Download WPS Office : Pengertian, Fitur, Kelebihan dan Kelemahan

    WPS Office

    Nama dari WPS Office ini mungkin tidak asing bagi anda, khususnya pengguna smartphone Xiaomi. Hal ini dikarenakan, aplikasi office tersebut menjadi software bawaan dari ponsel tersebut untuk memudahkan penggunannya.

    Secara garis besar, aplikasi WPS Office ini memiliki fungsi sama dengan aplikasi office lainnya, dan kemungkinan memiliki beberapa perbedaan yang menjadi ciri khas dari aplikasi tersebut. Hal semacam ini sudah menjadi ciri khas dari developer, agar bisa mendapatkan pasar yang berbeda daripada pesaing.

    Mungkin bagi beberapa diantara kalian masih asing dengan aplikasi berikut, dan keseringan memasang aplikasi tambahan seperti MS Office dan semacanya untuk membuka docx, xls, dan semacamnya. Terkadang pengguna HP Xiaomi sekalipun juga demikian. Untuk itu, silahkan simak pembahasan lengkapnya sebagai berikut.

    A. Penjelasan WPS Office

    WPS Office ini adalah sebuah aplikasi mobile office terbaik yang bisa anda dapatkan untuk digunakan pada perangkat smartphone. Pada awal kemunculannya, aplikasi mobile ini menggunakan nama sebagai Kingsoft Office, dan kini aplikasi tersebut sudah di upgrade dan berganti nama menjadi WPS Office.

    Aplikasi yang dikerjakan oleh developer asal China yang bernama Kingsoft tersebut awalnya memang sangat populer bagi pengguna smartphone yang ada dibagian timur. Akan tetapi, karena penggemar setianya yang sangat banyak sehingga membuat aplikasi WPS Office ini perlahan namun pasti mulai digemari oleh para pengguna smartphone di kawasan AS. Lantas seperti apakah kemampuan dari WPS Office ini hingga banyak orang menyukainya?

    Aplikasi WPS Office ini merupakan salah satu aplikasi yang populer dan banyak digunakan, hal ini tidak terlepas dari kemudahannya untuk digunakan serta memiliki sejumlah fungsi atau fitur yang sangat banyak, sehingga akan memudahkan pekerjaan anda nantinya. Namun bagi anda yang masih pemula kemungkinan bakal sedikit kebingungan untuk menjalankan aplikasi ini. Maka dari itu, pada kesempatan ini kami ingin memberikan sedikit penjelasannya untuk anda semua.

    Kemampuan yang dimiliki oleh WPS Office ini memang menyerupai aplikasi mobile office competitor lain, dimana menawarkan beragam tools yang pasti bakal sangat membantu untuk membuat atau mengedit dokumen, tabel, maupun bahan presentasi.

    Dan yang paling menarik dari WPS Office ini adalah, aplikasi ini bisa anda dapatkan secara gratis serta tidak membutuhkan akun untuk bisa menggunakannya. Jadi anda cukup download aplikasinya, dan langsung bisa anda gunakan. Dan hal inilah yang membuatnya beda dengan Google Drive maupun Microsoft Office yang membutuhkan akun untuk login dan memakainya.

    Baca Juga :  Download Avira - Antivirus Windows PC

    B. Setup WPS Office

    WPS Office ini bisa anda dapatkan secara gratis di Play Store maupun iOS, ukuran filenya pun juga tidak terlalu besar, yakni sekitar 50 MB saja, dengan begini maka WPS Office ini pun sangat ramah untuk smartphone anda, bahkan dengan spesifikasi β€˜kentang’  sekalipun. Jelas ukuran dari aplikasi ini 10x lebih kecil jika dibandingkan dengan software Microsoft Office. Dengan mengkonsumsi kapasitas memori yang kecil ini, menjadikan WPS Office ini bisa bekerja dengan cepat serta mampu merespon dengan baik.

    Kini versi terbaru dari WPS Office ini sudah mendapatkan update menjadikannya memiliki kemampuan integrasi dengan Dropbox. Untuk tampilan dari WPS Office versi smartphone dan tablet ini memiliki perbedaan, dimana untuk versi table ini memiliki tampilan layout yang intuitif dan memiliki performa yang lebih halus jika anda bandingkan dengan versi smartphone, dimana WPS Office memiliki tools yang lebih sedikit.

    Aplikasi WPS Office ini memiliki 3 program didalamnya yang tersedia dalam satu paket, diantaranya  Writer, Presentation, Spreadsheet (WPS). Untuk menggunakan ketiga aplikasi tersebut, anda tidak perlu mengunduhnya satu persatu seperti yang ditawarkan oleh Google maupun Microsoft Office.

    C. Tampilan Antarmuka WPS Office

    Karena tergolong aplikasi yang sederhana, maka tampilan yang dimiliki oleh WPS Office ini un juga sangat bersih dan simple, sehingga hal ini akan memudahkan dalam melakukan proses editing dokumen hanya menggunakan smartphone. Untuk desain dari WPS Office ini memiliki gaya mirip dengan Micosoft Office dengan memakai toolbar warna dibagian atas untuk tempat menyediakan menu editing.

    Terdapat pula tab untuk tools yang berbeda, seperti menu file, insert, serta view. Dan bagi anda yang sudah akrab dengan aplikasi perkantoran, maka dijamin anda tidak akan kerepotan untuk menjalankan WPS Office ini nantinya.

    Pada bagian halaman utama, anda akan ditunjukkan sejumlah file dokumen yang baru-baru ini anda buka atau edit yang ada di sisi kiri. Silahkan anda geser kebagian kiri untuk berpindah menu guna membuka dokumen ataupun membuat dokumen baru, baik itu dalam format teks, presentasi, maupun Spreadsheet. Yang menarik, WPS Office ini juga mendapat dukungan penuh dengan berbagai format file buatan Microsoft dan juga Google Docs seperti Gsheet maupun Docx.

    Dan pada update terbaru, WPS Office ini dibekali kemampuan sehingga terintegrasi dengan Dropbox, dengan begini maka anda pun bebas untuk melihat maupun mengedit file yang telah tersimpan di akun Dropbox anda. Selain itu, anda juga bisa tersambung dan menyimpan file menggunakan berbagai aplikasi cloud seperti Google Drive, Box, Onedrive, hingga Evernote.

    Baca Juga :  Download HitFilm Express Untuk Komputer PC Laptop Last Version Terbaru

    Masih didalam menu bar, disini terdapat tab File yang memungkinkan anda bisa mengakses cepat untuk membuka file pada saat anda sedang mengoperasikan menu lainnya. Selain itu, menu ini juga akan memudahkan anda dalam membuka beberapa berkas sekaliguas dan berpindah dari file 1 ke file lainnya memanfaatkan tab file.

    D. Fitur Tools Edit WPS Office

    WPS Office ini memiliki fitur yang sangat akrab dengan  berbagai software office pada umumnya, sehingga memudahkan anda untuk membuat maupun mengedit dokumen kantoran hanya dengan menggunakan smartphone maupun tablet.

    Selain terdapat beberapa file standar seperti mengubah ukuran font dan style, menambahkan slide pada file presentasi, serta membuat formula pada spreadsheet, WPS Office  ini sudah mendukung beberapa fitur canggih didalamnya.  Beberapa fitur canggih yang dimaksud ini diantaranya adalah bisa melakukan printing secara wireless tanpa kabel dengan memanfaatkan Google Cloud Print, melacak perubahan yang ada didalam dokumen, mampu mengenkrpsi file untuk menguncinya agar aman dari pencurian data termasuk untuk menginstall font baru.

    Sementara untuk program spreadsheet didalam WPS Office ini mampu untuk menampilkan grafik. Lalu pada program presentation didukung dengan mode presenter sehingga membuat anda bisa memainkan slideshor dengan laser pointer, anda juga menggambarnya di layar smartphone nanti.

    E. Performa WPS Office

    Tak bisa dipungkiri, dengan segala kecanggihan yang dimilikinya, WPS Office ini mendapatkan banyak sekali pujian dari para penggunannya. Selain itu, hal ini juga tidak terlepas dari banyaknya para pengguna smartphone yang membutuhkan WPS Office ini dalam melakukan setiap pekerjaan.

    Dengan tampilan yang bersih dengan warna soft, Toolbar editing didalam WPS Office ini juga mudah dioperasikan.  Selain itu, untuk menjalankan WPS Office ini anda juga bisa memakai format dokumen yang umum digunakan oleh aplikasi office seperi Google Docs maupun Microsoft Office. Selain itu, bagi anda yang menggunakan WPS Office versi tablet ini juga jauh lebih handal dibandingkan versi smartphone.

    Sebagai aplikasi pengolah dokumen perkantoran, maka WPS Office ini menjadi pilihan dan solusi yang sangat tepat untuk anda gunakan, karena didalamnya memiliki berbagai fasilitas maupun fitur yang dibutuhkan dan menjadikannya dalam satu paket aplikasi komplit. Akan tetapi, jika anda menggunakan aplikasi WPS Office ini bakal terasa rumit jika kebutuhannya hanya untuk membuat catatan singkat yang cepat, untuk melakukan tugas ini anda bisa menggunakan aplikasi yang lebih sederhana seperti Google Keep maupun Evernote nantinya.

    Baca Juga :  Download LibreOffice : Pengertian, Fitur, Kelebihan dan Kekurangan

    F. Kelebihan WPS Office

    • WPS Office telah didukung dengan fasillitas reading dan memiliki layout yang bisa di-scroll (digulung dari atas kebawah maupun sebaliknya) atau bisa juga di flip (dibalik lembaran demi lembaran seperti pada saat anda membaca buku)
    • Tampilan layar dari WPS Office  ini bisa diperbesar dengan tulisan yang bisa anda wrap, dengan begini tulisan  tidak terpotong oleh bagian tepi-tepi dari layar smartphone anda
    • Dapat link (terhubung) ke dalam layanan cloud storage seperti Dropbox, Google Drive, One Drive, dan lain sebagainya. Sementara itu aplikasi office lainnya seringkali mengalami kegagalan pada saat melakukan linking meskipun fasilitas untuk linking sudah disediakan sebelumnya
    • WPS Office  ini terdapat tombol untuk menampilkan keyboard, pada umumnya aplikasi lain mengharuskan ada untuk mengetuk-ngetuk layar hingga keyboard ini muncul, akan tetapi ketukan di layar pada aplikasi lain seringkali berakibat pindahnya cursor pada posisi yang tanpa sengaja terketuk
    • Aplikasi WPS Office ini ringan untuk digunakan, sehingga anda tidak perlu menunggu lama sampai suatu eksekusi selesai dilakukan
    • Memiliki fasilitas untuk meng-convert file ke dalam format PDF
    • Fasilitas pengaturan font yang ada didalam WPS Office  ini sangat user friendly
    • Fasilitas bullet dan numbering-nya juga sangat user friendly, dengnan begini anda bakalan berhasil untuk mengatur bullet mau[un numbering meskipun hanya mengedit menggunakan perangkat mobile (smartphone)

    G. Kelemahan WPS Office

    Jika dibandingkan dengan kelebihannya, WPS Office ini bisa dikatakan sangat minim sekali kelemahannya. Biasanya aplikasi ini mengalami kegagalan untuk menampilkan file PPT yang mana didalamnya memiliki halaman dengan tulisan maupun gambar yang tidak muncul sekaligus, namun membutuhkan beberapa kali klik agar memunculkan satu persatu.

    Untuk masalah ini WPSOffice selalu menampilkan halaman presentasi tersebut sekaligus, dengan begini maka semua gambar maupun tulisan yang telah diatur muncul satu persatu bakalan tampil sekaligus dilayar.

    Tentunya kelemahan yang dimiliki oleh WPS Office ini tidak menjadi alasan untuk tidak mengandalkannya, karena jika dibandingkan dengan kelebihan yang dimiliki tentu masih sangat menguntungkan kita yang memakainya. Bagi anda yang penasaran, maka tidak ada salahnya untuk menginstall aplikasi WPS Office ini untuk membantu pekerjaan anda.

    – Free Download WPS Office Last Version

    WPS Office for WindowsDownload
    WPS Office for MacOSDownload
    WPS Office for LinuxDownload
    Unduh Gratis WPS Office Versi Terbaru

    Cukup sekian pembahasan tentang WPS Office, semoga apa yang kami sampaikan ini bermanfaat dan menambah wawasan anda nantinya, atau bahkan tertarik untuk mencoba memasang aplikasi ini pada perangkat andalan kalian.

    Previous articleDownload Shotcut Video Editor Untuk Komputer PC Laptop Last Version Terbaru
    Next articleDownload Zoho Docs : Pengertian, Fitur, Kelebihan dan Kekurangan