ini merupakan sisa dari hasil ledakan gunung berapi raksasa sekitar 70.000 tahun yang lalu. Ditengah tengah danau terdapat pulau samosir yang juga merupakan hasil dari pasca letusan gunung berapi ditempat itu. Danau Toba menawarkan panorama alam yang indah dan memikat. Tentu akan sangat disayangkan, bila anda berkunjung ke Sumatra Utara namun tidak menyempatkan singgah di tempat wisata terbaik Sumatra Utara ini.

Sekian pembahasan kita seputar tempat wisata terbaik di Sumatra Utara kali ini, nantikan pembahasan seputar wisata lainnya dari kami. Sampai jumpa.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.