Home Download Minitool Partition : Fitur, Kelebihan dan Kekurangan

    Download Minitool Partition : Fitur, Kelebihan dan Kekurangan

    Mini Tool Partition Wizard

    Pada dasarnya ketika mengenal berbagai macam aplikasi yang bisa dipasang pada perangkat Komputer/ Laptop, maka pengguna akan merasakan lebih aman dan nyaman saja. Dikarenakan perangkat elektronik berikut memiliki fungsi yang sangat banyak sekali, dan seolah bisa berada dalam genggaman kita untuk melakukan berbagai macam aktivitas.

    Apalagi kalau masalah urusan kapasitas penyimpanan dan partisi, pengguna tidak perlu bingung lagi dalam melakukan pengaturan, perawatan, dan juga pembagiannya. Semua itu bisa dilakukan dengan mudah hanya dengan sebuah aplikasi bernama Minitool Partition. Memang sih ada banyak jenis aplikasi yang bisa digunakan, namun ini merupakan salah satu yang terbaik dan banyak digunakan.

    A. Pengertian Minitool Partition

    Minitool Partition ini merupakan aplikasi yang berfungsi sebagai perawatan dan manajemen hardisk, dimana biasanya partisi dilakukan dalam masa instalasi. Akan tetapi melalui aplikasi berikut, pengguna bisa lebih fleksibel lagi dalam melakukan partisi, sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

    Bukan cuman membagi saja, melainkan pengguna juga dapat menambah atau mengurangi partisi tertentu untuk kebutuhan penyimpanan yang menyesuaikan. Semisal anda membutuhkan kapasitas yang lebih besar pada bagian partisi D, akan tetapi tidak mendapatkan bagian penyimpanan yang cukup untuk itu, maka pengguna bisa mengambilkan free space yang digunakan oleh partisi E.

    Tidak hanya itu saja, dikarenakan aplikasi yang dibuat oleh MiniTool Solusi Ltd ini sendiri juga bisa digunakan untuk menyalin partisi, membuat partisi, menghapus partisi, melakukan format partisi, konversi partisi, eksplorasi partisi, menyembunyikan partisi, merubah drive letter, set active partisi, hingga melakukan recovery dari sebuah partisi.

    Mungkin ini sifatnya optional bagi seorang pengguna Komputer/ Laptop biasa, akan tetapi kalau anda menjadi seorang teknisi, tentu ini seperti sebuah aplikasi wajib yang terpasang. Dikarenakan dengan menggunakan Minitool Partition, kalian bisa melakukan pengecekan, pengaturan, hingga perbaikan perangkat penyimpanan dengan lebih mudah lagi.

    B. Fitur Minitool Partition

    1. Mengubah Label Partisi

    Untuk fitur pertama yang bisa kalian dapatkan dengan memasang aplikasi Minitool Partition ini adalah melakukan perubahan terhadap label partisi, dimana kalian dapat melakukan perubahan label dengan mudah. Dengan begitu, tidak akan lagi mengalami kebingungan bagian manakah penyimpanan file kita.

    Baca Juga :  Download HandBrake Video Converter - Compress Size

    Cara melakukan perubahannya sendiri sangatlah gampang, dimana pengguna cukup pasang dan buka aplikasinya. Setelah itu, di halaman utama, nanti kalian akan dihadirkan sebuah tampilan yang sederhana, menunjukkan beberapa partisi yang ada di piranti penyimpanan kalian.

    Silahkan pilih partisi manakah yang akan diganti label, dan klik kanan. Setelah itu, pilih menu label dan pada bagian kolom Partition Label, silahkan isi dengan label yang baru. Jika sudah, maka kalian bisa klik OK, dan jangan lupa klik tombol Apply yang ada di pojok kiri atas untuk mengkonfirmasi terhadap seluruh perubahan yang terjadi.

    2. Gabungkan Partisi

    Kemudian untuk fitur berikutnya yakni melakukan penggabungan partisi, dimana ini bisa menjadikan pengguna bisa mendapatkan bagian disk dengan ukuran yang lebih besar lagi. Misal kalian kekurangan di partisi D, maka kalian dapat menyatukan partisi E yang sejatinya tidak digunakan sama sekali agar lebih efektif dan memiliki performa disk lebih baik.

    Gabungan partisi ini akan dilakukan terhadap sebuah partisi dengan data paling kecil ukurannya, akan tetapi hati-hati. Pastikan seluruh data yang ada di partisi tersebut sudah dilakukan backup data atau mungkin dipindahkan terlebih dahulu ke hardisk eksternal atau partisi yang lebih besar.

    Hal itu dikarenakan, untuk partisi yang kecil ini nanti akan disatukan ke partisi dengan penggunaan penyimpanan lebih besar. Dan seluruh data yang ada di dalam partisi untuk digabungkan itu akan hilang secara otomatis. Sehingga, pastikan sudah tidak ada data penting lagi di dalamnya sebelum melakukan penggabungan partisi.

    Cara melakukannya yakni pada halaman utama, kalian bisa memilih partisi yang akan dilakukan merge (digabung)>> klik kanan dan silahkan pilih Merge Partition>> pada bagian halaman pertama, kalian pilih partisi yang akan ditambahkan>> di halaman kedua, kalian pilih partisi yang akan digabungkan dengan partisi pertama>> setelah itu klik Finish>> kemudian kalian klik Apply untuk mulai proses penggabungan partisi.

    3. Konversi Format Partisi

    Untuk format partisi ini sendiri ada beberapa jenis, dimana kalian juga harus paham akan hal tersebut. Dikarenakan ini akan berpengaruh terhadap jenis file juga performa disk yang kalian gunakan. Dan pengaturan jenis/ format disk ini tidak bisa diatur melalui menu instalasi, melainkan harus menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga seperti Minitool Partition ini.

    Baca Juga :  Download Lightworks Video Editor Untuk Komputer PC Laptop Last Version Terbaru

    Menggunakan aplikasi partisi berikut, pengguna bisa melakukan perubahan terhadap HDD miliknya ke FAT32 tanpa melakukan penghapusan data terlebih dahulu, sehingga seluruh file yang tersimpan di dalamnya masih tetap aman.

    Cara menggunakannya yakni pertama pada bagian halaman awal, silahkan pilih partisi manakah yang akan dilakukan konversi>> klik kanan pada partisi yang dimaksud>> silahkan pilih menu Convert NTFS to FAT>> setelah itu, kalian klik Apply untuk memulai proses konversi yang diinginkan tersebut.

    4. Membagi Partisi

    Ketika anda memiliki hardisk dengan ukuran yang besar, dan menginginkan pembagian agar bisa dengan mudah mengelompokkan jenis file atau mungkin ada banyak orang menggunakan Komputer/ Laptop yang sama. Maka pembagian partisi seperti ini bisa membantu kalian banget.

    Bukan cuman melakukan penggabungan partisi saja, melainkan dengan Minitool Partition ini pengguna bisa menjadikan satu partisi menjadi beberapa partisi lagi dengan memanfaatkan free space yang ada. Akan tetapi kalian tidak usah khawatir akan kehilangan data dalam melakukan langkah berikut, karena sistem akan melakukan pemotongan terhadap partisi yang ada saja, dan tidak akan mempengaruhi file yang ada di dalamnya.

    Untuk caranya sendiri yakni pengguna bisa memilih partisi yang ingin dilakukan pemotongan partisi>> klik kanan dan pilih menu Split>> nantinya kalian akan mendapati 2 kolom, dan kalian bisa atur berapa nilai space yang akan dibuat partisi baru dengan cara menggeser tombol yang ada, atau mungkin bisa mengisi pada kolom yang disediakan agar lebih mudah.

    Setelah itu, kalian klik ok dan jangan lupa klik Apply di pojok kiri atas untuk memulai proses pembagian partisi. Prosesnya sendiri memakan waktu cukup lama, ini tergantung dari kecepatan disk yang digunakan juga.

    5. Menyalin Partisi

    Terakhir yakni melakukan copy partisi, dimana ini akan membantu pengguna mendapatkan keamanan data lebih baik, dikarenakan mendapatkan salinan dari seluruh data yang dimiliki dari partisi tertentu. Kalau mungkin kalian memiliki kumpulan file penting di sebuah hardisk atau partisi tertentu, dan tidak ingin kehilangan atau mungkin terkena virus, menyalin secara keseluruhan merupakan langkah yang baik.

    Baca Juga :  Download AVS Video Editor Untuk Komputer PC Laptop Last Version Terbaru

    Dengan melakukan salinan dari Minitool Partition ini, pengguna bisa lebih mudah dan aman tanpa terkenala error meski itu dari drive C sekalipun. Jadi, bisa dikatakan ini merupakan proses copy tingkat lanjut yang bisa kalian terapkan untuk melindungi data penting.

    Caranya yakni pada halaman utama, kalian bisa pilih partisi yang ingin di Copy>> kemudian klik kanan pada opsi Copy>> dan kalian pilih partition kosong/ Unallocated (kalau belum ada, kalian bisa hapus partisi yang ada terlebih dahulu, dan pastikan tidak ada data penting di dalamnya)>> setelah itu, pastikan dahulu space sudah mencukupi untuk menyalin dari partisi awal>> klik Next dan berikutnya Finish>> Akhiri dengan klik Apply di bagian pojok kiri atas untuk memulai proses penyalinan.

    C. Kelebihan Minitool Partition

    1. Support banyak versi sistem operasi Windows, mulai dari 2000, XP, hingga yang terbaru Win. 10 (32 bit & 64 bit) bisa memasang aplikasi berikut
    2. Mendukung pengaturan RAID, dimana aplikasi ini juga mendukung kapasitas yang sangat besar, mencapai 2TB
    3. Perlindungan data pengguna dengan baik
    4. UI yang sederhana dan mudah dimengerti pemula
    5. Proses yang terbilang cepat dan minim error
    6. Melakukan pengaturan ulang terhadap Disk ke dalam format MBR dan GPT

    D. Kekurangan Minitool Partition

    1. Fungsi terbatas untuk free version, dimana ini sudah menjadi standar dari suatu aplikasi untuk menekan pengguna berlangganan
    2. Biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli versi Pro atau mungkin keperluan bisnis terbilang cukup mahal. Namun sebenarnya ini sebanding dengan apa yang didapatkan oleh pengguna, dikarenakan lisensi bersifat lifetime, sehingga tidak perlu dilakukan pembaruan lagi.

    – Download Download Minitool Partition Wizard :

    MiniTool Partition WizardDownload
    Unduh Gratis MiniTool Partition Wizard Free for Windows

    Kurang lebih itu saja kelebihan dan kekurangan dari Minitool Partition, beserta pengertiannya yang bisa disampaikan. Bisa dikatakan aplikasi ini cukup worth it untuk membantu seluruh kalangan, terlebih dalam pengelolahan hardisk atau SSD miliknya dengan mudah, cepat dan aman. Terlebih untuk harganya sendiri bisa dikatakan tidak terlampau mahal, beda dengan aplikasi serupa lainnya yang mematok harga lebih tinggi atau mungkin dalam durasi yang terbatas.