Keutamaan Shalat Isya Berjamaah Tepat Waktu
5/5 (1)

Sholat merupakan perkara wajib yang harus dilakukan oleh umat islam. Sebagaimana sesuai dengan beberapa dalil berikut ini.

  1. QS. An-Nur ayat 56:

 وَاَقِيْمُوْ الصَّلاَةَ وَآتُوْ الزَّكَوةَ وَاَطِيْعُوْ االرَّسُوْلَ لَعَلَكُمْ تُرْحَمُوْنَ

Artinya : “Dan kerjakanlah sholat, berikanlah zakat, dan taat kepada Rasul, agar supaya kalian semua diberi rahmat.”

  1. QS. Al-Ankabut ayat 45:

وَاَقِيْمِ الصَّلَوةَ اِنَّ الصَّلَوةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرَ

Artinya: “Kerjakanlah sholat sesungguhnya sholat itu bisa mencegah perbuatan keji dan munkar.”

  1. QS. Al-Baqarah ayat 43:

 وَاَقِيْمُوْ الصَّلَىةَ وَآتُوْ الزَّكَوةَوَارْكَعُوْامَعَ الرَّاكِعِيْنَ

Artinya: “Dan dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat dan rukulah beserta orang-orang yang ruku’.”

Banyak perintah yang sudah diturunkan agar manusia selalu sholat, beberapanya adalah sesuai dengan dalil di atas. Jadi penting untuk kita berubah untuk menjadi insan yang lebih rajin lagi dalam beribadah.

Seperti yang kita ketahui sejak kecil. Salah satu shalat wajib adalah isya. Oleh karena itu, penulis akan menjelaskan keutamaan sholat isya. Tentunya hanya bisa didapatkan bagi kita yang menjalani sholat isya.

Nyatanya Keutamaan Sholat Isya Sangatlah Banyak. Jadi, Mari Dapatkan Keistimewaan Sholat Isya! Dengan Melaksanakannya.

Hidup dalam ke-taqwaan kepada Allah Subhanallahu Wataala adalah salah satu upaya agar mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat. Untuk mendapatkannya adalah dengan melaksanakan sholat isya.

Agar anda lebih yakin dan lebih semangat dalam melaksanakan shalat isya, berikut penulis sudah merangkumnya khusus untuk anda.

  1. Mendapatkan Pahala Setara Dengan Melaksanakan Sholat Malam.

Sebagaimana yang disabdakan oleh Rasullah Sallawahu alaihi wasalam . Pada hadist riwayat Bukhari:

“Seandainya manusia mengetahui pahala dalam adzan dan shaf pertama, kemudian mereka tidak bisa mendapatkannya selain dengan diundi, tentu mereka saling mengundi. Seandainya mereka mengetahui pahala pada At-Tahjir ( menuju shalat lebih awal ), tentu mereka akan berlomba-lomba mendapatkannya. Dan sendainya mereka tahu pahala dalam shalat isya dan subuh, tentu mereka akan mendatangi keduanya walaupun harus merangkak ( HR. Bukhari )

Sehingga nabi pun mengucapkan 3 kali, “Seandainya manusia mengetahui … ,seandainya mereka mengetahui … ,seandainya mereka tahu … ,” Karena begitu besarnya keuntungan yang akan didapatkan setelah melaksanakan sholat isya.

Rasulullah Sallawahu alaihi wasalam seakan-akan menyayangkan bila umatnya tidak melaksanakan shalat berjamaah di mesjid, khususnya untuk sholat isya.

  1. Melaksanakan Sholat Isya Dapat Menghapus Dosa!

Menjalankan dan mendirikan shalat salah tujuannya dapat menghapus dan menggugurkan dosa yang pernah dilakukan. Sama halnya dengan melakukan sholat isya. Disini anda yang melaksanakan sholat isya akan diberikan ampunan oleh sang maha kuasa.

Sebagaimana dalam hadist dari ‘Utsman bin ‘Affan, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا مِنِ امْرِئٍ مُسْلِمٍ تَحْضُرُهُ صَلاَةٌ مَكْتُوبَةٌ فَيُحْسِنُ وُضُوءَهَا وَخُشُوعَهَا وَرُكُوعَهَا إِلاَّ كَانَتْ كَفَّارَةً لِمَا قَبْلَهَا مِنَ الذُّنُوبِ مَا لَمْ يُؤْتِ كَبِيرَةً وَذَلِكَ الدَّهْرَ كُلَّهُ

Yang mana artinya, “Tidak seorang muslim ketika waktunya shalat wajib, ia membaguskan wudhunya, lalu khusyu’ dalam salatnya, serta menyempurnakan ruku’nya. Melainkan hal itu menjadi penghapus segala dosanya, selama ia tidak mengerjakan dosa besar.” (HR. Muslim no. 228).

  1. Akan Mendapatkan Cahaya Di Dunia & Akhirat.

Bahwasanya akan diberikan kabar gembira untuk mereka yang melaksanakan shalat isya. Hal ini sesuai dengan sabda Rasullah Sallawahu alaihi wasalam.

Berikanlah kabar gembira untuk mereka yang berjalan melaksanakan sholat digelapnya malam, bahwa ia akan diberikan cahaya sempurna di dunia dan di akhirat (Hadits Riwayat Abu Daud No. 561 dan Tirmidzi No. 223 )

Akhir Kata.

Marilah! Jadi insan yang menjadi lebih baik. Dalam urusan dunia dan akhirat. Selalu jadikan diri anda menjadi manusia yang senantiasa ingat kepada Allah.

Please rate this



Contact Us!

Terimakasih sudah mengunjungi situs kami, jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web. Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form dibawah ini.