Download OpenOffice : Pengertian, Fitur, Kelebihan dan Kekurangan

    Download OpenOffice : Pengertian, Fitur, Kelebihan dan Kekurangan

    Apakah anda tahu dengan aplikasi yang bernama OpenOffice? Mungkin sebagian dari anda masih belum familiar dengan aplikasi yang satu ini, karena memang aplikasi OpenOffice ini memang bukan sebuah software yang digunakan secara umum oleh banyak orang.

    Bagi anda yang bekerja di perkantoran, pastinya lebih familiar dengan aplikasi perkantoran umum untuk Windows yakni Microsoft Office. Namun faktanya Microsoft Office atau OpenOffice ini merupakan sebuah aplikasi serupa namun tak sama.

    Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang aplikasi berikut, dikarenakan sesuatu menarik ada di dalamnya, dimana bisa menjadikan anda tidak menutup kemungkinan memutuskan untuk beralih menggunakan OpenOffice berikut daripada Ms Word.

    A. Pengertian OpenOffice

    OpenOffice ini adalah sebuah paket aplikasi yang umum digunakan untuk pekerjaan kantor diantaranya untuk penulisan surat. Penggunaan spreadsheet, presentasi dan lain sebagainya. OpenOffice ini merupakan sebuah aplikasi berkode sumber terbuka atau biasa disebut dengan open source, dengan begini maka bagi mereka yang memiliki kemampuan memiliki kesempatan untuk bisa mengembangkan aplikasi OpenOffice ini sesuai dengan keinginan.

    Hanya saja, anda tidak disarankan untuk menghapus credir ataupun penghargaan kepada orang-orang yang sudah berjasa besar dalam pengembangan aplikasi OpenOffice ini sebelumnya. Anda bisa mendapatkan aplikasi OpenOffice ini secara gratis, caranya dengan mengunjungi situs OpenOffice.org.

    Didalam aplikasi ini didalamnya terdiri dari beberapa komponen pengolah kata (word prosesor), lembar kera (spreadsheet), ilustrasi vector, presentasi, maupun database. Keberadaan dari OpenOffice ini juga menjadi salah satu opsi β€˜pengganti’ dari Microsoft Office, dimana kita tahu jika aplikasi tersebut memiliki harga lisensi yang sangat mahal jika ingin mendapatkan layanan full service.

    Yang menarik, OpenOffice ini tidak hanya bisa dijalankan di sistem operasi Windows saja yang sudah umum dipakai banyak orang, namun bagi anda pengguna OS seperti Solaris, Linux, maupun MacOS juga bisa menggunakan aplikasi ini. OpenOffice ini mendukung format standar dokumen terbuka, dimana aplikasi memakai ekstensi .odt yang bisa dipertukarkan secara bebas oleh penggunaannya.

    B. Fitur OpenOffice

    Nama dari aplikasi OpenOffice ini sekarang lebih ngetrend dikenal dengan sebutan Apache OpenOffice (AOO). Aplikasi ini sangat berguna bagi anda yang ingin melakukan pekerjaan seperti pengolahan data perkantoran dalam berbagai format, seperti teks, table, diagram, formula, presentasi maupun basis data, dimana semuanya itu bisa anda kerjakan dengan memakai berbagai aplikasi yang sudah disediakan didalam OpenOffice ini.

    Baca Juga :  Download Wondershare Filmora Untuk Komputer PC Laptop Last Version Terbaru

    Nah pada bagian jendela OpenOffice ini, anda bakal menemukan berbagai ikon aplikasi tersebut, jadi anda akan mudah menentukan aplikasi mana yang kira-kira akan anda gunakan. Untuk fitur yang ada didalam OpenOffice ini sekilas memang menyerupai Microsoft Office klasik, begitu juga dengan shortcut yang dimilikinya.

    Namun pada kenyataannya, fitur serta plugin yang dimiliki oleh OpenOffice ini malah jauh lebih sedikit dibandingkan dengan Microsoft Office yang klasik sekalipun. Begitu pun jika anda melihat pada bagian Graphic User Interface (GUI), dimana  ini terkesan sangat minimalis jika dibandingkan dengan Microsoft Office.

    Akan tetapi menggunakan OpenOffice ini masih lebih baik dibandingkan anda harus online saat memakai Google Docs hanya untuk melakukan pengolahan berkas teks, belum lagi tidak ada jaminan jika koneksi internet di tempat anda saat itu sedang lancar apa tidak. Karena alasan tersebut, maka OpenOffice ini menjadi solusi alternative yang sangat tepat jika anda tidak bisa menggunakan Microsoft Office karena lisensinya yang mahal ataupun Google Docs yang membutuhkan jaringan internet.

    Lagipula yang tak kalah pentingnya, OpenOffice ini juga sudah mendukung berbagai fitur yang tidak jauh berbeda dengan Microsoft Office. Beberapa fitur koreksi yang ada di Microsoft Office seperti Auto Correction maupun Check Spelling  juga bisa anda temukan di OpenOffice.

    C. Jenis OpenOffice

    Jika anda menggunakan aplikasi Microsoft Office, pastinya bakal menemukan berbagai pilihan ikon aplikasi Office melalui menu start Windows, beberapa ikon yang dimaksudkan ini adalah Word, Excel, Power Point, Access, Outlook, Publisher, dan masih banyak lagi. Sementara jika anda menggunakan OpenOffice, maka akan menemukan beberapa aplikasi yang serupa, ada sedikit berbeda untuk penamaan maupun detail dari fitur yang dimiliki oleh aplikasi tersebut.

    Penting untuk dicatat, jika secara garis besar OpenOffice ini memiliki fitur yang terdiri dari pengolah kata (OpenOffice Writer), pengolah basis data (OpenOffice Base), pengolah angka (OpenOffice Calc), aplikasi presentasi (AOO Impress), aplikasi menggambar diagram (AOO Draw), serta editor formula atau equation (AOO Math).  Berikut ini kami berikan penjelasannya :

    1. OpenOffice.org Writer

    Fitur ini biasa digunakan untuk menulis maupun mengedit dokumen.Dimana untuk fungsi dari aplikasi ini hampir sama dengan Microsoft Word pada Microsoft Office.

    2. OpenOffice.org Calc

    Lalu fitur bernama OpenOffice.org Calc  yang bisa digunakan untuk pengolahan data angka, teks maupun numeric. Formula-formula yang ada didalamnya bisa diolah dengan baik seperti halnya anda menggunakan Microsoft Excel yang ada di Microsoft Office.

    Baca Juga :  Download Easus : Fitur, Kelebihan, Kekurangan dan Cara Menggunakan

    3. OpenOffice.org Impress

    Fitur ini digunakan untuk membantu anda dalam membuat presentasi. Tampilan multimedia dan media interaktif presentasi seperti ini pada umumnya sering kali digunakan untuk mereka yang bekerja di perkantoran, kegiatan akademisi ataupun kegiatan usaha. Fitur ini seperti ini Pada Microsoft Office biasanya bisa anda temukan pada Microsoft Powerpoint.

    Namun kelebihan dari fitur yang ada didalam OpenOffice ini adalah bisa mempresentasikan tampilan lebih dari satu monitor, dengan begini maka sangat tepat sekali jika anda ingin membuat presentasi secara kelompok dengan jumlah audiens yang besar.

    4. OpenOffice.org Draw

    Fitur ini digunakan untuk membuat serta manipulasi gambar digital, terutama pada gambar-gambar 2 dimensi yang biasanya dipakai untuk membuat alur kerangka berpikir, simbol, serta melakukan manipulasi gambar-gambar menjadi gambar tampilan 3 Dimensi. Nah untuk program yang satu ini maka anda bisa menemukannya pada Microsoft Visio yang dimiliki oleh Microsoft Office.

    5. OpenOffice.org Math

    Sesuai dengan namanya, jika fitur ini bisa anda Digunakan untuk mengetikkan rumus-rumus matematika dengan cara mandiri dan nanti hasil penulisannya juga bisa dimanfaatkan teksnya ke dalam aplikasi OpenOffice.org lainnya. Untuk fitur yang satu ini, bisa anda temukan di Microsoft Office pada aplikasi Microsoft Equation Editor.

    6. OpenOffice.org Base

    Dan yang terakhir ada OpenOffice Base yang bisa dpakai untuk melakukan manipulasi dan manajemen database. Hal yang sama bisa anda temukan pada Microsoft Office yakni pada aplikasi Microsoft Access. Jadi jika anda ingin memanipulasi dan menulis laporannya bida dilakukan dengan BASE tersebut. Ada berbagai macam database yang mendukung pada OpenOffice ini, diantranya MySQL, PostgreSQL, dan Microsoft Access.

    D. Kelebihan OpenOffice

    1. Program OpenOffice ini merupakan sebuah produk dari proyek open-source terdistribusi yang bisa ada dapatkan dan digunakan secara gratis oleh siapapun.
    2. Paket program OpenOffice  ini mendukung untuk file standar dokumen terbuka atau biasa disebut sebagai ODF (Open Document Format), dengan begini, maka file output dari aplikasi ini bisa dibuka di berbagai macam aplikasi perkantoran pada umumnya, baik yang bersifat open-source maupun yang berbayar meskipun kemungkinan untuk hasil outputnya kurang sempurna.
    3. Source code pada OpenOffice ini bebas diakses dan diunduh siapa saja yang ingin memakainya dengan lisensi GNU LGPL. Lisensi tersebut gratis, yang artinya anda tidak akan dipungut biaya sepeser pun untuk menggunakannya.
    4. Aplikasi OpenOffice  ini memiliki aplikasi menggambar diagram (AOO Draw) dan equation (AOO Math) dalam satu paket, akan tetapi hal seperti ini tidak akan anda temukan pada MSO. Memang OpenOffice Draw mirip dengan program pengolah gambar seperti Microsoft Visio dimana fitur tersebut pada MSO tidak sepaket. AOO Math mirip dengan program pengolah formula dan equation berbasis Third-party seperti MathType atau MathMagic yang tersedia pada sistem Windows.
    5. Tampilan yang dimiliki oleh OpenOffice ini memang sangat berbeda dibandingkan MSO, hal terbentuk dikarenakan para pengguna bisa dengan sesuka hati mengatur tata letak maupun mengedit file konfigurasi XML yang ada di dalamnya. Anda diizinkan untuk mengubah sebagian besar user interface OpenOffice, contohnya seperti mengubah tampilan menu bar default, atauoun ingin menampilkan satu atau dua menu saja, atau anda juga bisa mengganti icon defaultnya.
    6. Aplikasi OpenOffice  ini bisa anda jalankan di berbagai sistem operasi PC yang sudah ada, diantaranya seperti Linux, Windows, Mac, OpenBSD, FreeBSD, NetBSD, DragonflyBSD, dan Unix. Selain itu, OpenOffice ini juga tersedia untuk platform 32-bit maupun 64-bit. Tentu ini menjadi hal yang sangat menarik, karena kita tahu jika selama ini MSO hanya mendukung untuk sistem Windows dan Mac saja.
    7. Untuk bisa menjalankan OpenOffice  ini membutuhkan space hardisk yang relatif sedikit untuk PC zaman sekarang yaitu sekitar 1 GB saja. Selain itu aplikasi ini juga bisa berjalan pada sistem dengan memori RAM yang relatif kecil, yakni sekitar 512 MB saja. Tentu hal ini berbeda dengan MSO yang membutuhkan spesifikasi space hardisk dan memori RAM yang cukup besar yaitu space hardisk sekitar 3 GB dan memori RAM 2 GB.
    Baca Juga :  Download BitDefender - Antivirus Windows PC

    E. Kelemahan OpenOffice

    1. Aplikasi OpenOffice  ini kurang begitu kompatibel dan kurang sinkron jika digabungkan MSO, baik pda saat membuka file (Open) ataupun membuat file (Create). Misalnya seperti, file hasil olahan OpenOffice Write nanti bisa jadi berantakan pada saat anda membukanya di Microsoft Word, begitupun sebaliknya. Maka dari itu, anda perlu berhati-hati pada saat merencanakan untuk menggunakan aplikasi OpenOffice  ini bersamaan dengan MSO.
    2. Aplikasi OpenOffice  ini tidak memiliki dukungan aplikasi online, sementara untuk Microsoft Office telah dibekali yakni Office365, dimana konsep serta cara kerjanya mirip dengan Google Docs, yakni sebagai aplikasi pengolah kata berbasis web.

    F. Download OpenOffice Last Version

    OpenOffice for WindowsDownload
    OpenOffice Linux 32bitDownload
    OpenOffice Linux 64bitDownload
    OpenOffice MacOSDownload
    Unduh Gratis OpenOffice Versi Terbaru

    Kurang lebih seperti itulah pembahasan mengenai OpenOffice yang bisa anda ketahui, mulai dari pengertian, fitur, jenis, kelebihan dan kekurangan. Untuk lebih jelas dan detail, anda bisa langsung mencoba memasang aplikasi perkantoran sebagai berikut untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari atau tugas perkantoran dalam mengolah teks maupun data.

    Previous articleDownload Wondershare Filmora Untuk Komputer PC Laptop Last Version Terbaru
    Next articleDownload LibreOffice : Pengertian, Fitur, Kelebihan dan Kekurangan