Apa Itu Fintech

Zaman revolusi industri 4.0 membuat masyarakat terus berinovasi. Salah satunya adalah berinovasi dalam hal layanan keuangan. Awal tahun 2000 apa yang disebut fintech sudah mulai muncul. Tetapi, kemudahan dan manfaatnya baru dikenal masyarakat yang lebih luas baru-baru ini.

Sebagian dari anda, pasti sudah menggunakan layanan fintech. Tapi sebagiannya lagi belum paham bahkan belum mengenal apa itu fintech dan kenapa penting menggunakannya. Penjelasan di bawah ini mungkin bisa membantu anda. Baca sampai habis ya !

Apa itu Fintech dan Kenapa Penting Menggunakannya?

Pertama tama mari kita pahami apa itu fintech. Sebenarnya fintech adalah sebuah singkatan. Singkatan dari financial (keuangan) dan technology (teknologi). Yaitu inovasi baru di bidang keuangan yang digabungkan dengan teknologi.

Anda bisa menggunakan layanan pembayaran, peminjaman dan pembiayaan dengan cara mudah. Cukup dengan klik klik di smartphone dan laptop, anda sudah bisa mendapatkannya tanpa harus datang ke lembaga yang bersangkutan.

Persyaratannya juga terhitung cukup mudah, anda hanya perlu mempersiapkan beberapa dokumen. Tidak sebanyak ketika anda mempersiapkan dokumen jika ingin meminjam uang di bank. Prosesnya juga relatif singkat. Baik orang berpenghasilan rendah ataupun berpenghasilan tinggi. Semua bisa menggunakan layanan fintech.

Jadi sekarang anda tidak perlu khawatir lagi jikalau membutuhkan tambahan modal tapi penghasilan anda rendah. Cukup dengan menggunakan jasa penyedia layanan fintech, urusan anda akan beres dan  terselesaikan.

Tidak hanya itu, kesempatan membuka startup  yang bergerak di bidang fintech juga sedang banyak diminati. Karena di satu sisi membuka lapangan pekerjaan, di sisi yang lain keuntungan yang didapatkan dari investor juga besar. Bagaimana apakah anda tertarik juga?

Kenapa Fintech Penting dalam Kehidupan?

Lalu sebenarnya apa sih pentingnya fintech? Jangan salah walaupun masih terhitung baru bergerak di pertengahan abad 20, fintech penting bagi kehidupan sehari-hari anda. Yuk simak apa aja (disarikan dari artikel Duwitmu.com) :

1. Proses Transaksi Keuangan yang Cepat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Baik proses peminjaman, pembiayan atau pembayaran fintech sangat cepat. Anda tidak perlu repot-repot mendatangi lembaga dan menunggu pihak lembaga mensurvey keadaan anda.

Cukup dengan di depan smartphone atau laptop, menyiapkan berkas yang dibutuhkan dan anda tinggal menunggu apakah pinjaman anda diterima ataukah tidak. Kelengkapan berkas ikut menentukan apakah pinjaman anda diterima atau tidak ya. Jadi, persiapkan dengan baik dan benar.

2. Meningakatkan Kesejahteraan Pebisnis Khususnya Pebisnis Kecil

Selanjutnya fintech sangat membantu pengusaha atau pebisnis kecil. Para pengusaha kecil menengah sangat dibantu sekali karena tidak membutuhkan penghasilan besar untuk mengajukan pinjaman. Menarik bukan ?

3. Memberikan Kemudahan Bagi Masyarakat

Memahami apa itu fintech dan kenapa penting menggunakannya harus anda lakukan, karena manfaatnya bisa memberikan kemudahan bagi anda. Misalkan anda sedang di pusat perbelanjaan, lalu anda lupa membawa dompet. Dengan jasa penyedia layanan fintech ini anda memiliki uang elektronik yang bisa anda gunakan untuk membayar barang belanjaan anda.

Nah itulah beberapa pentingnya fintech bagi kehidupan kita. Tapi tetap berhati-hati dengan fintech yang abal-abal ya. Karena baru ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK) baru saja memblokir 404 situs fintech yang tidak terpercaya.

Anda bisa telusuri lebih dalam dulu apakah fintech tersebut terpercaya ataukah tidak. Jika sudah ada tanda-tanda yang mencurigakan anda tidak perlu melanjutkan. Anda juga bisa melihat fintech apa saja yang sudah mengantongi izin dari OJK.

Sekian penjelasan apa itu fintech dan kenapa penting menggunakannya. Semoga bermanfaat.





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.