16 Tips Dan Strategi Manajemen Kelas Terbaik

Jagad.idStrategi Manajemen Kelas Terbaik – Manajemen kelas adalah salah satu aspek yang paling penting dari menjadi seorang guru. Tanpa itu, pembelajaran tidak dapat berlangsung dalam lingkungan yang produktif atau aman. Untuk menciptakan kelas yang sukses, perlu memiliki keterampilan manajemen kelas yang efektif.

Ada banyak cara yang berbeda untuk melakukan manajemen kelas. Untuk memastikan hasil terbaik, kami akan membahas 16 tips metode paling efektif yang telah terbukti berhasil. Tapi pertama-tama, mari kita pahami pentingnya manajemen kelas!

Mengapa Manajemen Kelas Penting?

Pengelolaan kelas perlu dilakukan karena membantu menjaga disiplin di antara siswa. Selain itu, manajemen kelas juga membantu pemanfaatan waktu dan sumber daya yang dihabiskan untuk pendidikan dengan tepat.

Manajemen kelas memiliki lima tujuan utama:

  • Menjamin keselamatan siswa
  • Menetapkan dan menegakkan aturan perilaku kelas
  • Memfasilitasi pengajaran dan pembelajaran yang efektif (alasan utama bersekolah)
  • Menyediakan lingkungan yang aman dan tertib yang kondusif bagi tumbuh kembang anak yang optimal
  • Manajemen kelas yang efektif didasarkan pada keyakinan bahwa setiap aspek lingkungan kelas harus positif dan saling menghormati.

16 Tips & Strategi Manajemen Kelas Terbaik

Menciptakan lingkungan belajar yang efektif adalah langkah pertama untuk memiliki kelas yang terorganisir dengan baik. Manajemen kelas yang efektif melibatkan pembuatan aturan, mendorong partisipasi siswa, dan mengelola siswa yang mengganggu untuk menciptakan lingkungan ini.

16 tips ini akan membantu guru berhasil menerapkan ide-ide ini ke dalam kelas mereka.

Tetapkan Aturan yang Jelas

Sebelum mengajarkan hal lain, penting bagi guru untuk menetapkan aturan yang jelas sehingga siswa mengetahui apa yang dapat mereka harapkan dari kelas.

Aturan-aturan ini harus didiskusikan dengan siswa. Jika perlu, Anda dapat mempostingnya di poster di kelas atau menampilkannya menggunakan alat bantu visual seperti slide PowerPoint atau papan tulis.

Dengan strategi manajemen kelas terbaik ini, Anda selalu yakin bahwa seluruh kelas mengingat apa yang diharapkan selama pelajaran berlangsung.

Berinteraksi dengan Siswa Anda

Guru sering melupakan pentingnya mengembangkan hubungan dengan siswa mereka. Hal ini dimungkinkan karena guru merasa seolah-olah mereka tidak boleh memadukan bisnis dengan kesenangan, padahal itu adalah bagian penting dari manajemen kelas.

Untuk mengelola perilaku dengan sukses, Anda membutuhkan rasa hormat dan kepercayaan dari siswa Anda. Jika siswa tidak mau mendengarkan apa yang Anda katakan, maka upaya disiplin kelas Anda akan sia-sia.

Buat Kelompok

Ceramah adalah salah satu strategi manajemen kelas terbaik yang disukai banyak guru untuk mengajarkan materi, tetapi itu tidak memungkinkan mereka untuk banyak berinteraksi dengan kelas mereka atau memberi tahu mereka perilaku apa yang terjadi di dalam ruangan.

Hal ini juga dapat menyebabkan siswa tidak memperhatikan atau menjadi bosan. Cara terbaik untuk menggabungkan pengajaran dan pengelolaan adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif.

Ini melibatkan menempatkan siswa berpasangan atau kelompok untuk membuat rencana pelajaran kohesif yang mengatur perilaku dan mengajarkan materi secara efektif.

Konsisten

Membuat dan menegakkan aturan harus dilakukan secara konsisten sepanjang tahun, sehingga siswa selalu tahu tindakan apa yang akan dihukum dan mana yang tidak. Jika aturan ditegakkan secara tidak konsisten, kelas Anda dan diri Anda sendiri akan bingung tentang apa yang diharapkan dari mereka selama pelajaran.

Setelah Anda menetapkan aturan, Anda juga harus menindaklanjuti dengan tindakan disipliner apa pun jika aturan tersebut dilanggar. Strategi manajemen kelas terbaik ini berarti bahwa jika siswa berbicara pada saat yang tidak seharusnya, mereka harus menjalani segala bentuk hukuman yang telah Anda uraikan dalam peraturan.

Beri Siswa Kesempatan Memperbaiki Kesalahan

Jika seorang siswa melanggar peraturan, guru perlu memberi mereka kesempatan untuk memperbaiki kesalahan mereka alih-alih langsung menghukum mereka.

Ini memberi mereka kesempatan untuk menunjukkan bahwa mereka dapat menangani diri mereka sendiri di kelas dan memungkinkan Anda memantau bagaimana reaksi siswa sehingga Anda tahu apakah tindakan disipliner Anda efektif atau tidak.

Perilaku yang tidak pantas tidak boleh dibiarkan, tetapi tetap penting bagi guru untuk mencari tahu mengapa tindakan ini terjadi sehingga mereka dapat membantu membimbing siswa untuk memperbaiki perilaku mereka.

Beri Penghargaan atas Perilaku Baik

Menghargai siswa karena melakukan pekerjaan dengan baik membuat mereka merasa seolah-olah tindakan mereka penting dan memungkinkan Anda memperkuat perilaku positif yang telah Anda perhatikan.

Salah satu strategi manajemen kelas terbaik untuk melakukannya adalah dengan membuat bagan di mana siswa dapat melacak kemajuan mereka. Ini dapat dilakukan dengan stiker, bintang, post-it, atau jenis alat bantu visual lainnya.

Cobalah menawarkan hadiah bagi mereka yang berusaha untuk berpartisipasi di kelas bahkan ketika orang lain tidak melakukannya sehingga mereka tahu perilaku seperti apa yang akan dikenali oleh guru.

Tempatkan Diri Anda pada Posisi Siswa

Sebelum Anda dapat mendisiplinkan siswa secara efektif, Anda perlu memahami mengapa mereka bertingkah. Apakah karena mereka tidak memahami materi dan membutuhkan bantuan tambahan? Apakah mereka frustrasi dengan diri mereka sendiri dan melampiaskannya pada orang lain?

Mungkin ada sesuatu yang terjadi di rumah yang tidak memungkinkan mereka menyelesaikan pekerjaan rumah atau memperhatikan selama pelajaran. Dengan menempatkan diri Anda pada posisi mereka, Anda akan dapat melihat apa yang menyebabkan perilaku tersebut sehingga Anda dapat bekerja untuk menyelesaikannya alih-alih hanya menghukum mereka atas tindakan mereka.

Bicaralah Dengan Siswa Anda Satu-satu

Ketika siswa tahu bahwa guru mereka akan berbicara dengan mereka satu per satu, mereka merasa kurang pd tentang perilaku buruk karena mereka tidak takut akan konsekuensinya.

Ini memudahkan mereka untuk fokus pada apa yang Anda katakan dan memungkinkan guru untuk lebih memahami perasaan mereka di kelas sehingga mereka dapat menentukan apakah ada sesuatu yang perlu disesuaikan.

Manfaatkan Ketika Istirahat

Waktu luang atau waktu lain ketika siswa tidak sibuk dengan tugas sekolah adalah waktu yang tepat bagi guru untuk mengatur konferensi individu dengan siswa untuk membahas masalah apa pun yang terjadi di kelas dan mencari solusi.

Siswa akan merasa lebih nyaman berbicara secara terbuka tentang perilaku mereka karena kegiatan ekstrakurikuler tidak memerlukan tekanan. Ini juga memungkinkan Anda untuk melihat apakah masalah berasal dari ruang kelas atau bagian lain dari kehidupan mereka.

Persiapkan Sebelumnya Setiap Pelajaran

Kiat manajemen kelas dimulai dengan merencanakan pelajaran Anda, sehingga Anda memiliki semua yang Anda butuhkan sebelum memulai setiap periode kelas.

Ketika Anda tidak siap dengan baik dan harus mengacak-acak materi saat mencoba mengajar, akan menjadi lebih sulit bagi Anda dan siswa untuk memahami apa yang sedang terjadi. Akibatnya, ruang kelas menjadi lebih kacau, yang menyebabkan siswa bertingkah laku.

Kontrol Suara Anda

Guru harus dapat tetap tenang dalam situasi di mana siswa berperilaku buruk sehingga mereka tidak menambah bahan bakar ke dalam api.

Pertahankan suara Anda pada tingkat sedang. Menjadi terlalu keras juga dapat mengintimidasi siswa untuk diam karena mereka tidak ingin menarik perhatian terhadap diri mereka sendiri, tetapi menjadi terlalu lembut juga tidak efektif karena siswa tidak akan dapat mendengar Anda.

Jaga Ruang Kelas Tetap Teratur

Ketika ruang kelas tidak terorganisir dan ada kekacauan di mana-mana, lebih sulit bagi guru untuk menemukan apa yang mereka butuhkan, dan hal yang sama berlaku untuk siswa.

Hal ini membuat pelajaran menjadi lebih membingungkan dan seringkali menyebabkan siswa kehilangan informasi atau terganggu oleh kekacauan yang tidak dibersihkan setelah jam pelajaran berakhir.

Akan lebih mudah untuk melacak di mana segala sesuatu berada dengan mengatur ruang kelas Anda dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik di dalam ruang Anda, yang mengarah pada peningkatan perilaku dari mereka yang hadir.

Tegakkan Konsekuensi Segera Setelah Masalah Muncul

Ketika guru menunda konsekuensi untuk tindakan seperti berbicara tidak pada gilirannya atau meninggalkan pelajaran lebih awal, tindakan tersebut tampaknya tidak penting dibandingkan dengan mengangkat tangan dan mengajukan pertanyaan.

Jika siswa tahu bahwa mereka tidak akan dihukum karena pulang lebih awal, mereka mungkin mulai melakukannya lebih sering. Jika siswa yang sulit tidak menyadari bahwa obrolan mereka akan menimbulkan masalah dengan teman sekelas yang berusaha untuk bekerja keras, mereka akan terus mengganggu kelas.

Inilah mengapa penting untuk menegakkan konsekuensi sesegera mungkin karena membuat tindakan tersebut tampak lebih penting dibandingkan.

Gunakan Papan Tulis atau Whiteboard untuk Semua Pelajaran

Ketika pelajaran ditulis di papan tulis, akan lebih mudah bagi guru untuk tetap fokus pada kontennya serta siswa yang membutuhkan bantuan. Tidak ada yang bisa dibandingkan dengan menulis catatan di papan tulis, jadi permukaan ini harus selalu digunakan saat mengajar pelajaran.

Mengizinkan siswa mengakses papan Anda memberi mereka kesempatan untuk mengikuti apa yang terjadi dengan lebih mudah, dan jika ada sesuatu yang tidak jelas, mereka akan cenderung meminta bantuan.

Buat Suara Anda Lebih Keras Daripada Kebisingan di Sekitar Anda

Membuat suara Anda lebih keras daripada suara lain di dalam ruangan memudahkan Anda dan siswa Anda untuk segera fokus pada apa yang perlu dilakukan, terutama jika terdengar suara bising dari luar kelas.

Hal ini juga memudahkan pembelajar untuk mendengarkan Anda di tengah gangguan yang mungkin ada, dan kemungkinan besar Anda akan menemukan bahwa mereka lebih bersedia untuk mendengarkan ketika mereka tahu persis apa yang Anda ingin mereka lakukan.

Sesekali Bagilah Kelas Besar

Memiliki kelas besar bisa sangat sulit karena lebih sulit bagi guru untuk memberikan perhatian yang berkualitas kepada setiap siswa, tetapi ini tidak berarti kelompok yang lebih kecil harus menjadi pengecualian.

Membuat siswa Anda bekerja berpasangan atau bahkan bertiga sesekali membuat mereka lebih mudah untuk memahami informasi karena mereka akan dapat berlatih satu sama lain daripada berjuang melalui tugas mandiri sendirian.

Akhir Kata

Nah, demikian merupakan ulasan tentang Tips & Strategi Manajemen Kelas Terbaik yang bisa anda terapkan dalam mengelola kelas anda di sekolah. Semoga dari ulasan di atas dapat membantu anda sukses dalam mengajar! Terima kasih!

error: This content is protected by DMCA