Download Recuva : Fitur, Kelebihan dan Kekurangan dan Cara Menggunakannya

    recuva data recovery

    Dikarenakan perangkat Komputer/ Laptop ini merupakan perangkat elektronik, maka tidak menutup kemungkinan telah melakukan malfungsi, dan atau bahkan penggunanya sendiri yang bahkan melakukan kesalahan. Dimana salah satu yang paling sering yakni kejadian penghapusan data tanpa sengaja.

    Kalau masalah seperti itu, mungkin orang awam akan putus asa dan akan membuat atau mencari data yang baru saja. Namun sebenarnya untuk data yang sudah dihapus sekalipun masih bisa dikembalikan dan digunakan secara normal kembali seperti biasa, walaupun tidak ada jaminan dapat berfungsi normal sebagaimana sebelum terhapus dengan sengaja, namun setidaknya dapat terbantu untuk kembali.

    Ada beberapa aplikasi yang dapat membantu melakukan restore file seperti itu, dimana salah satu yang paling banyak diandalkan yakni Recuva. Dimana aplikasi ini juga memiliki tampilan sederhana, namun dengan fungsi yang optimal dan bisa diandalkan dalam melakukan restore file terhapus tanpa sengaja seperti itu melalui perangkat Komputer/ Laptop.

    A. Pengertian Recuva

    Recuva Data Recovery sendiri merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan membantu pengguna dalam mengembalikan data yang sudah terhapus, entah itu dilakukan dengan sengaja ataupun tidak, dan sudah tidak ada di Recycle Bin lagi.

    Mungkin beberapa kalangan memang ada yang menghapusnya dengan biasa, sehingga file otomatis dipindahkan ke Recycle Bin, dan bisa dilakukan restore sewaktu-waktu. Akan tetapi bakal panik ketika tong sampahnya Windows tersebut telah dikosongkan atau mungkin pengguna tanpa sengaja langsung melakukan permanently delete.

    Namun dengan bantuan aplikasi Recuva Data Recovery seperti ini, pengguna bisa mengembalikannya, dan bukan cuman dari partisi hardisk yang terpasang di Laptop atau Komputer saja. Melainkan juga dapat melakukan restore data yang terhapus tanpa sengaja di Flashdisk, microSD, kamera digital, dan masih banyak lagi jenis penyimpanan lainnya.

    B. Fitur-Fitur Recuva

    1. Mengembalikan File Terhapus di Hardisk

    Fungsi utama yang diandalkan oleh aplikasi Recuva Data Recovery ini jelas sekali yakni mengembalikan file yang sudah terhapus pada perangkat penyimpanan seperti Hardisk atau semacamnya, entah itu dari internal atau mungkin menggunakan penyimpanan ekternal.

    Asalkan data masih belum tertumpuk dan juga ditindih dengan adanya file baru, maka pengguna masih memiliki kesempatan untuk mengembalikan seluruh data yang baru tersebut. Sehingga usahakan untuk tidak memasukkan data baru ketika disk tanpa sengaja dilakukan format atau mungkin file penting tanpa sengaja terhapus.

    Baca Juga :  Download F-Secure Antivirus Windows PC

    Dengan bantuan Recuva ini pengguna bisa melakukan restore, dan untuk caranya sendiri sangatlah mudah. Pengguna klik opsi “All local Disk” di bagian pojok kiri atas, kemudian aplikasi ini secara otomatis akan menampilkan file yang bisa kalian kembalikan.

    Setelah itu, kalian bisa berikan tanda centang atau checklist pada seluruh file yang ingin kalian kembalikan ke perangkat penyimpanan berbeda, usahakan pada bagian partisi/perangkat penyimpanan yang berbeda daripada disk terhapus tadi. Setelah itu klik tombol Recover di bagian pojok kanan bawah untuk memulai proses pengembalian file.

    2. Restore Music di iPod

    Sebenarnya ini merupakan fungsi dasar dari Recuva, yakni mengembalikan file yang hilang dan sudah termasuk file musik juga pastinya. Akan tetapi fungsinya sendiri lebih luas, dimana bukan cuman mendukung perangkat penyimpanan saja, melainkan juga sebuah perangkat seperti iPod juga telah didukungnya.

    Mungkin bagi anda yang tanpa sengaja menghapus musik di iPod, bisa melakukan restore menggunakan Recuva. Dengan mudah dan cepat, aplikasi ini dapat melakukan restore file musik, sehingga dapat mendengarkan musik yang tanpa sengaja terhapus itu kembali.

    3. Mengembalikan E-mail

    Bukan cuman bisa mengembalikan file yang tanpa sengaja terhapus saja, melainkan pengguna juga dapat menggunakan aplikasi Recuva ini untuk mengembalikan satu atau beberapa e-mail yang sudah terhapus sekaligus. Dan beberapa layanan yang didukung untuk restore mail ini diantaranya yakni Microsoft Outlook Express, Mozilla Thunderbird, dan juga Windows Live Mail saja.

    Untuk cara melakukan restore mail ini sangatlah mudah, dikarenakan pengguna cukup klik simbol “pencarian” yang ada di bagian atas samping menu “options”. Setelah itu, kalian bisa memilih opsi “E-mail” untuk mengembalikan e-mail yang telah hilang karena tanpa sengaja terhapus tadi. Berikutnya, kalian tinggal menunggu prosesnya saja selama beberapa waktu.

    4. Pulihkan Data di Microsoft Office

    Mungkin bagi kalian yang sering kali mengalami crash atau mungkin lupa lakukan save pada kerjaan yang terjadi melalui aplikasi Microsoft Office, maka menggunakan Recuva Data Recovery ini menjadi salah satu solusi terbaik yang bisa kalian coba.

    Dikarenakan, aplikasi ini mampu melakukan restore terhadap data yang belum tersimpan secara otomatis sebuah dokumen Words, atau Excel atau mungkin aplikasi MS Office lainnya. Recuva ini bisa mengembalikan pekerjaan kalianyang belum sempat di simpan tersebut dengan recovery dari temporary files.

    5. Scanning PC/ Laptop

    Tidak hanya bisa mengembalikan file yang hilang saja, melainkan aplikasi Recuva Data Recovery juga bisa melakukan pemindaian terhadap seluruh file yang ada di perangkat PC/ Laptop kalian. Ini memungkinkan bagi pengguna yang mungkin lupa lokasi dari file penting atau mungkin lokasi dari sebuah file yang dianggap hilang. Jadi, dengan bantuan aplikasi ini kalian bisa melakukan pencarian dengan lebih cepat.

    Baca Juga :  Download WPS Office : Pengertian, Fitur, Kelebihan dan Kelemahan

    6. Bahasa yang Mudah Dipahami

    Pada umumnya aplikasi seperti ini akan memanfaatkan bahasa Inggris yang lebih global sifatnya, dimana merupakan kemampuan dasar dari para pengguna perangkat Komputer/ Laptop. Akan tetapi Recuva Data Recovery ini menawarkan jenis banyak bahasa, dimana termasuk Indonesia juga sehingga pengguna akan lebih mengerti terkait fungsi dan fitur yang ada di dalamnya.

    7. Hapus Permanent File

    Tidak cuman bisa melakukan recovery saja, melainkan salah satu kelebihan dari Recuva Data Recovery ini juga bisa menghilangkan jejak dari jenis file tertentu, bahkan melindunginya untuk tidak dapat dilakukan restore. Ini biasanya bermanfaat untuk pengguna yang menginginkan file tersebut benar-benar lenyap dari perangkat penyimpanan.

    Akan tetapi jelas saja sebelum menerapkannya, anda harus berpikir lebih dari sekali, karena ini akan beresiko banget bagi pengguna. Meski kalian menggunakan Recuva Data Recovery untuk melakukan recovery data tersebut kembali, tetap saja file tidak akan terdeteksi.

    C. Kelebihan Recuva Data Recovery

    1. Bisa mengembalikan hampir seluruh jenis file yang umum digunakan oleh pengguna, diantaranya yakni seperti foto, dokumen, musik, email, rar, dan masih banyak lagi lainnya.
    2. Dapat digunakan untuk mengembalikan data di perangkat penyimpanan eksternal, seperti flashdisk, microSD, iPod, Hardisk eksternal, dan beberapa piranti penyimpanan luar lainnya.
    3. Dapat mengembalikan e-mail untuk dibaca kembali, dimana ini merupakan salah satu fungsi yang cukup unik dan berbeda daripada jenis aplikasi recovery lainnya. Dikarenakan bukan cuman file, melainkan sebuah pesan elektronik seperti ini juga tetap bisa dikembalikan.
    4. Bisa Backup pekerjaan pengguna di Microsoft Office, dimana ini akan berguna banget bagi para mahasiswa mungkin yang tengah mengerjakan skripsi. Dan tanpa sengaja file belum kesimpan, akan tetapi Laptop sudah melakukan restart, hang, atau kendala lainnya. Namun dengan Recuva Data Recovery yang bisa membaca temporary file juga, membuat kalian bisa menyelamatkan data yang belum tersimpan itu kembali.
    5. Memiliki fungsi yang mudah dan cepat, ini berkat adanya fitur bernama Quick Start Wizard. Dengan begitu, seorang pemula sekalipun bisa dengan mudah melakukan restore file dengan baik.
    6. Kemudian ada juga versi portable, dimana akan lebih mudah lagi untuk digunakan. Dikarenakan kalian tidak lagi perlu melakukan instalasi untuk menggunakannya, sehingga bisa dengan mudah digunakan di Laptop/ Komputer manapun.
    7. Mencegah recovery file sangat rahasia, dimana ini bisa membantu bagi kalian yang hendak menjual PC/ Laptop, atau mungkin cuman hardisk yang sebelumnya memiliki sederet data penting. Maka kalian bisa menghapusnya secara permanen dengan Recuva Data Recovery ini, agar pengguna baru tidak bisa melakukan restore terhadap file tersebut, dan bisa saja disalahgunakan.
    Baca Juga :  Download UC Browser Untuk Komputer PC Laptop Last Version Terbaru

    D. Kelemahan Recuva Data Recovery

    1. Cukup bisa diandalkan ketika melakukan restore data yang tanpa sengaja terhapus, akan tetapi kalau masalah disk yang keformat, maka akan lebih berat untuk mengembalikannya. Recuva Data Recovery tidak bisa melakukannya dengan maksimal.
    2. Memang sudah ada versi gratisnya, akan tetapi seperti biasa dimana dengan sederet fungsi yang terbatas tentunya. Ada batasan-batasan tertentu yang menghalangi kebebasan pengguna gratisan untuk mengakses ke fitur dan pengalaman spesial. Dan itu bisa ditebus dengan biaya berlangganan yang cukup besar.

    E. Cara Menggunakan Recuva Data Recovery

    1. Sekilas saja terkait fungsi dasar dari aplikasi Recuva Data Recovery, dimana pengguna bisa melakukan restore data yang tanpa sengaja terhapus dengan mudah dan cepat dengan menerapkan langkah-langkah sebagai berikut:
    2. Pertama, buka aplikasi Recuva Data Recovery yang sudah terpasang atau mungkin bisa juga versi portabel
    3. Kemudian, kalian akan mendapati tampilan “Welcome to the Recuva Wizard”
    4. Setelah itu, klik next dan kalian akan ditujukan terhadap tampilan “File type”
    5. Pada tampilan berikut, kalian pilih data yang ingin dicari, dan klik Next!. Otomatis kalian akan diarahkan ke jendela “File Location”
    6. Silahkan pilih directory file yang hilang tadi, dan klik Next untuk melanjutkannya
    7. Kemudian, kalian akan dibawa ke halaman “Recuva is now ready to search for your file”
    8. Silahkan mulai prosesnya dan tunggu beberapa saat hingga selesai
    9. Untuk lama proses scanning ini tergantung daripada besar ukuran memori dan juga kecepatan yang diproses
    10. Dan jika sudah selesai, maka ada 3 opsi yakni hijau untuk data yang masih bisa dikembalikan, kuning masih ada harapan namun tidak dapat dibuka, dan merah benar-benar sudah rusak.

    – Free Download Recuva Last Version

    Download Recuva FreeDownload
    Unduh Gratis Recuva Versi Terbaru Untuk Windows PC

    Kurang lebih seperti itulah pembahasan mengenai Recuva Data Recovery yang bisa kalian simak dan pelajari, juga bisa jadi solusi untuk kalian yang tengah mencari solusi mengatasi data yang telah hilang.

    Previous articleDownload Eset – Antivirus Windows PC
    Next articleDownload F-Secure Antivirus Windows PC