Situs Web dan Aplikasi Terbaik Untuk Belajar HTML 2023

Jagad.id – Situs web dan Aplikasi Terbaik Untuk Belajar HTML: Siapa pun yang memulai pemrograman web harus mempelajari HTML. Bahasa pengkodean dasar untuk desain dan pengembangan web adalah HTML dan CSS. Pemahaman yang baik tentang keduanya diperlukan jika Anda perlu menjalankan semua jenis tugas pengembangan web.

Berbeda dengan CSS, yang membantu memberikan tampilan dan pemformatan pada halaman web, HTML, atau Hyper Text Markup Language, menjelaskan ke browser web tentang setiap komponen situs web.

Ada beberapa situs web di Internet yang menawarkan untuk mengajari Anda pengembangan web, tetapi mana yang benar-benar membantu dan mengarahkan Anda untuk menjadi pengembang web? Anda dapat melihat pilihan teratas saya untuk situs web untuk mempelajari pengembangan web di artikel ini.

Situs Web dan Aplikasi Terbaik Untuk Belajar HTML

Berikut merupakan daftar dari situs web dan aplikasi yang terbaik untuk mulai belajar HTML dengan mudah!

FreeCodeCamp

Tujuan dari freeCodeCamp, sering dikenal sebagai “Kamp Kode Gratis”, adalah membuat pembelajaran pengembangan web tersedia untuk semua orang. Ini adalah organisasi nirlaba yang mencakup platform web pembelajaran interaktif, forum komunitas online, ruang obrolan, publikasi online, dan grup lokal.

Salah satu situs web dan aplikasi terbaik untuk belajar HTML untuk mempelajari pemrograman web kemungkinan besar adalah FreeCodeCamp. Setiap mata pelajaran yang harus Anda pelajari tercakup, termasuk HTML, CSS (Flexbox, Bootstrap, Sass, dan Grid), dan Javascript (Jquery, React).

Anda juga mempelajari segala sesuatu tentang desain web responsif darinya. Situs web memberi Anda banyak pilihan tugas dan aktivitas untuk mengukur pemahaman Anda.

Sebelum memulai tugas proyek yang mereka selesaikan sendiri atau berpasangan, siswa harus menyelesaikan tutorial yang mendidik mereka tentang HTML, CSS, dan JavaScript. Setelah menyelesaikan semua persyaratan proyek, siswa bekerja dengan bisnis lain untuk mengembangkan aplikasi web, memberi mereka pengalaman dengan pemrograman nyata.

Codecademy

Gunakan salah satu dari banyak program Codecademy gratis untuk mendapatkan keterampilan teknis yang Anda butuhkan. Codecademy telah digunakan oleh lebih dari 50 juta pelajar untuk mempelajari dasar-dasar coding dan HTML. Kurikulum dibangun berdasarkan tiga pilar utama: bertindak saat Anda belajar, menerima umpan balik langsung, dan menerapkan apa yang telah Anda pelajari. Ini akan memengaruhi metode langsung dan terpandu yang Anda gunakan untuk mempelajari HTML.

Terlebih lagi, dukungan tersedia melalui forum, obrolan, bab, dan acara perusahaan untuk perjalanan akademik Anda. Melalui antarmuka mereka, Anda dapat terlibat dalam percakapan langsung atau mengajukan pertanyaan di forum online.

Learn-HTML.org

Untuk semua informasi yang Anda inginkan tentang HTML, lihat Learn-HTML.org. Ada banyak hal yang dapat dijelajahi di Learn-HTML.org, kursus modul online gratis yang akan memperkenalkan Anda ke dunia pengkodean langkah demi langkah.

Di situs web dan aplikasi terbaik untuk belajar HTML ini, pemula bisa mendapatkan pelajaran tentang cara membuat website HTML dan CSS lengkap. Tutorial dimulai dengan dasar-dasar dan maju dalam kesulitan seiring berjalannya sesi.

Pelajaran mencakup semuanya mulai dari blok penyusun dasar hingga tautan, gambar, tombol, bilah navigasi, formulir, video, desain web responsif, cache aplikasi, penyimpanan lokal, seret dan lepas, dan banyak lagi. Situs web ini adalah sumber yang bagus jika Anda memerlukan detail tambahan mengenai elemen tertentu dari situs web Anda. Menemukan manual dan mendapatkan data yang relevan untuk widget tertentu yang ingin Anda desain sangatlah mudah.

General Assembly Dash

Serupa dengan Codecademy, situs web ini menyediakan proyek HTML gratis untuk pemula. Perbedaan utama antara keduanya adalah bahwa kurikulum HTML GA berbasis tujuan dan langsung berisi aplikasi langsung, memungkinkan Anda membuat situs web dengan aplikasi langsung, bukan sekadar meninjau konsep. Setelah Anda menyelesaikan tugas tersebut, GA juga menyediakan kursus HTML online yang dibimbing. Kemudian sertifikat dikeluarkan untuk kursus tersebut.

Proyek HTML gratis dari GA Dash masih agak mendasar dan sebagian besar dimaksudkan sebagai pencicip untuk kursus mahal mereka. Mereka juga bukan lembaga yang diakui.

W3Schools

W3Schools adalah situs web dan aplikasi terbaik untuk belajar HTML yang mirip dengan FreeCodeCamp tempat Anda dapat mempelajari semua yang perlu diketahui tentang pengembangan web dan pemrograman. Tiga teknologi web utama—HTML, CSS, dan Javascript—akan tersedia untuk Anda pelajari.

Anda juga akan mendapatkan pengetahuan tentang Sass, Bootstrap, dan React. Dengan ratusan tugas pada berbagai topik, Anda juga dapat mengukur penguasaan bahasa yang Anda pilih.

Treehouse

Pelajaran berupa video, dan konten lebih lanjut memerlukan pembayaran. Pelatihan ini terutama dikonsentrasikan pada pengembangan web dan terdapat kuis interaktif dan ruang kerja online. Selain itu, setiap kursus di Treehouse berisi forum tempat siswa dapat memposting pertanyaan.

Selain pengalaman yang Anda dapatkan, kursus tidak berakhir dengan sertifikasi apa pun. Selain itu, terkadang kuis mungkin terlalu menantang untuk diselesaikan. Selain itu, jika Anda ingin mempelajari sesuatu yang lebih kompleks, Anda perlu melakukan gerak kaki tambahan.

MIT OpenCourseWare

Siswa yang berambisi dan ingin belajar di institusi teknologi terkemuka di negara ini dapat mengikuti seminar courseware terbuka di MIT. Profesor dan mahasiswa terkenal yang berkontribusi pada konten online mengembangkan kursus ini.

Situs web dan aplikasi terbaik untuk belajar HTML ini mengikuti gaya yang mirip dengan kursus kuliah online singkat. Anda dapat menonton rekaman kuliah, membaca catatan kuliah, mengerjakan proyek dan tugas, memeriksa transkrip, dan mengikuti ujian untuk mengukur pengetahuan Anda.

Setelah selesai, Anda dapat memeriksa solusi untuk melihat bagaimana Anda melakukannya. Ini adalah alat yang hebat untuk melengkapi pembelajaran HTML Anda. Informasi tersebut tersedia bagi siswa tanpa biaya, seperti yang diajarkan di perguruan tinggi dan kursus berbayar.

Coursera

Coursera adalah situs pembelajaran online terkenal yang mirip dengan Udemy, di mana semua kursus gratis (Diperlukan pembayaran untuk tugas yang dinilai). Daphne Koller dan Andrew Ng, dua profesor Stanford, mendirikannya. Universitas terbaik di dunia bermitra dengan Coursera untuk menyediakan lebih dari seribu kursus di platform ini.

Kursus Coursera diajarkan oleh profesor terkemuka dari universitas paling terhormat di dunia. Anda memiliki akses ke kursus Anda dari mana saja kapan saja. Setelah menyelesaikan kursus, Anda diberikan sertifikat elektronik.

Lynda

Lynda memiliki ratusan kursus yang tersedia dalam berbagai mata pelajaran, termasuk HTML. Dimulai dengan beberapa kelas video HTML gratis, akhirnya memberikan akses ke semua pelajaran video Lynda jika Anda bergabung untuk keanggotaan bulanan. Lynda adalah yang paling komprehensif dan salah satu solusi berbayar yang lebih aman untuk mempelajari HTML.

Selain itu, Anda dapat mendaftar dalam langganan premium yang memberi Anda akses ke file proyek. Anda dapat melihat video kelas di mana pun Anda mau berkat aplikasi seluler Lynda juga.

Apa yang Anda terima dari kursus tergantung pada tingkat keanggotaan Anda; file proyek tersedia dengan paket berlangganan yang sedikit lebih tinggi. Selain itu, tidak seperti Codecademy dan GA Dash, pekerjaan Anda tidak secara otomatis diberi tag atau dinilai oleh sistem, jadi jika Anda membutuhkan lebih banyak dukungan atau umpan balik, Anda harus mencarinya di tempat lain (misalnya, dengan bergabung dengan komunitas pengkodean).

Udemy

Setiap subjek yang bisa dibayangkan dicakup oleh portal pembelajaran online Udemy. Sudah ada lebih dari 80.000 kelas pengkodean yang tersedia di dalamnya. Meskipun beberapa kursus gratis, sebagian besar dari mereka dikenakan biaya. Kursus biasanya ditawarkan dengan diskon yang signifikan, yang merupakan manfaat utamanya.

Menemukan kursus yang ideal untuk Anda semudah mengunjungi situs web Udemy. Anda dapat mencari instruktur yang cocok dengan memasukkan kriteria Anda.

Akhir Kata

Sebelum memilih salah satu situs web dan aplikasi terbaik untuk belajar HTML, Anda harus terlebih dahulu memikirkan tingkat kemahiran Anda saat ini. Memulai dengan kursus pengantar sangat disarankan jika Anda belum pernah mempelajari HTML atau CSS sebelumnya karena mereka akan memperkenalkan Anda pada dasar-dasar yang Anda perlukan sebelum beralih ke teknologi yang lebih canggih. Namun, jangan ragu untuk mencoba kursus yang lebih sulit jika Anda sudah terbiasa dengan HTML dan CSS.

error: This content is protected by DMCA