Download UltraISO : Fitur, Kelebihan dan Kekuragan, Cara Menggunakan

    ultraiso

    Bukan cuman bisa digunakan untuk mengolah data, dokumen, file video, game, edit foto dan semacamnya saja taunya, dikarenakan dibalik itu semua membutuhkan proses yang tentunya membutuhkan aplikasi pihak ketiga untuk melakukannya.

    Semisal untuk bermain game, dimana pengguna akan membutuhkan file ISO untuk memasangnya ke dalam perangkat, atau mungkin butuh CUE untuk dipasang di emulator playstation. Semuanya membutuhkan bantuan aplikasi pihak ketiga seperti UltraISO ini salah satunya. Dengan aplikasi ini juga kalian bisa membuat bootable dengan mudah dan cepat.

    Pada dasarnya ada beberapa aplikasi dengan fungsi serupa lainnya, namun cukup banyak yang lebih memilih menggunakan UltraISO daripada software lainnya. Untuk itu, mari berkenalan lebih jauh dengan aplikasi pembaca dan kompress file sebagai berikut.

    A. Pengertian UltraISO

    Sebagaimana dilansir dari laman Wikipedia, diketahui kalau perangkat lunak berikut merupakan hasil pembuatan oleh pengembang EZB System, Inc. yang memungkinkan untuk membuat salinan data CD dan DVD persis seperti aslinya dalam bentuk image. Melalui aplikasi ini, kalian bisa membaca lebih dari 40 jenis format salinan data yang berbeda.

    Bukan cuman itu saja, melainkan UltraISO juga dapat melakukan perubahan lagu dengan format CDDA menjadi MP3 dengan mudah. Dan salah satu keunikan yang dimiliki oleh program berikut yakni melakukan perubahan terhadap informasi metadata sebuah media salinan (image) maupun berkas (file) lainnya, baik itu sebagaian maupun secara keseluruhan.

    Dengan begitu, nantinya pihak lain yang mencoba cari tahun metadata asli untuk mencari tahu sumber daripada file tersebut tidak bisa mengetahuinya, karena kita sudah melakukan perubahan menggunakan UltraISO berikut. Jadi, mereka akan membaca dari metadata buatan kita sendiri, yang bisa dibuat dan direkayasa.

    Selain itu, aplikasi UltraISO ini sendiri berbasis internasional dengan dukungan lebih dari 40 bahasa di Dunia. Akan tetapi sayang untuk sekarang ini masih belum termasuk dukungan Indonesia, sehingga pengguna disini cenderung menggunakan bahasa Inggris yang formatnya lebih bersifat internasional dan mudah dipelajari juga.

    B. Fitur UltraISO

    1. Mendukung Kapasitas Besar

    Fitur utama yang ditawarkan oleh UltraISO ini memiliki dukungan terhdap file dengan ukuran yang sangat besar. Dimana kapasitas penyimpanan yang bisa dibaca dari format image mencapai 25GB (Blue Ray atau HD DVD media dengan layertunggal) dan 50GB (Blue Ray atau HD DVD media dengan player ganda).

    Baca Juga :  Download Adobe Media Encoder : Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan, Cara Menggunakannya

    Dengan demikian, tentu saja file game yang rata-rata memiliki ukuran puluhan GB bisa dilakukan pengaturan dengan mudah melalui UltraISO berikut. Atau mungkin kalian ingin mengelompokkan file penting menjadi satu, bisa banget menggunakan aplikasi ini juga.

    2. Penyempurnaan Pembuatan Salinan Live CD

    Bagi kalian yang mungkin ingin memasang sistem operasi di perangkat lain, tentu saja membutuhkan salinan live CD dari file yang sudah kalian unduh dari situs resminya. Dan itu bisa dilakukan dengan aplikasi UltraISO, dimana kalian dapat menggunakan media USB Flashdisk sebagai alat pembantunya.

    Untuk langkahnya sendiri juga biasa, sama persis seperti kalian membuat bootable pada aplikasi rufus, hanya saja tampilannya sedikit rumit, karena adanya beberapa fitur lain yang bisa kalian kustomisasi berdasarkan keinginan dan kebutuhannya.

    3. Perbaikan Mounting Multiple ISO

    Jika kalian memiliki file ISO yang mungkin terdapat beberapa error, tidak perlu khawatir karena bisa dideteksi dengan menggunakan UltraISO manakah tata letak atau kekurangan file yang terjadi. Dengan demikian, kalian bisa melakukan editing kalau memang bisa dan memungkinkan.

    Selain itu, perbaikan mounting multiple ISOs menjadi virtual drive ini menggunakan isocmd.exe yang memakan proses tergantung daripada ukuran file yang terpilih. Semakin besar, maka akan semakin lama juga pemrosesan yang dilakukan.

    4. Bisa Merubah Metadata

    Ini bisa dikatakan menjadi salah satu kelebihan UltraISO daripada yang lain, karena dengan melakukan perubahan metadata ini bisa merubah informasi yang terkandung dalam file tersebut. Sehingga keaslian file pembuatan bisa dilakukan perubahan sesuai dengan keinginan kita sendiri.

    Jadi, kalau memang kalian memiliki file yang merupakan hasil karya sendiri atau editing dengan perubahan tertentu. Maka bisa menambahkan beberapa kredit dalam file tersebut untuk tetap memberikan informasi kepada publik, siapakah pemilik file yang sebenarnya.

    5. Menunjukkan Estimasi Waktu

    Saat melakukan pembakaran alias burning file ke dalam CD/DVD atau perangkat penyimpanan lainnya, maka akan ditunjukkan waktu estimasi yang memberikan informasi terhadap pengguna kapan file tersebut berhasil diproses.

    Biasanya ini tergantung daripada ukuran file dan juga kecepatan hardisk serta perangkat penyimpanan tujuan yang digunakan. Kalau sama-sama berkecepatan tinggi, maka proses juga dapat dilakukan dengan cepat. Begitu juga sebaliknya, yang menjadikan kalian harus bersabar untuk menanti proses tersebut.

    Baca Juga :  Download HandBrake Video Converter - Compress Size

    6. Mendukung Format File yang Dibuat oleh Aplikasi Lain

    Mungkin ada beberapa layanan yang membuat format sendiri untuk proses pembuatan file-nya, seperti Virtual CD atau DVD yang dibuat oleh program Daemon atau Alcohol misalnya. Nah, dengan UltraISO ini tidak perlu khawatir karena format seperti itu tetap didukung dan bisa melakukan pembacaan seperti file image pada umumnya.

    Itu tidak lain berkat dukungan jenis format file yang begitu banyak, menjadikan pengguna bisa lebih mudah karena cukup menggunakan satu aplikasi saja sudah cukup untuk membuka beragam file sekaligus.

    7. Membuat ISO File

    Mungkin kalian memiliki file penting berupa dokumen, foto, video atau mungkin file game sekalipun. Jika tidak ingin mengalami kerusakan dan terkena serangan virus, maka alangkah lebih baik jika kalian mengubahnya menjadi ISO File.

    Dalam format berikut, sistem keamanan yang ditawarkan lebih terjamin dan bisa dikatakan lebih aman daripada dibuat dalam bentuk rar meski tanpa password sekalipun. Dan proses yang demikian bisa dilakukan menggunakan UltraISO.

    C. Kelebihan UltraISO

    1. Kompatibel dengan Banyak Jenis File

    Untuk UltraISO ini memiliki dukungan terhadap banyak jenis file untuk dibuat, dibaca, dioperasikan, diolah, atau bahkan diimplementasikan untuk perangkat penyimpanan lainnya. Untuk itu kalian tidak perlu khawatir, karena hampir semua format file dengan bentuk image ini bisa dibaca oleh aplikasi satu ini.

    2. Banyak Fungsi

    Fungsi daripada UltraISO yang dihasilkan tidaklah sedikit, kalian dapat melakukan beragam hal dengan satu aplikasi yang bisa dikatakan cukup komplit dalam menangani file image berikut. Mulai dari pembuatan, perbaikan, hingga burning tetap bisa dilakukan.

    Akan tetapi sebagai gantinya, kalian harus bisa memahami isi dan fungsi dari setiap fitur yang ditawarkan tersebut. Karena mungkin ada beberapa yang fungsinya sedikit lebih rumit, perlu pembelajaran dan pemahaman terlebih dahulu sebelum menerapkannya.

    3. Bisa Didapatkan dengan Mudah

    Untuk aplikasi UltraISO ini sendiri sudah terkenal memang, sehingga banyak kalangan menyediakan aplikasi berikut. Akan tetapi bukan dari pihak resmi, sehingga kalian sendiri juga harus waspada terhadap hal yang demikian.

    Jika memang file yang ingin diproses oleh aplikasi ini penting, maka kalian disarankan mengunduh dan memasang aplikasi yang berasal dari situs resminya saja. Terlebih ada versi free trial yang bisa didapatkan oleh pengguna, mencoba aplikasi selama beberapa hari kedepan sejak pertama kali pemasangan.

    Baca Juga :  Download Avast Antivirus Windows PC - Offline Installer

    Kalau memang berminat dan merasa nyaman, maka bisa langsung melakukan pembelian terhadap pihak resmi UltraISO untuk mendapatkan reg key secara resmi terhadap beberapa Laptop/ Komputer yang telah didaftarkan.

    D. Kekurangan UltraISO

    1. Sering Jebak Pengguna

    Dikarenakan banyaknya file yang disebarkan oleh pihak ketiga, menjadikan master file UltraISO ini tidak lagi aman. Bahkan beberapa situs telah menyematkan malware atau kode iklan yang nantinya akan ikut terpasang ketika pengguna memasang aplikasi ini di perangkatnya.

    Jika hal demikian sampai terjadi pada perangkat kalian, maka bisa menyebabkan ancaman terhadap file yang tersimpan. Bukan cuman itu, kalian melakukan browsing atau aktivitas tertentu saja rasanya jauh lebih berat daripada sebelumnya, karena ada program jahat yang bergerak liar di latar belakang perangkat.

    2. Harus Membayar Biaya Lebih

    Untuk menggunakan aplikasi ini secara resmi dan sah juga terjamin keamanannya, maka kalian bisa membeli aplikasi ini dari situs resminya langsung. Akan tetapi untuk budget yang harus dipersiapkan juga tidak sedikit untuk sebuah perangkat komputer.

    Ratusan ribu harus dibayarkan untuk membeli lisensi resmi dari UltraISO untuk sebuah perangkat Laptop/ Komputer. Sehingga kalau dalam sebuah instansi, untuk memasang beberapa aplikasi ini juga tinggal mengalikan saja, dan mendapatkan hasil akhir berapa.

    E. Cara Menggunakan UltraISO

    1. Pertama kalian bisa mengunduh aplikasinya, bisa dari pihak ketiga atau mungkin situs resminya langsung
    2. Setelah itu, pasang aplikasi ini pada perangkat Komputer dengan cara klik dua kali file exe, dan klik next seperti instalasi aplikasi pada umumnya
    3. Kalau pemasangan sudah selesai bisa klik Quit dan restart perangkat untuk memaksimalkan pemasangan
    4. Kemudian, kalian buka windows explorer dan perhatikan ada drive baru yang ditampilkan. Inisial drive ini tergantung daripada huruf dan banyak partisi hardisk yang ada dalam perangkat
    5. Klik kanan pada bagian tersebut, dan pilih UltraISO, lalu klik mountโ€ฆ
    6. Pilih file ISO yang ingin dibuka dan klik open
    7. Klik refresh dan seketika file yang ada di dalam iso tadi bisa tampil, berupa folder atau file yang tersimpan di dalamnya.

    Free Download UltraISO Last Version

    Download UltraISO (Official Link)Download
    Download UltraISO (Google Drive)Download
    Unduh Gratis UltraISO Versi Terbaru

    Kurang lebih seperti itulah pengertian, fitur, kelebihan dan kekurangan hingga cara menggunakan aplikasi UltraISO yang bisa kalian pelajari, ikuti dan terapkan kalau memang membutuhkan. Selamat mencoba.

    Previous articleDownload Daemon Tools : Fitur, Kelebihan dan Kekurangan, Cara Menggunakan
    Next articleDownload 7-Zip : Pengertian, Fitur, Kelebihan dan Kekurangan, Cara Menggunakan