Sholat Tarawih Di Bulan Ramadhan

jagad.id – Sholat khusus di bulan Ramadhan yang dikenal dengan astarawih (sholat tarawih) adalah sunnah bagi laki-laki dan perempuan, dan dikerjakan setelah wajib isya dan sebelum witir. Mereka harus berdoa dalam set masing-masing dua rakaat. Dibolehkan shalat mereka setelah witir; meskipun, ini bukan hal terbaik untuk dilakukan. Mereka dapat dilakukan sampai akhir malam.

Abu Hurairah melaporkan bahwa Nabi sallallahu alahi wasallam akan mendorong orang untuk melakukan doa-doa khusus selama Ramadhan tanpa memerintahkan mereka sebagai wajib dan dia berkata: “Barangsiapa berdoa pada malam-malam Ramadhan [tarawih] dengan keyakinan teguh dan berharap pahala, semua dosa-dosanya yang lalu akan diampuni.

‘Aisyah mengatakan: “Nabi menawarkan shalat di masjid dan banyak orang berdoa bersamanya. Keesokan harinya dia melakukan hal yang sama dan lebih banyak orang berdoa bersamanya. Kemudian orang-orang berkumpul pada malam ketiga tetapi, Nabi tidak keluar kepada mereka.

Keutamaan Sholat Tarawih

Di pagi hari, dia berkata kepada mereka: ‘Sesungguhnya saya melihat apa yang Anda lakukan, dan tidak ada yang menghalangi saya untuk keluar kepada Anda, kecuali bahwa saya takut bahwa [doa] itu akan diwajibkan atas Anda.’ Dan itu terjadi selama bulan Ramadhan.”

Aishah melaporkan bahwa Nabi sallallahu alehi wasallam tidak akan berdoa lebih dari sebelas rakaat selama Ramadhan atau sebaliknya. Hal ini terkait dengan kelompok. Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban telah mencatat dalam sahih mereka atas otoritas Jabir bahwa Nabi shalat delapan rakaat dan shalat witir bersama para sahabat. Kemudian, keesokan harinya, orang-orang menunggunya tetapi dia tidak datang menemui mereka.

Abu Ya’la dan at-Tabarani mencatat, dengan rantai hasan, dari Jabir bahwa Ubayyibn Ka’b mendatangi Nabi sallallahu alehi wasallam dan berkata: “Ya Rasulullah, aku telah melakukan sesuatu tadi malam,” (yaitu, selama Ramadhan) . Nabi berkata: ‘Dan apakah itu, wahai Ubayy?’

Dia berkata: Para wanita di rumahku berkata, ‘Kami tidak membaca Al-Qur’an [baik atau banyak] jadi bisakah kami sholat di belakangmu?’ Saya shalat delapan rakaat dan shalat witir bersama mereka. Rasulullah sallallahu alehi wasallam senang dengan itu dan tidak mengatakan apa-apa.”

Ini adalah sunnah yang diriwayatkan dari Rasulullah dan tidak ada yang shahih selain itu. Juga benar bahwa pada masa ‘Umar, ‘Utsman, dan ‘Ali orang-orang berdoa dua puluh rakaat, dan ini adalah pendapat mayoritas ahli hukum dari mazhab Hanafi dan Hanbali serta dari Dawud.

At-Tirmizhi berkata: “Sebagian besar ahli ilmu mengikuti apa yang diriwayatkan dari ‘Umar dan ‘Ali dan para sahabat Nabi lainnya, [yaitu, bahwa mereka berdoa] dua puluh rakaat. Dan ini adalah pendapat al-Thauri, Ibnal-Mubarak, dan ash-Shaf’i.

Maka saya menemukan orang-orang Mekkah berdoa dua puluh rak’at.”Sebagian ulama berpendapat bahwa sunnah itu sebelas rakaat, termasuk witir, dan lebih diutamakan shalat sisa [dari dua puluh rakaat] .

Al-Kamal ibn al-Hamam mengatakan: “Bukti menunjukkan bahwa sunnah dua puluh rakaat adalah apa yang Nabi sallallahu alehi wasallam sendiri lakukan dan kemudian dia berhenti karena takut itu akan menjadi sesuatu yang wajib (untuk pengikutnya), oleh karena itu, rakaat yang lain hanya diutamakan, namun ditegaskan bahwa beliau hanya shalat sebelas rakaat termasuk witir sebagaimana yang tercantum dalam kedua sahih. shalat dua belas rakaat.”

Sholat tarawih berjamaah

Dibolehkan shalat tarawih di bulan Ramadhan secara berjamaah sebagaimana dibolehkan shalat mereka secara perorangan. Akan tetapi mayoritas ulama lebih memilih untuk melaksanakan shalat berjamaah. Nabi sallallahualehi wasallam, seperti disebutkan sebelumnya, berdoa tarawih berjamaah dengan umat Islam tetapi dia berhenti karena dia khawatir itu akan diwajibkan.

‘Umar adalah orang yang mengajak umat Islam untuk sholat tarawih di belakang seorang imam. Abdurahman ibn Abdulqari melaporkan: “Suatu malam selama Ramadhan, saya pergi bersama ‘Umar ke masjid dan orang-orang sholat dalam kelompok yang berbeda. Ada yang sholat sendiri dan yang lain sedang shalat dalam kelompok-kelompok kecil.

‘Umar berkata: ‘Saya pikir akan lebih baik jika saya mengumpulkan mereka di bawah satu imam.’ Kemudian dia melakukannya dan menunjuk Ubayy ibn Ka’b sebagai pemimpin shalat. Kemudian saya pergi bersamanya pada malam lain dan semua orang berdoa di belakang satu imam dan ‘

Umar berkata: ‘Betapa bid’ah yang bagus ini. ,’ tetapi, lebih baik tidur dan menundanya sampai bagian akhir malam.” Orang-orang (namun) berdoa di awal malam. Hal ini diriwayatkan oleh al-Bukhari, Ibnu Khuzaimah, alBaihaqi, dan lainnya.

Bacaan Al-Qur’an di Tarawih

Tidak ada sunnah khusus tentang bacaan selama shalat tarawih. Diriwayatkan bahwa beberapa orang dari generasi awal akan berdoa dengan dua ratus ‘ayyah atau lebih dan orang-orang akan bersandar pada tongkat karena berdiri lama selama shalat.

Mereka tidak meninggalkan salat sampai sesaat sebelum fajar dan beberapa dari mereka akan mendesak pelayan mereka untuk menyiapkan makanan bagi mereka karena khawatir fajar akan segera tiba. Mereka akan membaca al-Baqarah dalam delapan rakaat dan jika mereka menyelesaikannya dalam dua belas rakaat, mereka akan menganggap sholat mereka sangat singkat.

[Tentang topik yang sama], Al-Qadi mengatakan: ‘Tidak dianjurkan untuk membaca kurang dari seluruh Al-Qur’an selama sebulan: dengan cara ini, orang-orang akan dapat mendengar seluruh Al-Qur’an.

Jangan membaca lebih dari satu bacaan Al-Qur’an karena ini mungkin sulit bagi orang-orang. [Sambil membaca], pertimbangan harus diberikan pada kondisi orang-orang. Jika orang-orang setuju bahwa mereka lebih suka pembacaan yang panjang, itu yang terbaik.’

Demikian ulasan mengenai sholat tarawih dan keutamaanya tentunya dapat menambah pengetahuan kitadalam menjalankan ibadah di bulan yang suci ini. dan semoga kita selalu istiqomah dalam menjalankan ibadah.