Syarat Sah Shalat Wajib Ataupun Sunah

jagad.id – Apa keabsahan shalat wajib ataupun shalat sunah syarat sah shalat adalah hal yang harus dilakukan ataupun dilaksanakan untuk memenuhi ketentuan ketentuannya. dan ketentuan ini sudah diriwayatkan dalam hadizt hadiizt yang ada di Alquran.

Aku bersaksi, ya Tuhanku, bahwa Engkau telah menciptakan aku untuk mengenal-Mu dan untuk menyembah-Mu. Saya bersaksi, pada saat ini, tentang ketidakberdayaan saya dan kekuatan-Mu, tentang kemiskinan saya dan kekayaan-Mu. Tidak ada Tuhan selain Engkau, Penolong dalam Bahaya, Yang Hidup Sendiri.

Syarat Sah Shalat Yang Mutlak

Tentu kita sebagai mahluk Allah dan umat Nabi Muhamad SAW tinggal mengamalkan apa yang diperitahkan. ini adalah syarat sah untuk melakukan suatu ibadah yaitu ibadah shalat dan ketentuan ataupu sysrat sah nya akan kita ulas.

PEMBERSIHAN DARI HADAS

Disucikan dari najis ritual (dengan melakukan pembersihan (wudhu) atau wudhu besar (ghusl)) adalah prasyarat doa. Allah telah menetapkan wudhu kecil atau besar dalam keadaan yang diperlukan:

“Wahai orang-orang yang beriman! Ketika kamu bangun untuk sholat, basuhlah wajahmu, dan tanganmu sampai siku, dan gosok kepalamu dengan lembut dan (basuh) kakimu sampai ke mata kaki. Dan jika kamu najis (junub), bersihkan dirimu …?” (al-Ma’idah: S: 6)

Nabi (saw) bersabda: “Doa orang yang melakukan hadats (mengeluarkan air seni, tinja atau angin) tidak diterima (oleh Allah) sampai dia melakukan wudhu.

PEMBERSIHAN DARI NAJIS

Jika seorang mukmin yang akan melakukan shalat ritual memiliki najis materi lebih dari jumlah yang dimaafkan pada tubuh, pakaian atau tempat di mana ia akan melakukan shalat, najis ini harus dibersihkan sebelum shalat.

jika seseorang melakukan shalat tanpa mengetahui adanya najis lebih dari jumlah yang dibolehkan pada tubuh atau pakaiannya dan kemudian melihatnya setelah selesai shalat, dia perlu mengulangi shalatnya.

Jika seseorang melihat sesuatu yang najis pada mukmin lain yang akan melakukan shalat, dia perlu memperingatkan orang tersebut. Jika jemaah mengetahui adanya najis pada imam setelah selesai shalat, maka seluruh jemaah perlu mengulangi shalat tersebut.

Jika pakaian bersih dan kotor bercampur, seseorang harus menyelidiki untuk menemukan pakaian bersih. Jika seseorang tidak mengetahui bagian mana dari kain yang kotor, seluruh kain harus dicuci.

Jika seseorang bertapa di tempat yang kotor, dia harus mencari tempat yang paling bersih untuk melakukan shalat. Dalam hal ini, dia harus melakukan sujud dengan menundukkan kepalanya, tetapi tidak dengan meletakkan kepala di tempat yang kotor.

MENUTUP BAGIAN TUBUH TERTENTU

Artinya, orang yang akan melaksanakan shalat harus menutupi bagian tubuh tertentu. Seorang mukmin harus memberikan perhatian penuh untuk mengenakan pakaiannya yang terbaik dan paling pantas ketika berdiri di hadapan Allah, Tuhan semesta alam.

Pria wajib mengenakan pakaian yang menutupi area antara pusar dan lutut mereka. Rasulullah (saw) bersabda, “Aurat manusia ada di antara pusar dan lututnya.” Disunnahkan bagi pria untuk mengenakan pakaian atas untuk menutupi bahu selama sholat.

Wanita muslimah yang merdeka wajib menutupi seluruh tubuhnya kecuali wajah dan telapak tangan. Tidak boleh melakukan shalat dengan pakaian tembus pandang. Mengenakan pakaian ketat yang memperlihatkan bentuk tubuh, sebaliknya, adalah tercela.

Kaki telanjang wanita tidak boleh terlihat jika dilihat dari samping. Tercela bagi wanita untuk melakukan shalat dengan menutupi wajah mereka. Sekalipun seorang mukmin tidak memiliki pakaian untuk menutupi bagian-bagian tubuhnya.

Yang diperlukan atau memiliki pakaian kotor, atau tidak memiliki pakaian apapun, dia tetap harus melaksanakan shalat tepat waktu. Dalam shalat seperti itu, seseorang harus sepenuhnya melakukan rukuk (ruku ‘) dan sujud (sajda) dan dia tidak perlu melakukan shalat lagi nanti.

MENGHADAP KIBLAT

Artinya menghadap ke arah kiblat saat melakukan shalat. Kiblat orang beriman adalah Ka’bah di Mekkah. Penyimpangan 45 derajat ke kanan atau ke kiri dari titik Ka’bah tidak dianggap tidak menghadap kiblat.

Seorang musafir boleh melakukan shalat di atas gunung. Saat menunaikan shalat di atas kendaraan besar seperti kapal, hendaknya berusaha menghadap ke arah kiblat. Jika tidak memungkinkan untuk melakukan shalat sedemikian rupa saat sedang dalam perjalanan atau kendaraan.

Maka menghadap ke arah kiblat pada awal shalat adalah wajib jika memungkinkan. Jika memungkinkan untuk berhenti di tempat peristirahatan dan melakukan shalat di sana, ia harus melakukannya. Saat melakukan shalat sunat, seorang musafir tidak diharuskan menghadap ke arah kiblat.

Orang yang menunaikan shalat di saat ketakutan besar seperti perang tidak harus menghadap ke arah kiblat. Jika memungkinkan untuk menghadap kiblat dalam keadaan seperti itu, maka dia harus berusaha untuk melakukan shalat ke arah kiblat. Dalam hal ini, status wajib menghadap kiblat lebih kuat daripada kewajiban berdiri saat salat.

Seseorang yang tidak dapat menghadap kiblat karena masalah kesehatan, atau tidak dapat menemukan orang untuk mengarahkannya ke kiblat, harus melakukan shalat ke arah yang dapat dia putar dan mendirikan shalat ketika dia sembuh.

WAQT (WAKTU):

Adalah wajib untuk mengetahui waktu shalat yang ditentukan dan melakukannya pada waktu yang tepat. Seseorang dapat mengetahui waktu sholat dengan tiga cara:

  1. Peristiwa-peristiwa yang berkaitan dengan waktu-waktu shalat seperti terbenamnya matahari dapat diketahui dengan melihatnya atau dengan memperoleh informasinya dari orang yang dapat dipercaya.
  2. Dengan menggunakan penalaran independen atau menggunakan data ilmiah untuk menentukan waktu shalat.
  3.  Dengan mengikuti seseorang yang memiliki keilmuan.

Aku bersaksi tentang kesatuan-Mu dan kesatuan-Mu, dan bahwa Engkau adalah Tuhan, dan bahwa tidak ada Tuhan lain selain Engkau. Engkau benar-benar telah mengungkapkan Tujuan Mu, memenuhi Perjanjian-Mu, dan membuka lebar-lebar pintu rahmat-Mu Bagi semua yang tinggal di surga dan di bumi.

Berkat dan kedamaian, salam dan kemuliaan, bersandarlah pada orang-orang terkasih-Mu, yang perubahan dan peluang dunia tidak menghalangi untuk berpaling kepada-Mu, dan yang telah memberikan segalanya, dengan harapan mendapatkan apa yang bersama-Mu. Engkau, sebenarnya, Yang Maha Pengampun, Yang Maha Pemurah syarat sah shalat.