​
Home Download Nitro PDF : Pengertian, Fitur, Kelebihan dan Kekurangan

    Download Nitro PDF : Pengertian, Fitur, Kelebihan dan Kekurangan

    Download Nitro PDF Adalah Arti Pengertian, Fitur, Kelebihan dan Kekurangan

    File dokumen tidak cuman hadir dengan format doc., txt, atau docx saja, melainkan ada juga yang berekstensi PDF, dimana ini dianggap lebih mudah dalam melakukan pengelompokan ketika data sudah benar-benar fix dan dikirimkan ke orang lain atau mungkin dijadikan sebagai dokumen pribadi untuk beberapa hal.

    Nah, untuk aplikasi yang bisa digunakan membuka file dengan ekstensi PDF ini sangat banyak sekali. Tergantung daripada pengguna mau menggunakan yang mana, dimana ini tergantung terhadap masing-masing dari kalian, lebih mudah untuk memasang dan mengoperasikan aplikasinya.

    Akan tetapi untuk kalian yang ingin mendapatkan fitur lengkap juga, maka Nitro PDF ini bisa jadi andalan untuk kalian. Dikarenakan dengan aplikasi berikut bukan cuman bisa digunakan untuk membuka file PDF saja, melainkan membuat hingga melakukan editing dengan lebih mudah daripada menggunakan aplikasi lain. Untuk lebih mengenalnya bisa simak pembahasan sebagai berikut.

    A. Pengertian Nitro PDF

    Nitro PDF ini merupakan sebuah aplikasi yang memiliki fungsi utama sebagai pengelolaan PDF. Hanya saja banyak pengguna memanfaatkan aplikasi tersebut untuk membuka file PDF saja dengan mudah, karena bisa langsung membuka beberapa file sekaligus dalam sebuah tab di bagian menu atas, pengguna bisa berpindah-pindah dengan mudah dan cepat ke PDF satu dengan yang lainnya.

    Beda ketika saat membuka file di Ms Word, dimana pengguna harus menunggu proses pembukaan lebih lama dan memakan banyak slot aplikasi untuk membuka beberapa file sekaligus. Dan tentu saja itu akan memakan memori RAM lebih banyak daripada seluruh file dibuka dalam satu aplikasi namun dengan beberapa tab secara terpisah di Nitro PDF.

    Selain itu, dengan UI yang sederhana menjadikan pengguna juga tidak perlu lagi kebingungan dalam menggunakan aplikasi berikut. Dan aplikasi ini juga menawarkan beberapa fungsi lain seperti pembuatan file PDF dari jenis file tertentu, melakukan editing terhadap file PDF yang sudah ada, atau mungkin Optimize terhadap file PDF yang hendak dikirimkan, dan masih banyak lagi lainnya.

    Tidak hanya dari file dokumen saja, melainkan kalian bisa dengan mudah menjadikan ke dalam format PDF melalui beberapa gambar yang memuat tulisan atau penjelasan keterangan dengan mudah juga. Atau mungkin, pengguna juga bisa menambahkan gambar tersebut ke dalam file PDF yang sudah ada melalui fitur insert.

    Baca Juga :  Download Eset - Antivirus Windows PC

    B. Fitur Nitro PDF

    1. Membuka File PDF

    Untuk fitur pertama yang jelas bisa digunakan oleh pengguna yakni membuka file PDF yang dimiliki pengguna. Kebanyakan ini dimanfaatkan oleh pegawai perkantoran yang menerima file terkait peraturan atau surat perjanjian tertentu dari mitranya. Lalu ada juga para mahasiswa yang tengah mencari jurnal, dimana kebanyakan juga dimuat dalam sebuah format PDF demi memudahkan dan mempertahankan format penulisannya.

    Ketika berasal dari internet, maka kalian tidak akan mendapati tampilan locked lagi sebagaimana melakukan editing terhadap file dokumen biasa. Itu dikarenakan file PDF kebanyakan lebih bersih dari sematan malware dan semacamnya, daripada format doc. atau semacamnya.

    2. Insert Text dengan Mudah

    Saat kalian menggunakan Nitro PDF ini untuk membuka file PDF, maka akan diberikan kemudahan dalam memberikan komentar. Itu dikarenakan ada fitur insert text yang memungkinkan pengguna bisa menambahkan tulisan di bagian tertentu yang mau dilakukan perbaikan atau diberikan komentar.

    Selain itu, penyematan insert text ini sendiri juga bisa dimanfaatkan untuk membantu pengguna dalam memperjelas maksud tertentu yang ada di dalam dokumen tersebut agar lebih mudah untuk dipahami dan dimengerti oleh orang lain.

    3. Fitur QuickSign

    Bisa dikatakan fitur ini semacam stamp yang bisa menambahkan objek atau kata tertentu dalam sebuah file dokumen PDF yang tengah dibuka tersebut. Semisal anda memiliki surat perjanjian bersama orang lain dalam format PDF berikut, maka kalian bisa membubuhkan tanda tangan dengan mudah melalui aplikasi berikut.

    Tepatnya di bagian fitur QuickSign, dimana ini bisa menambahkan tanda tangan kalian secara langsung dengan gambar menggunakan mouse atau touchpad. Atau mungkin sudah ada gambar tanda tangan, maka kalian tinggal masukkan saja di bagian sana.

    Selain itu, fitur QuickSign ini sendiri juga bisa digunakan untuk menambahkan logo ataupun stamp dengan menggunakan wajah kalian sendiri, dimana ini memanfaatkan kamera webcam yang terpasang pada Komputer/ Laptop milik kalian.

    4. Kombinasi File

    Selain sekedar membuka, Nitro PDF juga bisa melakukan kombinasi antara satu dengan beberapa file PDF lainnya. Jadi kalian tidak perlu bingung lagi kalau ingin menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu agar lebih mudah dimengerti atau dikelompokkan. Tak perlu lagi mengubah ke Word, dilakukan perubahan dan dikembalikan lagi ke PDF.

    Aplikasi berikut menawarkan fitur combine yang bisa menggabungkan file PDF dengan mudah, jadi kalian memiliki halaman pembuka dan daftar isi, dan ingin digabungkan dengan isinya. Maka bisa memanfaatkan fitur berikut untuk melakukannya.

    Baca Juga :  Download Google Chrome Browser Untuk Komputer PC Laptop Last Version Terbaru

    5. To Word or Excel

    Aplikasi ini juga sudah terintegrasi dengan beberapa aplikasi perkantoran lainnya yang ada di perangkat kalian, termasuk diantaranya yakni Ms Word dan Excel. Mungkin kalian mendapatkan pengiriman file PDF dari orang lain, dan ingin melakukan beberapa perubahan. Maka tidak perlu khawatir dan ribet melakukannya, karena Nitro PDF bisa melakukan pekerjaan ini dengan mudah.

    Tidak perlu bantuan converter online atau aplikasi lainnya, kalian bisa buka file PDF menggunakan Nitro PDF, dan di bagian menu atas bisa pilih β€œTo Word” atau β€œTo Excel” saja. Tunggu beberapa saat, dan proses convert ini nantinya akan selesai dilakukan.

    Tergantung daripada format yang digunakan, dimana terkadang bisa langsung tertata dengan rapi, dan tidak menutup kemungkinan anda harus menata ulang kembali karena pengaturan yang berantakan saat melakukan convert file tersebut.

    6. Punya Fitur OCR

    Mungkin kalian mendapati tulisan yang dibentuk dalam sebuah gambar, dan ingin menulisnya ulang akan tetapi malas karena saking banyaknya. Maka fitur OCR berikut bisa membantu memudahkan pekerjaan kalian, dimana fitur ini nanti akan melakukan scanning terhadap tulisan yang ada dalam sebuah gambar tersebut.

    Akan tetapi tidak bisa sembarangan, tulisan yang dipindai ini juga harus rapi dan rata agar bisa disalin dengan mudah dan dijadikan dalam bentuk tulisan digital. Sehingga, bila perlu dapat melakukan beberapa editing dengan mudah dan cepat.

    C. Kelebihan Nitro PDF

    1. Fitur yang Lengkap

    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dimana fitur yang ditawarkan oleh aplikasi Nitro PDF ini begitu lengkap. Hampir semua kebutuhan yang diperlukan pengguna dari proses pembukaan file, editing, dan lain sebagainya berkaitan dengan file PDF bisa semuanya dilakukan oleh aplikasi tersebut.

    Dengan demikian, pengguna tidak perlu lagi banyak-banyak memasang aplikasi sebagai kebutuhan format file PDF seperti itu. Terlebih kini Ms Office versi terbaru juga sudah dilengkapi dengan dukungan pembuatan format PDF secara langsung, sehingga pengguna juga tidak perlu aplikasi converter lainnya lagi.

    2. Punya Free Trial Untuk Pengguna yang Ingin Mencoba

    Bagi kalian yang menginginkan aplikasi ini, tidak perlu langsung membeli. Melainkan bisa melakukan uji coba terlebih dahulu terhadap Nitro PDF, apakah memang sudah benar dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Kalau demikian, kalian bisa membeli versi Pro melalui situs resminya, gonitro.

    Baca Juga :  Download iWork : Pengertian, Fitur, Kelebihan dan Kelemahan

    Ada beberapa pilihan aplikasi serupa lainnya yang bisa membantu pekerjaan kalian agar bisa lebih mudah lagi untuk melakukan pengelolaan dokumen atau file tertentu.

    3. UI yang Sederhana

    Meski memiliki banyak fitur dan lengkap, akan tetapi UI yang ditawarkan ini terbilang sederhana. Dibuat mirip seperti tampilan Microsoft Office, menjadikan pengguna tidak perlu lagi belajar dari 0 untuk menggunakannya.

    Pembagian fiturnya sendiri bisa dikatakan sudah rapi dan memuaskan, sehingga pengguna bisa mencari atau mendapatkan alat yang dibutuhkan dengan mudah. Beberapa menu yang bisa didapati oleh pengguna diantara lain yakni File, Home, Convert, Review, Page Layout, Forms, Share, Erase, Protect, Customize, dan Help.

    4. Bisa Multiple Tab

    Tidak cuman bisa membuka satu file PDF saja, melainkan pengguna juga dapat membuka beberapa file sekaligus sehingga bisa melakukan analisa dengan mudah. Antara satu file dengan yang lain terpisah dalam sebuah tab persis di bagian bawah menu bar.

    Kalau kalian merasa sudah tidak membutuhkan file PDF itu lagi, maka bisa menutupnya dengan mudah dengan cara klik ikon silang pada bagian pojok kanan nama file PDF yang hendak dimatikan tersebut.

    D. Kekurangan Nitro PDF

    1. Familiar dan Tersedia Dimana-mana

    Memang sih kalian bisa mendapatkannya dengan mudah dengan ketersediaan aplikasi ini di berbagai situs penyedia aplikasi pihak ketiga. Akan tetapi ini juga bisa menjadi mata pisau yang siap menyerang kita kapan saja.

    Dikarenakan belum tentu aplikasi yang disediakan oleh pihak ketiga ini sudah terjamin keamanan dan keaslian file, tanpa disemati oleh sebuah malware berbahaya dimana bisa sewaktu-waktu menginfeksi perangkat kalian, bahkan mengunci seluruh data yang ada di Laptop/ Komputer kalian.

    2. Harga Cukup Mahal

    Meski sudah ada versi trial, akan tetapi itu bersifat sementara saja dan setiap akun milik pengguna akan diberikan batasan dari waktu terutama. Akan tetapi kalian tidak perlu khawatir, karena ada lisensi yang bisa membuka seluruh fitur premium di dalamnya.

    Hanya saja untuk pembelian lisensi ini sendiri cukup mahal, jutaan rupiah harus dikeluarkan pengguna untuk membeli sebuah lisensi saja yang cuman bisa diaktifkan di sebuah perangkat Komputer/ Laptop.

    – Free Download Nitro PDF for PC

    Download Nitro PDFDownload
    Unduh Gratis Nitro PDF Versi Terbaru

    Kurang lebih seperti itulah pengertian, fitur, kelebihan dan kelemahan Nitro PDF yang bisa kalian pelajari dan pahami. Semoga membantu.