Saat mendengar kata CEO, apa yang tiba – tiba muncul dalam benak Anda? Sebagian besar orang berpendapat bahwa CEO merupakan pemimpin / pemilik perusahaan. Akan tetapi benarkah demikian? Kepanjangan katanya sendiri adalah Chief Executive Officer. Maknanya dari CEO adalah sebuah jabatan paling tinggi dalam sebuah perusahaan, yang mana ialah satu – satunya pemegang kendali suatu perusahaan.
CEO merupakan satu – satunya yang paling tertinggi dari piramida kepemimpinan sebuah perusahaan. Di bawahnya ada CMO (Chief Marketing Officer), COO (Chief Operating Officer), CFO (Chief Technology Officer), dan jabatan lain yang memimpin divisi – divisi tertentu yang berperan dalam menjalankan roda perusahaan.
Jika semua bagian telah memiliki kepala sendiri, lantas apa tugas CEO? Untuk memahaminya, simak penjelasan lengkap berikut ini!
Tugas CEO
Mengetahui CEO merupakan pemegang jabatan tertinggi lantas apakah CEO memiliki tugas tersendiri. Adapun tugas – tugas umum seorang CEO antara lain:
1. Menjalin Relasi
Maksudnya di sini adalah mencakup membangun, membina, dan menjalin hubungan baik di dalam maupun di luar perusahaan. Meskipun jabatannya paling tinggi, namun CEO tak akan pernah bisa bekerja sendirian. Tim yang solid dengan komunikasi yang terbangun dengan baik akan membuat perusahaan semakin maju. Dalam pengambilan keputusan dan pengeksekusian program kerja pun bisa berhasil dengan baik.
Sebagai komunikator kepada pihak luar, tentunya menuntut seorang CEO pandai berbicara di depan orang banyak, mampu menjawab segala pertanyaan dengan bijaksana, dan dapat menjalin hubungan baik dengan pers sehingga seorang CEO sangat memerlukan kemampuan Public Speaking. Mengapa? Pers berperan dalam memvisualisasikan dan memberitakan citra perusahaan terkait.
2. Belajar
Bahkan sudah memiliki jabatan selevel CEO pun masih harus selalu belajar dan mengikuti perkembangan zaman. Informasi di dalam maupun di luar negeri yang menyangkut bisnis harus selalu update agar tidak ketinggalan. CEO juga tidak boleh merasa paling pintar, karena ini akan membuatnya berpikiran sempit dan berpotensi membuat kemunduran perusahaan.
Belajar pun tidak harus dari mereka yang berpengetahuan lebih tinggi, bisa dari siapapun. Bahkan dari sopir maupun dari office boy sekalipun. Selain itu, membaca berbagai jurnal dan artikel juga harus menjadi menu wajib untuknya.
3. Pengambil Keputusan
Dalam suatu perusahaan, hanya ada satu orang yang berhak mengeksekusi segala rencana, strategi dan pengambilan keputusan kebijakan. Ini bukanlah tugas yang mudah, sebab apapun yang diputuskan harus memberi pengaruh seimbang untuk semua lapisan karyawan, kemajuan perusahaan, dan untuk kepentingan bersama. Harus merupakan jalan terbaik, dilihat dari kaca mata manapun.
Jika hanya mengikuti ego sendiri, maka loyalitas karyawan dikhawatirkan akan berkurang dan kinerja mereka bisa merosot. Jika Anda seorang CEO atau berkeinginan menduduki jabatan tersebut, maka jadilah eksekutor yang baik. Pemimpin divisi hanya menyampaikan program kerja dan alternative jalan keluar lain, sedangkan CEO-lah yang pada akhirnya akan menentukan.
4. Mengelola Perusahaan
Mengelola sebuah perusahaan bukanlah perkara yang mudah. Pengetahuannya di setiap bidang benar – benar harus mumpuni supaya setiap masalah yang timbul bisa segera di atasi. Dalam pengelolaannya, kerja sama dengan pemimpin divisi harus benar – benar terjalin dengan kuat, apalagi jika perusahaan tersebut merupakan perusahaan besar.
Pengelolaan ini juga termasuk manajemen karyawan. Seorang CEO yang baik tentu tahu benar bagaimana kondisi karyawan, walaupun hanya secara umum. Ia dituntut untuk bisa menjadi teladan, pemimpin, motivator, dan penggerak dalam organisasi perusahaan. Caranya bisa dengan pemantauan operasi perusahaan per hari, minggu, bulan, dan tahun.
5. Representasi Perusahaan
Sebuah perusahaan bisa sangat terpandang karena siapa CEO-nya. Dalam hal ini, citra CEO menjadi sangat penting. Ia harus mampu menjadi wakil perusahaan dalam semua bidang terkait, menjadi lambang, dan juga gambaran sebuah perusahaan hanya dalam beberapa kata yang disampaikannya di depan khalayak umum.
Mengapa representasi penting? Dalam beberapa ajang dan acara seperti launching produk dan event – event bisnis, CEO harus bisa tampil maksimal dengan membawa nama baik perusahaannya. Ini akan berpengaruh pada kerja sama yang dijalin antara perusahaan dengan pihak luar. Semakin CEO meyakinkan, semakin banyak pula pihak luar yang merasa yakin untuk bekerja sama dengannya.
Contoh Tokoh CEO Terkenal Dunia
Di bawah ini merupakan contoh beberapa CEO sukses dan paling terkenal di Indonesia dan dunia, antara lain:
1. Mochtar Riady
Beliau bekerja sebagai CEO Bank BCA selama lebi dari 10 tahun. Pada kepemimpinannya, Bank BCA yang awalnya bukan apa – apa, bisa dikenal lebih luas oleh masyarakat Indonesia. Hal ini terbukti, dari asset bank saat Mochtar belum masuk hanya ada di kisaran Rp 12,8 miliyar, saat beliau keluar catatan asset telah mencapai angka Rp 5 triliun.
Dalam pekerjaannya di bank tersebut, ia memperbaiki banyak hal, muali dari sistem SOP (Standard Operational of Procedure), membenahi akunting, kearsipan, sampai pada pengelolaan sumber daya manusianya.
2. Emirsyah Satar
Bapak ini bahkan digadang – gadang sebagai CEO terbaik dunia. Setelah sebelumnya menjabat sebagai CFO, ia didaulat untuk menjadi pemimpin Garuda Indonesia Airways. Kehadirannya berhasil mengatasi hutang yang membelit maskapai tersebut. Semenjak kepemimpinannya, Garuda semakin maju dan memberikan pelayanan terbaik seperti sekarang ini.
Cara kerjanya luar biasa, ia dapat mengubah citra Garuda yang buruk menjadi kembali baik di awal 2000an. Beliau juga melakukan peremajaan armada. Setelah itu, ia juga menawarkan saham kepada publik untuk bisa menyelamatkan perusahaan. Setelah berhasil mengatasi masalah keuangan keseluruhan ia mengembangkan pelayanan premium sampai pada 2010 Garuda mendapat penghargaan “World’s Most Improved Airline”
3. Dahlan Iskan
Dahlan bahkan menjadi direktur terbaik PLN sepanjang masa. Masa terburuk Perusahaan Listrik Negara pada 2009 berhasil ia tangani dengan baik. Mulai dari persoalan pemadaman yang terlalu sering, listrik kurang merata, korupsi di berbagai lini perusahaan, dan lain – lain. Kini PLN menjadi semakin baik dalam bekerja, pelayanan pada masyarakat pun jauh meningkat.
Cara kerja yang ia terapkan sungguh menginspirasi, cita – cita dan tujuan yang akan diraih ia sebar luaskan kepada seluruh karyawan dan pegawai lewat situs resmi PLN, ia tak segan untuk melakukan dialog dengan siapapun bahkan dengan pegawai paling bawah. Ketegasannya dalam mengurangi biaya perjalanan dinas yang dinilai tak efisien pun patut diacungi jempol. Beliau jugalah yang pertama kali menerapkan listrik pra bayar “token”.
5. Warren East
Ia memimpin ARM Holdings sejak 2001. Ia merupakan CEO yang mampu menjalankan perusahaan dengan sangat stabil. Alasan dunia menobatkan sebagai CEO terbaik adalah karena inovasinya yang dapat menempatkan chip ARM pada hampir semua jenis smartphone. Ini merupakan penemuan besar, bahkan dengan kepribadiannya yang ramah dan easy-going.
6. Jamie Dimon
Jamie adalah pemimpin JPMorgan Chase sejak tahun 2006. Prestasi terbesarnya adalah penyelamatan krisis keuangan Bank Dunia, saat ini JpMorgan berada pada peringkat paling atas dalam korporasi, investasi, perbankan, kartu kredit, dan asset. Ia merupakan banker terkenal dan merupakan pendukung terbesar bagi perusahaannya dan juga dunia industri di sekitarnya.
Rekomendasi:
- Pengertian Rugi : Arti, Rumus dan Contoh Kasus Jagad.id - Kerugian tentunya tidak ingin dirasakan oleh semua manusia. Kerugian tidak hanya terbatas tentang uang tetapi juga barang, waktu, dan tenaga. Pengertian Rugi merupakan suatu kondisi dimana seseorang tidak…
- Pengertian Komisi : Arti, Faktor, Perhitungan Dan… Secara umum definisi atau pengertian komisi adalah suatu imbalan berupa uang yang diberikan karena jasanya dalam jual beli. Komisi tersebut merupakan hal yang wajar sebagai imbalan atas jasa seseorang yang…
- Pengertian Mutasi Kerja : Arti, Macam, Tujuan, Landasan,… Secara umum definisi atau pengertian Mutasi pada pekerjaan karyawan atau pegawai merupakan suatu perubahan posisi/jabatan/pekerjaan/ tempat kerja yang dilakukan oleh pihak perusahaan baik secara vertikal maupun horizontal. Hal ini menjadi…
- Pengertian Asuransi Jiwa, Jenis-jenisnya, dan Manfaatnya Jagad.id - Apa yang terbesit di benak anda ketika anda mendengar kata asuransi? Satu kata yang sering terlukis di benak anda adalah asuransi jiwa. Mengapa? Asuransi jiwa ini dapat memberikan…
- 6 Manfaat Mempromosikan Perusahaan Di Twitter Jagad.id - Apakah Anda menggunakan Twitter untuk mempromosikan merek Anda? Dan kali ini kami akan memberikan ulasan manfaat mempromosikan perusahaan di Twitter. Jejaring sosial ini adalah alat periklanan yang sangat…
- Pemasaran Usaha : Definisi dan Contohnya Jagad.id - Pemasaran Usaha, pemasaran usaha ialah senjata khusus dalam membuat usaha. Tiap pelaku bisnis tentu saja harus mempunyai taktik pemasaran yang masak. Karena, hal itu bisa tentukan maju atau…
- Pengertian Analisis : Macam Jenis, Fungsi Tujuan dan… Kehidupan kita tentu tidak lepas dari berbagai permasalahan yang muncul. Permasalahan tentu saja harus diselesaikan. Penyelesaian ini dilakukan demi terciptanya kehidupan yang lebih damai untuk individu. Salah satu cara untuk…
- Waspada Terhadap Infestasi Bodong jagad.id-Cara Menemukan Skema infestasi bodong Semakin banyak orang yang menginvestasikan dolar hasil jerih payah mereka dengan harapan agar uang mereka bekerja untuk mereka. Meskipun ada banyak peluang investasi yang sah…
- Pengertian ISP Adalah : Fungsi, Macam Jenis, dan Contoh Jagad.id - Pengertian ISP - Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terjadi di Indonesia membawa perubahan dalam beberapa aspek. Salah satunya kemunculan bisnis atau usaha yang menjadikan internet sebagai kebutuhan…
- Tugas Administrasi Staff Adninistrasi staff merupakan jenis administrasi yang paling umum, sebab setiap perusahaan apapun tentu terdapat posisi yang satu ini. Tugas administrasi staff sebenarnya tidak sedikit dan membutuhkan banyak kemampuan khusus, sehingga…
- Pengertian Karyawan : Defenisi, Jenis, Tipe, Peran dan… Secara umum pengertian karyawan adalah mereka yang berkerja di suatu perusahaan atau lembaga untuk mengerjakan tugas operasional dan mengharapkan balas jasa berupa komisi (uang). Sederhananya definisi karyawan memiliki arti yaitu…
- Pengertian Pegawai : Arti, Tipe, Jenis Keuntungan Dan Sanksi Pegawai merupakan orang yang bekerja dengan perjajian dan kesepakatan kerja secara tertulis maupun tidak tertulis, dalam melaksanakan suatu pekerjaan dengan jabatan atau kegiatan tertentu dan memperoleh bayaran berdasarkan waktu tertentu…
- Pengertian Laba Adalah : Arti, Unsur dan Faktor Umumnya untuk mengukur berhasil atau tidaknya sebuah perusahaan dalam melakukan bisnis, itu dilihat dari pendapatan labanya. Tak dipungkiri lagi, pendapatan laba sangat berpengaruh terhadap jalannya aktivitas perusahaan. Hal itu dikarenakan…
- Pengertian Inventaris Adalah : Arti, Tujuan dan Contoh Ketika mendengar kata inventaris apa yang ada di pikiran Anda? Sebuah catatan tentang sarana dan prasarana. Atau seperti daftar stok barang atau rekap barang yang sudah terjual. Lebih lengkapnya simak…
- Konten Marketing: Manfaat, Format Dan Strateginya Jagad.id - Saat ini, Anda pasti pernah mendengar ungkapan "Konten adalah Raja". Jauh dari ketinggalan zaman, konten marketing terus menjadi sama pentingnya bagi pemasar. Faktanya, menurut sebuah studi oleh DemandMetric,…
- Cara Mengecek Nomor Resi Paket Jagad.id - Cara Mengecek Nomor Resi Paket, Ketika Anda melakukan pembelian atau mengirim paket, biasanya Anda akan diberikan nomor resi atau nomor pelacakan. Nomor ini membantu Anda mengetahui posisi paket Anda…
- Cara Memverifikasi Akun TikTok Dengan Benar Jagad.id - TikTok telah menjadi salah satu platform media sosial paling populer selama bertahun-tahun. Namun, popularitasnya telah menyebabkan munculnya banyak akun palsu. Dan hal tersebut yang mendorong aplikasi mengharapkan untuk…
- Manajemen Sumber Daya Manusia : Pengertian, Fungsi, Tujuan… Jagad.id - Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM),- Setiap perusahaan membutuhkan sistem manajemen baik keuangan, sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Sistem manajemen yang dijalankan dengan baik akan memperlancar proses…
- Internet, Ekstranet, Intranet : Pengertian dan Perbedaan Jagad.id - Internet Ekstranet Intranet. Di era serba modern sekarang ini, internet sudah menjadi hal yang umum digunakan hampir semua orang. Sedangkan jaringan intranet adalah jaringan privasi atau privat network…
- Alasan Penyebab Karyawan Resign - Mengundurkan Diri Jagad.id - Alasan Mengapa Karyawan Resign atau Mengundurkan Diri - Perusahaan yang baik bisa terlihat dari jumlah pekerja yang mengundurkan diri tiap tahunnya. Semakin kecil tingkat resign bisa dikatakan perusahaan…
- Pengertian Desainer : Macam Jenis Pekerjaan dan Contohnya Jagad.id - Desainer merupakan salah satu profesi dalam industri kreatif yang sangat diminati akhir-akhir ini. Umumnya, mereka yang berprofesi sebagai desainer memiliki keterampilan desain dan kreativitas yang sangat tinggi. Desainer…
- Definisi Kompensasi : Tujuan, SDM, dan Contoh 10 Pengertian Kompensasi Menurut Para Ahli, Tujuan, Contoh dan SDM - Pengertian kompensasi adalah seluruh imbalan yang di terima oleh pekerja atas jasa ataupu hasil kerjanya kepada sebuah organisasi ataupun…
- 12 Manfaat Kemitraan dalam Bisnis, Sudah Tahu? Jagad.id - Manfaat Kemitraan dalam Bisnis - Kemitraan dalam bisnis mengacu pada bentuk hukum perjanjian antara dua atau lebih pihak di mana kedua belah pihak setuju untuk mengelola dan menjalankan…
- Pengertian Biaya Adalah : Definisi, Unsur-Unsur, dan… Belajar Akuntansi atau Ekonomi, tak lengkap rasanya jika tidak mengetahui apa itu biaya, definisi, unsur-unsur dan jenisnya secara lebih rinci dan mendalam. Karena bagaimanapun istilah tersebut sangat familiar dalam kehidupan…
- Affiliate: Pengertian, Contoh dan Cara Daftar Jagad.id - Affiliate: Pengertian, contoh dan Cara Daftar, Memulai usaha online jadi trend tertentu sekarang ini. Usaha affiliate ialah satu diantaranya yang disebut sisi dari usaha di bagian marketing dan…
- Pengertian Humas Adalah : Peran, Tujuan dan Tugas Mungkin banyak diantara kita yang sudah tidak asing lagi saat mendengar kata “Humas”. Tapi sudahkah kita tahu, apa humas itu sebenarnya? Pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba menjelaskan kepada…
- Pengertian Perusahaan : Arti, Unsur, Jenis, Fungsi dan… Secara umum definisi atau pengertian Perusahaan adalah suatu lembaga dalam bentuk organisasi yang beroperasi dengan tujuan untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat sehingga bisa memperoleh keuntungan. Perusahaan juga dapat…
- Cara Mendapatkan FYP TikTok Atau Halaman Untuk Anda Jagad.id - Banyak merek memasukkan TikTok dalam strategi pemasaran mereka. Tapi apa yang harus Anda lakukan untuk muncul di TikTok FYP (For You Page)? Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan…
- Pengertian Wesel : Bank Dan Bayar Kita tahu bahwasanya wesel merupakan surat perintah yang sengaja dibuat oleh si kreditur, dimana surat ini ditujukan kepada si debitur supaya membayarkan uang dalam jumlah tertentu dan pada tanggal tertentu…
- Pengertian Bisnis : Arti, Bentuk, Tujuan, Fungsi, Manfaat,… Jagad.id - Bisnis berasal dari bahasa Inggris yaitu bussines yang berarti perusahaan, urusan usaha. Bisnis bukanlah sesuatu yang asing ditelinga masyarakat pada umunya, Setiap hari jutaan orang melaksanakan kegiatan bisnis.…