Download WINGINX : Pengertian, Cara, Perbandingan, Kelebihan dan Kekurangan

    Download WINGINX : Pengertian, Cara, Perbandingan, Kelebihan dan Kekurangan

    Web server memiliki peran yang sangat penting untuk kelancaran sebuah website. Hal tersebut dikarenakan Web server ini bakal menerima request dari apa yang telah kita cari, setelah itu memberikan tanggapan dan mengirimkan alamat web ini dalam bentuk dokumen HTML.

    Nah dalam pemilihan web server seperti ini anda butuh menyesuaikan apakah web server ini sudah cocok kinerjanya dengan kebutuhan anda apa belum. Nah salah satu web server yang cukup banyak digunakan saat ini adalah NginX atau dibaca dengan ‘engine-ex’.

    A. Pengertian WINGINX

    Nginx ini merupakan sebuah web server yang sangat popular untuk sistem operasi Linux dan BSD, sementara untuk WINGINX ini merupakan tools untuk menyalakan sebuah web server local Nginx untuk anda pengguna Windows.

    Sama halnya dengan XAMPP maupun Apache, untuk WINGINX ini sangat bermanfaat untuk mengembangkan sebuah website PHP dan Node.js dengan menggunakan database MySQL, MongoDB, Redis, serta memcached.

    Nah untuk WINGINX dengan Nginx ini sebenarnya sama saja, hanya saja kedua engine ini bisa digunakan untuk OS yang berbeda serta cara instalasinya pun juga berbeda. WINGINX ini merupakan salah satu open source web server software terpopuler yang memiliki market share cukup besar di seluruh dunia dengan lebih dari 40 juta pengguna.

    Yang menarik, WINGINX ini bekerja dengan menggunakan yang disebut ‘an asynchronous event-driven architecture’. Jadi WINGINX ini berbeda dengan web server tradisional yang menjadikan berbagai request pengguna sebagai proses baru dan tunggal.

    WINGINX ini mampu merespons banyak request dalam sekali worker proses, dan nantinya setiap worker proses tersebut bakal meneruskan request ini ke master process lalu meresponnya dengan memberikan tampilan yang diminta oleh client.

    Selain menjadi web server, WINGINX juga menawarkan sejumlah fungsi maupun fitur lain yang pastinya sangat bermanfaat untuk pengguna, mulai dari load balancer, email proxy, proxy server, hingga content cache. Tak ketinggalan, WINGINX juga sudah dibekali dengan banyak pilihan modul guna menambah fungsionalitasnya, diantaranya adalah:

    • Image-Filter guna mengatur ulang ukuran maupun memotong gambar
    • GeolP2 yang bisa memperoleh data alamat IP yang akurat
    • Accept Langguage yang berguna utuk memudahkan multi-langguage website guna menyajikan bahas yang sesuai dengan kebutuhan anda nantinya

    B. Cara Install WINGINX

    Langkah pertama pasti anda harus memiliki aplikasi WINGINX ini terlebih dahulu.

    Jika sudah, silahkan buka aplikasi WINGINX tadi, lalu klik menu Winginx-setup, lalu klik OK >> Next >> I Accept. Setelah proses diatas tadi, nantinya akan diminta memilih bahasa yang digunakan, silahkan anda pilih bahasa Inggris

    Baca Juga :  Download iWork : Pengertian, Fitur, Kelebihan dan Kelemahan

    Pada saat anda mengaktifkannya, biasanya muncul pengaturan Windows Firewall yang akan memblokirnya. Karena itu, silahkan anda pilih ‘unblock’ pengaturan tersebut agar nantinya aplikasi WINGINX ini bisa dijalankan.

    Setelah proses install WINGINX ini selesai, lalu anda buka browser lalu silahkan ketik localhost tanpa http://localhost

    Jika berhasil, maka nantinya bakalan muncul tampilan layar bertuliskan ‘It Works!, Welcome to Wingix’. Dan apabila hal itu muncul, maka WINGINX ini sudah berhasil di install didalam computer anda

    Selanjutnya kali ini menginstall WordPress didalam computer anda, silahkan anda download WordPress versi terbarunya di http:/wordpress.org/download

    Jika sudah selesai download, silahkan anda simpan file Zip WordPress tersebut pada C >> home >> localhost >> public_html.

    Setelah itu silahkan anda ekstrak file tersebut, dan akan muncul nma WordPress 3.5.1

    Jika proses tadi sudah selesai, kali ini kembali lagi ke browser ‘localhost’ tadi. Ketikkan http://localhost:81/, setelah itu akan muncul jendela phpMyAdmin

    • Langkah pertama silahkan anda buat nama database anda terlebih dahulu. Ketikkan pada bagian Username dengan nama Root, sementara pada password dikosongkan saja, lalu anda klik menu Go
    • Setelah menu terbuka, silahkan anda klik emnu Database yang berada dibagian atas.  Pada bagian create database silahkan anda berikan nama database yang di inginkan. Klik Create
    • Kembali lagi pada bagian browser ‘localhost’ tadi. Kali ini silahkan anda ketikkan menjadi http://localhost/wordpress3.5.1/ . Hal ini dikarenakan pada set name defaultnya wordpress tadi kita menggunakan nama WordPress3.5.1
    • Silahkan anda klik menu Create a Configure File >> Lets Go!
    • Setelah muncul jendela baru, silahkan anda isi sesuai kebutuhan anda
    • Database Name: (sesuai keinginan)
    • User Name : root
    • Password : kosongkan saja
    • Database Host : localhost
    • Table Prefix: ftg_
    • Klik Submit, lalu klik Run the Install
    • Silahkan isi Site Titlenya sesuai keinginan anda
    • Username : Admin
    • Password: silahkan anda isi bebas
    • Your Email: masukkan email anda
    • Jika sudah, silahkan anda klik menu Install WordPress, tunggu hingga proses install selesai
    • Selanjutnya klik tombol Log In, silahkan anda masukkan data seperti yang ada diatas tadi
    • Selesai

    Nah bagi anda yang ingin  melihat tampilan Backend dari WordPress tadi, silahkan anda ketikkan di browser http://localhost/wordpress3.5.1/wp-admin, sementara untuk tampilan Front End cukup ketikkan http://localhost/wordpress3.5.1/

    Setelah anda berhasil menginstall WordPress didalam computer, dan keesokan harinya ingin membuka lagi maka caranya bisa anda lakukan seperti ini:

    • Run Winginx dengan cara klik tombol Start >> Program >> Winginx >> WInginx
    • Setelah itu anda buka browser dengan alamat yang sudah kita perlihatkan diatas tadi, http://localhost/wordpress3.5.1/.. Lalu tekan enter
    • Nantinya akan muncul tampilan FrontEnd dari wordpress anda
    • Jika ingin membuka tampilan BackEnd, silahkan anda klik link Site Admin, dan masukkan Username serta Password yang dibuat tadi, lalu klik Login.
    Baca Juga :  Download Zoho Docs : Pengertian, Fitur, Kelebihan dan Kekurangan

    C. Kelebihan WINGINX

    1. Pemakaian Resources Lebih Efisien

    WINGINX ini adalah sebuah software yang ringan dan tidak membutuhkan sumber daya atau memori yang banyak. Dalam pendekatan asynchronous event-driven yang dipakai juga bakalan membantu anda dalam mengifisienkan penggunaan RAM pada perangkat computer maupun Laptop anda.

    2. Multifungsi

    WINGINX ini memang tidak hanya berfungsi sebagai web server saja, dengan begini maka anda pun tidak perlu repot untuk mengelola tools tambahan guna memaksimalkan kinerja website anda tersebut. keuntungan lainnya adalah, anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan nantinya untuk mengaktifkan tools lain nanti.

    3. Performa

    Jika berbicara soal static content, maka WINGINX ini bisa dikatakan sangat unggul dari para competitor terdekatnya yakni Apache. Dan hal tersebut tidak terlepas dari asynchronous miliknya, software ini pun juga bisa memproses request lebik baik terutama pada saat server website anda tadi diakses oleh banyak orang di waktu yang bersamaan.

    4. Keamanan

    Soal keamanan dari WINGINX ini pun juga sudah tak perlu diragukan lagi. Dimana software ini sudah didukung oleh developer handal yang secara teratur mampu mempublikasikan keamanan patches maupun updates, dengan begini maka website yang anda milik bisa terhindar dari serangan DDoS.

    D. Kekurangan WINGINX

    Setelah mengetahui kelebihan WINGINX ini, tidak ada salahnya jika anda juga perlu mengetahui kekurangan dari aplikasi tersebut sebagai bahan pertimbangan nantinya.

    1. Kompatibilitas

    WINGINX atau NGINX ini memang kompatibel dengan sejumlah unix-like system, namun untuk performanya di OS Micrsoft Windows ini tidak sebaik pada saat digunakan pada platform lainnya. tidak hanya itu saja, NGINX ini juga tidak mendukung untuk sejumlah sistem operasi lain seperti z/OS, IBM I, OpenVMS, serta eComStation.

    2. Fleksibilitas

    Untuk jumlah add-ons maupun modules yang ditawarkan oleh WINGINX ini dirasa kurang komplit. Karena hal tersebut, beberapa orang beranggapan jika web server ini dirasa masih kurang fleksibel. Selain itu, WINGINX ini juga tidak didukung untuk melakukan kustomisasi koneksi melalui .htaccess tool.

    3. Dukungan Komunitas Juga Belum Lengkap

    Selain add-ons dan modules yang kurang komplit, WINGINX ini juga masih memiliki bantuan maupun dukungan komunitas yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan Apache. Karena itu beberapa isu belum didukung dengan dokumentasi maupun referensi yang memadai.

    Baca Juga :  Download Adobe Illustrator : Fitur, Cara Menggunakan, Kelebihan dan Kekurangan

    E. Perbandingan WINGINX vs Apache

    1. Dukungan Sistem Operasi

    Baik WINGINX maupun Apache ini keduanya bisa dijalankan untuk berbagai sistem operasi yang mendukung sistem Unix. Akan tetapi, untuk NginX pada Windows ini performanya tidak sebagus pada platform lain.

    2. User Support

    WINGINX maupun Apache sudah dilengkapi dengan yang namanya Mailing Support serta forum Stack Overflow, tapi untuk Apache tidak memiliki fitur bantuan pelanggan seperti milik NginX.

    3. Performa

    WINGINX ini mampu menjalankan 1000 koneksi konten statis dalam waktu yang bersamaan sangat cepat, bahkan dua kali lipat dibandingkan Apache. Selain itu, NginX ini juga memiliki kapasitas memori yang lebih besar,  namun jika kedua server ini menjalankan konten dinamis memiliki kecepatan yang sama.

    F. Kesimpulan

    Setelah anda mengetahui penjelasan mengenai WINGINX diatas tadi, maka bisa kita simpulkan jika Nginx ini merupakan aplikasi gratis yang bisa bekerja tidak hanya sebagai web server saja, namun juga bisa berguna sebagau content cache, Proxy server, maupun load balancer dengan memakai pendekatan an asynchronous event-driven architecture. Selain itu WINGINX juga berguna untuk menghemat sumber daya server sekaligus menjadi yang terdepan dalam kasus multiple request, sehingga sangat bisa untuk diandalkan.

    Selain itu, WINGINX ini juga dalam menampilkan konten static juga lebih cepat, sehingga hal ini menjadi pilihan favorit mereka yang memiliki website berskala besar. Namun anda tidak boleh lupa, jika dalam hal performa aplikasi WINGINX ini sedikit tertinggal bagi anda pengguna Windows. Selain itu masih ada sisi lemah dari WINGINX ini yaitu terbatasnya community support. Modules, hingga add-ons juga perlu menjadi bahan pertimbangan anda.

    Lantas bagaimana? Dengan kelebihan dan kekurangan WINGINX ini masih cukup sesuai dengan kebutuhan anda saat ini?  yang pasti web server bukanlah satu-satunya faktor penting yang layak diperhatikan, karena jika ingin website atau situs yang anda miliki mampu bekerja secara optimal, masih ada hal lain yang layak jadi bahan pertimbangan seperti pemilihan hosting sesuai dengan skala website anda.

    – Download WINGINX last Version

    Techsmith WINGINX WindowsDownload
    Techsmith WINGINX (Official Link)Download
    Unduh Gratis WINGINX Versi Terbaru

    Cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang WINGINX, semoga apa yang disampaikan ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda nantinya. Bagi anda yang ingin mencoba server, aplikasi berikut menjadi salah satu yang penting untuk dicoba sebagai bahan perbandingan juga dengan aplikasi web server lain berbasis Windows.

    Previous articleDownload Wamp Server : Pengertian, Fungsi, Cara, Kelebihan dan Kelemahan
    Next articleDownload XAMPP : Pengertian, Fitur, Cara, Kelebihan dan Kekurangan