​
Home Download SoftMaker : Pengertian, Fitur, Cara Menggunakan, Kelebihan dan Kelemahan

    Download SoftMaker : Pengertian, Fitur, Cara Menggunakan, Kelebihan dan Kelemahan

    Download SoftMaker Pengertian, Fitur, Cara Menggunakan, Kelebihan dan Kelemahan

    Tanpa anda ketahui, jika ternyata aplikasi office atau perkantoran yang ada saat ini sudah banyak sekali. Dimana mungkin beberapa ada yang sudah pernah menggunakan, dan kebanyakan ada orang yang sama sekali tidak mengetahuinya.

    Yang paling umum digunakan banyak orang selama ini adalah Microsoft Office, namun masih ada beberapa aplikasi perkantoran lain yang ternyata bermanfaat juga untuk kebutuhan anda, namanya adalah SoftMaker.

    Aplikasi ini bisa membantu pengguna Komputer terlebih pekerja kantoran dalam melakukan pengolahan data tulisan, angka, ataupun presentasi. Mungkin beberapa sudah terbiasa dengan aplikasi MS, akan tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan yang lain.

    A. Pengertian SoftMaker

    SoftMaker ini adalah sebuah aplikasi perkantoran yang diciptakan sebagai alternative Microsoft Office. Ada beberapa versi dari aplikasi ini, namun bagi anda yang ingin mendapatkan versi Free, maka bisa memakai SoftMaker Office.

    Aplikasi ini bisa anda gunakan tanpa harus membayar lisensi sepeserpun. Akan tetapi, jika anda menggunakan versi ini kemungkinan layananannya terbatas, jika anda ingin mendapatkan full service maka bisa menggunakan versi professional ataupun versi bisnis.

    Aplikasi SoftMaker ini menawarkan kepada anda seperangkat aplikasi office yang banyak digunakan seseorang, termasuk email client baru namun hanya untuk versi professional. Aplikasi ini juga bisa dipakai pada file dengan format dari Microsoft Office dengan sangat mudah, serta bisa digunakan pada PC dengan menggunakan OS lama seperti Windows XP atau diatasnya.

    B. Fitur SoftMaker

    1. FreeOffice Plan Maker

    Untuk fitur pertama yang ada didalam SoftMaker ini adalah FreeOffice PlanMaker, jika didalam Microsoft Office fitur ini layaknya Microsoft Excel, maka dari itu file dari aplikasi ini juga kompatibel dengan file Excel.

    Baca Juga :  Download Sony Vegas Pro Untuk Komputer PC Laptop Last Version Terbaru

    Selain itu, dengan menggunakan aplikasi dari SoftMaker ini juga akan memberikan kemudahan kepada anda dalam pembuatan grafik, presentasi yang berkualitas serta kecepatan dalam mengerjakan tugas. Didalam fitur ini memiliki lebih dari 330 aplikasi built-in fungsi aritmetika. Jika dalam MSO ini adalah sebuah formula yang memudahkan anda dalam melakukan penghitungan, dan hal ini biasa dilakukan oleh mereka yang bekerja di kantoran.

    Pada aplikasi SoftMaker ini juga sudah terintegrasi atau terhubung dengan Charting Module, dimana modul tersebut nantinya bakal mempermudah anda memberikan tampilan chart yang lebih baik dibandingkan aplikasi lainnya.

    Aplikasi ini pun juga bisa digunakan untuk membuat lembar kerja (worksheet) yang sangat atraktif dan memiliki berbagai macam pengaturan format, pengaturan cell styles, tabel dilengkapi dengan fitur tabel auto format, serta memiliki character styles yang sudah sering anda temui di Microsoft Office.

    Dan yang terakhir, fungsi PlanMaker yang terdapat di SoftMaker ini juga memiliki tampilan antarmuka yang sangat baik, para pengguna juga sudah dilengkapi dengan user configurable toolbars serta kemampuan untuk keyboard mapping.

    2. FreeOffice Presentations

    Selanjutnya terdapat fitur FreeOffice Presentation yang bisa anda jadikan sebagai alternative dari Microsoft Office PowerPoint. Aplikasi sangatlah mudah untuk digunakan, terlebih jika anda sudah familiar dengan PowerPoint sebelumnya.

    Salah satu fitur yang ada didalam SoftMaker ini visa melakukan kombinasi dengan file gambar, video, maupun audio didalam lembar kerja presentasi yang anda kerjakan. Cara memasukkannya pun cukup mudah, anda bisa mengimport file tersebut kedalam lembar kerja FreeOffice Presentations ini nanti. adan juga bisa membuat animasi serta membuat slide transitions keren pada lembar kerja agar nantinya membuat presentasi anda makin menarik.

    Anda juga bisa melakukan pengaturan pada slide lembar kerja dengan efisien dan mudah, selain itu anda juga menambahkan sejumlah template pada lembar presentasi dengan cepat dan mudah. Tentu kehadiran template ini sangat membantu ya, jadi anda pun tidak perlu repot-repot mencari background yang menarik untuk menampilkan presentasi. Tapi jika anda ingin memasukkan background sendri pun juga tidak ada masalah, anda bisa melakukan seperti di Office PowerPoint.

    Baca Juga :  Download Notepad++ Windows PC Laptop Free

    Didalam fitur SoftMaker ini juga sudah dilengkapi dengan fitur built-in-outliner capability. Anda juga bisa menambahkan berbagai pengaturan format teks sesuai dengan keinginan anda.  Dalam melakukan pengaturan presentasi pada kembar kerja maupun slide presentasi PowerPoint layaknya proses sortir.

    Ada yang menarik disini, dimana dalam proses penyimpanan hasil lembar kerja SoftMaker ini bisa diekspor dalam format gambar. Tentu dengan begini anda pun bisa membagikan file ini dengan sosial media, selain itu format gambar ini bisa dibuka di semua perangkat.

    C. Kelebihan SoftMaker

    1. Aplikasi ini memiliki fitur practical document templates, dimana fitur tersebut berfungsi untuk memudahkan anda dalam membuat kop surat pre-designed letterheads, fax forms, dan masih banyak lagi
    2. Fitur file dan juga dokumen manager memiliki kemampuan pencarian kata, sehingga sangat mudah untuk mencari kalimat penting dalam sebuah dokumen yang anda buat
    3. Anda bisa membuat sebuah dokumen baru yang memiliki kemampuan automatic numbering, borders, bullets, fill patterns, dan shadow
    4. SoftMaker  ini bisa melakukan hypenation, spell checking, maupun synonym dictionaries
    5. SoftMaker ini juga sudah terintegrasi dengan Address Book (database)

    D. Kelemahan SoftMaker

    1. Tidak bisa menyimpan dokumen dari Microsoft Office versi terbaru. Untuk masalah ini masih belum diketahui apa penyebabnya, kemungkinan pihak Microsoft tak ingin jika pesaingnya tersebut kelak bisa melampaui kemampuannya dan lebih disukai banyak orang.
    2. Jika ingin mendapatkan full service harus menggunakan versi premium

    E. Cara Penggunaan Template Administratif Pada PC Lokal

    1. Download Administrative Templates for SoftMaker Office Professional 2018 dan kemudian kalian ekstrak

    2. Silahkan tempatkan file softmaker.admx di dalam %windir%\PolicyDefinitions

    3. Kemudian tempatkan file softmaker.adml dalam %windir%\PolicyDefinitions\en-US, kalian gantikan en-US code bahasa yang sesuai dengan sistem kalian

    Baca Juga :  Download Any Video Converter Free

    4. Setelah itu, jalankan gpedit.msc

    5. Jika sudah, maka kalian sudah bisa menemukan pengaturan Softmaker Office Professional pada Local Computer Policy > Computer Configuration > Administrative Templates > SoftMaker dan pada Local Computer Policy > User Configuration > Administrative Templates > SoftMaker:

    • Pengaturan dibuat di Computer Configuration untuk seluruh pengguna komputer.
    • Pengaturan dibuat di User Configuration khusus untuk pengguna yang login pada saat itu.

    6. Kalian klik salah satu Sofmaker yang telah terpasang

    7. Berikutnya, kalian klik pada aplikasi manakah yang ingin dirubah pengaturannya

    8. Kemudian, pengguna bakal mendapati pengaturan aplikasi yang tersedia, double klik dalam pengaturan untuk merubahnya. Dan nantinya akan ada 3 pilihan, diantaranya yakni:

    • Not configured: The setting is not made. Users can configure it inside SoftMaker Office Professional.
    • Enabled: The setting is set to β€œOn”, and users can no longer change it in SoftMaker Office Professional.
    • Disabled: The setting is set to β€œOff”, and users can no longer change it in SoftMaker Office Professional.

    Aplikasi SoftMaker ini sangatlah cocok digunakan bagia anda yang memiliki usaha kecil, karena aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis. Namun untuk mendapatkan file master dari SoftMaker ini anda diharuskan terlebih dahulu mengisi form untuk kebutuhan data, seperti nama email, negara, serta nama anda. 

    – Free Download SoftMaker Last Version

    SoftMaker Windows 32 BitDownload
    SoftMaker Windows 64 BitDownload
    SoftMaker MacOSDownload
    SoftMaker Linux DebDownload
    SoftMaker Linux RPMDownload
    Unduh Gratis SoftMaker Versi Terbaru

    Aplikasi SoftMaker ini kompatibel dengan sejumlah perangkat yang memiliki sistem operasi Windows maupun Linux, diantarnaya. Windows XP, Vista, Windows 7, Windows 8, dan Windows 2000. Sementara bagi anda pengguna OS Linux, SoftMaker ini bisa anda gunakan jika perangkat dengan OS Linux anda sudah dilengkapi dengan glibc 2.2.5 ataupun vers di atasnya.