Cara Menonaktifkan Tombol Back Menggunakan JavaScript di Wordpress

WordPress merupakan CMS yang saat ini memiliki berbagai macam fitur dengan plugin plugin yang ada. Banyak para blogger menggunakan WP karena sangat praktis dan mudah untuk digunakan. Untuk menggunakan fitur tambahan yang diinginkan pengguna hanya perlu menginstal plugin yang diinginkan hanya dengan satu kali klik. Setelah plugin di Instal maka fitur tersebut siap berjalan di web tersebut.

Fungsi Mematikan Tombol Back

Umumnya banyak para blogger yang menggunakan cara ini untuk mengakali pengunjung agar tidak bisa menekan tombol back setelah menggunjungi websitenya. Tujuannya sendiri yaitu ada berbagai macam, mulai dari memperpanjang sesi durasi supaya pengunjung lebih lama berada di web dan juga mencegah bouncerate yang tinggi disebabkan aktifitas pengunjung yang sering kali keluar web sesaat setelah terbuka. Karena tidak bisa ditekan back kemungkinan pengunjung akan meng klik halaman web lainnya. Dengan kurangnya tingkat bouncerate serta lebih lamanya sesi durasi visitor mengunjungi web maka secara tidak langung menaikan rank nya di mesin pencari, walaupun belum ada bukti atau riset nyata mengenai hal ini.

Bahaya dan Kekurangan Menggunakan No Back

Setelah mengetahui motif atau tujuan dari seorang blogger menggunakan cari ini, mari kita tinjau dari segi negatif yang bisa didapat karena menggunakan metode ini. Walaupun nampak terdapat peluang dengan menggunakan metode ini beberapa dampak buruk juga harus diperhatikan seorang blogger seperti pandangan visitor mengenai website tersebut kedepannya. Setelah mengetahui adanya kejanggalan pada web tersebut maka kedepannya membuat visitor enggan mengunjungi web kita lagi. Selain itu menonaktifkan tombol back juga menganggu saat visitor sedang melihat lihat tulisan kita. Saat ingin melihat halaman sebelumnya visitor tidak bisa menggunakan tombol kembali sehingga akan lebih memilih menutup browsernya.

Untuk menambah fitur mematikan tombol kembali pada browser ini sebenarnya ada banyak cara, dan yang paling sederhana mudah dan cepat yaitu menginstal pluginnya. Tapi buat kamu yang ingin menempatkan kode javascript sendiri maka berikut ini Kodenya.

Kode JavaScript No Back Button

Letakkan kode di bawah ini dalam <head>..kode..</head>

    <script type="text/javascript"> 
history.pushState(null, null, location.href);
    window.onpopstate = function () {
        history.go(1);
    };
    </script> 

Terlepas dari keuntungan dan kekurangan dari menggunakan metode ini semua itu tanggungjawab anda untuk bijak menggunakannya. Apakah dengan menggunakan kode ini membuat web anda lebih bermanfaat atau justru hanya menggangu visitor saja.




Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.