Pengetian Jasmani Adalah Arti, Ciri, Faktor, Gejala Gangguan Dan Tips Menjaga

Membahas tentang jasmani atau kesehatan secara fisik, tak lepas dari pembahasan seputar kesehatan jasmani. kesehatan jasmani sangat penting dalam menunjang segala aktivitas harian manusia. Akan tetapi nilai kebugaran jasmani untuk setiap orang berbeda-berbeda sesuai dengan tugas atau profesi masing-masing.

Seseorang yang miliki kesehatan jasmani yang baik dapat diartikan dengan cukup memiliki kesanggupan untuk melakukan pekerjaannya dengan efesien tanpa menimbulkan kelelahan yang berarti, sehingga masih memiliki tenaga untuk mengisi waktu luangnya dan untuk tugas-tugas lainnya. Bisa juga dikatakan dengan tingkat kesegaran jasmani yang baik, mampu memberi kesanggupan pada seseorang untuk menjalani hidup yang produktif serta dapat menyesuaikan diri pada setiap pembebanan yang banyak.

A. Pengertirtian Jasmani Menurut Para Ahli

Berikut ini merupakan penjelasan lengkap mengenai definisi dan pengertian jasmani menurut para ahli.

1. Agus Mukholid

Kesehatan jasmani merupakan kesanggupan atau kemampuan untuk melakukan pekerjaan atau aktivitas, mempertinggi daya kerja tanpa mengalami kelelahan yang berarti atau yang berlebihan.

2. Giri Widjojo dan Sumosardjuno

Kesehatan jasmani merupakan kemampuan tubuh untuk menyesuaikan fungsi dari alat-alat tubuh dalam batas fisiologi terhadap kondisi lingkungan atau kerja fisik secara efisien tanpa lelah yang berlebihan.

3. Sadoso Sumosardjuno

Kesehatan jasmani merupakan kemampuan seseorang untuk mengerjakan tugasnya sehari-hari dengan mudah, tanpa rasa lelah yang berlebihan, serta masih mempunyai cadangan tenaga untuk menikmati waktu luangnya dan untuk pekerjaan-pekerjaan mendadak.

4. Suratman

Kesehatan jasmani merupakan suatu aspek fisik dari kesegaran menyeluruh (total fitness) yang memberi kesanggupan pada seseorang untuk menjalankan hidupnya dengan produktif serta dapat menyesuaikan tiap pembebanan atau stress fisik yang layak.

B. Ciri Karakteristik Jasmani yang Sehat

  1. Kondisi tubuh fit dan segar
  2. Daya tahan tubuh yang baik
  3. Tidak mudah mengalami kelelahan
  4. Berat badan dan tinggi badan ideal
  5. Rambut dan kuku tumbuh dengan normal
  6. Normalnya produktivitas kerja
  7. Tidak ada gangguan atau penyakit dalam tubuh
  8. Dapat menjalani aktivitas dengan baik dan normal

C. Faktor Penyebab Gangguan Kesehatan Jasmani

1. Kondisi cuaca yang buruk

Cuaca yang buruk biasanya dapat menyebarkan penyait dengan lebih cepat, terutama bagi mereka yang sedang alergi.

2. Sistem imun yang kurang baik

Apabila daya tahan tubuh atau sistem imun kurang baik, maka akan lebih mudah bagi virus dan bakteri masuk kedalam tubuh. Sehingga kita perlu mengkonsumsi makanan yang bergizi.

3. Faktor genetik

Terkadang orang memiliki penyakit yang dimiliki sejak lahir, penyakit ini berasal dari gen orang tuanya. Sehingga setiap anak harus menjaga pola hidup sehat karena ia berpotensi mengalami penyakit yang sama.

4. Pola hidup yang kurang baik

Jika seseorang hanya mengkonsumsi makanan junk food, makanan serba instan dan tidak dimbangi dengan olahraga, maka hanya akan menimbulkan penyakit.

5. Penyakit yang berkepanjangan

Penyakit yang berkepanjangan yang diderita seseorang disebabkan oleh kebiasaan yang buruk. Seperi seringnya menunda-nunda makan, sehingga orang tersebut akan menderita penyakit mag. Dan biasanya apabila kebiasaan tersebut tetap berlanjut penyakitnyapun terus berkembang hingga sampai pada tahap kronis.

D. Ganguan Kesehatan Jasmani

1. Anemia (Kurang darah)

Kurang darah ini terjadi karena faktor genetik dan juga kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi.

2. Obesitas

Obesitas terjadi karena banyaknya penimbunan lemak dalam tubuh, hal terjadi karena dua kemungkinan yaitu faktor genetik atau tidak suka berolehraga. Orang yang obesitas akan sulit bergerak dan penderita berpotensi mengalami struk dan sakit jantung.

3. Mag

Penyakit ini disebabkan dengan seringanya menunda makan atau telat makan, Penyakit ini tidak bisa diremehkan karena penyakit ini akan kita bawa untuk waktu yang lama. Sulit untuk menyembuhkannya akan tetapi selalu sedia obat mag karena bisa mengurangi rasa sakitnya.

E. Upaya Menjaga Kesehatan Jasmani

1. Atur pola makan dan konsumsi makanan yang bersizi

Makan secara teratur dan tidak sembarang mengkonsumsi makanan. makanan sehat adalah makanan yang memiliki keseimbangan gizi, berikut makanan 4 sehat 5 sempurna:

  • Karbohidrat   : Terdapat pada nasi, gandum seingkong, dll.
  • Protein          : Terdapat pada tahu, tempe, telur, daging dll.
  • Mineral          : Terdapat pada sayuran
  • Vitamin         : Terdapat pada buah-buahan.

2. Olahraga secara teratur

Beberapa manfaat dari olahraga, antara lain:

  • Meningkatkan kisaran gerak
  • Meningkatkan stamina
  • Membantu mencegah penyakit jantung
  • Mencegah osteoporosis
  • Meningkatkan konsentrasi
  • Mengendalikan kolestrol
  • Membakar lemak

3. Jangan berpikir keras dan selalu berfikir positif

Memikirkan masalah secara berlebihan juga dapat menguras energi dan dengan terus berpikir posistif hati dan pikiranpun akan lebih tenang dan bersemangat

4. Istirahat yang cukup

Mengistirahatkan tubuh dari banyaknya aktivitas juga merupakan bagian dari menjaga kesehatan karena setiap tubuh manusia memiliki batas kemampuan masing-masing.

5. Menjaga kebersihan

Menjaga lingkungan tetap bersih akan menghindarkan kita dari virus dan bakteri penyebab penyakit.

6. Banyak minum air putih

Air minum tidaknya sekedar pelepas dahaga tetapi juga berperan sebagai detoks alami dalam tubuh




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.