Mayoritas orang-orang seringkali mengabaikan dari kata waktu itu sendiri, ada apa sih? Padahal waktu itu sangat berharga dan penting. Karena sangat berharga banget untuk menjadikan hidup kita menjadi lebih baik untuk kedepannya.
Jika anda dapat mengelola waktu dengan sangat baik maka akan berdampak baik pula untuk kehidupanmu kedepan. Justru kebaliknya, jika anda tidak dapat mambagi waktu anda dengan benar dan maka akan memberikan efek yang buruk untuk kedepannya.
Untuk lebih jelasnya, sekutukeadilan akan membahas lebih lanjut mengenaiĀ Manfaat Manajemen Waktu dan Contohnya.
Pengertian manajemen waktu sendiri yakni suatu pengawasan, pengorganisasian, perencanaan atas produktivitas waktu yang dilakukan oleh seseorang. Alasannya yakni karena waktu adalah sumber daya yang terbatas, oleh sebab itu harus wajib dikelola secara efisien dan efektif guna kepentingan diri masing-masing.
Tujuan manajemen waktu ini ialah untuk mencapai suatu target dalam waktu yang sudah ditetapkan atau di tentukan. Dengan begitu, waktu akan digunakan sebaik mungkin dan seefisien mungkin.
Cara Melatih Manajemen Waktu Membangun Disiplin Diri Sendiri :
1. Buatlah Daftar Agenda
Hal yang pertama adalah membuat daftar agenda anda sendiri, dan berisikan tentang poin-poin yang sangat penting mengenai tugas atau tujuan yang harus kamu lakukan serta diselesaikan dengan waktu yang telah ditentukan.
2. Atur Prioritas Utama
Supaya waktu yang anda gunakan bisa produktif, anda diwajibkan harus bisa mengatur apa yang menjadi Prioritas utama anda dibandingkan dengan kepentingan pribadi anda. Misalkan, lebih baik mengerjakan tugas sekolah dibandingkan menonton film kesukaan anda.
3. Mengenali Waktu Produktifmu
Dalam keseharian anda, anda akan mengenali dimana waktu produktif anda yang tepat. Jika anda telah mengenali waktu anda sendiri, kerjakanlah tugas-tugas tersulit anda. Karena di waktu yang produktif tersebut akan lebih mudah dalam mengembangkan pola pikir anda.
4. Jangan Menunda Waktu
Waktu memang sangat berharga dalam hidup, jadi jangan ditunda-tunda apapun itu keadaanya. Tugas yang seharusnya anda lakukan, lakukanlah. Jangan biarkan waktu anda terbuang dengan sia-sia.
5. Fokus Terhadap Prioritas dari Daftar Agendamu
Jika waktu anda telah tertata dengan baik, fokuskan terhadap apa yang telah menjadi prioritas utama dan dan yang pertama dari daftar agenda yang telah kamu buat. Lakukanlah sebaik mungkin .
Manfaat, Fungsi dan Tujuan Manajemen Waktu Bagi Kehidupan Sehari-Hari :
1. Tugas Tertata Dengan Rapi
Mengelola waktu dengan baik akan membuat tugas anda tertata dengan sangat rapi. Karena melakukannya dengan langkah demi langkah tanpa tergesa-gesa, sehingga menghasilkan sesuatu yang sangat sempurna.
2. Mempercepat Segala Urusan
Dengan pengelolaan waktu yang sangat baik, tugas ataupun masalah yang anda hadapi akan cepat selesainya. Karena tidak menunda-nunda waktu yang telah ditetapkan sebagaimana mestinya.
3. Melatih Disiplin
Aturan waktu yang anda buat akan menjadikan hal tersebut sebagai patokan untuk tidak menunda pekerjaan lagi. Hal tersebut akan melatih anda menjadi orang yang lebih disiplin.
4. Bertanggung Jawab
Selain itu, efek dari pengelolaan waktu yang baik akan menjadikan kamu sebagai orang yang bertanggung jawab. Karena mengerjakan tugas dengan sungguh-sungguh dan tepat waktu.
Sekian pembahasan dariĀ Manfaat Manajemen Waktu dan Contohnya. Semoga bermanfaat !