Pembangkit Listrik Tenaga Air, Ramah Lingkungan

jagad.id-Air adalah energi tenaga air saat ini merupakan sumber listrik terpenting di dunia dari sumber terbarukan. Itu mampu menahan beban dasar dan tidak seperti tenaga angin dan fotovoltaik tidak terlalu terpengaruh oleh pengaruh cuaca. pemerintah telah lama berkomitmen pada bentuk pembangkit energi ramah iklim ini dan memiliki pangsa tenaga air di atas rata-rata dalam bauran energinya secara nasional.

Pembangkit listrik tenaga air direncanakan, dibangun, dan dioperasikan untuk memenuhi kebutuhan manusia pembangkit listrik, produksi pertanian beririgasi, pengendalian banjir, pasokan air publik dan industri, pasokan air minum, dan berbagai keperluan lainnya.

Pembangkit listrik tenaga air sumber listrik terbarukan

Bendungan PLTA menahan air di reservoir selama aliran tinggi, yang kemudian dapat digunakan untuk kebutuhan manusia selama aliran rendah (yaitu, ketika aliran alami tidak memadai). Dampak positif bendungan adalah pengendalian banjir yang lebih baik dan peningkatan kesejahteraan yang dihasilkan dari akses baru ke irigasi dan air minum. Mengenai peran bendungan, mengingat fungsinya yang multiguna, relevan untuk merujuk menyediakan air untuk makanan, air untuk sanitasi, air untuk minum, air untuk layanan listrik, adalah senjata untuk memerangi kelaparan dan kemiskinan.

Meskipun demikian, masih ada kekhawatiran yang signifikan tentang dampak lingkungan dari bendungan. Pengendalian banjir dengan bendungan mengurangi nilai debit selama periode banjir alami. Mengubah pola aliran hilir yaitu, intensitas, waktu, dan frekuensi dapat menyebabkan perubahan rezim sedimen dan nutrien di hilir bendungan.

Suhu air dan kimia diubah dan akibatnya dapat menyebabkan diskontinuitas dalam sistem sungai. Dampak lingkungan ini kompleks dan luas, dapat terjadi di daerah terpencil yang jauh dari lokasi bendungan, dapat terjadi selama pembangunan bendungan atau sesudahnya, dan dapat mempengaruhi keanekaragaman hayati dan produktivitas sumber daya alam.

Setiap pembangkit listrik tenaga air memiliki karakteristik operasinya masing-masing. Bendungan terletak di berbagai kondisi dari dataran tinggi hingga dataran rendah, daerah beriklim sedang hingga tropis, sungai berarus deras dan lambat, daerah perkotaan dan pedesaan, dengan dan tanpa pengalihan air.

Dampak pengalihan air berbeda antara negara-negara utara, di mana iklim sedang dan sedikit irigasi terjadi, dan negara-negara semi kering, yang mungkin memiliki penggunaan di luar sungai yang luas dan tingkat penguapan yang tinggi. Kombinasi jenis bendungan, sistem operasi, dan konteks lokasi bendungan menghasilkan beragam kondisi yang spesifik lokasi dan sangat bervariasi.

Kerumitan ini membuat sulit untuk menggeneralisasikan dampak bendungan pada ekosistem, karena setiap konteks spesifik kemungkinan memiliki jenis dampak yang berbeda dan tingkat intensitas yang berbeda. Selain itu, ketinggian bendungan dan area reservoirnya sangat bervariasi.

Bendungan untuk pengendalian banjir berfungsi untuk menahan aliran puncak. Biasanya, bendungan pembangkit listrik tenaga air dirancang untuk menyediakan pengaturan aliran untuk memaksimalkan pembangkitan listrik, dan karena itu cenderung memiliki efek yang sama pada pola aliran hilir.

Namun, jika tujuannya adalah untuk menyediakan daya selama periode puncak, variasi debit yang cukup besar dapat terjadi selama periode singkat, menciptakan arus segar buatan atau banjir di hilir. Bendungan untuk irigasi menyebabkan variasi sedang dalam rezim aliran pada skala waktu yang lebih lama, menyimpan air pada saat aliran tinggi untuk digunakan pada saat aliran rendah.

Aliran yang melebihi kapasitas penyimpanan biasanya tumpah, memungkinkan beberapa banjir mengalir ke hilir, meskipun dalam bentuk yang dialihkan dan karenanya dilemahkan. Karena bendungan sering dirancang untuk melayani berbagai fungsi, dampaknya akan memiliki kombinasi dari bentuk-bentuk di atas. Perlu dicatat bahwa struktur hidrolik seperti bendungan dan bendung, serta struktur pengalihan air atau proyek transfer antar daerah aliran sungai, dapat memiliki dampak serupa pada bendungan.

tenaga air domestik

Penggunaan tenaga air domestik memiliki tradisi panjang . Di banyak pabrik turbin telah berputar selama lebih dari seratus tahun. Dengan sekitar 900 MW kapasitas terpasang dari pembangkit listrik run-of-river dan sekitar 1.900 MW kapasitas terpasang dari pembangkit listrik penyimpanan dan penyimpanan yang dipompa, lebih dari sepuluh persen pembangkit listrik kami berasal dari tenaga air.

Saat ini mengoperasikan dan memelihara total 67 pembangkit listrik Ada juga banyak kepemilikan saham dan kontrak pembelian listrik di luar pasar domestik . Ini merupakan bagian yang signifikan dari portofolio pembangkit listrik tenaga air kami.

Saat ini hampir tidak ada lokasi untuk pembangkit listrik tenaga air baru yang besar di Jerman. Oleh karena itu, untuk meningkatkan produksi, kami mengganti, memperluas, dan memodernisasi fasilitas yang ada. pembangkit listrik baru dengan kapasitas empat kali lipat menggantikan pembangkit lama pada tahun 2011. Pembangkit listrik menjadi pembangkit listrik aliran sungai terbesar di republik ini dengan penambahan turbin kelima.

Pembangkit listrik tenaga air biasanya dibangun di sungai dengan sedikit kemiringan tetapi laju aliran besar, biasanya mengikuti pola yang sama. Bendungan dengan beberapa pintu yang dapat dikunci membendung air sungai. Untuk menghasilkan listrik, air dari reservoir ini dialirkan melalui turbin.

Ini pada gilirannya menggerakkan generator di ruang mesin. Perangkat kontrol di depan impeler memastikan jumlah air yang optimal diarahkan ke bilah impeler. Sebuah layar di depan saluran masuk air melindungi turbin dari ranting, cabang, dan sampah.

Selaras dengan flora dan fauna

Jalur ikan memungkinkan ikan bermigrasi ke hulu, Pembangunan pembangkit listrik tenaga air disertai dengan tindakan kompensasi atau penggantian. Dengan cara ini kami secara aktif berkontribusi pada renaturasi aliran sungai.

Fasilitas ini biasanya dilengkapi dengan pass ikan. Hal ini memungkinkan ikan untuk bermigrasi ke hulu ke tempat pemijahannya dan juga mencari makanan di atas pembangkit listrik.
Pembangkit listrik tenaga air juga memainkan peran penting dalam pengendalian ketinggian air untuk pengiriman dan perlindungan banjir, dalam renaturasi aliran sungai, dan pembuangan limbah mereka tidak hanya mengumpulkan puing-puing yang mengambang seperti potongan kayu apung dan daun, tetapi juga ribuan ton sampah yang kemudian kita buang.

Selain memodernisasi pembangkit listrik tebarukan fokus utama kegiatan kami di tahun-tahun mendatang adalah meningkatkan konsistensi. Hal ini tidak hanya meningkatkan nilai ekologi fasilitas kami tetapi juga meningkatkan kondisi kehidupan ikan dan mikroorganisme di sungai yang diatur.

Keuntungan paling penting dari tenaga air sekilas

  • Perlindungan iklim

Pembangkit listrik tenaga air tidak mengkonsumsi sumber energi primer apa pun seperti batu bara, minyak, atau gas, dan karenanya tidak menghasilkan satu molekul CO₂.

  • Perlindungan lingkungan dan banjir:

Tenaga air modern berkontribusi pada renaturasi aliran sungai dan pembuangan limbah di badan air. Ini melindungi terhadap banjir melalui bendungan pelindung.

Energi andal dengan potensi penyimpanan pembangkit listrik Tenaga air pada dasarnya terus tersedia  Saat ini juga satu-satunya cara untuk menyimpan energi secara ekonomis dan dalam skala industri.
Bab ini menghimpun kemajuan pengetahuan dan teknologi mutakhir yang digunakan untuk menghindari atau mengurangi dampak lingkungan dari bendungan terhadap ekosistem alam, serta masyarakat yang menggantungkan penghidupan mereka padanya

error: This content is protected by DMCA