Kelebihan Box MCB Domae



Arus listrik merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting, karena dipakai untuk menyalakan berbagai peralatan listrik. Kegunaan listrik yang paling umum yaitu untuk menyalakan lampu di rumah, sehingga listrik menjadi pengganti lampu tradisional. Aliran listrik selalu berkaitan dengan Miniature Circuit Breaker atau MCB.

Miniature Circuit Breaker atau MCB merupakan suatu istilah yang belum terlalu familiar di masyarakat. Padahal MCB memiliki peranan yang sangat penting sebagai salah satu komponen kelistrikan. MCB biasanya di temukan di rumah-rumah. Bentuk MCB memang tidak terlalu besar, sehingga seringkali ditempatkan di lokasi yang tersembunyi.

A. Sekilas Tentang MCB

Miniatur Circuit Breaker merupakan salah satu komponen listrik yang berguna untuk memutus aliran listrik saat adanya arus listrik berlebihan. Dengan MCB, maka konsleting listrik bisa di cegah dengan sangat baik. MCB akan bekerja secara otomatis, sehingga penggunaan listrik di rumah menjadi lebih terkendali dan tidak membahayakan para pengguna.

MCB dengan sekring memang hampir sama kegunaannya yaitu sebagai komponen kelistrikan. Sekring akan bekerja untuk memutus aliran listrik saat adanya konsleting listrik dan sekringnya harus diganti dengan yang baru. Sedangkan MCB akan mematikan konsleting secara otomatis, namun bisa diaktifkan lagi setelah masalah selesai.

MCB memiliki 3 fungsi yang utama yaitu sebagai proteksi beban yang berlebih dan proteksi konsleting listrik. Fungsi MCB untuk memutuskan arus listrik pada saat terjadi beban lebih atau korselting menjadi bentuk pengamanan yang sangat penting pada saat terjadi kedua kondisi tersebut, karena fungsinya bisa menghentikan arus listrik secara otomatis. Pemutusan listrik sangat penting dilakukan adanya masalah pada proses instalasi listrik.

Kelebihan beban listrik atau overload haruslah bisa dideteksi dengan baik, agar tidak menimbulkan hal-hal yang membahayakan, yaitu kabel yang terlalu panas dan terbakar. MCB berfungsi mendeteksi overload aliran listrik. Elemen bimetal yang dimiliki MCB akan bekerja dengan sangat cepat, sehingga sistem deteksinya akan sangat efektif untuk menghindarkan kebakaran atau berbagai kondisi berbahaya lainnya.

MCB juga berfungsi sebagai proteksi konsleting listrik yang sangat efektif. Korsleting merupakan penyebab tertinggi yang bisa menyebabkan kebakaran di suatu tempat. Dengan MCB, maka aliran listrik akan terputus secara otomatis saat adanya korsleting. Dengan berbagai fungsi yang dimiliki MCB, maka penggunaan MCB dengan merk berkualitas sangatlah penting menjadi bahan pertimbangan.

Pada dasarnya MCB juga tidak akan aman dipakai, tanpa adanya pengaman dari bagian luarnya. Hal ini membuat pentingnya penggunaan Box atau pelindung di bagian luar. MCB biasanya ditempel di tembok dan MCB lebih amannya dilindungi dengan box atau cover.

B. Sekilas Tentang Box MCB

Box MCB menjadi komponen yang sangat menunjang dalam pengamanan instalasi listrik. Box MCB paling sering ditemukan di perkantoran, pabrik dan di rumah. Box MCB biasanya ditempatkan di dinding, agar tidak mudah dijangkau dan lebih aman. Dengan Box MCB, maka listrik akan lebih aman mengalir secara otomatis.

Box MCB memang memiliki ukuran yang bervariasi, karena biasanya disesuaikan dengan banyak MCB yang dipasang. Ukuran Box MCB yaitu 1 grup yang terdiri dari 1 MCB, 2 grup terdiri dari 2 MCB dan seterusnya. Semakin besar ukuran Box MCB, maka semakin banyak MCB yang bisa tersimpan. Ukuran Box MCB juga berpengaruh terhadap harga, karena semakin besar akan semakin mahal.

Untuk modelnya, MCB terbagi menjadi dua yaitu model inbow dengan model outbow. Box MCB engan model inbow biasanya akan menyatu ke bagian dalam dinding, sedangkan untuk Box MCB outbow akan di pasang di bagian permukaan dinding. Meskipun kedua model berbeda cara pemasangannya, namun keduanya memiliki fungsi yang sama.

Pada dasarnya Box MCB selalu terdiri dari rel atau besi yang berfungsi sebagai dudukan MCB, sehingga penempatan MCB menjadi lebih aman. Untuk bagian dindingnya biasanya terdapat terminal konektor screw yang akan menempel pada jalur kabel. Jenis Box MCB memang sangatlah banyak, namun yang paling rekomended adalah Box MCB Domae.

C. Sekilas Tentang Box MCB Domae

Box MCB Domae merupakan produk Box MCB yang dikeluarkan oleh perusahaan Schneider Electric. Tujuan utama adanya Box MCB Domae adalah untuk memudahkan masyarakat dalam menggunakan energi listrik. Pelindung MCB juga bisa berguna untuk melindungi MCB dari kehujanan dan dengan banyaknya kelebihan Box MCB, maka produk pelindung atau keamanan ini sangat rekomended untuk dipasang. 

Schneider Electric sangat menyadari, kalo penggunaan energi listrik sangatlah penting untuk manusia dan menjadi hak asasi manusia yang sangat penting. Dengan hadirnya produk Box MCB Domae, maka anda tidak lagi pusing memilih Box MCB terbaik. Meskipun komponen listrik lainnya sangat banyak, namun Box MCB tetap harus diprioritaskan dengan baik.

D. Kelebihan Box MCB Domae

1. Proteksi

Box MCB Domae merupakan salah satu Box MCB yang memiliki sistem proteksi sangat baik, karena memiliki proteksi kelas 2 yang mencegah kontak langsung yang dilakukan manusia atau hewan. Apabila penggunaan Box MCB diremehkan, maka akan sangat membahayakan keselamatan. MCB juga menjadi komponen listrik yang harus dijauhkan dari terik matahari yang berlebihan dan aliran air hujan.

Box MCB Domae juga memiliki tingkat proteksi tinggi, karena sesuai dengan standart IEC 60529:IP 40, IP 41. Tak hanya itu, Box MCB Domae juga memiliki proteksi terhadap kekuatan mekanis yang sesuai dengan EN 50-102 : IK 07. Dengan tingkat proteksi yang tinggi, maka penggunaan Box MCB Domae sangatlah penting untuk dilakukan dan diterapkan, agar listrik selalu aman.

2. Cegah Kebakaran

Kebakaran merupakan salah satu musibah yang sudah tidak asing lagi, karena kebakaran bisa muncul dimana saja. Penyebab kebakaran sangatlah banyak, sehingga kebakaran lumayan sulit untuk terdeteksi. Listrik menjadi salah satu sumber kebakaran yang seringkali terjadi, karena aliran listrik memiliki tegangan yang bisa hasilkan percikan api.

Banyak sekali kebakaran yang ditimbulkan dari konsleting listrik, sehingga penyebab-penyebab kebakaran haruslah bisa di cegah dengan baik. Box MCB Domae bisa mencegah munculnya percikan api yang ditimbulkan konsleting listrik, sehingga bisa menghindarkan dari kebakaran. Apabila tidak menggunakan Box MCB Domae, maka resiko kebakaran di rumah sangatlah tinggi.

3. Material Isolasi

Box MCB Domae memiliki material isolasi yang bisa padam secara otomatis, sehingga tidak perlu menunggu untuk dipadamkan secara manual dan hal ini membuat Box MCB Domae sangat aman buat keselamatan. MCB yang dilindungi dengan BOX juga bisa terhindar dari berbagai serangan hewan kecil yang suka nempel di sekitaran dinding.

Box MCB Domae juga memiliki ketahanan yang sangat tinggi terhadap api dan ketahanannya sesuai dengan standart IEC 60695-2-1. Dengan kualitas keamanan yang sangat tinggi, maka produk Box MCB Domae sangatlah rekomended untuk dipakai. Rumah akan menjadi lebih aman dan nyaman, karena terhindar dari berbagai gangguan yang berhubungan dengan listrik.

4. Desain Keren

Box MCB memang memiliki pilihan jenis yang beragam dan setiap merknya memiliki desain yang berbeda-beda. Namun banyak sekali jenis Box MCB yang hanya mementingkan desain dibandingkan dengan kualitas. Banyak yang desainnya bagus, namun kualitasnya jelek dan bahan yang dipakai tidaklah berkualitas, sehingga tidak bisa bekerja dengan maksimal.

Box MCB Domae menjadi jenis Box MCB yang memiliki standart keamanan sangat tinggi. Tak hanya itu, desain dari Box MCB Domae juga sangatlah keren. Box MCB Domae sangat cocok diterapkan untuk rumah, apartemen, hotel, kantor, pabrik, ruko dan berbagai lokasi lainnya. Desainnya tidak akan menguranggi keindahan suatu tempat, sehingga Box MCB Domae sangat rekomended untuk dipakai.

5. Kualitas Kerangka

Box MCB Domae juga dibangun dari berbagai komponen yang berkualitas, sehingga menghasilkan standar keamanan yang tinggi. Box MCB Domae memiliki 2 terminal blok dan juga memiliki 2 penyangga terminal bloknya, sehingga membuat Box MCB Domae bisa ditempel di dinding. Adanya penyangga sangatlah mampu menopang berat dari Box MCB itu sendiri.

Box MCB Domae untuk boks panel yang memiliki modul 4 dan 6 biasanya dilengkapi dengan 4 lubang. Sedangkan untuk boks panel yang memiliki modul 8 dan 12 biasanya dilengkapi dengan 8 lubang. Tak hanya itu, Box MCB Domae juga dilengkapi dengan plat penutup yang mempu menghindarkan MCB dari kepanasan atau terkena tetesan air hujan.

Box MCB Domae juga dilengkapi dengan 1 set penandaan dan dilengkapi dengan 4 sekrup untuk pemasangan di permukaan. Dengan berbagai komponen tambahan yang dimiliki Box MCB Domae, maka akan mencegah berbagai kondisi yang membahayakan keselamatan. Untuk menempelkan Box MCB Domae ke tembok juga sangatlah mudah, karena komponennya sudah di set dengan sangat baik.

6. Permudah Distribusi Daya

Box MCB Domae juga tidak hanya berguna sebagai pelindung MCB, namun Box MCB Domae juga bisa membantu para pengguna untuk mengatur distribusi daya ke berbagai ruangan atau lokasi yang dibutuhkan. Dengan Box MCB Domae, maka pemakaian daya bisa tersebar ke berbagai lokasi dan bisa di set sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Para pengguna bisa membuat fokus pemakaian daya di berbagai ruangan. Kondisi seperti ini biasanya muncul para tempat yang membutuhkan daya listrik yang sangat tinggi, sehingga pembagian listrik ke beberapa ruangan haruslah merata. Perkantoran menjadi lokasi yang selalu membutuhkan pembagian listrik yang maksimal.

Dengan memperhatikan berbagai kelebihannya, maka Box MCB Domae sangatlah penting untuk dipakai. Dengan memasang Box MCB Domae, maka standar keamanan tentang kelistrikan menjadi sangat baik dan efektif. Dengan mementingkan perlindungan terhadap MCB, maka pencegahan terhadap berbagai kondisi yang tidak diinginkan menjadi lebih baik.

Itulah ulasan mengenai Box MCB Domae dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembacanya.






Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us atau kirim melalui form dibawah ini.