Home Download VirtualBox : Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan

    Download VirtualBox : Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan

    VirtualBox

    Dalam dunia perangkat PC, terdapat sebuah teknologi yang memungkinkan pengguna bisa menjalankan dua sistem operasi berbeda di satu perangkat dalam waktu yang bersamaan. Tentu ini merupakan sebuah teknologi yang sangat membantu, khususnya bagi mereka yang tidak mau ribet.

    Namun untuk melakukan hal tersebut tidak bisa dilakukan secara langsung melalui menu setelan, tetapi dibutuhkan sebuah aplikasi yang bisa melakukan tugas tersebut. Demi keamanan dan kemudahan dalam pengoperasiannya, dikarenakan kalau langsung dual boot itu akan sedikit lebih rumit ketika melakukan partisi.

    Kalau lebih mudahnya yakni menggunakan aplikasi virtual seperti halnya VirtualBox, dimana aplikasi ini bisa digunakan untuk menjalankan beberapa OS sekaligus dalam satu perangkat komputer tanpa harus berdampingan dengan OS utama kita. Namun pada dasarnya aplikasi ini cenderung dimanfaatkan untuk belajar instalasi OS dengan meminimalisir risiko.

    A. Pengertian VirtualBox

    Oracle VM VirtualBox adalah sebuah aplikasi virtualisasi yang memungkinkan anda bisa membuat sebuah sistem operasi tambahan didalam sistem operasi utama. Untuk lebih singkatnya, dengan adanya VirtualBox ini anda bisa menjalankan 2 sistem operasi secara bersamaan didalam satu PC.

    Untuk contohnya, misal anda memiliki PC dengan sistem operasi Windows 10, setelah itu anda menginstall aplikasi VirtualBox ini didalam PC tersebut dengan menjalankan sistem operasi berbeda seperti Linux di waktu yang bersamaan.

    VirtualBox ini pertama kali hadir oleh perusahaan bernama Innotek Gmbh yang berasal dari Jerman. Lalu perusahaan tersebut diakuisisi oleh Sun Microsystem dan  menjadi milik Oracle pada saat diakuisisi oleh Sun Microsystem tersebut.

    VirtualBox ini lalu dikembangkan oleh Oracle sebagai open-source, setup instalasi dari VirtualBox ini sendiri disediakan untuk OS Windows, Macintosh, Linux, dan juga Solaris. Untuk mendapatkan aplikasi ini anda bisa mengunjungi situs resminya di www.VirtualBox.com secara gratis.

    Aplikasi VirtualBox ini juga telah mendukung 3 jenis virtual hardisk drive, diantaranya adalah VHD, VDI, dan juga VMDK. Dengan dukungan tersebut maka akan memudahkan anda jika ingin melakukan ujicoba pada sjeumlah judul aplikasi viryalisasi yang serupa, misalnya seerti anda ingin menggunakan salah satu jenis virtual hardisk tadi untuk diekspor/impor dengan aplikasi mesin virtual lain salah satunya VMWare.

    B. Fungsi VirtualBox

    Bagi anda yang masih awam atau belum pernah mengenal VirtualBox tersebut, berikut ini penjelasan mengenai fungsi VirtualBox yang perlu anda ketahui :

    Baca Juga :  Download YouWave : Pengertian, Fitur, Cara, Kelebihan dan Kekurangan

    1. Media Untuk Melakukan Percobaan Pada Sistem Operasi

    Pengembang OS Linux ini memang selalu merilis update distribusinya secara berkala pada setiap bulan, semester, maupun setiap tahun. Nah bagi anda yang pengguna sistem operasi selain Linux dan penasaran ingin mencoba terhadap update distribusi pada OS tersebut, maka VirtualBox ini bisa menjadi media yang sangat tepat untuk anda gunakan tanpa perlu membeli PC lagi berbasis Linux.

    2. Hemat Biaya Investasi Hardware

    Dengan menggunakan VirtualBox ini, maka anda pun tidak perlu melakukan investasi untuk beli perangkat baru jika ingin merasakan sensasi sistem operasi lain. Dalam sebuah persepsi kebutuhan biaya guna membangun sebuah perangkat computer yang dirancang sebagai server, maka keberadaan VirtualBox ini sangat membantu anda dalam memangkas investasi hardware.

    Cukup dengan menggunakan PC lama anda, setelah itu menginstall VirtualBox ini didalamnya, maka anda seolah-olah memiliki dua perangkat dengan sistem operasi. Dan yang menarik lagi, VirtualBox ini menismulasikan perangkat PC hanya dalam satu buah jendela saja, jadi anda bisa menghemat pengeluaran listrik juga jika dibandingkan memiliki dua perangkat.

    3. Memangkas Proses dan Uji Implementasi Sistem

    Perlu anda ketahui, jika VirtualBox ini memiliki kemampuan untuk mengcloning virtual hardisk dari sistem virtualisasi OS yang telah terkonvigurasi kedalam VirtualBox. Dengan begini artinya, jika user ingin mengimplementasikan teknologi tertentu secara independen pada setiap fresh install OS, maka anda tidak perlu melakukan proses pengulangan dari awal install OS lagi.

    Dengan memanfaatkan virtual hardisk yang sudah terinstall sebelumnya di VirtualBox, maka anda hanya perlu melakukan clong, dan pastinya fresh OS ini akan selalu siap anda gunakan kapan saja saat dibutuhkan.

    4. Memangkas Biaya Untuk Media Simpan Sistem

    Masih ada kaitanya  dengan poin nomor 2 tadi soal hemat biaya investas hardware. Termasuk didalamnya investasi hardware tadi maka anda bisa memanfaatkan virtual hardisk, lalu mengelolanya didalam jendela pada aplikasi VirtualBox tersebut.

    Tentu saja, untuk hal ini anda harus menyesuaikan kepasitas hardisk yang ada pada computer utama, semakin besar sisa ruang hardisk di computer utama maka semakin besar juga kapasitas virtual hardisk yang anda buat nanti

    5. Konfigurasi Hardware Virtual

    Untuk pengaturan hardware virtual di dalam VirtualBox tersebut meliputi berbagai CPU, RAM, Hardisk, Display, Soundcart, USB port, dan juga Lan Port Virtual. Semua perangkat virtual diatas tadi bakal secara otomatis terinstall pada VirtualBox tanpa anda harus menginstall driver yang menggunakan setup file eksternal, dengan begini anda tinggal melakukan konfigurasi saja sesuai kebutuhan.

    Baca Juga :  Download Realtek HD Audio Drivers Terbaru Gratis

    6. Replacement Sistem Virtual

    Pada sebuah computer host tidak mampu lagi untuk menjalankan sejumlah perangkat virtual yang disebabkan oleh faktor spesifikasi maupun masalah kapasitas hardisk, anda diberi kemampuan untuk melakukan pemindahan/replacement perangkat virtual tersebut dengan sangat mudah.

    Anda hanya perlu menyalin hardisk virtual tadi kedalam computer utama lain yang lebih kompatibel, lalu ditambah dengan sedikit konfigurasi lagi untuk menyesuaikan settingan seperti pada perangkat yang lama.

    7. Deployment Sistem Virtual

    Pengguna diperbolehkan untuk melakukan cloning sistem berapapun itu selama kapasitas hardisk pada perangkat utama masih mencukupi.  Semakin banyak kapasitas penyimpanan pada perangkat utama, maka semakin banyak pula potensi salinan dari virtual OS yang bisa anda buat nantinya.

    8. Maintenance Virtual Sistem

    Soal maintenance/perbaikan pada perangkat virtual di VirtualBox ini tidak berbeda jauh dengan perangkat PC pada dunia nyata, bedanya untuk maintenance yang anda lakukan kali ini hanya dilakukan dari sisi software saja, karena memang bentuk dari perangkat keras anda kali ini berbentuk virtual.

    9. Bisa Jadi Media Belajar Bagi Pemula IT

    Nah bagi anda yang masih pemula dalam bidang IT, maka VirtualBox ini bisa anda jadikan sebagai media belajar yang sangat aman dari potensi kerusakan yang mungkin tak sengaja anda lakukan. Hal ini dikarenakan, setiap kerusakan yang anda sebabkan pada virtual sistem di VirtualBox ini tidak akan berpengaruh apapun pada perangkat utama.

    Banyak sekolahan maupun universitas yang ada kaitanya dengan IT, memanfaatkan VirtualBox ini sebagai salah satu media pembelajaran untuk para siswa. Maka tidak heran sebagian besar mereka yang mempelajari soal IT kenal dengan VirtualBox tersebut.

    C. Kelebihan VirtualBox

    1. Open Source yang Memiliki Lisensi GPL (General Public License)

    GPL merupakan sebuah lisensi yang di khususkan pada software gratis yang memiliki cakupan sangat luas guna menjamin para pengguna bisa secara bebas menjalankannya, membagikan, belajar, serta melakukan modifikasi software tersebut.

    2. Konfigurasi Instalasi Virtual OS yang Mudah

    Seperti yang sudah dijelaskan pada fungsi VirtualBox tadi, dimana konfirgasi virtal OS pada aplikasi ini memang relative lebih mudah.  Sistem operasi yang sudah anda install pada virtual hardisk tadi, bisa dipindah maupun disalin serta pengguna juga bisa melakaukan virtual hardisk ini layaknya sebuah file yang cukup dengan Copy-paste saja.

    Baca Juga :  Download Utorrent Terbaru Untuk Windows

    Setalah itu anda hanya perlu melakukan sedikit konfigurasi saja guna menyesuaikan kebutuhan serta kondisi sistem yang di inginkan. Meksipun jika anda ingin melakukan instalasi OS secara fresh dari awal pun caranya juga sangat mudah.

    3. Konfigurasi Jaringan Virtual Cukup Mudah

    Pada menu Setting – Network di VirtualBox ini, anda akan mendapati konfigurasi jaringan yang memiliki 6 mode, diantaranya:

    • Not Attached : Dalam mode ini berati virtual machine tidak bisa tersambung dengan jaringan internet manapun
    • NAT : Pada mode ini menyebabkan virtual machine bisa terhubung ke jaringan untuk mengakses internet yang dimiliki oleh perangkat utama, tetapi tidak bisa membuatnya terhubung pada jaringan perangkat utama.
    • NAT Network : Mode ini membuat sejumlah virtual machine bisa terhubung dengan virtual machine lain, asalkan keduanya menggunakan mode NAT Network dan masih dalam satu jaringan serta masih terkoneksi dengan internet.
    • Internet Network : Pada saat menggunakan mode ini, maka akan terbangun sebuah virtual network antara virtual machine satu dengan yang lain masih dilingkup satu jaringan LAN
    • Bridget Adaptor : Dalam mode ini, virtual machine bisa ikut menggunakan akses internet yang dipakai oleh computer utama. Secara teknik berati virtual machine ini terhubung pada jaringan LAN yang sama dengan computer utama
    • Host-Only : Mode ini serupa dengan internal network, namun bedanya hanya menggubunkan antara computer utama dengan virtual machine saja

    D. Kelemahan VirtualBox

    1. Belum Memiliki Fitur Capture

    Yang menjadi kelemahan pertama VirtualBox ini tidak didukung dengan fitur capture screen, sehingga jika anda ingin mengambil screenshot layar, maka perlu aplikasi capture screen tambahan seperti FastStone atau XnView.

    2. Belum Mendukung USB 3.0

    VirtualBox ini masih belum mendapat dukungan untuk mengakses USB 3.0 baik secara visik ataupun virtual

    – Free Download VirtualBox Last Version

    VirtualBox for WindowsDownload
    VirtualBox for MacOSDownload
    VirtualBox for LinuxDownload
    Unduh Gratis VirtualBox Versi Terbaru

    Cukup sekian dulu ulasan kali ini tentang VirtualBox, dan semoga bagi anda yang tengah mencari solusi untuk menjalankan dua atau lebih sistem operasi dalam satu perangkat Komputer maupun Laptop bisa langsung mencobanya. Atau mungkin digunakan sebagai media pembelajaran juga sudah sesuai dengan risiko kerusakan system ataupun perangkat lebih kecil.